Connect with us

Pojok

Tanagupa, Surganya Orang Utan dari Kalimantan Barat

Published

on

Orang Utan

Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) diketahui sebagai surga atau rumahnya bagi orang utan. Tempat ini terletak Jl. Gajah mada No.41, 78813, Ketapang, Kalimantan Barat.

Di mana taman ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi di daerah Kalimantan Barat dengan status sebagai Kawasan Suka Alam.

Diketahui, hal tersebut ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Het Zelfbestuur Van Het Landschap Simpang Nomor: 4/13.ZB/1937 tanggal 4 Februari 1937. Kemudian De Resident Der Westerafdeling Van Borneo mengesahkannya di Pontianak tanggal 29 April 1937.

Pada tahun 2021 lalu pun tempat ini kembali menerima seekor orangutan jantan liar dewasa hasil penyelamatan bersama antara Tim Wildlife Rescue Unit (WRU), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang, Yayasan IAR Indonesia, Yayasan Palung dan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Penjalaan.

Baca Juga:

  1. Tepuk Tangan Mawar, Tradisi Adat Melayu untuk Mensyukuri Nikmat dari Allah SWT
  2. Mengenal Upacara Adat Mongubingo, Sunat Perempuan Ala Masyarakat Gorontalo
  3. Adu Zatua, Tradisi Menghormati Roh Leluhur Ala Suku Nias

Usai mendapat laporan dari masyarakat tentang keberadaan orangutan yang terjebak di kebun warga di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, barulah kemudian upaya penyelamatan dan translokasi tersebut dilakukan.

Akhirnya orang utan bernama ‘Jala’ itu pun dipindahkan ke ke kawasan hutan Tanagupa. Berdasarkan hasil survei, kawasan tersebut mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, jauh dari pemukiman dan memiliki tumbuhan pakan yang melimpah.

Selain itu juga kerapatan individu orang utan yang masih rendah di sana. Kegiatan translokasi orangutan ke Taman Nasional Gunung Palung selama tahun 2021 merupakan upaya yang kedua kalinya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung, M. Ari Wibawanto pada keterangan tertulisnya (7/5/2021).

Advertisement

CityKids

Anies Baswedan Pamer Trofi DKI Jakarta Jadi Kota Ramah untuk Anak

Published

on

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan dua penghargaan untuk DKI Jakarta terkait pemenuhan hak anak.

Hal itu berbuntut rasa bangga dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia pun memamerkan dua penghargaan tersebut melalui akun Instagram miliknya, @aniesbaswedan.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa meraih double winner penghargaan terkait pemenuhan hak pada anak di DKI Jakarta,” tulis Anies.

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Menurut Anies kebanggaan sebetulnya bukan terkait penghargaannya, namun lebih kepada upaya bersama dalam mewujudkan suasana yang kondusif terhadap tumbuh dan berkembangnya anak, sehingga Jakarta bisa dihargai sebagai Kota Layak Anak saat ini.

Penghargaan pertama adalah untuk kategori Provinsi Layak Anak (PROVILA).

Menurut Anies Jakarta mendapatkan penghargaan PROVILA karena dinilai memiliki komitmen yang tinggi, dalam mewujudkan lingkungan yang ramah bagi tumbuh kembang anak, memperhatikan pemenuhan hak, dan perlindungan anak, serta telah berjuang untuk menjadikan seluruh kabupaten/kota menjadi kabupaten/kota layak anak.

“Prestasi ini adalah hasil kerja kolektif bersama, di mana banyak campur tangan yang terkadang kinerjanya tidak terlihat oleh siapapun, dilakukan secara senyap, namun dampaknya sangat terasa bagi masyarakat,” kata Anies.

Penghargaan lainnya, Jakarta terpilih sebagai provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

Ia menjelaskan SIMEP merupakan media aplikasi yang dikembangkan KPAI untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peraturan, regulasi, kelembagaan, sumber daya manusia, program dan anggaran, pelayanan kasus, dan implementasi sistem peradilan pidana anak.

Atas dua penghargaan tersebut, Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI terus berkomitmen penuh dalam mengupayakan, memenuhi, dan memberikan hak perlindungan terhadap anak.

“Semoga ikhtiar ini dengan segala doa dan dukungan seluruh warga Jakarta, bisa menjadikan Kota ini sebagai contoh teladan dalam menjamin masa depan anak dengan baik,” ujar mantan Mendikbud tersebut.

Continue Reading

Pojok

Mengenal HAKI yang Bikin Baim Wong Dihujat karena Citayam Fashion Week

Published

on

Citayam Fashion Week

Perusahaan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan brand Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual (HKI) atau HAKI ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham sebagai sebuah hak brand atau merek.

Brand yang memiliki nomor permohonan Jid2022052181 itu mulai diterima PDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 lalu. Selain Baim Wong, Indigo Aditya Nugroho pun mendaftarkan permohonan serupa.

Lantas, apa itu HAKI? Itu merupakan singkatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI atau HAKI).

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Mengutip penjelasan dari laman resmi Universitas Medan Area, HAKI merupakan hak khusus yang diberikan kepada seorang individu maupun kelompok terhadap karya yang mereka ciptakan.

Sederhananya, HAKI memberikan perlindungan terhadap karya kreatif masyarakat agar diakui sebagai ciptaannya secara orisinil, dan bukan ciptaan pihak lain yang ingin memanfaatkan klaim atas karya tersebut.

HAKI sendiri sudah diatur oleh Organisasi Dagang Dunia (WTO) melalui Undang-undang No 7 Tahun 1994 tentang pengetahan WTO (Agreement Establishing The World Trade Organization).

Melalui HAKI, pihak yang telah mendaftarkan karyanya agar diakui bisa memperoleh segudang manfaat dari karya tersebut, tak terkecuali manfaat ekonomis. Sehingga, sang pemilik HAKI dapat memperoleh keuntungan berupa uang dari karya tersebut melalui royalti dan lain sebagainya.

Perlindungan HAKI di Indonesia

Pemerintah Indonesia kini mulai mengupayakan agar karya-karya kreatif masyaraka bisa diakui dan memperoleh manfaat dari karya tersebut.

Upaya HAKI di Indonesia menjadi tugas Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual yang bertugas menyelenggarakan administrasi hak cipta paten, merek, desain industri, dan desain orisinil lainnya.

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) melalui laman resminya memberikan pengertian HAKI adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR).

IPR adalah hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasikan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia.

Kesimpulannya, HAKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual.

Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

HAKI terdiri dari dua kategori yakni Hak Milik Perindustrian dan Hak Cipta.

Hak Milik Perindustrian yang meliputi penemuan (paten), merek dagang, desain industri, dan indikasi geografis.

Sementara, Hak Cipta mencakup karya sastra dan artistik seperti novel, puisi, drama, film, karya musik, karya-karya artistik seperti gambar, lukisan, foto dan patung-patung, serta desain arsitektur hak terkait.

Syarat dan Prosedur Pengajuan HAKI
Ada sejumlah proses yang harus dipenuhi dan dokumen yang perlu dipersiapkan dalam pengajuan HAKI

Berikut syarat permohonan yang perlu dipersiapkan.

Surat pernyataan hak
Surat perngalihan hak
Surat kuasa
Fotocopi KTP/identigas pemohon
Fotokopi Akta pendirian badan hukum yang dilegalisir
Fotokopi NPWP badan hukum
Fotokopi KTP atas nama pemohon badan hukum untuk ditandatangai surat pernyataan dan surat kuasa.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Pemilik Shopee, Konglomerat Tajir Melintir yang Hartanya Tak Habis 7 Turunan

Published

on

Pendiri Shopee Forrest Li

Shopee didirikan oleh pria bernama Forrest Li, yang pernah menyandang predikat sebagai orang terkaya di Singapura. Kini, aplikasi e-commerce Shopee seolah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia.

Forrest Li merupakan pendiri dan CEO dari SEA Ltd, perusahaan yang menjadi induk dari Shopee dan Garena. Li diketahui kini memiliki kekayaan sebesar 22 miliar dolar AS atau Rp319 triliun.

Kekayaan Li hampir sepenuhnya diperoleh dari kepemilikan sahamnya di perusahaan konsumer teknologi yang melantai di Bursa Efek New York (NYSE/Wall Street), Sea Ltd.

Baca Juga:

  1. Begini Upaya Pemerintah Atasi PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha
  2. 5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
  3. 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

Menurut prospektus awal yang terbit di situs resmi US Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, sebelum melantai di bursa Li menggenggam 56,12 juta saham biasa Sea Ltd atau setara 20,7%.

Kenaikan jumlah harta kekayaan Li merupakan buah dari kinerja saham Sea yang cukup gemilang belakangan ini.

Di sisi lain, Shopee secara konsisten menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di 5 dari 6 negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Total kunjungannya mencapai 421 juta pengunjung di awal 2022.

Berkembangnya Shopee di Asia Tenggara menjadikan Forrest Li sebagai orang paling kaya nomor 2 di Singapura.

Dilansir dari berbagai sumber, Forrest Xiaodong Li lahir di Tianjin, China pada 1977/1978. Kedua orang tuanya bekerja sebagai pegawai di perusahaan milik negara.

Ia lahir dan dibesarkan di kota pelabuhan China, Tianjin, oleh orang tua yang menghabiskan seluruh karir mereka di perusahaan milik negara

Semasa kuliah, Li sangat hobi bermain game. Nama Forrest sendiri ia pilih karena terinspirasi lewat film Forrest Gump.

Li mengenyam pendidikan di jurusan teknik Shanghai Jiao Tong University. Ia kemudian bekerja sebagai perekrut Motorola dan Corning di Shanghai selama empat tahun.

Profesi itu yang kemudian menjadi titik balik, di mana Li menyadari bahwa ia ingin melakukan sesuatu yang lebih dalam hidupnya setelah mempelajari ratusan resume.

“Setiap resume adalah kisah pribadi, bukan? Jadi dengan membaca cerita orang lain, saya mulai berpikir tentang bagaimana saya ingin resume saya dibaca di masa depan,” cerita Li kepada Forbes Asia 2015 silam.

Langkah pertamanya untuk membuat perubahan dalam hidupnya adalah diterima di Stanford, di mana ia bertemu calon istrinya, Ma Liqian.

Pada 2005, Li menghadiri wisuda Ma di mana Steve Jobs menyampaikan pidatonya yang terkenal, “Anda harus menemukan apa yang Anda suka.” Kalimat Jobs lantas menginspirasi Li untuk mengejar hasratnya dalam game online.

Setelah pindah ke Singapura, ia meluncurkan perusahaan game bernama GG Game di negeri itu. Namun startup itu gagal.

Pantang menyerah, Li kemudian meluncurkan Garena, platform game online, pada 2009 bersama dua temannya, Chen dan Ye – ketiganya sekarang adalah warga negara Singapura yang dinaturalisasi yang berasal dari China daratan.

Saat ini, Garena merupakan perusahaan pengembang game yang menaungi banyak game populer seperti Garena Free Fire yang dirilis pada tahun 2017, dan Call of Duty Mobile yang pertama kali dirilis pada tahun 2019.

Garena Free Fire adalah game mobile battle royale yang mirip dengan PUBG dan Fortnite dan memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif harian dan puncak lebih dari 100 juta pengguna harian pada kuartal 2 tahun 2020.

Game itu bahkan, telah diunduh lebih dari 500 juta kali menjadikannya game ketiga yang paling banyak diunduh sepanjang masa di game.

Perusahaan game-nya itu membuat Li masuk dalam jajaran orang terkaya Singapura, setelah mencatatkan Sea di Bursa Efek New York pada Oktober 2017.

Hal menarik lainnya adalah dia merupakan penggemar berat sepak bola dan mengagumi Cristiano Ronaldo. Maka dari itu, ia mempekerjakan Cristiano Ronaldo untuk menjadi brand ambassador Shopee dalam mempromosikan Shopee di seluruh Asia Tenggara.

Continue Reading

Trending