NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Hasan di Tiro, Kekecewaan Hingga Deklarasi Kemerdekaan Aceh - mycity.co.id
Connect with us

Edukasi

Hasan di Tiro, Kekecewaan Hingga Deklarasi Kemerdekaan Aceh

Published

on

Ia memang tak pernah melihat bangsanya merdeka sebagai sebuah negara, sebagai sebuah ‘old state’ yang dengan kukuh ia perjuangkan

Mycity.co.id– Motivasi yang paling mengemuka di balik gerakan ini adalah kecewa terhadap sikap Jakarta yang sentralistis, utamanya persoalan porsi ekonomi, selain peninggalan masalah politik kesejarahan Aceh.

Melalui jalan diplomasi dan militer yang panjang, Hasan Tiro kemudian menggalang ide kemerdekaan itu, tetapi mendapat jawaban militer oleh rezim Suharto.

Sempat lari ke hutan-hutan, Hasan Tiro memilih melarikan diri ke luar negeri, dan bermuara kepada permintaan suaka politik ke Swedia pada tahun 1979.

Dari negara itulah, Hasan Tiro yang dilahirkan di Pidie, 25 September 1925 ini melanjutkan gagasan awalnya — kali ini dengan bobot tekanan pada perjuangan diplomatik.

Meskipun demikian, di pertengahan tahun 80-an, bekas pengusaha ini menghidupkan kembali perlawanan militer, dengan mengirimkan ratusan pemuda Aceh untuk berlatih kemiliteran di Libya.

Anak-anak muda didikan militer Libya inilah yang belakangan tampil sebagai Tentara Neugara Aceh, TNA, yang kemudian disegani.

Tetapi perubahan politik Indonesia di tahun 1998, yang ditandai jatuhnya rezim Suharto, membuat ide kemerdekaan — yang masih bersemayam di masyarakat Aceh — mendapatkan momentum dan hidup kembali.

Semula bersifat tertutup, bentuk perlawanan memerdekakan Aceh itu kemudian menjadi terbuka.

Media-media di Indonesia saat itu bahkan secara gampang dapat melaporkan aktivitas militer GAM, tanpa khawatir ditekan militer.

Keberhasilan kemerdekaan Timor-Timur dari Indonesia di tahun 1999, memunculkan pula tuntutan referendum di seluruh wilayah Aceh.

Tuntutan ini ditolak, tetapi perlahan secara pasti sosok Hasan Tiro yang sempat “tenggelam”, kemudian hidup kembali.

Pada pertengahan 2002, Hasan Tiro dan petinggi GAM lainnya di pengasingan melakukan konsolidasi. Mereka membentuk kembali struktur pemerintahan GAM, dan Hasan tetap menjadi pemimpin tertinggi.

Perlawanan militer pun dihidupkan kembali, walaupun tidak berarti upaya damai mereka tolak.

Di masa Presiden Abdurrahman Wahid, pertemuan informal di antara pimpinan kedua pihak dilakukan, tetapi gagal.

Dilanjutkan oleh pemerintahan Megawati, upaya itu juga mengalami jalan buntu.

Di masa Megawati ini pula, pemerintah menempuh operasi militer terbatas, sebelum status ini dicabut setahun kemudian. Dalam masa ini sejumlah juru runding GAM ditangkap.

Sejarah mencatat, dalam setiap perundingan damai antara RI dan GAM, restu Hasan Tiro selalu ditunggu.

Efek Tsunami

Tetapi konflik berkepanjangan antara Indonesia dan GAM itu “berubah” setelah gempa berskala besar dan disusul tsunami meluluh-lantakkan pesisir pantai barat Aceh, di sebuah pagi, 26 Desember 2004. Lebih dari 150 ribu orang tewas akibat bencana alam ini.

Dan, bencana ini rupanya mampu melunakkan para pemimpin Indonesia dan pimpinan GAM, tidak terkecuali pimpinan tertingginya Hasan Tiro.

Gencatan senjata pun dilakukan, dan kedua belah pihak pun mau kembali ke meja perundingan. Kontak dengan Hasan Tiro pun dilakukan oleh Jakarta, yang ternyata tidak mudah.

Dan ketika Hasan Tiro “membuka tangan”, semuanya sepertinya menjadi berjalan tidak sesulit yang dibayangkan.

Melalui perundingan maraton yang melibatkan Wakil Presiden Yusuf Kalla dan pimpinan pusat GAM, kesepakatan damai itu akhirnya ditandatangani di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005.

Poin penting dari kesepakatan itu, antara lain Pemerintah Indonesia akan memfasilitasi pembentukan partai lokal di Aceh dan pemberian amnesti bagi anggota GAM.

Empat bulan kemudian, Tentara Neugara Aceh resmi dibubarkan, dan dibentuk komite peralihan untuk membubarkan mantan tentara itu dengan warga sipil.

Pulang ke Aceh

Perubahan politik di atas, termasuk digelarnya pemilihan kepala daerah di Aceh, membuat Hasan Tiro kembali ke tanah kelahirannya pada 17 Oktober 2008, tiga tahun setelah perjanjian damai itu.

Warga Aceh menyambut pemimpin mereka yang disebut sebagai “Paduka yang Mulia Wali”. Ratusan ribu orang dari berbagai wilayah Aceh menjemputnya di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda hingga di pusat kota Banda Aceh.

Semenjak saat itulah, Hasan Tiro menetap di Aceh, setelah lebih dari 30 tahun berstatus sebagai pelarian politik.

Dan pada, 2 Juni 2010, dalam keadaan sakit dan terbaring di salah-satu ruangan rumah sakit di Banda Aceh, Hasan Tiro memperoleh kembali status sebagai Warga Negara Indonesia, setelah Pemerintah Indonesia memulihkan status kewarganegaraannya.

Organisasi GAM

Secara organisasi GAM sudah resmi bubar setelah penandatanganan MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005. Kesepakatan ini diinisiasi oleh mantan presiden Finlandia Martti Ahtasaari. Jadi, semua mantan kombatan GAM sudah melebur menjadi masyarakat sipil biasa yang memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara republik Indonesia (WNI).

Edukasi

Waspada Tiga Bibit Siklon Tropis di Indonesia, BMKG: Prediksi Terjadi Cuaca Ekstrem

Published

on

Ilustrasi Siklon Tropis/Repro

Ilustrasi Siklon Tropis/Repro

mycity.co.id Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis pengumuman prediksi cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Indonesia selama sepekan ke depan. BMKG membeberkan penyebabnya berasal dari keberadaan tiga bibit siklon tropis.

BMKG menyebut tiga bibit siklon tropis di Indonesia akan mampu menumbuhkan potensi cuaca ekstrem selama sepekan mendatang.

Penjelasan terkait tiga bibit siklon tropis diungkap detail oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring baru-baru ini.

Dwikorita mengungkap tiga bibit siklon tropis akan muncul dan membuat cuaca ekstrem di Indonesia, yakni Bibit Siklon Tropis 94S, Bibit Siklon Tropis 95S, dan Bibit Siklon Tropis 97S.

“Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut,” ujar Dwikorita menerangkan penjelasan.

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan Bibit Siklon Tropis 94S ditemukan sudah terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat barat daya Bengkulu.

Di sekitar Bengkulu, Bibit Siklon Tropis 94S yang memiliki kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minum 1000,2 mb.

“Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang,” ujarnya kepada awak media.

Berikutnya, Bibit Siklon Tropis 95S ditemukan terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat selatan Banten.

Di sekitar Banten, Bibit Siklon Tropis 95S yang memiliki kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb.

Selain itu, Bibit Siklon Tropis 97S ditemukan terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat selatan NTB.

Di sekitar NTB, kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb.

“Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” ujarnya.

BMKG Beri Imbauan Terkait Pergantian Musim Datangkan Cuaca Ekstrem di Indonesia
Kepala BMKG, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di Indonesia agar dapat meningkatkan kewaspadaaan terkait transisi pergantian musim, dari musim hujan ke musim kemarau.

Berdasarkan prediksinya, sebagian besar wilayah pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara bakal melalui periode musim hujan ke musim kemarau sepanjang Maret, April, dan Mei 2023.

Menurut Dwikorita, transisi musim tersebut menimbulkan fenomena cuaca ekstrem, seperti angin puting beliung, angin kencang, hujan lebat dengan periode singkat yang memicu bencana hidrometeorologi.

“Saat masih musim hujan, seluruh pihak, seluruh masyarakat berupaya bersama dengan Pemerintah Daerah memanen air hujan, menyimpan air hujan yang turun,” ujar Dwikorita menyampaikan pesan imbauan.

“Jangan disia-siakan langsung lari ke laut atau ke sungai,” ujarnya lagi.

Continue Reading

Edukasi

Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional pada 2024

Published

on

Siswa Upacara/Ilustrasi

Siswa Upacara/Ilustrasi

mycity.co.id Pengembang Kurikulum Ahli Madya Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Baharudin mengatakan kurikulum merdeka bakal diperkenalkan secara luas sebagai kurikulum nasional pada tahun 2024.

“Tentunya nanti sekolah-sekolah akan menerapkannya. Sedangkan saat ini mengukur kesiapan sekolah di Tanah Air,” ujarnya di Kudus, Jawa Tengah, Minggu.

Sementara target sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, kata dia, diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan karena menjadi pilihan mereka.

Nantinya, sekolah yang siap, diapresiasi karena pilihannya berdasarkan konteks dan kesiapan sekolah masing-masing.

Terkait dengan dukungan anggarannya, kata dia, tentunya akan disesuaikan setelah ditetapkan menjadi kurikulum nasional pada 2024, sehingga akan ada penyesuaian terkait pelatihan dan sebagainya.

“Termasuk bagaimana kurikulum ini tersosialisasi secara luas sehingga satuan pendidikan dan bapak ibu guru merasa menerima kurikulum dengan sangat baik,” ujarnya.

Hal terpenting, kata dia, bagaimana peserta didik terlayani dengan baik.

Untuk sementara ini, disiapkan juga beberapa aplikasi yang bisa untuk pelatihan mandiri yang disiapkan sehingga ibu guru bisa mengakses beberapa dokumen kurikulum merdeka dan modul-modul yang lain yang bisa dipahami.

Pada dasarnya, kurikulum ini kelanjutan dari kurikulum sebelumnya dengan fokus yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik ketika belajar.

“Ada profil belajar Pancasila, yang menjadi tujuan utama proses pendidikan ini yang diimplementasikan dalam projek profilnya,” ujarnya.

Bapak ibu guru, kata dia, diberi keleluasaan materi dan proses belajar sesuai kondisi peserta didik dan dukungan di satuan pendidikan.

Sementara hasilnya, anak-anak memiliki kompetensi maksimal yang mencakup tiga hal. Secara pengetahuan anak-anak hebat dan keterampilan juga luar biasa, kemudian memiliki profil sopan santun yang secara ketimuran maksimal.

Continue Reading

Edukasi

Ingin Rekening Anda Terhindar dari Pembobolan?, Ini Tipsnya…

Published

on

Ilustrasi M-Banking/Repro

Ilustrasi M-Banking/Repro

mycity.co.idModus kejahatan perbankan semakin marak terjadi. Para pelaku menerapkan berbagai modus untuk membobol rekening korbannya.

Salah satu modusnya yakni sniffing, tindak kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan mencuri data dan informasi penting di ponsel.

Pelaku umumnya memberikan informasi palsu melalui pesan WhatsApp yang terkait dengan pengiriman paket, pergantian kartu ATM, tagihan PLN, atau undangan pernikahan digital.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengirimkan file dengan ekstensi Android Package Kit (APK) Jika diunduh, file ini akan melakukan sniffing atau mengambil data dan informasi penting di ponsel korban secara ilegal, seperti username dan password m-banking, informasi kartu kredit, password email, dan lain-lain.

Pelaku dapat menggunakan data pribadi tersebut untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening korban. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda tidak sembarang mengunduh aplikasi atau mengklik tautan yang dikirimkan melalui SMS/WhatsApp/Email.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga keamanan rekening. Berikut tujuh cara menjaga keamanan rekening agar terhindar dari pembobolan, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Instagram @ojkindonesia, pada Selasa, 31 Januari 2023.

1. Aktifkan fitur notifikasi transaksi rekening

Anda bisa mengaktifkan notifikasi transaksi rekening melalui SMS. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk maupun keluar, bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Anda dapat dengan mudah memeriksa histori rekening atau saldo secara berkala melalui aplikasi mobile banking atau internet banking.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Untuk meningkatkan keamanan data, sebaiknya amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan Wi-Fi publik

Demi menjaga keamanan data, sebaiknya gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wi-Fi publik atau Free Wi-Fi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi Anda

Anda harus selalu menjaga data pribadi. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung kepada siapa pun, termasuk pihak bank.

6. Gantilah password secara berkala

7. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Ketika menggunakan ATM, pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segeralah datang ke bank. Selain itu, sebaiknya Anda tetap waspada terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan lantaran berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

Continue Reading
Advertisement

Trending