Connect with us

Lifestyle

Selimut, Kain Ajaib yang Bermanfaat untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Published

on

Ilustrasi selimut. (Shutterstock)

Selimut biasanya dipakai untuk melindungi tubuh dari suhu dingin yang menusuk tubuh. Namun pada sebagian orang, selimut bukan sekadar untuk menghangatkan tubuh.

Jangan merasa aneh jika Anda termasuk orang yang selalu pakai selimut agar bisa tidur sekalipun udara sedang tak dingin.

Karena faktanya, selimut memiliki manfaat berlebih bagi kesehatan tubuh dan pikiran penggunanya.

Baca Juga:

  1. Tips Menggunakan Kompor Listrik bagi Pemula
  2. Mulai Gaya Hidup Frugal Living, Lebih Hemat Atur Pengeluaran!
  3. Catat! 5 Tips Menghadapi Inflasi Gaya Hidup

Sejak beberapa tahun terakhir, teknologi baru berupa selimut yang diberi berat berlebih dihadirkan. Selimut yang agak berat ini dirancang sedemikian rupa untuk meredakan stres dan memperbaiki kualitas tidur seseorang. 

Penelitian menunjukkan, selimut berat bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita sejumlah kondisi seperti autisme, insomnia, atau kecemasan (anxiety).

Pertanyaannya, apakah selimut yang begitu berat ini aman dipakai dalam jangka panjang? Mengutip laman Healthline, selimut berat atau weighted blanket adalah selimut yang berbobot antara 2,2-13,6 kilogram.

Penggunaan selimut berat dapat menstimulasi tekanan dalam memanfaatkan tekanan untuk mengendurkan sistem saraf.

Baca Juga :  Catat! Ini 4 Hal Makruh Ketika Berpuasa yang Harus Dihindari

Selain melibatkan bantuan dari seseorang, terapi tekanan juga bisa diperoleh dari selimut berat.

Ilustrasi tidur menggunakan selimut. (Istimewa)

Hasil penelitian yang ada sejauh ini mengungkapkan manfaat selimut untuk menurunkan beragam masalah, seperti:

1. Meregulasi Temperatur Tubuh

Mengutip Bright Side, manusia adalah mahluk berdarah hangat, artinya badan akan meregulasi suhu dalam tubuh, dan ini yang akan membantu kita untuk tetap hangat.

Hanya saja, ketika kita tengah tertidur lelap, kontrol tubuh akan menghilang, inilah saat di mana tubuh meminta bantuan dari benda di sekitar, salah satunya selimut. Selimut akan membantu mengatur dan menjaga tubuh dalam suhu tubuh yang dibutuhkan.

2. Bagian Penting dari Rutinitas

Banyak orang yang secara tak sadar ternyata menciptakan kebiasaan tersendiri saat tidur. Hal ini juga berpengaruh terhadap alasan seseorang membutuhkan selimut saat tidur.

Sekalipun bukan karena merasa lebih nyaman, hampir sepanjang umur, manusia memakai selimut, tak heran ini jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Jadi setiap kali Anda berada di tempat tidur dan menutup diri dengan selimut, maka ini akan menjadi sebuah sinyal untuk tidur.

Baca Juga :  Begini Protokol Kesehatan Rakyat untuk Cegah Varian Shanghai

3. Menurunkan Stres dan Kecemasan

Serotonin adalah hormon untuk membuat Anda merasa senang dan nyaman. Ini adalah senyawa yang memainkan peranan penting agar Anda merasa senang dan tenang.

Ketika Anda merasa stres dan cemas, Anda pun akan merasa susah tidur. Menutupi diri dengan selimut akan melepaskan senyawa tersebut untuk menurunkan stres dan kecemasan.

4. Kualitas Tidur Terjaga

Selimut akan menciptakan microclimate (iklim mikro) sebuah penghalang agar temperatur tubuh tak berubah terlalu cepat. Selimut akan membantu menghangatkan kulit dan faktor sekitar agar udara yang dingin tak terlalu memengaruhi Anda. Ini akan membuat Anda tidur lebih cepat, lebih baik, dan tak banyak gangguan.

5. Merasa Terlindungi dan Aman

Selimut akan menciptakan suasana untuk melindungi diri atas perasaan terancam yang mungkin di alami, atau ketakutan semasa kecil pada gelap. Jadi ketika perasaan itu melanda, maka menutupi seluruh tubuh dengan selimut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan aman.

6. Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti kebiasaan bermain gadget, lingkungan rumah, atau asupan makanan tertentu. Selimut dapat membantu meredakan insomnia dan gangguan tidur lain.

Baca Juga :  Hati-Hati! Buah Berair Tidak Boleh Dibekukan

Tekanan tambahan dari pemakaian selimut dapat membantu menenangkan detak jantung dan pernapasan. Hal ini akan membuat kita lebih mudah rileks dan mendapatkan kulaitas tidur malam yang baik.

7. Terapi bagi Penderita Autisme

Kesulitan tidur merupakan salah satu ciri autisme, dan ini banyak dialami oleh anak. Satu studi kecil pada 2017 menemukan adanya manfaat positif dari terapi tekanan dalam pada beberapa orang yang menderita autisme. Manfaat terapi tekanan dalam juga dapat diperoleh apabila mereka menggunakan selimut.

Risiko Penggunaan Selimut

Ilustrasi anak menggunakan selimut saat tidur. (Istimewa)

Produsen selimut menyatakan, jika produk ini tidak boleh digunakan pada balita di bawah usia dua tahun karena dapat meningkatkan risiko meninggal dunia akibat lemas. Selalu konsultasikan dengan dokter anak sebelum mencoba selimut untuk anak. Selimut juga kurang cocok bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, seperti sleep apnea yang menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur, dan penderita penyakit asma yang menyebabkan kesulitan bernapas pada malam hari.

Advertisement

Lifestyle

Metallica ‘72 Seasons’ Rilis Album Terbaru

Published

on

Grup Band Metalica Rilis Album Baru/Google

Grup Band Metalica Rilis Album Baru/Google

mycity.co.id – Kabar terbaru datang dari grup musik Metallica. Band yang saat ini mempunyai formasi James Hetfield (vokal/gitar), Kirk Hammett (gitar), Robert Trujillo (bass) dan Lars Ulrich (drums) telah mengonfirmasi judul dan tanggal rilis album studio ke-12 mereka yang akan datang.

Rencananya, lagu ini akan masuk ke dalam album terbaru kuartet thrash metal asal San Fransisco, ‘72 Seasons’ yang akan dilepas pada 14 April 2023 mendatang via label rekaman mereka, Blackened Recordings. 

Adapun album yang berisi 12 lagu ini merupakan kumpulan materi baru dari band yang terbentuk pada tahun 1981 ini, setelah terakhir kali merilis album ‘Hardwired…To Self-Destruct’ pada 2016. 

Diproduksi oleh Greg Fidelman dengan James Hetfield dan Lars Ulrich album tersebut akan  berdurasi lebih dari 77 menit.

Kabarnya, album ini akan dirilis dalam berbagai format termasuk vinyl hitam 2LP 140g dan varian edisi terbatas, CD dan serti versi digital. 

Bersamaan dengan pengumuman album baru, Metallica juga merilis single dan video musik baru berjudul “Lux Æterna”. Video musik lagu tersebut disutradarai oleh Tim Saccenti, dengan lokasi pengambilan gambar di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 3 November 2022 lalu.

Baca Juga :  Cat Lovers! Ini 5 Jenis Kucing yang Cocok Buat Dirawat di Rumah

Grup Band Metalica Rilis Album Baru/Instagram: Metallica

Grup Band Metalica Rilis Album Baru/Instagram: Metallica

Dalam sebuah pernyataan, Metallica mengungkapkan, “Kami baru-baru ini melakukan perjalanan ke Los Angeles untuk mengabadikan penampilan kami menggunakan beberapa teknologi canggih yang gila.” mengenai video musik terbaru mereka.  

Sementara mengenai album teranyar mereka, Metallica menjelaskan, “Paket album sekali lagi disusun dan seni diarahkan oleh teman baik kami, desainer terkenal David Turner dan timnya. David, yang memenangkan Grammy untuk karyanya di ‘Death Magnetic’, adalah orang di balik tampilan dan nuansa semua album rilisan kami belakangan, termasuk ‘Through The Never’, ‘S&M2’, dan ‘Hardwired’.”

Sementara frontman band, James Hetfield menjelaskan, “72 seasons. 18 tahun pertama hidup kita yang membentuk diri kita yang sebenarnya atau yang salah. Konsep bahwa kita diberi tahu ‘siapa kita’ oleh orang tua kita. Kemungkinan mencari tahu tentang kepribadian seperti apa kita ini. Saya pikir bagian paling menarik dari ini adalah studi lanjutan tentang keyakinan inti tersebut dan bagaimana hal itu mempengaruhi persepsi kita tentang dunia saat ini.

Baca Juga :  Cara Hangatkan Ayam Goreng Tepung Agar Tetap Renyah untuk Sahur

Sebagian besar pengalaman dewasa kita adalah pemeragaan atau reaksi terhadap pengalaman masa kecil ini. Menjadi tahanan masa kanak-kanak atau melepaskan diri dari ikatan yang kita bawa.” ucap vokalis band tersebut.

Metallica juga mengumumkan serangkaian konser untuk tahun 2023 dan 2024. Dipersembahkan di seluruh dunia oleh Liquid Death dan Blackened American Whiskey (hanya di Amerika Utara) dan dipromosikan oleh Live Nation, tur dunia “M72” akan menampilkan Metallica bermain dua malam di setiap kota yang dikunjunginya, dengan masing-masing “No Repeat Weekend” menampilkan dua setlist yang sangat berbeda dan barisan pendukung. Tur “M72” akan menampilkan desain panggung baru yang berani yang memindahkan konsep Snake Pit yang terkenal ke tengah panggung, serta tiket tur penuh “I Disappear” dan debut tiket diskon untuk penggemar di bawah 16 tahun tahun.

Baca Juga :  Hati-Hati! Buah Berair Tidak Boleh Dibekukan

Mengenai tur Metallica mendatang, Lars Ulrich (drummer) mengungkapkan, “Kami mengumumkan tur dunia selama dua tahun. Kami memiliki semua tanggal untuk tahun 2023 dan 2024 yang telah siap. Kami datang ke kota di dekat Anda. Kami bermain dua malam di setiap kota, bermain dua sepenuhnya.

Acara yang berbeda. Jadi Anda membeli satu tiket untuk dua pertunjukan — Jumat dan Minggu — dan Anda mendapatkan apa yang disebut akhir pekan tanpa pengulangan, yang jelas merupakan istilah radio lama. Anda mendapatkan dua acara yang sama sekali berbeda dan unik.”

Tiket dua hari untuk “M72” akan dijual pada Jumat, 2 Desember 2022 mendatang. Tiket satu hari akan tersedia mulai 20 Januari 2023.

Berikut daftar lagu dari album terbaru Metallica, ’72 Seasons’:

  1. “72 Seasons”
  2. “Shadows Follow”
  3. “Screaming Suicide”
  4. “Sleepwalk My Life Away”
  5. “You Must Burn!”
  6. “Lux Æterna”
  7. “Crown of Barbed Wire”
  8. “Chasing Light”
  9. “If Darkness Had a Son”
  10. “Too Far Gone?”
  11. “Room of Mirrors”
  12. “Inamorata”

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Mau Lebih Sehat? Ganti Kopi dengan Minuman Ini

Published

on

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

mycity.co.id Sebagai penikmat kopi, minuman berwarna hitam pekat ini seperti menjadi andalan sehari-hari, apalagi bisa menjadi pencegah kantuk pagi hari. Kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Namun hal ini bisa dirasakan ketika seseorang minum kopi dengan porsi yang pas dan tepat. Namun bila dikonsumsi setiap hari, pastinya akan memiliki efek samping seperti gangguan tidur, masalah lambung hingga penyakit jantung.

Nah, bagi pecandu kopi tetapi mau merubah pola hidup, mycity.co.id sudah merangkum beberapa minuman sehat dari berbagai media. Berikut minuman sehat pengganti kopi yang patut dicoba.

Teh hijau
Teh yang satu ini dikenal sebagai minuman dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau merupakan minuman mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan teh hijau juga dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit karena berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah dapat meningkatkan fungsi otak, performa fisik, dan bahkan menurunkan risiko berbagai kanker.

Baca Juga :  Begini Protokol Kesehatan Rakyat untuk Cegah Varian Shanghai

Kombucha
Ini adalah minuman yang fermentasi yang terbuat dari teh hitam sehingga menghasilkan probiotik atau yang dikenal dengan bakteri baik. Kombucha juga mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan. Banyak penelitian menemukan kalau kombucha memiliki berbagai macam kesehatan seperti sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, serta mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Jahe
Rempah yang pasti ada di setiap rumah ini, bisa dijadikan minuman sehat pengganti kopi. Bahkan bila diminum pada pagi hari, ternyata memiliki efek yang sama dengan secangkur kopi. Jahe yang memiliki aroma khas dan cenderung kuat ini, bisa membuat orang yang meminumnya terjaga. Selain mencegah kantuk, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lain, terutama untuk kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut antara lain meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood bagi wanita yang tengah menstruasi.

Baca Juga :  Hari Gizi Nasional, Inilah Ragam Tanda Anak Anda Alami Gizi Buruk

Jus buah
Memiliki kalori yang lebih tinggi dari jus sayuran, jus buah kaya akan vitammin yang baik untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat vitamin dari buah, jus lebih baik tidak ditambah gula atau kental manis.

Baca Juga :  Cara Hangatkan Ayam Goreng Tepung Agar Tetap Renyah untuk Sahur

Matcha
Dibuat dari jenis daun yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinensis. Walaupun demikian, matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga matcha bisa dijadikan minuman pengganti kopi. Selain kafein, matcha juga mengandung konsentrasi molekul antioksidan yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang lebih tinggi dari teh hijau. Menurut sebuah studi, kandungan EGCG ini berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa
Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori. Selain itu, beberapa studi juga telah menemukan bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan. Mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan jantung adalah beberapa diantaranya.
Jika ingin minum air kelapa, Anda bisa meminumnya langsung dari buahnya.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Selain Dikonsumsi, Ini Manfaat Timun untuk Kecantikan

Published

on

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

mycity.co.id – Timun atau mentimun merupakan kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Biasanya timun sering dijadikan sebagai lalapan, olahan makanan ataupun minuman.

Dilansir Mycity,co,id dari berbagai laman media, Timun mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, mineral, rendah kalori, dan rendah lemak. Timun juga mengandung 95% air yang dapat membantu agar tubuh tidak dehidrasi.

Selain baik untuk kesehatan, ternyata timun juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Beberapa manfaat timun untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, antara lain:
1. Mengencangkan Kulit
Timun memiliki sifat astringen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Menggunakan timun untuk perawatan wajah dapat membantu menutup pori-pori kulit.
Timun juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembapan dan kesehatan serta mencegah kulit berjerawat.

Baca Juga :  Cara Hangatkan Ayam Goreng Tepung Agar Tetap Renyah untuk Sahur

2. Mengobati Kulit Iritasi dan Mengatasi Jerawat
Timun mengandung antioksidan yang memberikan efek menenangkan pada kulit yang iritasi dan bengkak. Caranya dengan memanfaatkan ampas dari jus timun dan digunakan sebagai masker wajah. Selain itu masker timun juga memiliki manfaat untuk melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau terasa perih.

Baca Juga :  Catat! Ini 4 Hal Makruh Ketika Berpuasa yang Harus Dihindari

3. Menyegarkan Wajah
Mencampurkan air mentimun dengan bahan alami seperti teh hijau atau lidah buaya dapat membuat wajah menjadi segar. Caranya dengan mengaplikasikan campuran tersebut ke wajah lalu dibilas dengan air hingga bersih.

4. Mencegah Keriput
Keriput merupakan kondisi kulit yang mengalami pengenduran akibat bertambahnya usia. Selain itu tanda penuaan lainnya juga dengan timbulnya garis-garis pada wajah.
Kandungan antioksidan pada timun dapat membantu melawan tanda penuaan dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan sel baru.

Baca Juga :  Di Bandung Sampah Bisa Tukar Emas

5. Menyamarkan Kantung Mata.
Manfaat lain dari timun adalah untuk mengurangi kantung mata. Timun memiliki kandungan vitamin C dan asam kafeat yang dapat membantu mengurangi kantung mata. Menggunakan masker timun atau irisan timun di kelopak mata mampu mengurangi kantung mata.

Sebagai pengingat, berbagai manfaat dari timun yang dideskripsikan akan maksimal jika disertai dengan gaya hidup sehat dan perawatan kulit wajah yang tepat.
Beberapa orang mungkin ada yang alergi terhadap timun. Jika terjadi alergi setelah menggunakan masker timun, hentikan pemakaian masker timun dan segera konsultasi dengan dokter.

Continue Reading
Advertisement

Trending