Connect with us

Properti

Tantri Kotak Berbagi Kiat Investasi Rumah Kos bagi Pemula

Published

on

Tantri Syalindri Ichlasari belasan tahun berkecimpung di industri musik sebagai vokalis Kotak. Kini ia memulai investasi rumah kos. Tantri memilih rumah kos peratamanya di kota Pelajar, Yogyakarta dengan nama Kost Bobok Manis.

Rumah kos tersebut terdapat 8 kamar dengan konsep desain industrial yang dilengkapi fasilitas perabotan kamar, kamar mandi dengan shower, water-heater, wastafel, kulkas mini, lemari serta dapur umum.

Berinvestasi rumah kos memang merupakan impian Tantri sejak lama. Terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang pernah mengalami keterbatasan pilihan dalam mencari kos murah di Jakarta. Akibat keadaan ekonomi yang masih tidak menentu membuat Tantri harus banyak memutar otak mencari penghasilan tambahan.

Baca Juga:

  1. Prancis Tegaskan Akan Terus Lawan Ekstremisme Islam
  2. Serukan Boikot Produk Prancis, Erdogan Ditantang Tutup Pabrik Renault
  3. Pernyataan Kontroversial Macron Soal Islam, Negara Arab Ramai-ramai Boikot Produk Prancis

Investasi kos pun menjadi penghasilan tambahan baginya. Sebagai pemula dalam berinvestasi rumah kos, Tantri mempercayakan pengelolaan kosnya kepada Singgahsini, anak usaha Mamikos.

Tantri mengatakan, dari total 8 kamar, 7 di antaranya telah tersewa. “Banyak yang beranggapan bahwa rumah kos milik artis selalu laris manis dan diminati oleh para penyewa, namun di tengah kondisi pandemi tetap tearasa penuh tantangan dalam mengelolanya,” ujar Tantri.

Menurut dia, kesuksesan dalam mengelola dan mengembangkan kos tidak hanya mengandalkan popularitas. Sebagai pemula dalam berinvestasi rumah kos, Tantri menyadari perlunya bantuan terutama dalam hal pemasaran serta operasionalnya.

Berinvestasi rumah kos diakui Tantri bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan perencanaan yang matang agar tidak merugi. Tarif yang dikenakan kepada penyewa tentunya berkaca dari biaya pembangunan, pemeliharaan bangunan serta menyesuaikan harga di pasaran.

Pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan kos juga menguntungkan bagi pemilik kos seperti menggunakan jasa operator rumah kos. Co-Founder dan CEO Mamikos Maria Regina Anggit menambahkan, rumah kos masih dibutuhkan pada masa pandemi ini, permintaannya terus meningkat.

“Sehingga kami akan terus mengutamakan kualitas pelayanan, baik dari sisi mitra yang terdampak dan peningkatan kenyamanan para penyewa yang membutuhkan rumah kos saat pandemi,” terang Regina. Saat ini, Singgahsini mengelola lebih dari 200 properti dan juga melayani lebih dari 5.000 penyewa saat pandemi ini.

Advertisement

Properti

Kini, Modal Rp 80 Juta Bisa Punya Usaha di Mall

Published

on

By

Ilustrasi Kios di Mall

Pandemi sangat berpengaruh terhadap sistem perekonomian di Indonesia. Khususnya, pada pusat perbelanjaan yang masih terpuruk, sehingga banyak kios di mall yang dijual murah.

Di Mall Blok M Square, ada sejumlah kios yang dijual atau disewakan dengan harga yang cukup murah. Jika dibandingkan dengan harga normalnya sebelum pandemi, kini harganya sangat turun drastis. Para pemilik sengaja menawarakn harga yang murah tersebut, agar dapat menarik perhatian para investor atau pembeli.

Situasi pandemi ini membuat setiap orang segan untuk mengeluarkan dana yang banyak, untuk hal apapun. Sebab, masing-masing dari mereka sama-sama sedang bertahan di masa pandemi ini. Sekaligus mempertahankan bisnis yang terkena dampak pandemi, yang sebelumnya sudah mereka rintis. Memang terlihat sangat miris, tapi fakatanya pun menunjukan hal demikian. Membuat mereka yang memiliki aset, menjualnya dengan harga yang terbilang rendah.

“Dijual murah banget. Harga Rp149 juta nego. Kalau nggak covid harganya bisa mencapai Rp200 jutaan lebih. Lantai basement dikelilingi foodcourt, pengunjung mall dan karyawan kantoran makan di foodcourt lantai basement Blok M Square,” tulis pemilik, dilansir dari situ OLX pada Rabu (26/1/2022).

Baca Juga:

  1. Fenomena Orang Kaya Jual Murah Rumah Mewah di Kawasan Pondok Indah
  2. Daftar Mobil Terlaris di Tahun 2021
  3. Tahun Ini, Asuransi Properti Diprediksi Makin Mengilap

Kemudian, di Mall Taman Palem daerah Cengkareng pun terdapat kios yang dijual dengan harga rendah. Untuk luas kiosnya sendiri juga lebih luas, dibandingkan yang ada di Blok M Square.

“Dijual kios usaha 3x3m di lantai 3 Mall Taman Palem, SHM (Sertifikat Hak Milik). Cocok untuk usaha / kantor, lokasi strategis. Harga jual Rp100 juta,” tulis penjual.

Selain itu, masih ada lagi kios yang lebih murah. Lokasinya sama, tepat berada di Mall Taman Palem. Di sana terdapat kios yang dijual oleh pemiliknya, dengan harga Rp 80 juta saja. Dengan harga tersebut, pembeli sudah sekaligus bisa mendapatkan segala macam perlengkapan usaha yang telah ada sebelumnya. Rentang harga yang diberikan pun masih bisa untuk dinegosiasi lagi.

Nah gimana? sangat menggiurkan bukan? untuk kalian yang memiliki modal, bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli dan membuka usaha di tempat tersebut. Sebab, harga yang murah membuat modal usaha yang dibutuhkan semakin menyusut atau mengecil. Sehingga bisa meminimalisir pengeluaran dana yang besar.

Continue Reading

Properti

Keren, Kementerian PUPR Punya Rumah Khusus Hasil Printing 3D

Published

on

Rumah Khusus Kementerian PUPR

Kementerian PUPR akan menerapkan pembangunan program rumah khusus dengan menerapkan teknologi 3D printing. Hal ini untuk terus mengikuti dan menerapkan perkembangan teknologi sehingga program perumahan juga bisa terus didorong dengan hasil yang lebih cepat.

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang besar khususnya pada sektor konstruksi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyongsong era industri 4.0 dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi informasi dan komunikasi khususnya untuk mencapai efisiensi yang tinggi pada bidang jasa konstruksi.

Salah satu pemanfaatannya yaitu penerapan teknologi tiga dimendi (3D) printing untuk pengembangan proyek perumahan. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, revolusi industri 4.0 ditandai dengan efisiensi yang tinggi dengan tetap menjaga kualitas yang lebih baik. Hal itu termasuk memberikan nilai tambah untuk pelaksanaan pembangunan berbagai proyek infrastruktur dan perumahan.

Baca Juga:

  1. Ragam Bahaya yang Menanti di Balik Metaverse
  2. Korea Selatan Bangun Metaverse Seoul, Kota Digital Pertama di Dunia
  3. Tren Baru, Orang Kaya Ramai-Ramai Beli Tanah di Metaverse

“Pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan bukan sekadar mengikuti tren sesaat. Era industri 4.0 ini juga bukan sekadar instrumen tapi justru di belakangnya ada sumber daya manusia (SDM) yang andal dan pemanfataan teknologi terkini,” ujarnya.

Untuk itu pelaksanaan berbagai program pembangunan juga menerapkan berbagai perkembangan teknologi ini. Di sektor perumahan, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, Ditjen Perumahan Pada tahun 2022 ini menerapkan pembangunan rumah khusus (Rusus) dengan metode digital untuk menjawab tantangan teknologi industri 4.0.

“Pada awal tahun 2021 lalu Keenterian PUPR bersama mitra terkait telah melakukan uji coba pembangunan 3D printing rumah tapak di Yogyakarta. Setelah sukses dengan uji coba penerapan 3D printing rumah tapak, teknologi ini akan diterapkan untuk pembangunan Rusus pada tahun ini,” katanya.

Penerapan teknologi 3D printing untuk program Rusus ini juga telah menjadi agenda prioritas lima tahun ke depan yaitu untuk pengembangan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, birokrasi, dan transformasi ekonomi. Kementerian PUPR juga terus melakukan berbagai terobosan untuk percepatan pembangunan infrastruktur khususnya untuk mendukung industrialisasi 4.0.

Dengan terus update pada berbagai perkembangan khususnya penerapan teknologi, hal lainnya lagi yang terus didorong yaitu skema pembiayaan yang kreatif, pengembangan SDM, penyelesaian tugas khusus, hingga mitigasi bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi. Program perumahan Kementerian PUPR 2020-2024 juga telah menargetkan pembangunan 51.340 unit rumah susun, 10 ribu unit Rusus, 813.660 rumah swadaya, hingga 262.345 unit pembangunan prasarana sarana utilitas (PSU) perumahan.

“Dengan menerapkan berbagai perkembangan teknologi khususnya dengan teknologi 3D printing ini target pembangunan perumahan juga akan dievaluasi. Program sejuta rumah misalnya, bisa ditingkatkan menjadi 1,5 juta hingga 2 juta unit per tahun sehingga backlog perumahan juga bisa diselesaikan dengan lebih cepat,” beber Iwan.

Continue Reading

Properti

Daftar Mobil Terlaris di Tahun 2021

Published

on

By

Ilustrasi Mobil

Setelah penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan akibat pandemi, namun pada tahun 2021 terdapat peningkatan penjualan kembali yang signifikan.

Mobil, merupakan kendaraan roda empat yang digunakan sebagai transportasi darat. Keunggulan mobil adalah, ia bisa melidungi penumpangnya dari paparan langsung sinar matahari, serta juga dari rintikan hujan yang turun.

Selain itu, daya tampung mobil lebih besar dibanding dengan kendaraan roda dua yaitu motor. Kenyamanan dan kapasitas mobil ini lah, yang menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat dalam membeli mobil.

Akan tetapi, keadaan pandemi yang terjadi di Indonesia memberikan dampak penurunan terhadap penjulan mobil. Kemudian, pada tahun 2021 barulah penjualan mobil mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini menandakan bahwa, daya minat masyarakat untuk membeli mobil masih begitu tinggi.

Ada banyak sekali varian mobil yang ditawarkan di Indonesia. Tetapi dari sekian banyaknya, ada mobil-mobil yang berhasil terjual paling laku dipasaran. Berikut daftar mobil terlaris tahun 2021:

Baca Juga:

  1. Tahun Ini, Asuransi Properti Diprediksi Makin Mengilap
  2. Tahun 2022, Harga Apartemen Melonjak
  3. Hasil Survei Global: Tren Bisnis Properti di Tahun 2022 Bakal Fantastis

Toyota Avanza

Toyota Avanza

Peringkat pertama mobil paling laris di tahun 2021, dinobatkan kepada Avanza. Mobil ini memang kerap digadang-gadang sebagai mobil sejuta umat. Angka penjualan Avanza terhitung 66.09 unit, tumbuh 85% sepanjang tahun 2021, setelah sempat mengalami penurunan.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Selanjutnya posisi kedua untuk mobil terlaris di 2021, diraih oleh Mitsubishi Xpander. Angka penjualan Mitsubishi Xpander terhitung 54.624 unit, tumbuh 107% sepanjang tahun 2021, setelah juga empat mengalami penurunan. Mobil ini menjadi pilihan menarik bagi yang ingin membeli mobi, namun dengan dan yang terbatas. Hal ini karena harga mobil ini sangat menggoda dibandingkan dengan para pesaingnya.


Suzuki Carry

Suzuki Carry

Untuk mobil yang satu ini, sebenarnya tidak mengalami penurunan penjualan yang drastis dibandingkan dengan competitornya. Hal ini disebabkan tipe konsumen kendaraan niaga dengan kendaraan penumpang berbeda saat pandemi. Hal ini di ungkapkan oleh 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra. Tercatat penjualan mobil tersebut sepanjang tahun 2021 sekitar 52.854 unit, tumbuh 39%.


Toyota Rush

Toyota Rush

Toyota Rush berhasil menyandang predikat mobil terlaris di tahun 2021. Dengan catatan penjualan 52.553 unit, tumbuh menjadi 79%. Hal ini karena mobil tersebut merupakan jenis LSUV, yang mampu memuncaki penjualan di segmen LSUV.


Toyota Innova

Toyota Innova

Mobil Toyota Innova juga berhasil meraih peringkat mobil terlaris di tahun 2021. Setelah sempat mengalami penurunan karena pandemi, namun mobil ini berhasil menikatkan kembali penjualannya dipasaran. Dengan catatan penjualan sepanjang tahun 2021 sebanyak 49.745 unit, tumbuh 80%.


Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra


Kemudian di posisi berikutnya ada Daihatsu Sigra, sebagai mobil terlaris di tahun 2021. Mobil ini berhasil mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti dari penjualannya yang semakin meningkat, dan cukup laku dipasaran. Dengan catatan penjualan sepanjang tahun 2021 sebanyak 40.283 unit, tumbuh 73%.

Toyota Calya

Toyota Calya

Peringkat selanjutnya jatuh kepada Toyota Calya, sebagai mobil terlaris di tahun 2021. Jenis mobil ini juga sempat terkena dampak pandemi, dan mengalami penurunan penjulan. Kemudia setelah itu, di tahun 2021 mobil tersebut mengembalikan eksistensinya di dunia otomotif. Yaitu dengan catatan penjualan sepanjang tahun 2021 sebanyak 35.375, tumbuh 51%.


Mitsubishi Fuso FE

Mitsubishi Fuso FE

Mobil Mitsubishi Fuso FE juga termasuk ke dalam kategori mobil terlaris di tahun 2021. Untuk peningkatan penjualannya tertinggi pada bulan April. Mobil ini memberikan kenyamanan saat berkendara, karena telah dilengkapi fitur tlit dan teleskopik.Dengan catatan penjualan sepanjang tahun 2021 sebanyak 32.828, tumbuh 71%.


Honda Brio Satya

Honda Brio Satya

Mobil ini juga menyandang predikat untuk mobil terlaris di tahun 2021. Penjualan mobil tersebut juga meningkat, dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Peningkatannya terjadi pada bulan oktober, dengan permintaan konsumen yang tinggi. Memiliki catatan penjualan sepanjang tahun 2021 sekitar 29.976, tumbuh 0%.


Mitsubishi L300

Mitsubishi L300

Terakhir, untuk daftar mobil terlaris di tahun 2021 ditempati oleh Mitsubishi L300. Meski cukup asing ditelinga, namun mobil ini telah lama diminati oleh paa pelaku usaha, karena mobil ini merupakan kendaraan niaga yang ringan. Untuk catatan penjualan sepanjang tahun 26.335, tumbuh 64%.

Continue Reading

Trending