Connect with us

Otomotif

Siap siap Pelat Kendaraan Bermotor Akan Berubah Warna

Published

on

Kepolisian RI berencana mengubah warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau Pelat nomor kendaraan yang sebelumnya berlatar hitam tulisan putih menjadi latar putih tulisan hitam. Desain baru pelat dipastikan diterapkan secara bertahap dan aturan perubahan tersebut diperkirakan berlaku mulai tahun depan.

Dikutip dari Detikoto menurut Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin “Pelaksanaanya di lapangan nanti juga bertahap, kita mulai dari kendaraan baru daftar, perpanjangan STNK 5 tahunan, balik nama atau memang ada perubahan NRKB, karena TNKB pada dasarnya menjadi hak milik pemilik ranmor karena dibebankan PNBP, makanya ketika akan diganti menunggu masa pakainya habis”

Baca Juga :

  1. Pemkot Depok: Bukti Pembayaran PBB Beralih ke Digital
  2. Inilah 10 Perbedaan Antara Pinjaman Online Resmi & Bodong
  3. Ganjil & Genap Mulai Berlaku Hari Ini di Jakarta

Keputusan digantinya warna ini dilakukan karena salah satu alasannya adalah warna yang ada sekarang ini dengan warna dasar hitam dinilai sulit terbaca, sedangkan ke depannya nanti sistem tilang dan lain sebagainya akan menggunakan CCTV atau sesuai dengan penegakan electronic law enforcement atau e-lay. Tahap awal, akan diberlakukan pada kendaraan yang habis masa berlaku STNK (5-tahunan).

Selain itu tujuan utama dari digantinya warna plat nomor adalah agar pelat nomor mudah terbaca oleh kamera CCTV. Upaya tersebut dilakukan demi mengawasi perilaku pengendara motor atau mobil saat berlalu lintas.

Setiap pelanggar yang dilakukan oleh pengendara akan dengan mudah ter-capture nomor platnya, dan surat tilang pun datang ke rumah pengendara tersebut.

Advertisement

Otomotif

Toyota Rush Jadi Mobil Terlaris 2021

Published

on

Toyota Rush
Toyota Rush

Hasil penjualan mobil di tahun 2021 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pulihnya industri otomotif tak lepas dari program pemerintah berupa diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru.

Kabar baiknya lagi, diskon PPnBM yang sebelumnya habis pada Agustus 2021 diperpanjang hingga akhir tahun 2021.

Dari data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memang ada sedikit penurunan pada Oktober 2021. Di mana wholesales mobil baru tercatat hanya 75.544 unit. Angka itu turun 10,2 persen dibanding bulan sebelumnya (September) yang mencapai 84.121 unit.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Namun, jika dibandingkan dengan Oktober 2020, wholesales Oktober 2021 masih jauh lebih baik. Distribusi mobil pada Oktober 2021 naik 54,1 persen dibanding Oktober 2020.

Dengan raihan tersebut, total kumulatif penjualan wholesales sepanjang Januari–Oktober 2021 tercatat sebanyak 703.089 unit. Naik 67 persen dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar 421.066 unit. Sehingga bisa dinyatakan aktivitas pabrik mulai berangsur pulih imbas pandemi Covid-19.

Soal mobil terlaris (tidak termasuk mobil niaga kecil) Oktober 2021, Toyota Rush menjadi juaranya. Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Toyota tersebut menempati posisi pertama mobil terlaris dengan angka penjualan sebanyak 5.312 unit.

Secara rinci, model terlaris yaitu New Rush 1.5 GR Sport A/T 2021 dengan penjualan sebesar 2,798 unit, disusul New Rush 1.5 GR Sport A/T 2021 sebanyak 2,508 unit. Kedua tipe New Rush tersebut rilis dengan varian GR yang baru pada Agustus lalu, sehingga mampu menarik pembeli.

Varian GR Sport merupakan varian termewah dan menggantikan TRD Sportivo, yang diperkenalkan pertama kali pada All New Toyota Raize GR Sport, pada April lalu. Dengan model body kit sporty, dinamis, dan berkelas pada bagian eksterior jadi pembeda dengan varian lain di bawahnya.

Secara frekuensi, penjualan Rush bulan Oktober memang turun hingga 691 unit dibanding bulan September yang mencapai 6.003 unit. Kendati turun, namun untuk pertama kalinya Rush menduduki peringkat 1 mobil terlaris month-to-month (mom) di Indonesia sepanjang 2021.

Bertenggernya Rush sebagai mobil terlaris memberi bukti bahwa penggemar SUV di Tanah Air juga ternyata cukup tinggi. Pencapaian itu sekaligus meredam dominasi Multi Purpose Vehicle (MPV) yang beberapa periode sebelumnya merajai model mobil terlaris di Tanah Air.

Sementara itu, Toyota Avanza yang pada bulan-bulan sebelumnya begitu perkasa harus terpental dari jajaran 10 besar. Bulan Oktober, Avanza harus puas berada di peringkat ke-11 dengan penyaluran 1.701 unit. Turun 77,41 persen (5.830 unit) dari penyaluran bulan September (7.531 unit), angka penjualan tersebut menjadi yang terendah sejak Januari 2021.

Ramai kabar kemunculan All New Avanza berdampak pada para calon konsumen yang menunda pembelian untuk menunggu model baru. Hal ini disinyalir membuat penjualan Avanza turun. Mengingat model Avanza yang dijual pada bulan lalu masih Avanza generasi sebelumnya, bukan Avanza generasi terbaru yang diluncurkan bulan November.

Secara keseluruhan, Toyota masih mendominasi merek paling laris dengan 4 mobil. Kemudian Daihatsu dengan 3 mobil, Honda dengan 2 mobil, lalu Mitsubishi dengan 1 mobil dalam daftar 10 mobil terlaris di Indonesia periode Oktober 2021.

Continue Reading

Otomotif

Selo, Mobil Listrik BUMN di Era Dahlan Iskan Bakal Kembali Hadir

Published

on

mobil listrik Selo
mobil listrik Selo

Mobil listrik Selo sempat heboh pada saat Dahlan Iskan menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kini, mobil itu akan kembali hadir dalam bentuk generasi kedua.

“Saat ini saya juga sedang melanjutkan kegiatan pengembangan kendaraan listrik dengan membagikan teknologi ke anak muda dan pembuatan Selo generasi kedua,” ujar praktisi mobil listrik Ricky Elson secara daring dalam seminar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 pada pekan lalu.

Ricky merupakan ahli motor penggerak listrik yang dikenal sebagai salah satu percancang Selo. Ia sudah malang melintang pada industri ini sejak 2012 atau saat Dahlan menjadi menteri.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Ia dahulu mendapat mandat dari Dahlan untuk merancang mobil listrik nasional pada 2013 bersama lima praktisi lainnya.

Dari sana sempat terwujud motor mobil listrik dengan kerjasama bersama Pindad. Lalu satu tahun kemudian lahir mobil listrik konsep bernama Selo dan Gendhist.

Selo diketahui merupakan mobil listrik yang bentuknya seperti supercar.

Pengembangan Selo disebut menghabiskan Rp1,5 miliar. Selo juga sempat dipamerkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Bali.

Mobil ini hadir dengan laburan warna kuning yang jika dilihat sepintas mirip MCLaren MP12C. Namun mobil ini diselimuti isu pernah dinyatakan tidak lulus uji emisi untuk digunakan di jalan raya

Rencananya, Selo dibangun dengan 70 persen bodi dan interior. Sementara itu, baterai dan motor listrik didatangkan dari luar negeri. Ricky tak menjelaskan sudah sejauh mana pengembangan generasi Selo itu.

Continue Reading

Otomotif

Indonesia Bakal Pamer Kendaraan Listrik di KTT G20 Bali

Published

on

kendaraan listrik Genesis
kendaraan listrik Genesis

Kendaraan listrik bakal jadi alat transportasi resmi dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada tahun 2022. Hal itu merujuk pada tema yang diangkat dalam KTT tersebut, yakni masalah lingkungan.

Hal itu ditegaskan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake. Pemerintah rencananya menyiapkan beragam kendaraan listrik seperti roda empat, sepeda motor, dan bus.

“Pada ajang besar ini pemerintah Indonesia akan menggunakan kendaraan listrik baik bus, roda empat, roda dua, sebagai kendaraan resmi maupun operasional,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Ayodhia tak merinci model ataupun nama kendaraan yang bakal digunakan. Namun dia bilang pemerintah ingin menunjukkan komitmennya menurunkan emisi melalui penggunaan mobil berbasis baterai.

“Ini menunjukkan kepada dunia komitmen Indonesia menurunkan emisi melalui dukungan ke kendaraan listrik dan showcase terhadap kendaraan yang diproduksi di Indonesia,” ucap dia.

Pada kesempatan sama Kepala Staff Presiden Moeldoko menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo akan membawa isu transisi energi terbarukan pada konferensi tersebut.

Jokowi, dikatakan Moeldoko, ‘ngotot’ ingin Indonesia mempercepat langkah transisi dari penggunaan energi fosil, dalam hal ini bahan bakar, ke energi terbarukan.

“Transisi energi dari fosil ke energi terbarukan keharusan dan tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu harus ada perencanaan terukur dan alur waktu jelas,” kata Moeldoko.

Kedua, menurut Moeldoko, sesuai arah presiden, yaitu kendaraan listrik tidak lagi dapat ditawar-tawar. Lalu ketiga, kesempatan investasi harus dibuka selebar-lebarnya, jangan dipersulit.

Sejauh ini satu kendaraan listrik yang dipastikan bakal dipakai untuk KTT G20 di Bali adalah Genesis Electrified G80. Hal ini sudah diumumkan pemerintah pada akhir Oktober lalu.

Continue Reading

Trending