Connect with us

Hangout

Wajib Tahu, Ini Dia 3 Jenis Sate Padang

Published

on

Sate Padang ternyata memiliki beberapa jenis. (Kompas)
Sate Padang ternyata memiliki beberapa jenis. (Kompas)

mycity.co.id – Daerah Minang, Sumatera Barat, memang dikenal sebagai provinsi yang memiliki ragam kuliner kaya akan rempah dan cita rasa pedas yang kuat.

Selain rendang yang sudah mendapat pengakuan sebagai salah satu makanan terenak di dunia, sate Padang juga termasuk kuliner nusantara yang banyak disukai masyarakat di Indonesia.

Baca juga: Welcoming Dinner KTT G20 Dihadiri Delegasi dan Mantan Presiden RI

Sate Padang merupakan makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat yang menggunakan daging sapi, lidah sampai jeroan yang disiram dengan menggunakan kuah kacang yang kental.

Sate Padang memiliki tiga jenis yang dibedakan berdasarkan daerah asalnya. Perbedaan ini dapat dilihat dari setiap ciri khas kuah kentalnya yang penuh kelezatan.

Pertama, Sate Padang panjang yang terkenal dengan kuah kentalnya yang berwarna kuning ini berasal dari bumbu yang ditambahkan dengan kunyit dalam jumlah yang banyak.

Kedua, sate pariaman dengan kuah kentalnya yang berwarna merah dari campuran cabai merah dalam jumlah yang banyak dan tentu saja Sate Padang satu ini lebih pedas daripada yang lainnya.

Terakhir yaitu Sate Padang kota dengan bumbunya yang lebih cokelat.

Di balik nikmatnya Sate Padang ternyata tersimpan sejarah menarik di zaman peperangan. Makanan ini awalnya dibawa oleh peziarah dan santri yang belajar mengaji ke salah satu wilayah Islam populer yaitu Pariaman.

Seiring berjalannya waktu, Sate Padang juga mulai berkembang dan beragam menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Walaupun rasanya yang beragam namun Sate Padang tetap dikenal sebagai sebutan Sate Padang.

Dihimpun dari buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 karya Eni Harmayani, dkk., sate Padang pada dasarnya merupakan sebutan untuk tiga jenis sate yang terdapat di Sumatera Barat, yaitu sate Padang Dangung-Dangung, sate Pariaman, dan sate Padang Panjang.

Sate Padang Dangung-Dangung

Sate Padang Dangung-Dangung. (Suara)
Sate Padang Dangung-Dangung. (Suara)

Sesuai dengan namanya, jenis sate ini berasal dari negeri Dangung-Dangung yang terletak di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Ciri khas dari sate Dangung-Dangung adalah rasanya yang gurih dan manis.

Sate ini juga memiliki tampilan yang paling berbeda dari sate Padang biasa. Daging sate Dangung-Dangung dibaluri dengan parutan bumbu kelapa kuning dan bumbu kental berwarna kecoklatan.

Sate Pariaman

Sate Padang Pariaman. (Pop Mama)
Sate Padang Pariaman. (Pop Mama)

Sate Pariaman merupakan jenis sate Padang yang berasal dari daerah Pariaman. Ciri khas dari sate Pariaman adalah bumbu kental dengan warna yang cenderung kemerahan. Warna merah ini berasal dari penggunaan cabai yang banyak, sehingga rasanya jauh lebih pedas dibanding sate Padang yang lain.

Sate Darek (Sate Padang Panjang)

Sate Darek. (Sumbar Fokus)
Sate Darek. (Sumbar Fokus)

Ini adalah jenis sate Padang yang berasal dari daerah Padang Panjang. Ciri khas utama sate ini terlihat dari bumbunya yang berwarna kuning cerah dan kental karena penggunaan kulit dalam jumlah banyak.

Baca juga: KTT G20 Bawa Berkah untuk Indonesia & Masyarakat Bali

Sate Darek menggunakan daging, lidah, dan sedikit jeroan sapi sebagai bahan baku utama. Sebelum dibakar, daging sapi lebih dulu direbus dengan rempah hingga memiliki tekstur yang empuk. Sate ini biasa dihidangkan dengan ketupat dan taburan bawang merah.

Advertisement

CityView

5 Rekomendasi Tempat Street Food Terkenal di Korea Selatan

Published

on

Kawasan Myeongdong merupaka tempat populer bagi para turis dan terdapat banyak yang menjual street food, fashion, skincare, dan kosmetik/IVisitKorea.

Kawasan Myeongdong merupaka tempat populer bagi para turis dan terdapat banyak yang menjual street food, fashion, skincare, dan kosmetik/IVisitKorea.

mycity.co.id – Akhir-akhir ini tren dari Korea Selatan ramai digemari oleh semua kalangan terutama kalangan remaja.

Mulai dari musik korea (KPOP), drama korea (drakor) maupun fashion yang dapat menjadi inspirasi dalam hal berpakaian.

Bukan hanya itu, makanan korea pun sekarang mulai digemari oleh banyak orang. Terinspirasi dari makanan yang ada pada drakor ataupun video makan banyak (mukbang) yang ada di sosial media.

Jajanan (street food) khas korea juga tak luput dari penggemar, bahkan di Korea sendiri terdapat wilayah khusus yang menjual macam-macam street food.

Baca juga:10 Tempat Wisata Bagi Para Wibu

Ketika berlibur ke Negeri Ginseng, tidak lengkap rasanya jika tidak mendatangi tempat street food yang menjual banyak jajanan khas yang mungkin jarang ada di tempat lain.

Dilansir mycity.co.id dari berbagai laman media, berikut rekomendasi tempat street food yang terkenal di Korea Selatan:
1. Myeongdong
Myeongdong menjadi salah satu tempat street food di Korea Selatan yang kerap dikunjungi oleh para pelancong. Kawasan ini menyajikan beragam street food khas Korea Selatan dan kekinian, seperti tteokbokki, odeng, bunggeopang, gyeranppang, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya makanan, toko kosmetik dan fashion juga banyak ditemui di Myeongdong, sehingga pengunjung tidak perlu jauh berpindah tempat jika ingin shopping.

Kawasan Myeongdong ini memang menjadi kawasan turis, sehingga tidak heran jika banyak ditemukan street food halal yang dijual pada kawasan ini.

2. Dongdaemun Market

Dongdaemun Market merupakan pasar yang menjual berbagai street food dan kebutuhan/Busy Tourits.

Dongdaemun Market merupakan pasar yang menjual berbagai street food dan kebutuhan/Busy Tourits.

Dibuka pada tahun 1905, Dongdaemun Market menjadi salah satu pasar terbesar di Korea Selatan yang menawarkan berbagai kebutuhan.

Selain itu, terdapat aneka street food khas Korea Selatan yang rasanya sangat lezat dan harganya terjangkau. Pasar ini juga dikenal sebagai pusat grosir dan eceran, sehingga cocok untuk mencari oleh-oleh atau kebutuhan lainnya.

Baca juga: Sister City, Kota Kembar Antara Jepang dan Indonesia

3. Namdaemun Market
Namdaemun Market merupakan pasar yang menjual banyak ragam street food khas Korea. Mulai dari yang asin atau pedas seperti, tteokbokki, odeng, corndog, hingga yang manis seperti hotteok yang merupakan pancake goreng berisi kacang-kacangan dan gula.

Namdaemun Market buka pada pagi dan malam hari. Pasar ini juga cocok untuk mencari oleh-oleh karena bisa menemukan beragam hal tentang Korea.

Salah satu stan street food korea yang ada di Namdaemun Market/Alamy.

Salah satu stan street food korea yang ada di Namdaemun Market/Alamy.

4. Hongdae
Kawasan Hongdae terletak di pusat kota Seoul, dan menjadi tempat yang cukup popular, karena tempat ini merupakan kawasan anak muda di Seoul.

Di sepanjang jalan Hongdae banyak terdapat stan makanan yang menjual street food khas Korea.

Mulai dari makanan tradisional Korea seperti tteokbokki, odeng, hingga makanan yang lebih kekinian. Selain itu juga terdapat street food yang terbuat dari daging maupun seafood seperti udang kepiting, cumi-cumi dan masih banyak lagi.

Tak hanya menjadi pusat kuliner yang terdiri dari street food dan kafe-kafe berkonsep lucu dan unik. Kawasan Hongdae menjadi pusat anak muda untuk berkreasi dengan seni yang sering ditampilkan di jalanan.

Di sekitar kawasan Hongdae juga banyak berdiri kampus, sehingga Hongdae dipenuhi oleh kalangan muda-mudi Korea.

Kawasan Hongdae merupakan kawasan anak muda di Seoul dan menjual banyak street food/Creatrip.

Kawasan Hongdae merupakan kawasan anak muda di Seoul dan menjual banyak street food/Creatrip.

Baca juga: Kampung Tokyo, Desa Wisata Rasa Jepang di Bogor

5. Gwanjang Market

Gwanjang Market merupakan salah satu pasar tertua di Seoul yang menjual berbagai Street food/SilveKris.

Gwanjang Market merupakan salah satu pasar tertua di Seoul yang menjual berbagai Street food/SilverKris.

Gwangjang Market merupakan salah satu pasar tertua yang terletak di Seoul dan masih beroperasi sampai saat ini. Gwangjang Market dipenuhi oleh berbagai macam makanan serta budaya nasional Korea.

Beberapa street food Korea dapat ditemukan di Gwanjang Market, salah satunya adalah mayak kimbap. Mayak kimbap merupakan makanan yang paling terkenal dan favorit di pasar ini.

Mayak kimbab terdiri dari nasi yang dibumbui dengan minyak wijen, diisi wortel, acar lobak, kemudian digulung dengan rumput laut.

Selain mayak kimbap, makanan lain yang terkenal di Gwangjang Market adalah bindaetteok, yaitu pancake gurih yang terbuat dari kacang hijau serta berbagai macam sayuran dan daging.

Continue Reading

Hangout

Tempat Date Museum yang Terkenal di Jakarta, Kekinian dan Estetik!

Published

on

Museum Macan : Klook

Museum Macan : Klook

Mycity.co.id –  Kota Jakarta pasti sudah terkenal dengan segala  hiruk pikuknya, dan banyaknya gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi.

Namun siapa sangka Kota Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki ragam tempat wisata unik dan seru, seperti museum.

Museum menjadi tempat wisata edukasi yang tepat dikunjungi bersama pasangan. Jadinya, tidak harus pergi jalan-jalan ke mal, kamu juga bisa mengunjungi museum tersebut.

Baca Juga : temJembatan Siti Nurbaya, Tempat Hangout Favorit Anak Milenial Padang

Berikut adalah Museum yang bisa kamu kunjungi:

1. Magic Art 3D Museum

Magic Art 3D Museum : Kumparan

Magic Art 3D Museum : Kumparan

Museum satu ini sedikit berbeda dari museum seni lainnya karena mengusung konsep 3 dimensi. Tempat ini memiliki 104 spot foto dan 17 zona, mulai dari zona lukisan, zona satwa, hingga zona horor.

Selain itu, ada pula ruang-ruang ilusi untuk menambah keseruan, seperti labirin kaca dan ruang miring. Tentunya, kamu bisa mengabadikan momen-momen menarik bersama pasangan kamu di museum unik satu ini.

2. Museum Wayang

Museum Wayang : Wisatasekolah.com

Museum Wayang : Wisatasekolah.com

Salah satu museum di kota Tua yang wajib dikunjungi adalah Museum Wayang Jakarta. Gedung yang tampak unik ini sudah mengalami perombakan, dulu sempat menjadi gereja dan dibangun kembali kembali menjadi museum. Di sini kamu bisa melihat koleksi wayang dari Sabang sampai Merauke.

Bangunan museum satu ini awalnya didirikan oleh pemerintahan VOC sebagai gereja pada tahun 1640 hingga akhirnya berubah menjadi Museum Wayang pada 1975.

Baca Juga : temoatAsal-usul Senayan, Tempat Adu Ketangkasan Berkuda yang Kini Jadi Jantung Jakarta

Tidak heran, wayang yang disimpan dalam museum ini bisa mencapai sekitar 4000 wayang. Kalau kamu tertarik dengan dunia perwayangan, kamu bisa mengunjungi museum satu ini bersama pasangan.

3. Museum Macan

Museum Macan : Klook

Museum Macan : Klook

museum yang sedang hits dan banyak digandrungi para remaja. Terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Museum ini punya satu spot berisi lampu kerlap-kerlip indah atau yang dikenal dengan infinity spot. Saking ramainya, waktu untuk berfoto di sini dibatasi 45 detik saja.

Meski sebagian besar koleksi lukisan dan patung di Sophilia hanya merupakan replika, kesan eksotis dan antiknya sangat bisa ditemui dari museum ini. Uniknya, di sini kamu akan ditemani oleh guide yang akan menceritakan macam-macam koleksi di museum. Jadi, kamu dan pasangan tinggal masuk dan menikmati tur dari pemandunya saja.

4. Museum Atsiri Sarinah

Museum Atsiri Sarinah

Museum Atsiri Sarinah

Wajah baru Sarinah Jakarta tidak hanya menghadirkan tenant makanan dan pakaian saja, melainkan juga menyediakan ruang untuk kreativitas tumbuh. Salah satunya dengan kehadiran Atsiri Sarinah.

Rumah Atsiri Indonesia membuka aromatic wellness playground pertama di Indonesia dengan nama Atsiri di Sarinah. Tempat ini menjadi museum mini aromaterapi yang interaktif, yang berisikan informasi-informasi terkait minyak atsiri.

Kalau kamu dan pasangan berkunjung ke sini, kalian akan mendapatkan banyak sekali pengalaman menarik. Mulai dari informasi tentang beberapa tumbuhan yang sering digunakan dalam minyak atsiri, video mapping bunga dan tanaman, hingga area eksploratif untuk mengetahui aroma persona para pengunjung.

Baca Juga : Ridwan Kamil ke Lokasi Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

5. Museum Galeri Shophilia

Museum Galeri Shophilia

Museum Galeri Shophilia

Museum Galeri Shopilia mengusung tema yang lebih klasik. Menyajikan koleksi Eropa, Dinasti Cina, sampai Amerika, museum ini akan membuatmu terasa seperti di film-film.

Meski sebagian besar koleksi lukisan dan patung di Sophilia hanya merupakan replika, kesan eksotis dan antiknya sangat bisa ditemui dari museum ini. Uniknya, di sini kamu akan ditemani oleh guide yang akan menceritakan macam-macam koleksi di museum. Jadi, kamu dan pasangan tinggal masuk dan menikmati tur dari pemandunya saja.

6. moJA Museum

moJA Museum : Koran TEMPO

moJA Museum : Koran TEMPO

Pernah mendengar konsep instagenic roller skating rink? Jika penasaran dan ingin merasakannya, kamu bisa datang ke museum satu ini.

Para pengunjung dapat mengelilingi instalasi seni menggunakan sepatu roda. Tentu ini bisa memberikan pengalaman baru bersama pasangan. Bisa juga untuk pasangan yang sudah mempunyai anak dan mengajaknya kesini untuk menghabiskan waktu bersama.

Museum kekinian ini sering dimanfaatkan untuk berswafoto karena terdapat beberapa spot foto yang instragamable dan dilengkapi properti serba milenial. Museum ini berada di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Continue Reading

Hangout

Sambut Pergantian Tahun, Claro Kendari Hadirkan Nuansa Mario Bross Hingga Money Heist

Published

on

Tampak depan Claro Hotel Kendari, Foto : Andi May/Mycity.co.id

Tampak depan Claro Hotel Kendari, Foto : Andi May/Mycity.co.id

mycity.co.idDalam menyambut pergantian tahun 2022 – 2023, Hotel Claro Kendari hadirkan promo akhir tahun hingga nuansa hotel yang menarik bagi pengunjung.

Marketing Communication Manager Claro Kendari, Irma mengatakan nuansa dekorasi dan atmosfir yang berbeda akan menghiasi Hotel Claro Kendari pada malam tahun baru nantinya.

“Untuk Claro Hotel kami mengusung tema The Quest Of Mario Bros, dengan paket kamar mulai dari Rp 2.750.000 permalamnya,” ujar Irma.

Selain itu, lanjut Irma, Claro Hotel Kendari juga menawarkan diskon spesial dari tanggal 15 Desember 2022 dengan paket kamar Deluxe Rp 3.000.000 permalamnya serta additional Gala Dinner Rp 350.000 perpax dengan konsep semi standing.

Tak hanya spesial diskon, Chef Executive Claro Hotel Kendari, Bawon mengatakan pihaknya juga menyediakan 70 pilihan menu spesial yang akan disuguhkan ke pengunjung hotel dengan tagline “all you can eat”.

“Mulai dari menu tradisional, asian, hingga internasional. Tidak hanya itu, spot bermain/playground untuk anak-anak dan games Super Mario Bros kami hadirkan di malam tahun baru,” ujar Bawon.

Seluruh paket kamar sudah termasuk sarapan pagi dan gala dinner untuk dua orang. Khusus gala dinner free maximal 2 orang anak-anak, syarat & ketentuan berlaku.

Entertainment Manager D’liquid Claro Kendari, Syafrianto Zainal mengatakan konsep yang dihadirkan untuk D’liquid Claro Kendari cukup berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Konsep kami terinspirasi dari series drama korea terkenal yakni Money Heist dalam versi have fun dan menghibur,” ujar Syafrianto.

Seluruh karyawan dan staff nantinya akan memakai kostum ala Money Heist ditambah dengan nuansa dekorasi yang unik, lightning yang memanjakan mata hingga sound system yang berkualitas.

“Kami berharap rangkaian acara dan fasilitas dapat menghibur para tamu. paket tahun baru kami dibanderol mulai dari harga Rp.250.000,-. Special guest ada DJ Farra Julius & DJ Hanici, penampilan dari Hammer God Band, DJ Queen QI, DJ Ichal G Remix, VJ Decky, The Clabars’s Monster Alien, & 2DIMENTION’S. Kami juga akan bagi-bagi special gift bagi para pelanggan setia kami. Khusus untuk paket tahun baru Studio 33 Karaoke dibanderol mulai harga Rp 5,5 juta”, tambahnya.

Untuk diketahui, reservasi di kontak +62821 8999 3838 atau dapat mengunjungi website www.clarokendari.com.

Continue Reading
Advertisement

Trending