Connect with us

Interior

Simak! Ini 4 Cara Merawat Furnitur Kayu Agar Awet

Published

on

Furnitur Kayu.

Kebanyakan orang menyukai furnitur kayu karena memiliki warna yang lembut dan sentuhan hangat untuk hunian. Namun, hanya sedikit orang yang memahami dan peduli dengan perawatan furnitur kayu tersebut.

Jika dirawat dengan baik, furnitur kayu bisa tetap bersih dan awet selama beberapa dekade. Berikut ini beberapa cara merawat furnitur kayu berikut ini, seperti dilansir AsiaOne.

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Anda mungkin mengira furnitur kayu di bawah sinar matahari bisa menghadirkan kehangatan pada rumah. Namun faktanya, sinar matahari bisa merusak furnitur kayu. Maka dari itu, hindari menempatkan furnitur kayu di lokasi yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.

2. Jauhkan dari peralatan panas

Kelembaban furnitur kayu juga penting untuk dijaga. Saat menempatkan peralatan pemanas atau pengering, perhatikan letak furnitur kayu. Jika furnitur kayu menghadapi peralatan pemanas dan pengeringan untuk waktu yang lama, kayu dapat kehilangan kelembapannya dan menyebabkan deformasi, retak, dan masalah lainnya.

Baca Juga:

  1. Prancis Tegaskan Akan Terus Lawan Ekstremisme Islam
  2. Serukan Boikot Produk Prancis, Erdogan Ditantang Tutup Pabrik Renault
  3. Pernyataan Kontroversial Macron Soal Islam, Negara Arab Ramai-ramai Boikot Produk Prancis

3. Lakukan waxing sesekali

Menyeka dengan kain basah saja tidak cukup untuk menjaga kelembaban furnitur kayu. Sesekali, lakukan waxing pada furnitur kayu untuk mengunci kelembapan pada kayu dan secara efektif mencegah furnitur mengering dan berubah bentuk.

Oleskan lilin kayu pada permukaan dengan lembut lalu seka dengan kain katun untuk mengurangi daya rekat debu dan meningkatkan kilap. Direkomendasikan untuk untuk melakukan waxing pada furnitur kayu solid sekali dalam setahun untuk memperpanjang umur furnitur.

4. Hindari radiasi infra merah

Radiasi infra merah akan meningkatkan suhu furnitur kayu. Saat sinar matahari menghilang di malam hari, suhu furnitur kayu akan turun dengan cepat.

Penyusutan dingin dan ekspansi termal yang terus menerus dan cepat dalam jangka panjang akan membuat furnitur kayu mudah melengkung dan rapuh.

Advertisement

Interior

4 Tren Desain Interior Tahun 2022

Published

on

Tren desain interior 2022

Jelang akhir tahun, banyak orang memilih untuk memperbarui suasana hunian mereka. Bukan hanya kamar pribadi, ruang keluarga atau taman, tapi juga kamar mandi. Sahabat Dream mungkin salah satunya.

Pandemi juga membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga berusaha membuatnya senyaman mungkin. Salah satu tempat yang bisa membuat rileks adalah kamar mandi.

Melansir dari Homes to Love, Senin (29/11/2021), sutradara gaya Fiona Gould mengungkap ada empat tren desain interior yang bakal hits pada 2022. Berikut empat tren tersebut.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Mediterania Baru

Mediterania Baru
Mediterania Baru

Gaya Mediterania telah lama menjadi pilar interior pada beberapa negara, tetapi pada 2022 diprediksi bakal mengalami perubahan.

“Ini adalah pandangan baru yang segar tentang gaya Mediterania klasik – ini juga tampilan Coastal baru,” kata Fiona.

Menggabungkan pengaruh Eropa yang terlihat di seluruh Prancis, Spanyol, Italia, dan Yunani, Mediterania baru mewakili evolusi desain andalan.

“Tampilan Mediterania beralih dari tampilan bohemian putih-putih modern ke gaya yang jauh lebih eklektik, menyenangkan-bertemu-elegan dan canggih,” kata Fiona.
Ciri khasnya meliputi furnitur antik yang tidak serasi, garis-garis, serta kaca Murano. Namun, tetap dengan anggukan pada palet warna biru-putih yang dicintai.

Prancis Vintage

Prancis Vintage
Prancis Vintage

Mengambil isyarat dari romansa dan imajinasi gaya Prancis awal, tren ini menceritakan kisah feminitas halus dan keanggunan klasik. “Kami ingin rumah kami memiliki karakter unik dan interior Prancis – terutama gaya Paris – mewujudkan tampilan yang kami cita-citakan,” ucap Fiona. Jadi, kami membawa perasaan ini melalui dengan lapisan potongan dekoratif vintage. Ini tentang membuat yang lama menjadi baru kembali.

Warna cokelat keemasan

Warna cokelat keemasan
Warna cokelat keemasan

Kembalikan pikiran Anda ke liburan pantai favorit dan perasaan nikmat duduk di sofa mewah saat sore menjelang. Setelah seharian dalam keindahan ombak dan matahari yang putih cerah, tidak ada yang lebih menenangkan daripada menyaksikan cahaya sore.
Seperti diketahui, cahaya matahari sore memiliki warna cokelat keemasan selain oranye.

“Ini semua tentang pulang ke rumah dan merangkul gaya hidup pesisir dengan anggukan tahun 1970-an,” ujar Fiona.

Fiona mengatakan pada 2022 diprediksi bakal merayakan cokelat keemasan sebagai warna yang sedang naik daun karena kualitasnya yang membumi serta bersahaja.

Country Sunset

Country Sunset
Country Sunset

Tren satu ini dprediksi bakal populer pada 2022. Nuansa sunset atau matahari terbenam terinspirasi oleh warna lembut matahari terbenam musim panas di semak-semak.

“Tren ini adalah tentang membawa pulang sepotong perdesaan, bahkan ketika Anda seorang penduduk kota”, jelas Fiona.

Sambut warna ini di rumah melalui furnitur, bantal, karpet, juga gorden. Pada akhirnya, merangkul country sunset adalah latihan untuk menenangkan jiwa.

“Lembut, cantik, hangat, dan mengundang – pelukan menenangkan dari warna yang bisa kita semua lakukan saat ini,” tutur Fiona.

Continue Reading

Interior

Tips Desain Kamar Ciamik untuk Milenial

Published

on

kamar tidur

Desain ruang tidur remaja sebetulnya lebih fleksibel dibanding dengan desain ruang tidur anak-anak. Sebab idealnya usia remaja telah jauh lebih memahami akan segala sesuatu yang berbahaya atau tidak, berbeda dengan usia anak.

Untuk desain kamar anak, para orang tua perlu sedikit mengawasi, mengatur dan memantau untuk kebaikan dan kenyamanan si anak. Sementara untuk desain ruang tidur remaja, boleh lah para remaja diberi kebebasan untuk sedikit berekspresi.

Kamar tidur remaja putri tentunya akan berbeda dengan kamar tidur remaja putera, baik dari segi aksesoris, penataan, motif warna dan sebagainya. Desain ruang tidur remaja pria biasanya lebih menekankan pada nilai fungsi dibanding estetika, oleh sebab itu Pins tak perlu heran jika desain ruang tidur remaja pria cenderung lebih berantakan dibanding para remaja putri.

Baca Juga:

  1. Pulang dari Rumah Sakit, Tukul Jalani Fisioterapi
  2. Ikuti Tren, Kepolisian Mumbai Bikin Iklan Layanan Masyarakat Pakai Boneka Squid Game
  3. Rachel Vennya Bakal Dijadikan Duta Covid-19, Satgas: Itu Tak Benar!

Berikan sedikit kebebasan pada anak remaja kalian untuk memilih desain ruang tidur yang mereka sukai. Usia remaja adalah usia untuk mencari jati diri, biarkan mereka berekspresi selagi masih ke arah hal-hal positif. Ruang tidur biasanya merupakan salah satu tempat untuk mengekspresikan kondisi jiwa para remaja. Jangan heran jika ruang tidur remaja biasa berisi hal-hal yang menjadi kesukaannya.

Bantulah putra putri remaja kalian dalam memilih furniture desain ruang tidur yang imajinatif. Misalkan seorang remaja putri yang akan memberikan kesan rindang pada kamarnya dengan menambahkan aksesoris bunga-bungaan, pilih dan bantulah untuk mendapatkan furniture yang senada dengan nuansa kamarnya. Arahkan dengan nilai-nilai estetika yang terbaik.

Ciptakan desain ruang tidur anak-anak remaja kalian sebagai ruang tidur yang sehat dengan sirkulasi udara yang cukup, bebas dari peralatan furniture berbahaya serta bersih dari peralatan-peralatan kotor yang akan berujung pada kesehatan ruangan.

Beri pengertian dengan alasan logis apabila anak remaja kalian sedikit malas dan membandel. Tunjukkan pula contoh kondisi kamar yang sehat dan manfaatnya bagi si pemilik kamar.

Continue Reading

Interior

Tips Mengubah Desain Rumah Menjadi Konsep Scandinavian Minimalism

Published

on

Desain Scandinavian

Rumah developer kerap menjadi pilihan utama dalam mencari hunian. Alasannya, pembeli bisa langsung menempati tanpa repot memikirkan konsep atau model. Namun bagi sebagian orang, rumah developer terkadang membuat bosan, sehingga timbul niat untuk mendekor atau merenovasi ulang.

Berkolaborasi dengan Property Academy by Pinhome, Marlia selaku influencer membeberkan pengalaman mendekorasi rumah developer miliknya dengan mengusung konsep Scandinavian minimalism.

“Kalau (rumah) dari developer itu kebanyakan model rumahnya sama semua ya. Kadang layout-nya juga tidak bisa diubah, apalagi jika rumah yang kita beli adalah rumah jadi, bukan rumah inden. Kalau rumah inden mungkin masih bisalah sedikit diutak-atik, ada sedikit renovasi sebelum rumahnya terbangun,” kata Marlia.

Baca Juga :

  1. Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus 2021
  2. Pemkot Bekasi Gelar Vaksinasi untuk Anak pada 4 Agustus
  3. Mengenal Proses Pembuatan & Cara Kerja Vaksin Nusantara

“(Selain itu, biasanya) material bangunannya juga telah ditentukan oleh developer. Mungkin bisa catnya kita pilih sendiri atau keramiknya kita ganti dengan vinyl, tapi tentu ada additional cost di luar budget untuk membeli rumah,” tambahnya.

Dari permasalahan tersebut, Marlia pun mengubah pintu dan jendela rumah bawaan developer menjadi pintu kaca geser untuk memunculkan kesan yang lebih luas. Ia juga mendekor ulang halaman belakang rumahnya menjadi taman minimalis, sehingga rumah terlihat lebih asri.

Tak hanya itu, Marlia juga menata isi rumahnya dengan furnitur yang minimalis, seperti memilih desain furnitur dan cat yang sederhana serta tidak terlalu banyak detail guna semakin menonjolkan kesan hunian Skandinavian.

Tak lupa, Marlia membagikan enam tips ala Rumasix untuk mengisi rumah developer. Pertama, penting untuk mengukur furnitur sebelum membeli. Bahkan, ia mengaku memiliki tiga alat meteran untuk memastikan ukuran furnitur sesuai dengan space di mana furnitur tersebut akan ditempatkan.

Kedua, Marlia menyarankan untuk mengutamakan furnitur esensial yakni mendahulukan furnitur yang benar-benar dibutuhkan dan fungsional serta hindari furnitur yang sifatnya murni dekoratif atau komplementer. Kemudian diikuti dengan membeli furnitur yang mengikuti layout rumah, lalu pilihlah furnitur yang memiliki tone senada.

“Misalnya, kita memilih tone putih atau warna kayu. Nah kayu sendiri sebenarnya kan punya banyak macam seperti oakwood dan walnut, itu sama-sama kayu tapi ada yang (warnanya) gelap dan terang. Jadi menurut kami, warna kayunya bisa disesuaikan menjadi satu tone saja, jadi lebih enak dilihat,” terang Marlia.

Kelima, Marlia juga menyarankan untuk mengisi rumah dengan tempat penyimpanan yang minimalis. Hal ini guna menghindari hasrat belanja yang datang terus-menerus, padahal belum tentu barang yang dibeli akan sangat dibutuhkan. Terakhir, ia menyarankan untuk memilih furnitur multifungsi guna memberikan kesan luas saat berada di rumah, khususnya bagi rumah dengan lahan terbatas.

“Misalnya di Rumasix, meja rias kami juga digunakan untuk meja kerja. Lalu dipan kasur, kami pilih dipan yang ada storage di bawahnya. Jadi selain untuk tempat tidur, (storage ini) juga bisa untuk menyimpan barang-barang seperti bed cover, sprei, dan semacamnya,” tutup Marlia.

Continue Reading

Trending