Connect with us

Hangout

Rendang, Simbol Kasih Sayang Masyarakat Minangkabau

Published

on

Kuliner khas Minangkabau Rendang (Source: food.detik.com)

Rendang merupakan kuliner khas masyarakat Sumatera dan cukup memiliki banyak penggemar lho! Mulai dari masyarakat Indonesia itu sendiri maupun mancanegara. Rendang merupakan daging yang diolah dengan bumbu khas dan memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Kuliner Indonesia satu ini telah dinobatkan menjadi makanan terlezat pertama di dunia dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat di Dunia) versi CNN International pada tahun 2011.

Bahkan menu rendang ini menjadi sajian yang juga banyak dijual di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei bahkan Amerika Serikat. Selain itu, ternyata sajian khas Minang ini juga menjadi simbol kasih sayang masyarakat Minangkabau lho! Gimana bisa ya? Simak artikel ini selengkapnya!

Baca Juga:

  1. Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami
  2. Bahayakah Menyimpan Sayur di Kulkas?
  3. Manfaat Cuci Muka dengan Air Kelapa untuk Wajah

Bagi masyarakat Minangkabau, rendang bukanlah hanya sekedar sajian khas daerah melainkan rendang memiliki filosofi tersendiri yang disimbolkan dari bahan dasar olahannya.

Filosofi tersebut seperti daging sapi atau dagiang yang merupakan lambang dari Niniak Mamak yang berarti pimpinan suku adat, Karambia berarti kelapa dan Cadiak Pandai berarti kaum intelektual.

Selain itu, filosofi lainnya seperti cabai (lado) yang berarti alim ulama, pedas yang berarti tegas dalam mengajarkan syari’at agama dan pemasak yang berarti lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Tidak hanya itu, rendang juga bermakna simbol kasih sayang khususnya bagi keluarga ataupun saudara di perantauan. Dengan proses pembuatan yang tidak sebentar ini dijadikan sebagai lambang dari kesabaran dan kasih sayang.

Berdasarkan buku karya Fadly Rahman, Jejak Rasa Nusantara mulai populer pada awal abad 20an. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa kepopuleran rendang mencuat ketika orang-orang Eropa begitu antusias dengan resep masakan rendang.

Kala itu resep rendang begitu terkenal melalui sebuah surat kabar perempuan asal Minangkabau, Soenting Melajoe yang terbit pada tahun 1912. Meski mulai populer di tahun tersebut, rendang dinilai telah ada sejak abad ke-8.

Diceritakan, rendang pada masa itu dikenal sebagai masakan yang nikmat dan memiliki daya awet yang berbeda dari masakan daging pada umumnya. Selain itu rendang juga bernutrisi, tahan lama tanpa pendingin, serta tidak harus dipanaskan.

Karena alasan ini di kalangan orang Sumatra Barat telah dijadikan makanan bekal untuk sebuah perjalanan jauh seperti untuk bekal haji ke Mekkah. Namun berbeda dengan saat ini rendang yang umumnya menggunakan daging sapi, rendang di masa itu masih banyak dimasak menggunakan daging kerbau. Sementara rendang buatan Zaleha adalah ayam rendang yang juga tidak kalah populer.

Tampaknya alasan ketahanan pula lah yang kemudian dalam buku yang sama Fadly Rahman menyebut bahwa rendang sempat digunakan sebagai bekal ransum peperangan di masa pendudukan Jepang tahun 1940an di Indonesia bersamaan dengan Nasi Goreng.

Hangout

Base Genep Bumbu Rahasia Bali Berusia Ribuan Tahun

Published

on

By

Base genep

Makanan tradisional Indonesia begitu kaya akan rempah-rempah yang berlimpah. Seperti halnya bese genep khas Bali yang terkenal mampu membuat masakan menjadi bercita rasa.

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya bernama Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali terkenal akan makanan tradisionalnya yang enak seperti sate lilit, dan ayam atau bebek betutu.

Dalam menyajikan makanan tersebut, biasanya mereka menambahkan bumbu dasar khas bali yaitu base genep. Bumbu ini terdiri dari berbagai jenis macam rempah, sehingga menghasilkan rasa yang begitu kompleks di lidah.

Base merupakan bahasa Bali yang berarti bumbu. Ada banyak base yang dimiliki oleh masyarakat Bali, salah satunya yang terkenal dan menjadi andalan adalah base genap. Base genep dipercaya mampu membuat masakan menjadi lebih nikmat.

Baca Juga:

  1. Tengkleng, Simbol Semangat Bertahan Hidup Wong Solo
  2. Mie Caluk, Spaghetti Asli Aceh
  3. Kenalan dengan Puthu Lanang Legendaris Malang, Sudah Ada dari Zaman Penjajahan

Bahan dan jenis bumbu Bali terbagi menjadi empat, yaitu bumbu basah, bumbu kering, bumbu penyedap, dan bungkilan. Base genep, merupakan bumbu yang hampir menggunakan semua jenis bumbu kering dan basah.

Untuk Bumbu basah terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai kecil. Sementara bumbu kering berisikan ketumbar, merica, kemiri, pala, jinten, kapulaga, dan sejenis cabai kecil kecil.

Sejarah base genep

Dalam kitab lontar peninggalan kerajaan terdahulu, mencatat tentang penggunaan base genep dalam masakan Bali. Sudah sejak dua ribuan tahun yang lalu, base genep menjadi warisan leluhur dan budaya kuliner Bali.

Sebagian mengatakan bahwa base genep sudah menjadi rahasia kelezatan masakan Bali sejak abad ke-19. Akulturasi budaya antara pedagang India dengan pedagang Bali, yang membuat rempah-rempah tersebut masuk ke pulau Dewata.

Base genep memiliki arti dan filosofi tersendiri bagi masyarakat Bali, bukan hanya sekedar untuk bumbu dasar saja. Kunyit yang berada di arah barat, menjadi wakil dari Dewa Mahadewa. Kemudian kencur yang berwarna putih, adalah representasi dari Dewa Iswara. Dan terakhir adalah jahe berwarna hitam di utara, merupakan simbol Dewa Wisnu.

Pembuatan base genep ini cukup ini karena tidak memakai timbangan atau alat apapun dalam menakarnya. Mereka, masyarakat setempat hanya menggunakan jari tangan untuk mengukur bahan-bahan yang akan di masukan kemudian dihaluskan.

Continue Reading

Hangout

Mantap, Soto Ayam Masuk Jajaran 20 Sup Terenak Dunia Versi CNN

Published

on

By

Soto Ayam

Di Indonesia ada banyak sekali jenis soto, salah satunya soto ayam. Soto ayam merupakan salah satu makanan terenak yang banyak diminati orang, karena rasanya yang gurih dan segar.

Soto Ayam adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai varian berbeda di tiap daerahnya. Namun, pada dasarnya Soto Ayam merupakan makanan yang berkuah kuning dari kunyit dengan suwiran ayam di dalamnya.

Selain ayam, terdapat bahan-bahan lain seperti telur rebus, bihun, daun seledri, bawang goreng, serta irisan kentang dan tomat. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Soto itu sendiri pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke 19, di pesisir pantai utara Jawa.

Pada Jumat (26/2), CNN memperbarui daftar 20 sup terbaik di dunia, dan soto ayam termasuk ke dalam salah satunya. Soto ayam merupakan jenis masakan Indonesia yang mengasyikan, sehingga mencapai popularitasnya, begitu lah yang dituliskan CNN.

Baca Juga:

  1. Peuyeum, Si Manis Ikonik Kota Bandung yang Disukai Orang Eropa
  2. 8 Makanan yang Mendadak Viral Selama Pandemi Covid-19
  3. Sambel Colek Ikan Wader, Hidangan Para Raja Majapahit

CNN sendiri adalah sebuah saluran berita kabel asal AS yang didirikan tahun 1980 oleh konglomerat media asal Amerika Serikat, Ted Turner. CNN juga merupakan saluran televisi pertama yang menyiarkan liputan berita 24 jam, dan saluran televisi berita pertama di Amerika Serikat.

CNN menuliskan bahwa, banyaknya rempah-rempah yang terkandung di dalam kuah soto membuat rasanya berlapis dan aroma yang memikat. Terlebih ditambah dengan irisan telur di atasnya, membuat soto semakin kaya akan cita rasanya.

Ternyata tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukai soto ayam. CNN mengungkapkan bahwa Malaysia, Singapura, dan suriname pun juga sangat menggemari jenis sup yang satu ini. Imigran dari Jawa yang membawa masakan khas rempah ini ke negara-negara tersebut.

Soto ayam paling nikmat disantap ketika cuaca dingin, terlebih dilengkapi dengan perasaan jeruk nipis yang membuat kuahnya terasa begitu segar. Bagi pecinta pedas, biasanya sambel juga tak kalah penting untuk turut serta dicampurkan ke dalam kuah sebagai pelengkap.


Continue Reading

Hangout

Pasti Memorable, 5 SkyBuilding untuk Menyaksikan Kembang Api di Tahun 2022

Published

on

Hotel Aston Marina
Hotel Aston Marina

Tahun baru 2022 sudah di depan mata. Bagi Cityzen yang tak bisa bepergian, merayakan tahun baru dengan menyaksikan kembang api di skybuilding bisa menjadi pilihan.

Ya, perayaan tahun baru selalu identik dengan mebang api. Apalagi, di Kota besar seperti Jakarta. Tentunya, Cityzen bakal lebih puas jika menyaksikan keindahan kembang api dari tempat yang tinggi.

Berikut, MyCity telah menyiapkan beberapa pilihan skybuilding untuk menyaksikan kembang api di pengujung tahun 2021 nanti.

Hotel Aston Marina

Hotel Aston Marina
Hotel Aston Marina

Kalau mau lihat kembang api dari sudut yang berbeda di kota Jakarta, kamu bisa coba ke tempat ini. Yap, naik ke atas atap hotel yang ada dekat Ancol dan sekitarnya seperti, Hotel Aston Marina.

Soalnya disini lah spot terbaik buat melihat kembang api yang bakal dipasang di Ancol. Pastinya keren, jadi, jangan pejamkan mata waktu melihat keindahannya ya.

Menara BCA

Menara BCA
Menara BCA

Supaya malam tahun baru makin spesial bersama dengan keluarga nih, kamu bisa coba menginap di salah satu gedung tertinggi yang ada di daerah Thamrin dan Sudirman.

Soalnya, dari sini kamu tak cuma bisa melihat kelap-kelip malam di seluruh gedung pusat kota Jakarta, tapi juga sekaligus lihat kembang api di seluruh kota Jakarta. Tinggal naik ke rooftop-nya, dan nikmati pemandangan malam tahun baru Jakarta yang super keren. Salah satu tempat yang bisa dijadikan spot keren nih adalah restoran SKYE di Menara BCA.

Menara Peninsula

Menara Peninsula
Menara Peninsula

Kalau mau ke tempat yang tinggi sekaligus bisa menginap dan merasakan kemewahan salah satu hotel di Jakarta, kamu bisa memilih Menara Peninsula. Dari kamar hotel ataupun naik ke rooftop nya, kamu bisa langung disuguhi pemandangan kembang api yang menawan.

The Sultan Hotel & Residence

The Sultan Hotel & Residence
The Sultan Hotel & Residence

Tak ada yang bisa mengalahkan kemewahan hotel satu ini. Terletak di Senayan, kamu bisa menginap di malam tahun baru bersama keluarga atau sahabat terkasih sekaligus menikmati kembang api keren di Jakarta. Seru sekali pastinya menyapa matahari pertama di tahun baru dengan suasana yang luxury dan super nyaman.

Royal Kuningan Hotel

Royal Kuningan Hotel
Royal Kuningan Hotel

Kalau mau yang beda, coba deh nonton kembang api dari Kolam renang di Royal Kuningan Hotel. Dari sini, kamu bisa menyaksikan berbagai keindahan warna warni kembang api yang ada di Jakarta. Apalagi kalau sambil liburan dan menginap di hotel ini, pastinya tahun baru jadi penuh kejutan deh.

Continue Reading

Trending