Connect with us

Otomotif

Spesfikasi IONIQ 5, Mobil Listrik Made In Indonesia

Published

on

IONIQ 5

Pada 16 Maret 2022, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Hyundai Ioniq 5 sebagai mobil listrik pertama buatan Indonesia.

Pabrik Hyundai yang berada di Bekasi, Jawa Barat adalah tempat yang memproduksi mobil listrik ini. Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama Hyundai yang dipasarkan di bawah merek Ioniq. Selian itu, pada Februari 2021 juga telah diperkenalkan.

Mobi ini menjadi yang pertama dirancang dengan menggunakan Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP). Ioniq 5 berasal dari model konsep berwarna Hyundai 45 EV Concept yang pernah dipamerkan di Frankfurt Motor Show pada September 2019, sebelum menjadi model produksi.

Baca Juga :  Mau Beli Mobil Baru? Ada Banyak Promo Nih di Virtual Daihatsu Festival

Panjang keseluruhan Ioniq 5 yakni 4.6 meter, lebar 1,89 meter, tinggi 1,605 meter, dan 3 meter jarak sumbu roda. Kapasitas penyimpanan bisa mengangkut hingga 527 liter, sementara bobot kotornya mencapai 2.370 kilogram.

Baca Juga:

  1. Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur, Trayek Jakarta-Purwakarta
  2. Inilah Harga & Fitur All New Honda HR-V 2022
  3. Iran Bikin Mobil Listrik Termurah di Dunia

Ioniq 5 terdiri dari empat varian, yaitu standart single speed 2WD dengan kapasitas baterai 58 kW, standart single speed 4WD dengan kapasitas 58 kW, long range single speed 2WD dengan kapasitas 72,6 kW, dan long range single speed 4WD dengan kapasitas 72,6 kW. Hal tersebut berdasarkan dari situs resmi Hyundai.

Baca Juga :  Cuma Modal Rp5 Juta, Cityzen Bisa Dapat Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

Mobil dengan baterai lithium-ion ini sanggup dikebut sampai kecepatan maksimal 185 km per jam, menurut data spesifikasi. Di sisi lain, bisa tercapai dalam 8,5 detik dengan akselerasi 0 sampai 100 km per jam.

Tidak hanya soal pemasok tenaganya yang tak menghasilkan emisi saja yang menjadi bagian mobil ini ramah lingkungan. Melainkan bahan alami seperti jok kulit yang diwarnai menggunakan ekstraksi minyak tumbuhan dari biji rami untuk interiornya.

Baca Juga :  Toyota Usahakan Agar Inden Raize Tidak Mengular

Terdiri dari tekstil yang berasal dari serat pada perabotan lunak di seluruh kabin. Antara lain komponen bio tebu, wol dan benang poli, serta bahan tenun dari serat yang terbuat dari botol plastik PET bekas yang dilebur.

Kemudian juga terdiri dari minyak bunga lobak dan jagung untuk permukaan dasbor, sakelar, roda kemudi, dan panel pintu dilapisi cat bio poliuretan. Ioniq 5 diklaim bisa mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit, sebab terdapat pengisian daya cepat 350 kW.

Otomotif

Transjakarta Tambah Sepuluh Bus Pink Khusus Wanita

Published

on

TransJakarta tambah bus pink khusus perempuan. Foto: suara.com

TransJakarta tambah bus pink khusus perempuan. Foto: suara.com

mycity.co.id – Sebagai penyedia layanan transportasi massal, PT transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali menambah sebanyak sepuluh armada bus pink. Di mana bus pink diperuntukkan khusus bagi pelanggan perempuan.

Kesepuluh bus pink tersebut akan mulai atau efektif beroperasi melayani masyarakat pada minggu ini.

Baca Juga :  Mau Beli Mobil Baru? Ada Banyak Promo Nih di Virtual Daihatsu Festival

“Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya. Penambahan unit-unit lainnya secara bertahap.” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor di Jakarta yang dikutip dari siaran pers, Rabu (30/11/2022).

Selain penyediaan bus pink, usaha lain untuk mencegah pelecehan seksual di fasilitas Transjakarta adalah dipasangnya kamera di halte dan Bus, ditempatkannya petugas di bus dan halte, tersedianyapelaporan 24 jam dan dibentuknya tim penanganan yang bergerak cepat.

Baca Juga :  Jalur Puncak Akan Ditutup Pada Malam Tahun Baru, Berikut Jalan Alternatifnya

Bus pink kali ini hadir dengan desain terbaru yang meng kenyamanan bermobilitas untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan. Bus pink melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00 – 21.00 WIB dengan tarif regular Rp3.500.

Baca Juga :  Hyundai Usulkan Indonesia Kembangkan Mobil Listrik Bukan Mobil Hybrid

Sebagai informasi, bus pink sendiri pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu. Bus pink beroperasi di Koridor 6 (Ragunan – Dukuh Atas), Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) dan Rute Puribeta – Dukuh Atas (13C).

Continue Reading

Otomotif

Beli Motor Listrik Bakal Dapat Subsidi Rp6,5 Juta dari Pemerintah

Published

on

Pemerintah memberikan subsidi Rp6,5 juta bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. (AHM)
Pemerintah memberikan subsidi Rp6,5 juta bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. (AHM)

mycity.co.id – Pemerintah saat ini menggodok skema subsidi untuk pembelian kendaraan listrik baru mulai tahun 2023. Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga :  Resmi Diperkenalkan, Begini Penampakan Mobil Listrik Wuling

Luhut menegaskan, Pemerintah menyiapkan subsidi sebesar Rp6,5 juta kepada masyarakat untuk pembelian 1 unit motor listrik.

“Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi,” ujar Luhut.

Di sisi lain, Pemerintah menargetkan produksi motor listrik sebanyak 2 juta unit di Indonesia bakal tercapai pada 2024. Sementara untuk mobil listrik, pemerintah memiliki target sebanyak 35 ribu unit.

Baca Juga :  Tesla Ajak Toyota Buat SUV Listrik Murah

Berbagai kebijakan tengah disiapkan untuk mencapai industri otomotif yang lebih ramah lingkungan.

Kelompok industri mengatakan permintaan kendaraan listrik tumbuh tetapi volume penjualan masih sangat kecil dibandingkan mobil berbahan bakar fosil. Pasalnya, harga kendaraan listrik lebih tinggi.

Baca Juga :  Baru Ada Total 14.400 Kendaraan Listrik di Indonesia

Di sisi lain, pemerintah ingin mengembangkan industri kendaraan listrik dan baterainya sendiri di dalam negeri.

Hal ini seiring dengan pelarangan ekspor bijih nikel untuk memastikan pasokan bagi investor dalam pemrosesan sejak 2020.

Continue Reading

Otomotif

Motor Listrik Smoot Bisa Tukar Baterai di Minimarket

Published

on

 

Smoot Motor Listrik/Tokopedia

Smoot Motor Listrik/Tokopedia

mycity.co.id – Indonesia kini mulai bergerak maju untuk membuta motor listriknya sendiri. Seperti PT Swap Eergi Indonesia (SEI) yang memproduksi motor listrik Smoot. Yang mana motor ini tidak perlu mengisi daya karena menggunakan baterai swap alias dapat ditukar dan hanya membutuhkan waktu sekitar sembilan menit.

Tak hanya itu, untuk penukaran baterainyaa sangat simple dan dapat dilakukan di bberapa tempat salah satunya minimarket. Sehingga para pengguna hanya perlu kee minimarket, menyimpan baterai di tempat yang kosong lalu meengambil bateerai yang sudah penuh.

Baca Juga :  Titah Jokowi: Kendaraan Dinas Listrik Boleh Sewa & Konversi

Penukaran baterai tersedia di 100 titik yang tersebar di Alfamart dan Shell, dan ke depannya akan tersedia di banyak tempat lainnya seperti mall dan restoran. Saat ini, SEI memasarkan sepeda motor listrik dalam satu model yang tersedia, yakni Smoot Tempur. Motor ini dibekali sistem penggerak listrik berkapasitas 1.500 W yang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 60 km/jam.

Baca Juga :  Pengujian Ekstrem dengan Dibakar & Direndam, Baterai Mobil Listrik Wuling Terbukti Tahan Banting

Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium berkapasitas 64V 22,5 Ah. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut mampu diajak berkendara hingga jarak maksimal 70 kilometer. Saat baterai habis, pemilik motor hanya perlu menukarnya di tempat-tempat yang disediakan.

SEI menjelaskan bahwa penukaran baterainya ini gratis, pemilik kendaraan hanya perlu membayar tarif swap baterai menggunakan sistem kuota. Harga kuotanya ini tersedia tiga opsi, yakni 100 km dengan tarif Rp 20 ribu, 250 km dengan tarif Rp 45 ribu, dan 500 km dengan tarif Rp 80 ribu.

Baca Juga :  Baru Ada Total 14.400 Kendaraan Listrik di Indonesia

Sementara untuk harga motornya sendiri sebesar Rp 14,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Saat ini sepeda motor listrik Smoot Tempur tersedia dalam pilihan warna merah, putih, dan hitam.

 

Continue Reading
Advertisement

Trending