NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Setan Itu Tidak Menyeramkan! Haruskah Takut? - mycity.co.id
Connect with us

Edukasi

Setan Itu Tidak Menyeramkan! Haruskah Takut?

Published

on

Ilustrasi setan dan hantu badut. Foto: Google

Ilustrasi setan dan hantu badut. Foto: Google

mycity.co.id – Hantu atau setan sering sekali dianggap suatu hal yang menakutkan. Sehabis menonton film horor pasti kita akan terbayang-bayang betapa menyeramkannya bentuk setan tersebut dan cara manupulasinya untuk menyerang manusia hingga membunuh manusia.

Kita sebagai penonton sering kali terbuai dengan drama singkat horor tersebut. Pada kenyataanya hantu yang kita anggap menyeramkan tidaklah benar-benar menyeramkan. Hal itu terjadi setelah mononton film horor yang penuh dengan drama pembunuhan, penyiksaan yang dilakukan oleh setan. Otak kita telah berperan besar dalam men-setting bahwa setan itu menyeramkan

Pernah nonton “IT”? yap, film badut psikopat yang membunuh nyawa anak kecil tak berdosa. Ia memanipulasi anak yang sedang main hujan dengan balon merah di dalam selokan. Setelah bernegosiasi dengan anak itu, supaya ikut dengannya sang anak akhirnya mau dan apa yang terjadi?

Badut tersebut berubah menjadi menyeramkan dan menarik anak itu ke dalam selokan bersamanya lalu membunuhnya. Tak ada jijak dari anak itu, kecuali sepatu jas hujan kuningnya. Anak itu akhirnya, dianggap meningal dunia karena tak kunjung ditemukan.

Perjuangan Bill Dunbrught, sang kakak sia-sia saat masuk ke selokan bersama teman-temannya. Harapannya bahwa adiknya masih hidup sirnah, setelah mengetahui bahwa setan badut itu membunuhnya lewat percakapan mereka. Awalnya Bill merasa takut dengan hantu badut itu. Ia bahkan tak berani menatapnya, jantungnya terus berdebar merasakan hawa negatif yang membuncah. Akan tetapi, ia berusaha mengubah mindset takut itu menjadi berani. Keberaniannya bertahap naik.

Perlahan ia melangkah mendekati si badut dengan mata tajamnya. Apa yang terjadi? si badut bukannya berubah menjadi monster menyeramkan, malah sebaliknya. Ia ciut berubah menjadi badut kecil tak berdaya. Hal ini juga terdapat dalam konsep ajaran Islam untuk tidak takut pada setan, hantu, jin dan sebagainya, seperti yang tertuang pada suatu riwayat berikut:

“Setan itu sebenarnya sangat takut terhadap kalian (manusia), melebihi ketakutan kalian kepadanya. Oleh karena itu, setan menampakkan diri kepada kalian. Janganlah kalian lari ketakutan. Karena jika kalian takut, ia akan menunggangi kalian (mengganggu), akan tetapi bersikaplah keras kepadanya, pasti dia akan pergi”. (Riwayat Ibn Abi Dunya).

Dalam beberapa kisah secara singkat dinyatakan bahwa sahabat nabi Muhammad, Ammar bin Yasir pernah menghantam muka jin penunggu sumur dengan batu. Nabi Ibrahim pernah menimpuk setan di tempat melempar jumrah. Nabi Muhammad pernah mencekik leher jin ifrit. Khalid bin Walid, sahabat Nabi Muhammad pernah memenggal kepal jin uzaa dan Umar bin Khattab pernah berduel dengan jin.

Dari kitab Ad Dadari Al-Mantsur juga menjelaskan terkait hal ini. Ibnu Abbas berkata: “Jika kalian melihat penampakan setan, majulah dan jangan lari. Sesungguhnya mereka lebih takut dengan kalian. Jika kalian lari, kalian akan dikejar. Jika kalian maju, ia akan menghilang.” (Ad Dadari Al-Mantsur)

Edukasi

Waspada Tiga Bibit Siklon Tropis di Indonesia, BMKG: Prediksi Terjadi Cuaca Ekstrem

Published

on

Ilustrasi Siklon Tropis/Repro

Ilustrasi Siklon Tropis/Repro

mycity.co.id Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis pengumuman prediksi cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Indonesia selama sepekan ke depan. BMKG membeberkan penyebabnya berasal dari keberadaan tiga bibit siklon tropis.

BMKG menyebut tiga bibit siklon tropis di Indonesia akan mampu menumbuhkan potensi cuaca ekstrem selama sepekan mendatang.

Penjelasan terkait tiga bibit siklon tropis diungkap detail oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring baru-baru ini.

Dwikorita mengungkap tiga bibit siklon tropis akan muncul dan membuat cuaca ekstrem di Indonesia, yakni Bibit Siklon Tropis 94S, Bibit Siklon Tropis 95S, dan Bibit Siklon Tropis 97S.

“Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut,” ujar Dwikorita menerangkan penjelasan.

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan Bibit Siklon Tropis 94S ditemukan sudah terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat barat daya Bengkulu.

Di sekitar Bengkulu, Bibit Siklon Tropis 94S yang memiliki kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minum 1000,2 mb.

“Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang,” ujarnya kepada awak media.

Berikutnya, Bibit Siklon Tropis 95S ditemukan terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat selatan Banten.

Di sekitar Banten, Bibit Siklon Tropis 95S yang memiliki kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb.

Selain itu, Bibit Siklon Tropis 97S ditemukan terdeteksi di Samudera Hindia yang berada dekat selatan NTB.

Di sekitar NTB, kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb.

“Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” ujarnya.

BMKG Beri Imbauan Terkait Pergantian Musim Datangkan Cuaca Ekstrem di Indonesia
Kepala BMKG, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di Indonesia agar dapat meningkatkan kewaspadaaan terkait transisi pergantian musim, dari musim hujan ke musim kemarau.

Berdasarkan prediksinya, sebagian besar wilayah pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara bakal melalui periode musim hujan ke musim kemarau sepanjang Maret, April, dan Mei 2023.

Menurut Dwikorita, transisi musim tersebut menimbulkan fenomena cuaca ekstrem, seperti angin puting beliung, angin kencang, hujan lebat dengan periode singkat yang memicu bencana hidrometeorologi.

“Saat masih musim hujan, seluruh pihak, seluruh masyarakat berupaya bersama dengan Pemerintah Daerah memanen air hujan, menyimpan air hujan yang turun,” ujar Dwikorita menyampaikan pesan imbauan.

“Jangan disia-siakan langsung lari ke laut atau ke sungai,” ujarnya lagi.

Continue Reading

Edukasi

Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional pada 2024

Published

on

Siswa Upacara/Ilustrasi

Siswa Upacara/Ilustrasi

mycity.co.id Pengembang Kurikulum Ahli Madya Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Baharudin mengatakan kurikulum merdeka bakal diperkenalkan secara luas sebagai kurikulum nasional pada tahun 2024.

“Tentunya nanti sekolah-sekolah akan menerapkannya. Sedangkan saat ini mengukur kesiapan sekolah di Tanah Air,” ujarnya di Kudus, Jawa Tengah, Minggu.

Sementara target sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, kata dia, diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan karena menjadi pilihan mereka.

Nantinya, sekolah yang siap, diapresiasi karena pilihannya berdasarkan konteks dan kesiapan sekolah masing-masing.

Terkait dengan dukungan anggarannya, kata dia, tentunya akan disesuaikan setelah ditetapkan menjadi kurikulum nasional pada 2024, sehingga akan ada penyesuaian terkait pelatihan dan sebagainya.

“Termasuk bagaimana kurikulum ini tersosialisasi secara luas sehingga satuan pendidikan dan bapak ibu guru merasa menerima kurikulum dengan sangat baik,” ujarnya.

Hal terpenting, kata dia, bagaimana peserta didik terlayani dengan baik.

Untuk sementara ini, disiapkan juga beberapa aplikasi yang bisa untuk pelatihan mandiri yang disiapkan sehingga ibu guru bisa mengakses beberapa dokumen kurikulum merdeka dan modul-modul yang lain yang bisa dipahami.

Pada dasarnya, kurikulum ini kelanjutan dari kurikulum sebelumnya dengan fokus yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik ketika belajar.

“Ada profil belajar Pancasila, yang menjadi tujuan utama proses pendidikan ini yang diimplementasikan dalam projek profilnya,” ujarnya.

Bapak ibu guru, kata dia, diberi keleluasaan materi dan proses belajar sesuai kondisi peserta didik dan dukungan di satuan pendidikan.

Sementara hasilnya, anak-anak memiliki kompetensi maksimal yang mencakup tiga hal. Secara pengetahuan anak-anak hebat dan keterampilan juga luar biasa, kemudian memiliki profil sopan santun yang secara ketimuran maksimal.

Continue Reading

Edukasi

Ingin Rekening Anda Terhindar dari Pembobolan?, Ini Tipsnya…

Published

on

Ilustrasi M-Banking/Repro

Ilustrasi M-Banking/Repro

mycity.co.idModus kejahatan perbankan semakin marak terjadi. Para pelaku menerapkan berbagai modus untuk membobol rekening korbannya.

Salah satu modusnya yakni sniffing, tindak kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan mencuri data dan informasi penting di ponsel.

Pelaku umumnya memberikan informasi palsu melalui pesan WhatsApp yang terkait dengan pengiriman paket, pergantian kartu ATM, tagihan PLN, atau undangan pernikahan digital.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengirimkan file dengan ekstensi Android Package Kit (APK) Jika diunduh, file ini akan melakukan sniffing atau mengambil data dan informasi penting di ponsel korban secara ilegal, seperti username dan password m-banking, informasi kartu kredit, password email, dan lain-lain.

Pelaku dapat menggunakan data pribadi tersebut untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening korban. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda tidak sembarang mengunduh aplikasi atau mengklik tautan yang dikirimkan melalui SMS/WhatsApp/Email.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga keamanan rekening. Berikut tujuh cara menjaga keamanan rekening agar terhindar dari pembobolan, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Instagram @ojkindonesia, pada Selasa, 31 Januari 2023.

1. Aktifkan fitur notifikasi transaksi rekening

Anda bisa mengaktifkan notifikasi transaksi rekening melalui SMS. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk maupun keluar, bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Anda dapat dengan mudah memeriksa histori rekening atau saldo secara berkala melalui aplikasi mobile banking atau internet banking.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Untuk meningkatkan keamanan data, sebaiknya amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan Wi-Fi publik

Demi menjaga keamanan data, sebaiknya gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wi-Fi publik atau Free Wi-Fi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi Anda

Anda harus selalu menjaga data pribadi. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung kepada siapa pun, termasuk pihak bank.

6. Gantilah password secara berkala

7. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Ketika menggunakan ATM, pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segeralah datang ke bank. Selain itu, sebaiknya Anda tetap waspada terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan lantaran berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

Continue Reading
Advertisement

Trending