Connect with us

Teknologi

Siap-Siap, Nomor Rekening Bank Bakal Punah & Ini Gantinya

Published

on

Ilustrasi Bank Indonesia

Nomer rekening bank tidak akan ada lagi di masa mendatang. Melainkan dalam sistem pembayaran bakal diganti dengan Payment ID.

Bank sentral mengarah pada modernisasi infrastruktur sistem pembayaran ritel lebih efisien dan aman dengan memanfaatkan teknologi masa kini, terwujud dalam inisiatif Sistem Pembayaran Ritel. Di mana hal ini tertuang dalam dokumen Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025.

Dikutip Rabu (20/4/2022) Bank Indonesia dalam laporannya menuliskan bahwa, “Konfigurasi sistem pembayaran ritel Indonesia saat ini belum cukup memadai dalam menjawab tantangan di era digital.”

Saat ini layanan GPN diketahui masih terbatas untuk transaksi debet. Sementara itu, SKNBI juga belum real time dan beroperasi 24 jam untuk 7 hari. Selain itu untuk menggantikan rekenin pun belum ada skema transaksi.

Baca Juga:

  1. Jokowi Minta Usut Tuntas Kasus Mafia Minyak Goreng
  2. Jelang Lebaran, Bank Indonesia Sebut Terjadi Peningkatan Tukar Uang
  3. Museum Bank Mandiri, Sebuah Alternatif Wisata Edukasi

Misalnya seperti menggunakan proxy ID yang memanfaatkan nomor ponsel, ataupun identifikasi lainnya. Dalam konfigurasi baru nantinya akan ditata untuk sistem pembayaran ritel nasional. Atas hal itu memungkinkan ekosistem digital yang sehat dapat terbentuk.

“End state dari konfigurasi tersebut adalah sistem yang bersifat real time, beroperasi 24/7, efisien, murah, dan aman. Untuk itu, perlu dikembangkan infrastruktur sistem pembayaran yang tersedia setiap saat (24/7) dan mampu melayani berbagai transaksi pembayaran antar nasabah dengan memanfaatkan Payment ID,” jelas BI.

Di mana yang menjadi tulang punggung dalam infrastruktur switching, kliring, serta settlement transaksi pada back end adalah BI-FAST, GPN, dan SKNBI. Sementara itu, BI-FAST sendiri merupakan infrastruktur dari transfer kredit hingga debet untuk mengakomodir dan memberikan fasilitasi pembayaran dengan kartu, UE dan skema direct-to-account.

Mekanisme real-time gross serta beroperasi secara real-time akan digunakan pada sistem BI-FAST. Tidak hanya itu saja, tetapi juga akan terdiri dari peserta langsung dan tidak, serta memiliki fitur proxy address.

Teknologi

Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now

Published

on

Fitur TikTok Now. (Istimewa)

TikTok resmi menghadirkan layanan TikTok Now untuk pengguna di Indonesia. Hal itu dipastikan setelah pengguna kini bisa mengunduh aplikasi TikTok Now melalui App Store dan Google Play Store.

Aplikasi ini tengah dalam tahap uji coba selama beberapa minggu mendatang.

TikTok Now menyediakan cara baru untuk menghibur sekaligus menghubungkan sesama komunitas di platform konten video asal Cina tersebut.

Baca Juga:

  1. Begini Trailer Kisah God of War Ragnarok Terbaru
  2. Inilah 4 Fitur Baru iPhone 14 yang Sudah Lama Ada di Android
  3. Tingkatkan Kualitas SDM Industri, Kemenperin Terapkan TVET 4.0

Para pengguna memungkinkan membagikan foto dan video setiap harinya untuk berbagi momen autentiknya dengan orang-orang yang paling berarti di aplikasi tersebut.

Pada aplikasi TikTok Now, pengguna akan menerima permintaan harian untuk merekam video berdurasi 10 detik, ataupun foto, dan membagikannya dengan mudah.

TikTok Now juga mengundang pengguna untuk mengabadikan apa yang sedang dilakukan.

Untuk mengambil foto atau video, para pengguna dapat melakukannya dengan salah satu kamera, baik depan dan kamera belakang dari perangkat yang digunakan.

pengguna TikTok Indonesia yang ingin menjajal fitur TikTok Now sudah bisa mengunduh aplikasi TikTok Now di Play Store dan App Store mulai Kamis (22/9/2022).

Pengguna cukup memasukkan kata kunci “TikTok Now” di kolom pencarian aplikasi. Pengguna bakal menemukan aplikasi “TikTok Now” dengan logo petir serupa huruf “N” dan latar belakang berwarna biru. Aplikasi itu dibuat oleh pengembang TikTok Ltd, sama seperti pengembang aplikasi TikTok utama.

Setelah selesai di-download, pengguna bisa masuk (login) menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliknya, atau mendaftarkan akun baru (sign up).

Continue Reading

Teknologi

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Published

on

Ilustrasi robot Tesla. (Tesla)

Elon Musk memiliki sudut pandang menarik dalam melihat manusia, dunia dan alam semesta. Salah satunya adalah mengembangkan rencana ambisius untuk menyebarkan ribuan robot humanoid (menyerupai manusia), yang dikenal sebagai Tesla Bot atau Optimus.

Perusahaan Tesla di Texas sekarang kabarnya sedang merancang Optimus di dalam pabriknya, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi jutaan “manusia buatan” di seluruh dunia.

Dalam jangka panjang, Musk mengatakan di TED Talk, robot dapat digunakan di rumah, membuat makan malam, memotong rumput, dan merawat orang tua.

Baca Juga:

  1. Begini Trailer Kisah God of War Ragnarok Terbaru
  2. Inilah 4 Fitur Baru iPhone 14 yang Sudah Lama Ada di Android
  3. Tingkatkan Kualitas SDM Industri, Kemenperin Terapkan TVET 4.0

Menurut Musk, dikutip dari Global Times, Jumat (23/9) bisnis robot pada akhirnya mungkin bernilai lebih dari pendapatan mobil Tesla.

Awalnya, Optimus akan melakukan pekerjaan yang membosankan atau berbahaya, termasuk memindahkan suku cadang di sekitar pabriknya.

Musk mengakui bahwa robot humanoid tidak memiliki kecerdasan yang cukup untuk menavigasi dunia nyata tanpa diinstruksikan secara eksplisit.

Namun dia mengatakan Tesla dapat memanfaatkan keahliannya dalam AI dan komponen utama untuk mengembangkan dan memproduksi robot humanoid yang cerdas, namun lebih murah, dalam skala besar.

Pada “Hari AI” 30 September, Tesla akan mengungkap prototipe Optimus, sebuah gambaran untuk pemimpin Autobots yang kuat dan baik hati dalam seri Transformers. Produksi bisa dimulai tahun depan, kata Musk.

Tesla menghadapi skeptisisme bahwa ia dapat menunjukkan kemajuan teknologi yang akan membenarkan biaya robot “tujuan umum” di pabrik, rumah, dan di tempat lain, menurut pakar robotika, investor dan analis.

Tesla Bot Humanoid. (Tesla)

Tesla sudah mempekerjakan ratusan robot yang dirancang untuk pekerjaan tertentu untuk produksi mobilnya.

Robot humanoid telah dikembangkan selama beberapa dekade oleh Honda Motor Co dan unit Boston Dynamics Hyundai Motor Co. Seperti mobil self-driving, robot memiliki masalah dengan situasi yang tidak terduga.

“Mobil self-driving tidak benar-benar terbukti semudah yang dipikirkan orang. Dan itu sama dengan robot humanoid sampai batas tertentu,” kata pemimpin Tim Robotika Dexterous NASA, Shaun Azimi, kepada Reuters.

“Jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, menjadi fleksibel dan kuat terhadap perubahan semacam itu sangat sulit.”

Pada acara “Otonomi” pada tahun 2019, Musk menjanjikan 1 juta taksi robot pada tahun 2020 tetapi sampai saat ini janjinya tak terealisasi.

Robot Musk mungkin dapat menunjukkan kemampuan dasar di acara tersebut, tetapi akan sulit bagi mereka untuk mengesankan harapan publik tentang robot yang mampu seperti manusia.

Agar berhasil, Tesla perlu menunjukkan robot melakukan banyak tindakan tanpa baris perintah.

“Jika dia hanya membuat robot berjalan-jalan, atau dia membuat robot menari, itu sudah selesai. Itu tidak terlalu mengesankan,” kata seorang profesor teknik sistem manusia di Arizona State University Nancy Cooke.

Continue Reading

Teknologi

Begini Cara Mudah Bikin Toko Online Sendiri

Published

on

Ilustrasi toko online

Membuat toko online kini sudah menjadi sebuah kewajiban. Kebiasaan masyarakat dalam berbelanja yang dahulu serba offline, kini sudah berubah seiring meningkatnya penetrasi internet di Indonesia. Kegiatan perdagangan dari Sabang hingga Merauke pun bisa dilakukan dengan instan.

Meski potensi toko online dalam menggerakkan ekonomi sangat besar, masih banyak pelaku usaha yang belum mulai memasarkan produknya secara online.

Alasannya pun beragam, mulai dari belum menguasai teknologi terkini hingga rendahnya kepercayaan terhadap aspek keamanan dari online shop. Jadi, bisa disimpulkan kalau ketidaktahuan atau ketidakpahaman masih menjadi alasan utama yang membuat mereka ragu terjun ke dunia online.

Baca Juga:

  1. Rusia Mulai Cari Pengganti Putin
  2. Polwan RI Hadiri Konferensi Asosiasi Polwan Internasional
  3. Berubah Total, Arab Saudi Kini Izinkan Wanita Punya Senjata Api

Sejatinya, memulai usaha dalam dunia maya tidaklah sulit. Semua orang bisa melakukannya asalkan mereka memiliki sumber informasi yang tepat, alat untuk melakukannya, dan keinginan untuk mempelajari hal baru.

Berikut MyCity telah merangkum tips mudah untuk membuat toko online mu sendiri.

Beli nama domain dan web hosting

Cara membuat website toko online yang pertama tentu saja Anda harus punya domain dan berlangganan web hosting.

Sekarang ini, sudah banyak sekali provider yang menyediakan layanan tersebut, baik secara satuan maupun dalam bentuk bundling. Tapi, tentu saja Anda harus memilih yang terbaik, khususnya dari segi dukungan.

Install WordPress

Lanjut ke cara membuat website toko online berikutnya, yaitu menginstall WordPress, yang digunakan sebagai platform dasar bagi website dan toko online Anda.

Setelah WordPress berhasil diinstall, Anda akan menerima email berisi informasi login WordPress. Gunakan informasi ini setiap kali Anda login ke dashboard WordPress.

Setelah login ke WordPress dan sebelum menginstall software toko online, Anda perlu membuat halaman untuk website toko online Anda dulu.

Instal plugin toko online (WooCommerce)

Langkah selanjutnya adalah menginstal WooCommerce, yaitu plugin WordPress gratis yang akan mengubah situs Anda menjadi web toko online sepenuhnya.

Plugin ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, sehingga Anda tidak memerlukan plugin lainnya. Selain itu, WooCommerce juga memiliki library ekstensi berbayar yang bisa Anda beli untuk mengaktifkan lebih banyak fitur di toko Anda.

Sempurnakan website toko online Anda
Untuk mendesain website toko online, gunakan opsi kustomisasi yang ada di tema WordPress.

Karena WooCommerce adalah plugin WordPress yang cukup populer, sebagian besar tema WordPress sudah kompatibel dengan software ini.

Tapi perlu diingat, karena saat ini Anda sedang buat toko online, pilihlah tema yang dikhususkan untuk WooCommerce.

Beragam tema yang ada di WordPress dibuat untuk memaksimalkan potensi dan performa WooCommerce. Akan selalu ada tema yang pas untuk situs toko Anda, berapa pun biaya yang harus Anda keluarkan.

Mulai masukkan produk

Setelah menyelesaikan langkah sebelumnya dalam cara membuat website toko online ini, Anda bisa langsung menambahkan produk.

Promosikan web toko online Anda dan mulai jualan

Kalau semua langkah di atas sudah berhasil dilakukan, saatnya mempromosikan website toko online Anda dan menjual produk! Tapi pastikan dulu, setelah Anda bikin website toko online, apakah semuanya sudah beres?

Cek kembali website toko online Anda untuk memastikan tidak ada error, dan proses order atau pemesanan bisa berjalan dengan lancar.

Kalau sudah, mari lanjut membahas tips dan strategi yang perlu Anda lakukan untuk web toko online Anda, baik sebelum maupun setelah mengonlinekannya.

Continue Reading
Internasional10 hours ago

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, AS: Itu Bukan Ancaman

Nasional11 hours ago

Perjuangan Aspar Jaelolo Jadi Raja Panjat Tebing Dunia 2022

Lifestyle12 hours ago

Hati-hati, Menyimpan Buah dan Sayuran Ternyata Ada Ilmunya!

Nasional15 hours ago

Menang Lawan Curacao, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Merangkak Naik

Investment16 hours ago

Indonesia Bukukan Transaksi Bisnis Rp23,3 Triliun dari CAExpo 2022

Culture18 hours ago

Ritual Sikerei, Pengobatan Supranatural Suku Mentawai

Nasional19 hours ago

Siaran TV Analog Berhenti Total di 112 Wilayah Mulai 2 November 2022

Hangout20 hours ago

Jepang Izinkan Wisatawan Masuk Bebas Visa Mulai 11 Oktober 2022

Internasional21 hours ago

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Nasional22 hours ago

Anies Baswedan Pastikan Jakpro Tak Akan Komersialisasi Taman Ismail Marzuki

Edukasi1 day ago

Begini Syarat Dapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Investment2 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment2 days ago

Investasi Berbasis Perusahaan Hijau Kini Makin Diminati

Teknologi2 days ago

Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now

Investment2 days ago

Inilah Ragam Tantangan Perekonomian Indonesia di Tahun 2023

Investment2 days ago

Kredit Mesra, Solusi Pemprov Jabar Agar Warganya Tak Terlilit Hutang Rentenir

Properti2 days ago

Bintaro Jaya Tawarkan Properti Beragam dan Berkelas

CityView2 days ago

Harumnya Tembakau Deli, Bikin Kota Medan Beraroma Eropa

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle3 days ago

Lagi Diet? Berikut 7 Manfaat Tahu Rebus untuk Kesehatan

Internasional3 days ago

Disney Rilis Cuplikan Film Animasi Berjudul “Strange World”

Culture5 days ago

Kesenian Dongkrek, Ritual Tolak Pagebluk khas Madiun

Nasional6 days ago

Yogyakarta Siap Gelar Turnamen Bulutangkis Indonesia International Series 2022

Investment2 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment1 week ago

Perusahaan Fintech Paygua Jajaki Rencana IPO

Culture5 days ago

Makna Luhur ‘Tari Bambu Gila’ di Maluku

Nasional7 days ago

SBY Menduga Pemilu 2024 Berpotensi Ada Kecurangan, KPU: Laporkan ke Bawaslu RI

Nasional7 days ago

Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle6 days ago

Hati-hati, Gaya Hidup yang Tidak Aktif Bisa Jadi Penyebab Kematian

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (DPR RI)
Nasional3 days ago

Luhut: Orang Luar Jawa Tak Bisa Jadi Presiden RI, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

BEI
Investment2 days ago

BEI Catat Ada 29 Perusahaan Siap IPO, Berikut Daftarnya

CityView1 week ago

Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Dulu Mendunia, Kini?

Hangout3 days ago

Deretan 10 Museum Termahal di Indonesia

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Nasional3 days ago

Indonesia Pastikan Gelar Ganda Campuran di Indonesia International Series 2022

Investment3 days ago

Zulkifli Hasan: TIIMM G20 Hasilkan Capaian Konkret

Nasional6 days ago

Alasan AHM Berikan Sentuhan Baru CBR250RR

Nasional3 days ago

KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Sebagai Tersangka

Hangout5 months ago

Pasar Cimol Gedebage, Pusatnya Baju Bekas Bermerek di Bandung

Traveling5 months ago

Desa Wisata Sawai, Desa Tertua di Maluku yang Punya Sungai Keramik

Nasional5 months ago

Kalisari, Surga Takjil di Jakarta Timur

Properti5 months ago

Kisah Pengusaha Properti Bangun Rumah Subsidi untuk Berdayakan Masyarakat Banjarmasin

Uncategorized6 months ago

Kisah Mumun, Sang Hantu Legendaris Cibubur

Advetorial6 months ago

Pentingnya Literasi Finansial Melalui Kesetaraan Gender untuk Generasi Milenial

Showbiz11 months ago

Tega! Ada Youtuber Bikin Konten Mistis Soal Vanessa Angel

Showbiz11 months ago

Detik-detik Usai Mobil Vanessa Angel Alami Kecelakaan

Nasional11 months ago

The Power of Emak-Emak! Bubarkan Demo yang Blokir Jalan

Showbiz11 months ago

Inilah yang Terjadi Usai Miss World Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Showbiz11 months ago

Skandal Aborsi, Aktor Kim Seon-ho Tinggalkan 1 Day 2 Nights

Teknologi11 months ago

Mark Zuckerberg Rugi Triliunan Rupiah, Saham Facebook Anjlok

Nasional11 months ago

Mensos Risma Ngamuk Lagi, Warga Marahi Balik

Showbiz11 months ago

Akui Salah, Baim Wong Ingin Temui Kakek Suhud

Showbiz11 months ago

Kakek Suhud Penjual Buku Agama, Bukan Pengemis Seperti Anggapan Baim Wong

Internasional11 months ago

Eropa Krisis Energi, Peta Kekuatan Dunia Akan Berubah?

Sport11 months ago

Indonesia Juara Piala Thomas, Merah Putih Tak Bisa Berkibar

Culture11 months ago

Ampyang Maulid, Cara Leluhur Berintropeksi Diri di Perayaan Maulid Nabi

Internasional1 year ago

Kronologi Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

COVID-19Update1 year ago

Aturan Ibadah Ramadhan Pemkot Tangsel: SOTR Dilarang-Tarawih 50%

Advertisement

Trending