Connect with us

Bisnis

Super Jet Air Terbang Perdana dengan Rute Jakarta-Bali

Published

on

Super Air Jet
Super Air Jet

Maskapai Super Air Jet secara resmi melakukan penerbangan perdananya pada Kamis (18/11/2021) menggunakan pesawat Airbus A320 yang menampung 180 penumpang. Rute perdana Super Air Jet adalah Jakarta menuju Bali dan sebaliknya.

Pesawat itu tiba pada pukul 18.39 Wita pada penerbangan perdananya dari Jakarta menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Kemudian berangkat kembali dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menuju Jakarta pukul 19.19 Wita.

“Saya ucapkan selamat datang buat Super Air Jet sebagai maskapai baru yang telah membuka rute perdana dari dan menuju ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali Herry A.Y Sikado dalam keterangan resminya.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Herry mengatakan, dibukanya rute penerbangan Jakarta ke Bali oleh Super Air Jet menambah jumlah maskapai yang beroperasi. Hal ini dapat memberikan pilihan yang lebih beragam kepada pengguna jasa transportasi udara melakukan penerbangan.

“Kami menyambut dengan antusias atas dibukanya rute perdana ini, melalui kegiatan inaugural flight agar dapat menjadi awal yang baik, membangkitkan kembali sektor aviasi serta mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata,” ucap Herry.

Konsep strategis penerbangan millenial yang diusung oleh Super Air Jet akan berjadwal setiap hari terbang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Herry berharap ke depan maskapai dapat menambah lagi rute sesuai harapan konsumen.

“Kami terus membuka kesempatan pihak maskapai mengembangkan tren rute penerbangannya, untuk pemulihan ekonomi masyarakat di Pulau Bali akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi,” terangnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis

4 Merek Sepeda Lokal dengan Kualitas Internasional

Published

on

Element
Element

Pandemi Covid-19 membuat semua orang fokus untuk menjaga kesehatan untuk menambah imunitas tubuh. Selain mengonsumsi vitamin, olahraga menjadi hal yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Bersepeda menjadi olahraga terpopuler selama pandemi Covid-19. Selain untuk olahraga, orang-orang juga menjadikan kegiatan bersepeda sebagai hiburan sekaligus menjadi moda transportasi untuk bepergian ke berbagai tempat.

Banyak pula orang yang bersepeda untuk mengusir kejenuhan karena adanya pembatasan sosial membuat masyarakat tidak leluasa untuk bepergian.

Bersepeda tentunya menjadi tren yang positif di tengah pandemi. Pun, meski tren akan memudar seiring waktu, kegiatan bersepeda tentu bisa tetap dilakukan kapanpun dan tak lekang oleh waktu.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

MyCity telah merangkum beberapa merek sepeda buatan lokal yang kualitasnya mampu bersaing dengan produk internasional. Harganya pun tak terlalu mahal.

Polygon

Polygon

Salah satu merek sepeda lokal yang terkenal dengan kualitasnya adalah Polygon Bikes. Merek sepeda ini telah berdiri sejak tahun 1989 dan berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejak tahun 2010, Polygon Bikes telah melebarkan sayap ke pasar internasional dan sepeda buatan lokal ini sudah tersebar ke 33 negara, termasuk Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Saat ini, Polygon Bikes juga memiliki 300 jaringan mitra di Indonesia dan lebih dari 650 outlet di luar negeri. Keberhasilan dalam menembus pasar internasional salah satunya karena konsistensi Polygon dalam produksi sepeda, yang tak hanya untuk alat transportasi, tetapi untuk kebutuhan gaya hidup serta fokus pada penentuan desain dan kualitas sehingga mampu bersaing dengan merek-merek dari luar negeri.

Polygon telah melakukan berbagai inovasi yang diakui dunia seperti Floating Suspension System di tahun 2012 dan tren Enduro-All Mountain pada tahun 2016.

United

United
United

United juga bukanlah pemain baru, merek ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1991. Produk-produk yang dihadirkan United antara lain sepeda gunung, sepeda lipat, road bike, BMX, sepeda anak, dan sepeda touring. Dari tahun ke tahun, United selalu mengembangkan varian sepeda dengan mengikuti tren dan teknologi terbaru.

United menjadi salah satu merek sepeda asli Indonesia yang dikenal inovatif, ramah lingkungan, beradaptasi dengan teknologi, serta telah menembus pasar mancanegara. Jenama satu ini sudah menjual produknya sampai ke Denmark, Spanyol, Italia, Portugal, dan Kanada. Pada tahun 2017 lalu, United berhasil mengekspor 10 ribu unit sepeda ke Spanyol.

Pada bulan November 2021 ini, United baru saja merilis sepeda lipat seri Plasm Matic yang punya fitur ganti gigi otomatis dengan harga Rp5 jutaan.

Pacific

Pacific
Pacific

Merek sepeda Pacific yang berada di bawah naungan PT. Roda Pasifik Mandiri di Semarang, Jawa Tengah telah berkiprah di industri sejak tahun 1995. Dari tahun ke tahun, Pacific terus berinovasi dan menambah varian sepeda seperti sepeda lipat, sepeda gunung, BMX, hingga city bike.

Awalnya, Pacific mengeluarkan sepeda gunung dengan kelas menengah ke bawah. Namun, pada tahun 2018, Pacific pun melebarkan lini produksinya untuk menyasar pasar kelas menengah ke atas. Terbukti sepeda gunung buatan Pacific pun mendukung timnas balap sepeda di gelaran ASIAN Games tahun 2018.

Tahun ini, Pacific pun mengeluarkan seri terbarunya yaitu Pacific Splendid 100, sepeda lipat dengan harga Rp2,5 jutaan dan sepeda balap Pacific Whizz seharga Rp22 juta untuk para pebalap dengan frame dari bahan karbon ringan yang aerodinamis untuk memaksimalkan kecepatan.

Element

Element

Kemudian, ada merek sepeda Element di bawah naungan PT. Roda Maju Bahagia. Salah satu produk unggulan Element adalah sepeda gunung dengan desain menarik, berkualitas, tapi tetap terjangkau.

Element telah berdiri sejak tahun 2008 dan mengimpor sepeda dari Taiwan serta China. Baru pada tahun 2015 mereka membuka pabrik seluas 12 ribu meter di Tangerang kemudian bermigrasi menjadi perusahaan manufakturing sepeda.

Pada tahun 2019, perusahaan sepeda lokal tersebut mampu meraih penjualan sampai 150 ribu unit dan setiap harinya mereka bisa menghasilkan 850-1.000 unit sepeda. Kemudian, sepanjang tahun 2020 rekor penjualan mereka mendekati Rp1 triliun dan mayoritas berasal dari penjualan sepeda lipat.

Saat ini, penjualan sepeda Element tak hanya tersebar di seluruh penjuru Nusantara, tetapi sudah diekspor ke beberapa negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, India, dan Korea.

Continue Reading

Bisnis

Indomaret Jadi Raja, Ini Daftar Ritel Pemilik Gerai Terbanyak di Indonesia

Published

on

Indomaret
Indomaret

Bisnis ritel atau usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir atau eceran saat ini menjamur di Indonesia. Gerai minimarket menjadi salah satunya.

Nilai penjualan gerai minimarket di Indonesia terus menunjukkan peningkatan hingga mencapai 12,5 Miliar AS pada tahun 2020. Data tersebut diperoleh dari Euromonitor International, di mana kenaikan tersebut terjadi saat pandemi dan berhasil melampaui nilai penjualan supermarket dan hypermarket.

Lebih rinci, penjualan ritel minimarket tersebut tercatat mengalami kenaikan sebesar 68,9 persen jika dibandingkan dengan data tahun 2015, yang saat itu nilai penjualan minimarket hanya sebesar 7,4 Miliar AS.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Tidak hanya peningkatan pada nilai penjualan, perkembangan pada jumlah gerai minimarket juga terlihat hingga 39 persen selama periode tahun 2015 hingga tahun 2020.

Berdasarkat data dari databoks, pertumbuhan jumlah gerai terus mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir. Kini, ada total 36.146 gerai pada tahun 2020. Pemegang kontribusi pada progres tersebut adalah Indomaret dan Alfamart yang meraih cakupan 92 persen dari total gerai minimarket pada 2020.

Berkaitan dengan hal tersebut, United States Department of Agriculture (USDA) merilis laporan mengenai riset dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia. Laporan riset tersebut menunjukkan bahwa Indomaret dan Alfamart menjadi yang terbanyak dengan koleksi lebih dari 10.000 gerai.

Indomaret menjadi ritel pemilik gerai terbanyak di Tanah Air dengan koleksi 18.271 gerai atau 50,5 persen dari total keseluruhan gerai ritel di Indonesia.

Salah satu alasan menjamurnya gerai Indomaret adalah proses pendirian gerai baru yang dinilai lebih mudah. Dengan modal Rp500 juta, para pelaku usaha sudah bisa membuka gerai Indomaret.

Pada semester 1 2021 saja, PT. Indomarco Prismatama yang merupakan perusahaan pengelola jaringan ritel Indomaret telah memperluas ekspansi penyebaran gerai dengan membangun kurang lebih 600 gerai baru.

Managing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf mengungkapkan bahwa ekspansi gerai bersifat kontinyu, yang mana beriringan dengan pembukaan ekonomi dalam dua bulan terakhir.

“Sampai semester I 2021 kami membuka 600-an toko. Pembukaan ekonomi bertahap dua bulan terakhir ini dapat membantu menghidupkan kembali sektor ritel,” ungkapnya.

Wiwiek menambahkan, pembukaan ekonomi yang dilakukan secara bertahap ini telah mendukung pemulihan daya beli masyarakat. Hal tersebut kemudian menjadi pertanda awal yang positif untuk bisnis ritel ke depannya.

“Prospek ritel masih terbuka, tetapi sekarang kami harus mengembangkannya secara omnichannel, baik secara offline maupun online,” dia menambahkan.

Indomaret juga menjadi ritel yang memiliki nilai penjualan tertinggi hingga mencapai 5,9 Miliar AS atau setara dengan Rp84,07 Triliun pada tahun 2020.

Sementara itu, peringkat ke-2 diisi Alfamart dengan total 14.973 gerai atau 41.5 persen, kemudian disusul Alfa Midi yang masih satu manajemen dengan Alfamart memiliki 1.761 gerai. Adapun peringkat 4 dan 5 diisi Super Indo dan Transmart Carrefour dengan masing-masing memiliki 177 gerai dan 137 gerai.

Daftar Bisnis Ritel Pemilik Gerai Terbanyak di Indonesia:

Indomaret : 18.271 gerai
Alfamart : 14.971 gerai
Afa Midi: 1761 gerai
Superindo: 177 gerai
Transmart Carrefour : 137 gerai
Hypermart : 98 gerai
Giant : 87 gerai

Continue Reading

Bisnis

Ini 10 Tren Bisnis Digital Tahun 2022

Published

on

Tren bisnis digital
Tren bisnis digital

Strategi pemasaran yang luas membuat pemilik brand harus memerhatikan tren digital marketing yang berkembang. Hal ini dimaksudkan untuk mengikuti pola digital marketing efektif yang banyak dilakukan.

Di sisi lain, Teknologi tercipta untuk semakin memudahkan hidup manusia. Oleh karenanya, teknologi akan terus berevolusi mengikuti perkembangan kebutuhan manusia.

Kita saksikan bersama, tiap tahun kemunculan teknologi terbaru terus mewarnai kehidupan manusia. Banyak aspek yang tersentuh teknologi mulai dari medis, komunikasi, pendidikan hingga ekonomi.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Meski tahun 2022 ruang gerak manusia tetap akan terbatasi pandemi Covid-19, teknologi terbaru tetap hadir. Apa saja teknologi tersebut? Untuk membahasnya akan sulit jika memisahkan dari perkembangan teknologi yang saat ini terjadi.

Berikut MyCity telah merangkum 10 tren bisnis digital di tahun 2022.

Artificial intelligence

Artificial intelligence

Artificial intelligence (AI) adalah tren digital marketing di tahun 2022 yang paling sering dibahas oleh para pakar.

Sebenarnya, AI bukanlah teknologi yang baru. Hanya saja, di tahun-tahun mendatang, teknologi ini akan semakin mudah diakses dan makin banyak aplikasinya di berbagai aspek.

Menurut Bramework, 61% marketer berpendapat bahwa AI merupakan aspek paling penting dari strategi mereka. Selain itu, 80% pimpinan bisnis setuju bahwa penggunaan AI telah meningkatkan produktivitas.

Kamu bisa mulai mencoba beberapa tool AI seperti HubSpot, Google Cloud AI, Acquisio Turing, dan lainnya untuk strategi digital marketing-mu.

Voice search

Voice search
Voice search

Mengutip Business2Community, voice-based search akan mencapai market value sebesar 40 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Teknologi ini memang memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya. Jika digunakan untuk digital marketing, pengalaman konsumen akan semakin mudah dan nyaman. Dengan begitu, interaksi konsumen dan konversi bisa semakin tinggi.

Mobile-first marketing

Mobile-first marketing
Mobile-first marketing

Dari tahun ke tahun, pengguna smartphone semakin banyak. Bahkan, mayoritas traffic di internet saat ini datang dari smartphone.

Oleh karena itu, mobile–first marketing adalah tren digital marketing yang perlu diperhatikan untuk tahun 2022. Saat mendesain website untuk keperluan marketing, para marketer harus memastikan UX-nya nyaman untuk para pengguna smartphone.

Nah, kalau website-mu belum mobile–friendly, ini saatnya untuk mulai melakukan perbaikan.

Content marketing

Content marketing
Content marketing

Di tahun 2022, content marketing tetap menjadi tren yang perlu terus ditekuni para digital marketer.

Pasalnya, Google terus memprioritaskan konten berkualitas untuk tampil di halaman pertama SERP-nya. Konten-konten yang informatif, menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan standar UX akan menjadi cara utama mendatangkan traffic ke website.

Hybrid event

Hybrid event
Hybrid event

Akibat pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang beralih online. Setelah sekitar dua tahun kita terbiasa dengan rutinitas online, aktivitas offline harus mulai kembali dibiasakan di tahun 2022.

Akan tetapi, ada banyak orang yang memiliki preferensi untuk menghadiri event–event secara online dibanding offline.

Sebab itu, digital marketer sekarang harus siap untuk menyediakan metode hybrid atau gabungan saat menggelar event. Jadi, partisipan bisa bebas memilih datang secara langsung atau online.

Alternatif third-party cookies

Alternatif third-party cookies

HubSpot menyebut 2022 sebagai tahun kematian bagi third-party cookies di browser Chrome.

Jadi, metode tracking tidak lagi bergantung pada third-party cookies. Nah, hal ini mendatangkan kekhawatiran bagi banyak digital marketer. Pasalnya, tracking data akan menjadi lebih menantang.

Oleh karena itu, adaptasi harus segera dilakukan. Marketer harus mulai mengandalkan first-party cookies dan menggunakan tools–tools tambahan untuk tracking data-data yang dibutuhkan.

Visual search

Visual search
Visual search

Sekarang, mencari informasi lewat internet tak harus hanya dengan teks saja.

Teknologi yang berkembang pesat menimbulkan tren digital marketing baru yang akan semakin canggih di tahun 2022, yaitu visual search.

Pengguna akan sangat terbantu dengan fitur pencarian barang dengan mencari foto yang serupa tanpa harus memasukkan keyword tertentu.

Saat ini, fitur ini dapat ditemukan di Google Lens dan Pinterest. Sebagai digital marketer, kamu harus memastikan produk-produkmu dapat ditemukan dengan cara ini lewat alt text dan lain-lain.

Podcast

Podcast
Podcast

Di berbagai platform, podcast semakin banyak ragamnya, pendengarnya pun semakin banyak. Bahkan, Google juga telah menambahkan featured episode podcast di SERP seperti di bawah ini.

Tentunya, ada banyak kesempatan yang bisa diambil dari meningkatnya peminat podcast ini. Podcast adalah salah satu metode yang bisa dipilih untuk meningkatkan brand awareness dan audience engagement.

Mobile/live stream shopping

Mobile/live stream shopping

Siapa yang tidak pernah melakukan belanja dari smartphone? Hampir semua orang pasti telah mencobanya paling tidak satu kali.

Jadi, strategi digital marketing di tahun 2022 bisa berfokus pada tren yang satu ini. Pastikan kamu memiliki social commerce yang mobile–friendly dan manfaatkan fitur-fiturnya, seperti live stream, Instagram shopping, dan lainnya.

Chatbot

Chatbot

Di era serba cepat ini, konsumen semakin menginginkan respon yang instan. Oleh karena itu, chatbot diperkirakan akan menjadi salah satu tren digital marketing di tahun 2022.

Dengan chatbot di situsmu, kamu bisa mengatur respon otomatis untuk membantu konsumen bernavigasi dan menyelesaikan masalah.

Tak hanya cepat, chatbot juga mengurangi upaya yang biasa diperlukan untuk merespon pelanggan secara manual.

Continue Reading

Trending