Connect with us

Internasional

Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina, Negara Adikuasa: Dunia Menolak Tegas

Published

on

Ilustrasi perang Rusia-Ukraina. (Istimewa)

Rusia mendukung referendum di empat wilayah Ukraina yang dikuasai separatis dan pemerintahan “boneka” pro-Moskow pada 23-27 September mendatang. Mereka pun siap “mencaplok” empat wilayah itu.

“Setelah [referendum] digelar dan wilayah baru masuk genggaman Rusia, perubahan geopolitik dunia tak akan terhindarkan,” ujar juru bicara pemerintahan Rusia, Dmitry Peskov, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (20/9).

Menurut Peskov, referendum ini dapat membantu Rusia “membela” kawasan-kawasan yang kini terancam jatuh kembali ke pelukan Ukraina.

Baca Juga:

  1. Rusia Mulai Cari Pengganti Putin
  2. Polwan RI Hadiri Konferensi Asosiasi Polwan Internasional
  3. Berubah Total, Arab Saudi Kini Izinkan Wanita Punya Senjata Api

Belakangan, Ukraina memang kian gigih merebut kembali wilayah yang sudah dikuasai Rusia. Teranyar, Ukraina berhasil merebut Kharkiv, kawasan yang berbatasan langsung dengan Donbas.

Di Donbas, terdapat dua wilayah yang sudah dikuasai kelompok separatis pro-Rusia sejak lama, yaitu Luhansk dan Donetsk.

Kedua wilayah itu dan dua kawasan lainnya di selatan Ukraina, yaitu Kherson dan Zaporizhzhia, pun buru-buru menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Peskov yakin keempat wilayah itu akan menjadi wilayah Rusia. Ia pun memperingatkan dunia agar tak macam-macam ketika keempat wilayah itu sudah jatuh ke tangan Negeri Beruang Merah.

“Pelanggaran di wilayah Rusia merupakan kejahatan yang akan ditanggapi dengan berbagai upaya pertahanan diri,” tutur Peskov.

Ia kemudian berkata, “Itulah yang menyebabkan mereka yang di Kyiv dan Barat takut sekali akan referendum itu. Itulah yang menyebabkan [referendum] itu harus digelar.”

Rusia sendiri sudah punya rekam jejak mencaplok wilayah Ukraina pada 2014 lalu. Saat itu, pergolakan pecah dan menyebabkan Crimea menggelar referendum.

Meski diduga banyak kecurangan, hasil akhir referendum itu menunjukkan sebagian besar warga Crimea ingin bergabung dengan Rusia. Moskow pun akhirnya mencaplok Crimea, walau tak pernah diakui komunitas internasional.

Kala itu, Luhansk dan Donetsk juga sebenarnya menggelar referendum untuk memisahkan diri dari Ukraina. Namun, hasil referendum itu tak diakui dunia.

Tak peduli kata dunia, kelompok separatis tetap memproklamirkan kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) sehari setelah referendum, memicu kecaman dunia.

Kini, negara-negara Barat pun kembali mengecam upaya referendum di Ukraina. Kanselir Jerman, Olaf Scholz, menganggap referendum ini “palsu.” Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menganggap rencana ini lelucon.

Sementara itu, Amerika Serikat menegaskan tak akan pernah mengakui klaim Rusia atas daerah-daerah di Ukraina yang dicaplok Negeri Beruang Merah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasional

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, AS: Itu Bukan Ancaman

Published

on

Ilustrasi rudal Korea Utara. (Istimewa)

Korea Utara melanjutkan uji coba rudal balistik jarak dekat mereka dengan meluncurkan rudal jarak pendek menuju perairan timur negara itu.

Peluncuran rudal balistik tersebut dilakukan Minggu (25/9), dan membuat tensi di semenanjung Korea semakin panas.

Uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara tersebut diungkapkan oleh militer Korea Selatan.

Baca Juga:

  1. Rusia Mulai Cari Pengganti Putin
  2. Polwan RI Hadiri Konferensi Asosiasi Polwan Internasional
  3. Berubah Total, Arab Saudi Kini Izinkan Wanita Punya Senjata Api

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan rudal diluncurkan dari sebelah barat Kota Taechon, dan terbang 600 km dengan ketinggian 60 km, sebelum mendarat di perairan lepas pantai timur Korea Utara.

Militer Korea Selatan mengutuk peluncuran rudal Korea Utara itu sebagai pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Korea Utara meluncurkan rudal balistik sebagai provokasi besar yang mengancam perdamaian dan keamanan Semenanjung Korea dan komunitas Internasional,” bunyi pernyataan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dikutip dari The Guardian.

Korea Selatan sebelumnya mendeteksi tanda-tanda Korea Utara mempersiapkan menembakkan rudal balistik kapal selam (LSBM), Sabtu (24/9).

Namun, pihak Amerika Serikat (AS) mengatakan peluncuran rudal balistik itu tak menjadi sebuah ancaman.

Komando AS di Indo-Pasifik mengungkapkan apa yang dilakukan Korea Utara itu tak menjadi ancaman langsung bagi personel atau wilayah AS, dan juga terhadap sekutu mereka.

Namun, mereka tetap menyoroti dampak destabilisasi dari program senjata nuklir dan rudal Korea Utara.

Peluncuran itu adalah yang terbaru dalam serangkaian senjata yang dilakukan Korea Utara pada tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak jauh.

Pada Mei lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek dari Sinpo, sebuah galangan kapal angkatan laut utama di Korea Utara.

Continue Reading

Internasional

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Published

on

Joelle Rich, pacar baru Johnny Depp. (Istimewa)

Johnny Depp dikabarkan memiliki pacar baru yang bernama Joelle Rich.

Wanita tersebut merupakan pengacara yang mewakili dirinya dalam kasus gugatan pencemaran nama baik di Inggris terhadap media The Sun, terkait konflik dengan Amber Heard.

Berawal sebagai klien, keduanya disebut memiliki chemistry yang kuat sehingga memutuskan untuk menjalin hubungan asmara.

Baca Juga:

  1. Saham Asia Melemah Usai IMF dan Bank Dunia Isyaratkan Risiko Resesi
  2. Bank Raya Umumkan Kinerja Perseroan, Laba Mencapai Rp47,71 Miliar
  3. Harga Emas Turun, Tertekan Ekspektasi Suku Bunga Fed Agresif

“Ini serius di antara mereka. Mereka benar-benar pasangan,” ujar sumber yang dikutip US Weekly.

Joelle Rich sendiri tidak ikut ambil bagian dalam tim hukum yang bersidang di Amerika Serikat namun kedapatan kerap kali hadir di pengadilan untuk memberikan dukungan.

Ia hadir bersama aktor Pirates of the Carribbean itu, duduk tepat di bangku belakangnya dan pulang dengan naik mobil yang sama.

“Tidak ada kewajiban profesional untuknya berada di sana. Itu pribadi,” ujar sumber yang sama.

Kabar ini cukup mengejutkan publik karena bintang The Lone Ranger ini sebelumnya santer dikabarkan dekat dengan Camille Vasquez, pengacara yang memenangkan gugatannya terhadap mantan istrinya itu.

Meski demikian, sejumlah penggemarnya mengaku ikut senang karena merasa sudah saatnya idolanya menjalani hubungan baru setelah rumah tangga yang berantakan sebelumnya.

Mengenal Sosok Joelle Rich

Joelle Rich, pacar baru Johnny Depp. (Istimewa)

Joelle Rich adalah seorang pengacara berumur 37 tahun yang berasal dari London, Inggris.

Jebolan University of Birmingham ini berpraktik di firma hukum Schillings Partners yang menangani berbagai kasus terkait privasi individu yang terganggu oleh pihak tidak bertanggungjawab termasuk media.

Dalam website pribadinya disebutkan, ia memiliki pengalaman dalam mengajukan tuntutan terkait perselisihan pencemaran nama baik, privasi, dan hak cipta.

Keahliannya ini yang membawanya bertemu dengan Johnny Depp ketika aktor tersebut menggugat The Sun pada 2018 lalu.

Tuntutan itu diajukan karena media lokal Inggris itu menyebutnya sebagai ‘the wife beater’ dalam salah satu artikelnya, merujuk pada pengakuan Amber Heard.

Meskipun kasusnya kalah, hubungan mereka kemudian berkembang lebih dari sekedar relasi profesional semata.

Johnny dan Joelle kemudian sering bertemu secara pribadi, termasuk secara diam-diam di hotel untuk menghindari sorotan publik.

Saat awal interaksi keduanya, Joelle Rich disebut masih memiliki suami bernama Jonathan Rich, yang dinikahinya tahun 2011.

Pernikahan satu dekade itu kemudian berakhir dan ia hanya hidup dengan dua anaknya meskipun tidak jelas apakah perceraiannya disebabkan karena kehadiran bintang Charlie and the Chocolate Factory itu.

Selain aktor yang sekarang jadi kekasihnya itu, Joelle Rich juga pernah menangani kasus Meghan Markle saat menuntut surat kabat Mail on Sunday pada 2018 lalu.

Saat itu, Duchess of Sussex menggugat penerbit publikasi tersebut karena membagikan surat pribadi yang dia kirimkan kepada ayahnya, Thomas Markle.

Atas bantuannya, istri Pangeran Harry itu berhasil memenangi gugatannya pada Desember 2021 kemarin.

Continue Reading

Internasional

Disney Rilis Cuplikan Film Animasi Berjudul “Strange World”

Published

on

Film animasi Strange World. (Disney)

Walt Disney Animation Studios telah merilis cuplikan (trailer) dan poster terbaru dari film animasinya berjudul “Strange World”.

Tayang di bioskop pada bulan November nanti, film ini memperkenalkan keluarga penjelajah legendaris, Clades, saat mereka mencoba untuk menavigasi tanah berbahaya yang belum dipetakan bersama kru beraneka ragam yang mencakup makhluk unik blob, anjing berkaki tiga serta hewan buas dan makhluk-makhluk yang rakus.

“Terinspirasi oleh kisah petualangan klasik, ‘Strange World’ adalah petualangan/komedi animasi orisinal tentang tiga generasi keluarga Clade yang mengatasi perbedaan mereka sambil menjelajahi dunia yang aneh, menakjubkan, dan seringkali bertentangan,” kata sutradara Don Hall dalam keterangannya, Kamis (22/9).

Baca Juga:

  1. Saham Asia Melemah Usai IMF dan Bank Dunia Isyaratkan Risiko Resesi
  2. Bank Raya Umumkan Kinerja Perseroan, Laba Mencapai Rp47,71 Miliar
  3. Harga Emas Turun, Tertekan Ekspektasi Suku Bunga Fed Agresif

Film menampilkan pengisi suara seperti Jake Gyllenhaal sebagai Searcher Clade, seorang pria yang mencintai keluarganya, yang menemukan dirinya keluar dari zona nyaman dalam misi yang tidak terduga.

Ada juga Dennis Quaid sebagai ayah Searcher, Jaeger, seorang penjelajah skala besar; Jaboukie Young-White sebagai putra Searcher yang berusia 16 tahun, Ethan, yang mendambakan petualangan.

Lebih lanjut, ada Gabrielle Union sebagai Meridian Clade, seorang pilot ulung dan teman Searcher dalam segala hal; dan Lucy Liu sebagai Callisto Mal, pemimpin Avalonia yang tak kenal takut yang mempelopori penjelajahan ke Strange World.

“Strange World” disutradarai oleh Don Hall (“Big Hero 6”, “Raya and the Last Dragon”) dan co-sutradara/penulis Qui Nguyen (co-writer “Raya and the Last Dragon”), dan diproduseri oleh Roy Conli (“Big Hero 6”, “Tangled”).

Continue Reading
Internasional9 hours ago

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, AS: Itu Bukan Ancaman

Nasional10 hours ago

Perjuangan Aspar Jaelolo Jadi Raja Panjat Tebing Dunia 2022

Lifestyle11 hours ago

Hati-hati, Menyimpan Buah dan Sayuran Ternyata Ada Ilmunya!

Nasional14 hours ago

Menang Lawan Curacao, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Merangkak Naik

Investment15 hours ago

Indonesia Bukukan Transaksi Bisnis Rp23,3 Triliun dari CAExpo 2022

Culture16 hours ago

Ritual Sikerei, Pengobatan Supranatural Suku Mentawai

Nasional18 hours ago

Siaran TV Analog Berhenti Total di 112 Wilayah Mulai 2 November 2022

Hangout19 hours ago

Jepang Izinkan Wisatawan Masuk Bebas Visa Mulai 11 Oktober 2022

Internasional20 hours ago

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Nasional21 hours ago

Anies Baswedan Pastikan Jakpro Tak Akan Komersialisasi Taman Ismail Marzuki

Edukasi1 day ago

Begini Syarat Dapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Investment1 day ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment2 days ago

Investasi Berbasis Perusahaan Hijau Kini Makin Diminati

Teknologi2 days ago

Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now

Investment2 days ago

Inilah Ragam Tantangan Perekonomian Indonesia di Tahun 2023

Investment2 days ago

Kredit Mesra, Solusi Pemprov Jabar Agar Warganya Tak Terlilit Hutang Rentenir

Properti2 days ago

Bintaro Jaya Tawarkan Properti Beragam dan Berkelas

CityView2 days ago

Harumnya Tembakau Deli, Bikin Kota Medan Beraroma Eropa

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle3 days ago

Lagi Diet? Berikut 7 Manfaat Tahu Rebus untuk Kesehatan

Internasional3 days ago

Disney Rilis Cuplikan Film Animasi Berjudul “Strange World”

Culture5 days ago

Kesenian Dongkrek, Ritual Tolak Pagebluk khas Madiun

Nasional6 days ago

Yogyakarta Siap Gelar Turnamen Bulutangkis Indonesia International Series 2022

Investment1 day ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment1 week ago

Perusahaan Fintech Paygua Jajaki Rencana IPO

Culture5 days ago

Makna Luhur ‘Tari Bambu Gila’ di Maluku

Nasional7 days ago

SBY Menduga Pemilu 2024 Berpotensi Ada Kecurangan, KPU: Laporkan ke Bawaslu RI

Nasional7 days ago

Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle6 days ago

Hati-hati, Gaya Hidup yang Tidak Aktif Bisa Jadi Penyebab Kematian

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (DPR RI)
Nasional2 days ago

Luhut: Orang Luar Jawa Tak Bisa Jadi Presiden RI, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

BEI
Investment2 days ago

BEI Catat Ada 29 Perusahaan Siap IPO, Berikut Daftarnya

CityView1 week ago

Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Dulu Mendunia, Kini?

Hangout3 days ago

Deretan 10 Museum Termahal di Indonesia

Nasional3 days ago

Indonesia Pastikan Gelar Ganda Campuran di Indonesia International Series 2022

Investment3 days ago

Zulkifli Hasan: TIIMM G20 Hasilkan Capaian Konkret

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Nasional6 days ago

Alasan AHM Berikan Sentuhan Baru CBR250RR

Nasional3 days ago

KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Sebagai Tersangka

Hangout5 months ago

Pasar Cimol Gedebage, Pusatnya Baju Bekas Bermerek di Bandung

Traveling5 months ago

Desa Wisata Sawai, Desa Tertua di Maluku yang Punya Sungai Keramik

Nasional5 months ago

Kalisari, Surga Takjil di Jakarta Timur

Properti5 months ago

Kisah Pengusaha Properti Bangun Rumah Subsidi untuk Berdayakan Masyarakat Banjarmasin

Uncategorized6 months ago

Kisah Mumun, Sang Hantu Legendaris Cibubur

Advetorial6 months ago

Pentingnya Literasi Finansial Melalui Kesetaraan Gender untuk Generasi Milenial

Showbiz11 months ago

Tega! Ada Youtuber Bikin Konten Mistis Soal Vanessa Angel

Showbiz11 months ago

Detik-detik Usai Mobil Vanessa Angel Alami Kecelakaan

Nasional11 months ago

The Power of Emak-Emak! Bubarkan Demo yang Blokir Jalan

Showbiz11 months ago

Inilah yang Terjadi Usai Miss World Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Showbiz11 months ago

Skandal Aborsi, Aktor Kim Seon-ho Tinggalkan 1 Day 2 Nights

Teknologi11 months ago

Mark Zuckerberg Rugi Triliunan Rupiah, Saham Facebook Anjlok

Nasional11 months ago

Mensos Risma Ngamuk Lagi, Warga Marahi Balik

Showbiz11 months ago

Akui Salah, Baim Wong Ingin Temui Kakek Suhud

Showbiz11 months ago

Kakek Suhud Penjual Buku Agama, Bukan Pengemis Seperti Anggapan Baim Wong

Internasional11 months ago

Eropa Krisis Energi, Peta Kekuatan Dunia Akan Berubah?

Sport11 months ago

Indonesia Juara Piala Thomas, Merah Putih Tak Bisa Berkibar

Culture11 months ago

Ampyang Maulid, Cara Leluhur Berintropeksi Diri di Perayaan Maulid Nabi

Internasional1 year ago

Kronologi Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

COVID-19Update1 year ago

Aturan Ibadah Ramadhan Pemkot Tangsel: SOTR Dilarang-Tarawih 50%

Advertisement

Trending