Connect with us

Internasional

Warga Palestina-Amerika Dukung Gerakan BLM dan Hak Asasi Palestina

Published

on

Pada Minggu (28/6/2020), sekitar 200 orang berkumpul di luar Paterson City Hall, New Jersey, Amerika Serikat mengibarkan bendera Palestina. Mereka berkumpul untuk memprotes rencana Israel mencaplok sejumlah lahan besar di West Bank, Palestina pada 1 Juli. Pasalnya, pencaplokan itu akan membuat warga Palestina tertindas dan menghancurkan harapan perdamaian.

Acara itu diisi dengan pidato dari berbagai aktivis dan tokoh publik setempat. Mereka membandingkan antara kebijakan anti-Palestina Israel dan ketidakadilan yang dihadapi orang kulit hitam Amerika. Mereka mengajak orang-orang untuk ikut memperjuangkan keadilan di Amerika Serikat dan tanah pendudukan Palestina.

“Kita tidak bisa duduk diam dan memaklumi status quo. Melihat hal yang terjadi, kita harus melakukan hal yang lebih baik,” kata Rania Mustafa, direktur eksekutif Pusat Komunitas Palestina Amerika di Clifton.

“Kami harus mengupayakan perubahan sistematis untuk mengakhiri penindasan dan ketidakadilan.” Demikian dilansir dari North Jersey, Senin (29/6/2020).

Pencaplokan terjadi ketika sebuah negara mendeklarasikan bahwa tanah di luar perbatasannya adalah bagian dari negaranya. PM Israel, Benjamin Netanyahu bertekad mencaplok sepertiga West Bank. Area itu meliputi Lembah Yordania yang subur dan Laut Mati utara. Jika rencana itu berhasil, wilayah Palestina tinggal 15 persen.

Pencaplokan ini membuat Israel mengepung tanah Palestina dan mengisolasinya dari perbatasan Yordania. Israel membuat sistem check point dengan membuat pembatasan perjalanan dan pemisahan jalan. Dengan sistem ini, Palestina akan kehilangan satu-satunya akses masuk dan keluar West Bank.

“Pencaplokan bukan hal baru. Ini sudah lama terjadi dan masih berlangsung. Namun, Anda berbicara mengenai pencaplokan Lembah Yordania. Ini adalah satu-satunya jendela kami dan satu-satunya pintu menuju wilayah lain,” ujar Ahmed Khatib, warga Amerika Serikat keturunan Palestina. Ia bermukim di Totowa, New Jersey.

Pria Totowa itu tumbuh besar di kamp pengungsi di West Bank. Kakeknya diusir dari desanya, Bayt Dajan di Jaffa pada 1948. Saat itu, ada 700.000 warga Palestina yang melarikan diri dan terusir karena militer ingin membangun negara Yahudi.

Ia hanya membawa beberapa barang dan berharap bisa kembali. Bertahun-tahun kemudian, dia mewariskan harapan itu ke anak cucunya. Namun, harapan itu meredup. Demikian kisah hidup Khatib.

“Mereka tidak mencari perdamaian. Yang mereka cari adalah konflik,” ujar Khatib.

Netanyahu mengatakan rencana itu akan memberi Israel perbatasan yang aman dan permanen. Sebagai ekspansionis, Israel seharusnya bertindak sekarang juga karena Trump menunjukkan dukungan terhadap pencaplokan.

Paterson merupakan rumah bagi komunitas Palestina-Amerika terbesar di Amerika Serikat. Rencana pencaplokan mencemaskan mereka yang masih memiliki keluarga di Palestina.

Orang-orang cemas pencaplokan akan memblok akses pekerjaan, lahan pertanian, dan penyitaan tanah. Akhirnya, pencaplokan akan menutup pintu masa depan cerah Palestina.

Rencana pencaplokan juga kontroversial di antara kelompok Yahudi arus utama. Mereka bisa berbalik anti Israel dan mendukung hak warga Palestina, organisasi hak sipil, dan Black Lives Matter.

“Pesan hari ini tentang kesatuan dan berdiri bersama memperjuangkan kebenaran,” kata anggota dewan Paterson, Al Abdelaziz.

Para pembicara mengatakan warga Palestina dan warga kulit hitam Amerika mengalami diskriminasi dan brutalitas polisi. Mereka memberi penghormatan untuk korban brutalitas polisi di Amerika Serikat, termasuk George Floyd.

“Ketika saudara kulit hitam kita mengalami ketidakadilan sosial yang sama seperti dialami saudara kita di Palestina, kita harus berdiri bersama mereka saling bahu membahu,” kata Abdelaziz.

“Apapun alasannya, kita akan menang sendiri. Tetap kompak, gabung dengan lingkunganmu, bicaralah pada tetanggamu, karena ini yang akan kita perjuangkan. Berjuanglah untuk mereka maka mereka akan berjuang untukmu.”

Abdelaziz gabung ke atas panggung bersama walikota Paterson Andre Sayegh, presiden dewan Maritza Davila, bupati kabupaten Passaic Assad Akhter, dan walikota Prospect Park Mohammed Khairullah.

Setelah pidato, mereka mengibarkan bendera Palestina di luar City Hall. Pengibaran bendera tahunan biasanya diadakan pada bulan Mei. Namun, acara itu ditunda akibat pandemi Covid-19.

Aktivis dari Organisasi Sipil Muslim Amerika untuk Palestina dan Arab Amerika turut memberikan dukungan. Banyak protes direncanakan termasuk satu yang ada di North Bergen pada Jumat (26/6/2020) pukul 4 sore waktu setempat di 80th Street and Bergenline Avenue yang disponsori oleh American Muslims for Palestine of New Jersey. (Al-Hanaan)

Foto: North Jersey

Advertisement

Internasional

Luhut Diam-Diam ke Rusia: Perintah Khusus Presiden

Published

on

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut menyampaikan hal itu saat menghadiri Silatnas dan Ulang Tahun ke-19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat 2022, Jumat (5/8/2022).

“Tadi malam saya baru kembali dari Rusia,” ujarnya membuka pembicaraan.

Menurut Luhut, kunjungan itu merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga:

  1. Memahami Four Tasks of Mouning, Tahapan Kala Berduka
  2. Kenali Apa Itu Gaslighting, Manipulasi Pikiran Secara Psikologis
  3. Kenali Relationship Red Flags, Tanda Merah Sebelum Terlambat

“Untuk juga mencoba mengatasi defisit kita yang Rp 502 triliun tadi dengan beberapa langkah yang menurut kami hasilnya sangat baik, yang tadi malam kami sudah laporkan pada bapak presiden,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga bilang kalau ada kenaikan kasus Covid-19 di berbagai negara. Untuk itu, dia meminta teman-teman purnawirawan hati-hati.

“Karena tidak ada yang sakti menghadapi pandemi ini. Saya kemarin di Rusia, tingkat penularan di Rusia itu masih lebih tinggi dari kita, padahal keadaan kota Moskow itu sangat bersih,’ ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan kalau seluruh dunia dihadapkan pada tantangan ekonomi yang sangat berat. Pemerintah, kata Jokowi, berusaha mengendalikan agar harga BBM tidak mengalami ikut terdampak dari kenaikan harga minyak.

Continue Reading

Internasional

Banjir di Kentucky AS Makin Mengkhawatirkan, Korban Bertambah Jadi 35 Orang

Published

on

Banjir di Kentucky Amerika Serikat

Banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat di wilayah timur Kentucky telah menewaskan paling sedikit 35 orang, termasuk empat orang anak, demikian disampaikan Gubernur Kentucky Andy Beshear pada Senin (1/8/2022).

Menurut laporan VOA Indonesia, Selasa (2/8/2022), Beshear mengatakan ia mengantisipasi jumlah korban tewas akan meningkat, dan memverifikasi lima korban tambahan dalam sebuah konferensi pers pada Senin siang setelah sebelumnya mengumumkan bahwa terdapat 30 korban tewas dalam konferensi pers pada pagi harinya.

Pihak berwenang masih terus berusaha menyelamatkan penduduk, menyediakan makanan dan tempat perlindungan untuk ribuan orang yang terpaksa mengungsi akibat bencana tersebut.

Baca Juga:

  1. Memahami Four Tasks of Mouning, Tahapan Kala Berduka
  2. Kenali Apa Itu Gaslighting, Manipulasi Pikiran Secara Psikologis
  3. Kenali Relationship Red Flags, Tanda Merah Sebelum Terlambat

“Ini benar-benar berat,” kata Beshear tentang ramalan cuaca dalam sebuah video yang diposting di media sosial. “Banjir bandang dan angin yang merusak, kedua-duanya mungkin terjadi.”

Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat memproyeksikan bahwa beberapa tahapan hujan dan badai akan berlanjut hingga Selasa (2/8/2022). Hujan tambahan tersebut menghambat usaha penyelamatan dan pemulihan.

Para petugas penyelamat di Kentucky melakukan pencarian dari pintu ke pintu dalam cuaca buruk untuk mencari korban bencana banjir yang melanda bagian timur negara bagian itu, kata gubernurnya pada Minggu (31/7/2022).

Sebagian wilayah di pegunungan masih belum bisa diakses. Banjir mengubah jalan menjadi sungai, menyapu jembatan dan rumah-rumah, dan menewaskan sedikitnya 28 orang, menurut para pejabat negara bagian.

Continue Reading

Internasional

Bikin Hubungan Indonesia & Jepang Mesra, Jokowi Ungkap Jasa Besar Shinzo Abe

Published

on

Presiden Jokowi dan PM Jeoang Fumio Kishida

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jasa besar mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe untuk Indonesia. Jokowi menilai Abe adalah sosok penting dalam kemitraan yag terjalin antar kedua negara.

Jokowi menyampaikan hal itu saat bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida di Kantor PM Jepang, Rabu (27/7/2022) waktu setempat. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi kembali mengucapkan duka cita atas kepergian Abe.

“Beliau adalah pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara kita menjadi Kemitraan Strategis,” ujar Jokowi.

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Di sisi lain, PM Kishida menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jokowi atas kedatangannya dan sambutan hangat saat dirinya datang ke Indonesia beberapa waktu lalu. Kishida juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Jokowi dan masyarakat RI terkait meninggalnya Shinzo Abe.

“Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu,” ucap Kishida saat menyambut Jokowi.

“Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia,” kata Kishida.

Continue Reading

Trending