Connect with us

Investment

Tak Bisa Penuhi Modal Inti Rp3 Triliun, OJK Minta Bank Merger

Published

on

Logo OJK. (Istimewa)
Logo OJK. (Istimewa)

Jelang batas akhir masih terdapat 18 bank hingga November 2022 yang belum memiliki modal inti Rp 3 triliun. Ini merupakan langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkuat industri perbankan tanah air.

Direktur Pengaturan Bank Umum Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Indah Iramadhini mengatakan, OJK tidak akan memperpanjang masa pemenuhan modal inti bank Rp 3 triliun.

“Sanksi itu tidak akan langsung diberikan ke bank yang melanggar ketentuan tersebut. OJK tetap akan melakukan prosedur exit policy atau memberikan pilihan bagi bank yang belum memenuhi modal inti itu,” ujarnya.

Baca Juga: Tari Serimpi, Tarian Mimpi Sebagai Bentuk Perlawanan Terhadap Penjajah

Namun begitu, ia mewanti-wanti langkah terakhir OJK ialah memaksa bank untuk turun kelas menjadi BPR ketika bank tetap tidak mau memenuhi ketentuan modal inti bank Rp 3 triliun ini.

“Kita tidak ada rencana relaksasi perpanjangan modal inti. Kita tetap laksanakan konsolidasi. Karena kita sudah memberikan banyak waktu dari tiga tahun, sepertinya cukup waktu untuk meningkatkan permodalannya,” imbuh dia.

Pada tahap awal, OJK akan meminta bank yang belum memenuhi ketentuan modal inti untuk berkonsolidasi dengan bank besar atau membentuk grup konglomerasi.

“Bank yang kecil-kecil silakan gabung, merelakan dirinya diakuisisi bank besar atau nanti akan penggabungan atau membentuk kelompok usaha bank, monggo,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai menyampaikan, J Trust Co Ltd selaku pemegang saham pengendali berkomitmen dari untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum sebagaimana diatur pada pasal 8 ayat (4) Peraturan OJK No. 12/POJK.03/2020.

“Oleh karena itu, kami optimistis dapat melakukan pemenuhan modal inti minimum paling sedikit sebesar Rp3 triliun sebelum 31 Desember 2022,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (15/11/2022).

Berdasarkan laporan keuangan perseroan triwulan III September 2022, perseroan meraih laba bersih sebesar Rp 85,06 miliar dibandingkan rugi bersih Rp 337,94 miliar pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal ini terutama didorong oleh pertumbuhan kredit bruto sebesar 75,79% menjadi Rp 17,61 triliun serta pertumbuhan simpanan nasabah sebesar 47,80% menjadi Rp 23,57 triliun pada posisi bulan September 2022 dibandingkan Desember 2021.

Baca Juga: Wayang Kulit, Jadi Aset Budaya Nasional dan Refleksi Kehidupan

“Dengan struktur permodalan yang semakin kuat serta berpegang teguh pada nilai korporasi kami yaitu “Customer First”, J Trust Bank terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan nasabah, berkembang secara prudent, dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik berstandar Jepang demi menjaga kepercayaan dan kesetiaan seluruh nasabah kami,” tutup Ritsuo Fukadai.

Investment

Inilah Caroline Ellison, Wanita Imut Penyebab Bangkrutnya Bursa Kripto FTX

Published

on

Sosok Caroline Ellison yang menjadi dalang di balik bangkrutnya bursa kripto FTX. (Gawker)
Sosok Caroline Ellison yang menjadi dalang di balik bangkrutnya bursa kripto FTX. (Gawker)

mycity.co.id – Runtuhnya bursa kripto FTX juga menyeret nama Caroline Ellison. Dia merupakan CEO dari perusahaan pertama mantan bos dan pendiri FTX, Sam Bankman-Fried bernama Alameda Research.

Keduanya bertemu saat sama-sama bekerja di perusahaan trading saham Jane Street Capital. Namun pada tahun 2017, Bankman-Fried meninggalkan perusahaan itu.

Saat itu diketahui dia membentuk hedge fund Alameda Research. Akhirnya Ellison juga ikut bergabung di perusahaan yang menjadi pedagang utama dan sering berdagang di FTX.

Pengalamannya bergabung di FTX pernah dia ceritakan di sebuah podcast. Menurutnya kesempatan bekerja itu terlalu keren untuk dilewatkan.

“Jadi itu semacam – saya kira saya seperti seorang pedagang, maksud saya, tidak lama di Jane Street,” ujarnya seperti dinukil dari Fox Business, Jumat (9/12/2022).

“Tapi satu setengah tahun itu merupakan pengalaman perdagangan yang lebih banyak daripada banyak Alameda. Saya ingin masuk dan menjadi ahli dalam segala hal. Tetapi masih ada banyak hal di dunia kripto yang tidak saya ketahui sama sekali,” dia menambahkan.

Skandal FTX juga membongkar sisi lain perusahaan, yakni gaya hidup bersama para pemimpinnya. Melansir Decrypt, Bankman-Fried dan 9 rekannya dilaporkan hidup dalam penthouse senilai US$30 juta.

Semua keputusan korporasi diambil di penthouse tersebut, termasuk mengenai pengoperasian bursa serta Alameda Research.

Coindesk juga melaporkan bahkan di antara mereka ada yang pernah terlihat hubungan asmara, hingga polycule atau hubungan asmara dengan banyak orang dan biasanya bentuk hubungan seksual dengan banyak pasangan.

Di tengah kabar tersebut, sebuah akun Tumblr muncul dan dikaitkan dengan Ellison. Blog menjelaskan mengenai keyakinan pribadi dan filosofi soal persaingan poliamori dan seksual, ketertarikan pada ilmu ras serta keyakinan pada sinergi alami antara kripto dan keyakinan.

Dalam akun yang sudah dihapus itu terdapat informasi pribadi yang mirip dengan Ellison, termasuk soal riwayat pendidikan, profesional, dan hidupnya.

Pada Maret 2021, pembuat akun juga mengumumkan membuka akun dan menautkan ke laman Twitter Ellison yang dibuat pada bulan yang sama.

Continue Reading

Investment

Bak Kesurupan, Konsumsi Pertalite Masyarakat Indonesia Tertinggi dalam 5 Tahun

Published

on

BBM Jenis Pertalite menjadi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. (Suara)
BBM Jenis Pertalite menjadi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. (Suara)

 

mycity.co.id – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sampai 30 November mencapai 26,90 juta Kilo Liter (KL). Demikian data dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Masih dari data BPH Migas, konsumsi BBM jenis Pertalite menjadi yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Dalam catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDM) konsumsi BBM Pertalite tahun 2017 mencapai 14,5 juta KL. Naik pada tahun 2018 mencapai 17,7 juta KL, tahun 2019 mencapai 19,4 juta KL. Tahun 2020 mencapai 18,1 juta KL hingga tahun 2021 yang mencapai 23 juta KL.

Pada tahun ini, sejatinya pemerintah memasang target kuota BBM Pertalite mencapai 23,05 juta KL. Dirasa tak cukup, pada bulan Oktober pemerintah menaikkan kuota BBM Pertalite menjadi 29,91 juta KL.

Angka penyaluran BBM pada November yang mencapai 26,90 juta KL tembus 89,94% dari kuota yang sudah ditambahkan tahun ini menjadi sebesar 29,91 juta kl.

Adapun berdasarkan paparan BPH Migas hingga Desember 2022, kuota yang tersisa diprediksi sebesar 29.40 juta kl atau 98,29%. Dengan begitu sisa kuota hingga akhir tahun diprediksi sebesar 0,51 juta kl.

“Pertalite telah tersalurkan 26,90 juta KL atau 89,94% dari kuota prognosa sampai dengan Desember 29,40 juta KL atau 98,29% dan sisa kuota 0,51 juta KL,” kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Kamis (8/12/2022).

Sementara itu, untuk Solar subsidi hingga 30 November 2022 tercatat sudah terserap 16,02 juta kilo liter. Itu melebihi kuota tahun ini yang ditetapkan sebesar 17,83 juta kl. Dengan demikian, maka sisa kuota Solar subsidi hingga Desember tahun ini diprediksi tinggal 0,32 juta kl.

Berikutnya untuk minyak tanah telah tersalurkan 0,443 juta KL atau 91,36% dari kuota dengan prognosa sampai dengan Desember 0,484 juta KL atas sebesar 99,84 juta KL sisa kuota 0 KL.

Continue Reading

Bisnis

Hilirisasi Nikel Bawa Berkah untuk Indonesia

Published

on

mycity.co.id Nikel menjadi sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, nikel menjadi harta karun dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mencatat, sampai akhir tahun ini nilai ekspor dari turunan nikel atau hilarisasi (strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas) nikel bisa mencapai US$33 miliar atau sekitar Rp514 triliun.

Hingga Oktober 2022, dari catatan nilai ekspor hilirisasi nikel sudah menembus US$28,3 miliar. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto menyampaikan, Indonesia bisa mendapatkan nilai tambah sebesar itu karena cara berfikir perekonomian Indonesia saat ini sudah berubah.

Dia menyebutkan, Indonesia sekarang tidak seperti masa lalu, di mana pikiran atau mindset ekonomi ayam atau apa saja langsung dimakan tanpa diolah atau dilihat dengan jelas. Bahkan Septian mengatakan, bahwa Indonesia juga sempat berlanjut pada ekonomi monyet yang ketika memetik langsung memakannya.

Saya kira mindsetnya berubah bagaimana kita menggunakan SDM kita, kekayaan kita yang mentah menjadi value added-nya lebih tinggi. Itu akan signifikan dampaknya. Kita sudah mulai nikel dari besi baja, kita akan mengarah pada baterai litium,” kata Septian.

Untuk diketahui, pemerintah saat ini tengah gencar mengembangkan hilirisasi sektor pertambangan sebagai cara peningkatan nilai tambah. Sebab tahun depan pemerintah Indonesia juga akan mewajibkan perusahaan pertambangan khususnya pertambangan bauksit untuk mengembangkan hilirisasi dan menyetop kegiatan ekspor bauksit.

Continue Reading
Advertisement

Trending