Connect with us

Wujudkan Program Nawacita, AMMDes Sukses Turunkan AKI dan AKB

Published

on

Masyarakat di berbagai daerah merasakan manfaat Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi pada program Nawacita sebagai upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

“Kami bertekad untuk semakin memacu pengembangan inovasi AMMDes dengan berbagai aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Yang pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan ketahanan ekonomi dan mendukung kemajuan di desa,” kata Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), Kementerian Perindustrian, Kamis (13/8/2020).

Manfaat AMMDes tampak dari hasil proyek percontohan AMMDes ambulance feeder di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Berkat AMMDes ambulance feeder, ibu hamil mudah menjangkau fasilitas kesehatan dan pelayanan yang baik.

“Jadi, pilot project di Kabupaten Lebak tersebut merupakan satu dari berbagai pilot project yang kami laksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, manfaat yang dihasilkan AMMDes ambulance feeder juga merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak, meliputi pemerintah pusat, daerah, pihak swasta dan lainnya yang ikut serta dalam pilot project ini,” papar Putu.

Menurut data Puskesmas Bojongmanik per Juli 2020, tidak ada kasus Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) turun dari enam kasus pada 2019 menjadi satu kasus.

“Pada awalnya, AMMDes dirancang untuk membantu masyarakat di sektor pertanian, tetapi seiring hasil pilot project yang kami lakukan di Kabupaten Lebak, maka terlihat bahwa AMMDes bisa juga difungsikan untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan,” kata Putu.

Di Jawa Barat dan Riau, AMMDes dimanfaatkan untuk pengolahan serabut kelapa. Di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, AMMDes digunakan di kawasan perkebunan pisang yang berorientasi ekspor.

“Untuk pilot project di Tanggamus tersebut, telah mampu menurunkan 25% kerusakan pisang yang akan diekspor, dan ini tentu membantu untuk meningkatkan penghasilan petani setempat,” terang Putu.

Ketika terjadi gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, AMMDes dikerahkan sebagai mesin penjernih air.

“Melalui fungsinya ini, AMMDes mampu melayani kebutuhan air bersih untuk 9.000 orang dan menjual air minum dalam galon untuk 1.850 kepala keluarga (KK),” terang Putu.

Di sisi lain, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Yusra mengatakan keberadaan AMMDes berguna untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa khususnya di bidang pertanian dan kesehatan.

“Sembilan desa di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak mengalokasikan dana desa untuk pelayanan publik bidang kesehatan dan pencegahan stunting melalui AMMDES pengumpan ambulans,” papar Yusra.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto menyampaikan proses produksi AMMDes KMWI melibatkan 63 vendor lokal. Sebanyak 50% vendor lokal adalah industri kecil menengah (IKM) dan 70% komponen dipenuhi lokal.

Penggunaan AMMDes sebagai ambulance feeder bisa menjangkau daerah terpencil yang sulit dijangkau kendaraan konvensional seperti ambulans milik puskesmas.

“AMMDes memiliki daya jelajah yang tinggi di berbagai medan serta dimensi yang kompak dan bobot ringan. Dengan satu liter solar, AMMDes ini mampu menempuh jarak 20 km dengan kondisi jalan yang mixed,” kata Reiza.

Saat ini, KMWI sudah memproduksi ambulance feeder Mark IV dengan berbagai fasilitas medis dan teknis seperti tabung oksigen, boks bayi, sirene, winch, dan lainnya.

“Ambulance feeder Mark IV ini merupakan hasil penyempurnaan dari tahapan monitoring, evaluation, learning, and adaptable (MELA) yang melibatkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta spesialis anak. Kami juga rutin berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Lebak dalam menjangkau fasilitas kesehatan,” tutup Reiza.

Selain itu, KMWI memberikan pelatihan operator AMMDes serta pelatihan medis untuk mendukung pemanfaatannya di lapangan. (Al-Hanaan)

Foto: Kemenperin

Advertisement

Investment

Pengurus PPI Dunia di Lantik di VDNI Konawe, Achyar : Kami Siap Dukung Hilirisasi Industri

Published

on

Proses pelantikan pengurus PPI Dunia di kawasan Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11/2022) Foto: Andi May/Mycity.co.id

Proses pelantikan pengurus PPI Dunia di kawasan Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11/2022) Foto: Andi May/Mycity.co.id

mycity.co.id – Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) periode 2022-2023 resmi dilantik di kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu, (26/11/2022).

Perhelatan pelantikan PPI Dunia dihadiri oleh 40 mahasiswa yang tergabung dalam PPI Dunia secara luring dan ratusan lainnya yang menyaksikan secara daring.

Prosesi pelantikan dihadiri pula Direktur Utama PT VDNI, Zhou Yuan, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Zamrun Firihu dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sultra.

Koordinator PPI Dunia, Achyar Al Rasyid mengatakan pelajar Indnesia wajib mendukung investasi dan hilirisasi industri yang seiring dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pelestarian lingkungan.

“Kami para pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri, mendukung 100% jalannya hilirisasi industri di dalam negeri. Kami siap untuk membantu pemerintah dari berbagai aspek untuk mendukung hilirisasi industri ini, demi Indonesia menjadi Bangsa Pemenang.” tutur Achyar kepada mycity.co.id di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu, (26/11/2022).

Selain prosesi pelantikan, PPI Dunia juga menjalin kerjasama dengan PT VDNI dengan menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan dalam kajian pelestarian lingkungan, gerakan penghijauan dan membuka membuka peluang intership (magang).

“Kerjasama ini berkomitmen untuk bergotong royong dengan semua pihak demi kepentingan Bangsa Indonesia,” ujar Achyar.

Terakhir, Achyar berharap para mahasiswa Indonesia bisa mendukung proses hilirisasi industri di Indonesia seperti yang dilakukan PT VDNI agar bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju dan bangsa pemenang.

Continue Reading

Otomotif

Titah Jokowi: Kendaraan Dinas Listrik Boleh Sewa & Konversi

Published

on

Presiden Jokowi menerbitkan aturan untuk sewa atau konversi kendaraan listrik. (Inilah)
Presiden Jokowi menerbitkan aturan untuk sewa atau konversi kendaraan listrik. (Inilah)

mycity.co.id – Presiden Joko Widodo resmi menerbitkan aturan yang meminta pemerintah, baik pusat maupun daerah diminta menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan itu akan digunakan sebagai kendaraan dinas. Inpres ini berlaku sejak Selasa (13/9/2022).

Aturan itu termaktub dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Aturan ini sejalan dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle).

Sedangkan, instruksinya diberikan kepada 10 level pemerintahan, di antaranya Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Kemudian Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, dan Para Bupati/Wali Kota.

Instruksi ini resmi dikeluarkan Jokowi tertanggal 13 September 2022 dan resmi diterapkan sejak pertama kali aturan tersebut dirilis.

Dalam aturannya ini, salah satu yang diminta Jokowi menginstruksikan jajaran untuk mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangan masing-masing. Hal ini demi melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan listrik ada lingkungan dinas.

Dengan begitu kendaraan dinas berbasis baterai dapat menggantikan kendaraan listrik yang ada saat ini.

Langkah pertama yang dapat diambil yakni menyusun dan menetapkan regulasi turunan dan/atau kebijakan untuk mendukung percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Kendaraan digunakan sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Pilih Sewa

Di sisi lain, terkait adanya instruksi Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menyewanya ketimbang harus membelinya.

Menhub Budi beralasan dengan menyewa lebih masuk akal di tengah terbatasnya anggaran Kementerian Perhubungan.

“Adanya Inpres mewajibkan bagi K/L untuk melaksanakannya. Yang kami lakukan adalah leasing (menyewa) kendaraan listrik, jadi tidak perlu membeli. Insya Allah ini bisa menjadi kunci bagi K/L lain,” kata Menhub Budi.

Continue Reading

Seni-Film

BLACKPINK Konser di Jakarta Tahun Depan, Catat Tanggalnya!

Published

on

BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta pada Maret tahun depan/Instagram

BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta pada Maret tahun depan/Instagram

mycity.co.id BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta tahun depan. Ini menjadi kabar gembira bagi BLINK, penggemar musik tersebut di Tanah Air yang sudah menunggu-nunggu. Kabar konser BLAKCPINK ini dibagikan oleh akun Instagram, @jakartakonser.

Dalam unggahan tersebut, terungkap bahwa grup yang berada di bawah naungan YG Entertainment ini akan menggelar konser di Jakarta pada 11 dan 12 Maret 2023. “CONFIRMED, BLACKPINK is coming back to Jakarta on 11-12 March 2023,” tulis akun tersebut dikutip Sabtu (26/11/2022).

Tak tanggung-tanggung, Gelora Bung Karno, Main Stadium, Jakarta Pusat dipilih menjadi lokasi konser BLACKPINK selama 2 hari. Di mana Lisa, Jennie, Jisso dan Rose akan memberikan penampilan spesialnya untuk penggemarnya di Tanah Air.

Nantinya, konser BLACKPINK tersebut akan memiliki jadwal berbeda. Yaitu pukul 19.00 WIB untuk konser BLACKPINK 11 Maret 2023, dan 18.30 WIB pada 12 Maret 2023.

Sementara itu, penjualan tiket akan dibagi menjadi dua. Yaitu Weverse Presale yang dimulai pada 14 November dan publik pada 15 November.

“Bergabung dalam BLINK Membership di Weverse Shop, kemudian mendaftar untuk Fanclub Presales di Weverse,” tulis akun Instagram @ime_indonesia.

Sayangnya, pihak promotor belum mengungkap harga untuk tiket konser BLACKPINK. Namun, para BLINK sudah siap dan tak sabar untuk berburu tiket konser.

BLACKPINK sendiri tengah menyiapkan tour Asia usai merilis album terbaru Born Pink. Sejumlah negara di Asia akan dikunjungi pelantun How You Like That itu, seperti Thailand, Malaysia, Singapura hingga Indonesia.

Ini merupakan kedua kalinya BLACKPINK tampil di Jakarta. Mereka sebelumnya sempat konser di Tanah Air pertama kali pada 2018.

Continue Reading
Advertisement

Trending