Connect with us

Traveling

Pulau Sempu, Surga Tersembunyi Indonesia yang Terlarang untuk Wisatawan

Published

on

Pulau Sempu

Banyak turis yang menempatkan Pulau Sempu ke dalam daftar perjalanan impiannya. Namun banyak yang belum memahami bahwa pulau di Malang, Jawa Timur, itu sebenarnya ialah cagar alam yang tak boleh sembarangan dikunjungi.

Pulau Sempu dengan Sagara Anakan terletak di Sumbermanjing salah satu Kabupaten di Kota Malang. Pulau ini menyembunyikan keindahan pantai dengan suasana yang masih menyatu dengan alam.

Pasir putih yang lembut saat bersentuhan dengan kaki, jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau, membuat kita dimanjakan oleh kecantikan salah satu pantai yang ada di kota berjuluk Kota Apel ini.

Baca Juga:

  1. Tradisi Mudik yang Lebih dari Mudik, Cuci Parigi Sebagai Penyucian Jiwa Masyarakat Maluku
  2. Awal Mula Suku Tengger dan Tradisi Unan-Unan
  3. Binarundak, Tradisi Makan Bersama Pakai Bambu untuk Reuni Lebaran di Sulawesi Utara
Baca Juga :  Pulau Sombori, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

Kedamaian suasana sambil melihat permainan ombak yang tenang dan hembusan angin yang sejuk membuat Anda seperti merasa tinggal di surga hingga pikiran dan tubuh enggan untuk pergi dari Sagara Anakan yang merupakan telaga di Pulau Sempu.

Danau Segara Anakan telah terbentuk sejak berjuta-juta tahun lalu dan merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh Pemerintah Kota Malang. Dikelilingi bukit-bukit karang yang menjulang tinggi, membuat ombak laut selatan yang ganas tidak dapat masuk ke dalam Segara Anakan.

Air laut yang mengisi telaga masuk melalui lubang yang secara konstan selalu menembus Segara Anakan. Percikan deburan ombak yang masuk melalui lubang memberikan pemandangan yang mungkin jarang Anda jumpai sebelumnya.

Ombak yang tenang memberikan suasana yang tentram di telaga Segara Anakan. Belum lagi kemunculan Kera Putih dan Lutung Jawa yang sering berkeliaran disekitar area ini, membuat jalan-jalan ke telaga Segara Anakan di Pulau Sempu terasa begitu menyenangkan.

Baca Juga :  Mantab, Kini Desa Tegalmulyo Jadi Destinasi Wisata Hingga Memiliki Pendapatan Rp 75 juta per Bulan

Pulau Sempu

Selain menikmati keindahan Pulau Sempu dan Segera Anakan, Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling. Menyelam di pulau ini serasa menikmati keindahan surga alam Indonesia di pulau pribadi.

Kelestarian alam di Pulau Sempu dan telaga Segara Anakan yang jauh dari peradaban ini, seperti dapat menjernihkan pikiran dan tubuh yang penat dengan rutinitas sehari-hari.

Pulau Sempu beserta telaga Segara Anakan merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia kaya akan keindahan alam yang tidak ada habis-habisnya untuk kita kagumi.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur telah menyatakan bahwa Cagar Alam Sempu hanya diperuntukkan bagi konservasi, penelitian, dan pendidikan.

Baca Juga :  Vatikan Negara Mungil, Jalur Keretanya Pun Terpendek di Dunia

Pulau Sempu telah mendapat status cagar alam sejak pemerintahan Hindia Belanda pada 1928. Berbagai fauna langka yang dilindungi bermukim di sini, mulai dari elang jawa, lutung jawa, sampai macan tutul.

Pulau Sempu

Selain satwa-satwa liar, di sini juga terdapat aneka flora hutan pantai yang mendominasi, yaitu Baringtonia raceunosa, nyamplung (Calophylum inophylum), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus) dan pandan (Pandanus tectorius).

Pulau ini ditetapkan sebagai cagar alam pada 15 Maret 1928 oleh pemerintahan Hinda Belanda. Penetapan tersebut melalui SK Gubernur Jenderal No. 69 dan No. 46 tentang Aanwijzing van het natuurmonument Poelau Sempoe. Akan tetapi, sejak 2017 terbit larangan untuk berwisata dan melakukan kunjungan ke pulau ini.

Traveling

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kemabli Layani Rute Hong Kong-Bali-Hong Kong

Published

on

Cathay Pacific kembali layani penerbangan rute Hong Kong-Bali-Hong Kong. Foto: Humas AP I

Cathay Pacific kembali layani penerbangan rute Hong Kong-Bali-Hong Kong. Foto: Humas AP I

mycity.co.id – Menjadi destinasi pilihan pelancong domestik dan mancanegara, Bali sudah mulai membuka kembali. Ini terlihat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang membuka kembali penerbangan internasional reguler rute  Hong Kong-Bali-Hong Kong yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Cathay Pacific, pada Minggu (27/11/2022). Dengan kembali beroperasinya rute tersebut, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 24 rute penerbangan internasional reguler.

Baca Juga :  Bali Persiapkan Skema Pembukaan Sektor Pariwisata

Dalam penerbangan perdananya, pesawat dengan nomor penerbangan CX785 tersebut mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu (27/11/2022) pada 14.59 WITA dengan mengangkut 178 penumpang. Untuk rute sebaliknya, penerbangan CX784 melanjutkan perjalanan kembali ke Bandara Internasional Hong Kong di hari yang sama pada pukul 16.36 WITA dengan mengangkut 132 penumpang. Penerbangan tersebut dilayani dengan menggunakan pesawat tipe Airbus A321.

Baca Juga :  Dongkrak UMKM, Wali Kota Malang Bangun Malang Creative Center Senilai Rp125 M

“Kami menyambut baik pembukaan kembali rute Hong Kong-Bali-Hong Kong yang dioperasikan oleh Cathay Pacific. Perlahan tapi pasti, rute internasional reguler yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebelum pandemi kini sudah berangsur beroperasi kembali,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi yang dikutip dari siaran pers Senin (28/11/2022) .

“Pada akhir tahun 2019, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 48 rute penerbangan internasional reguler dan 34 maskapai penerbangan internasional. Dengan beroperasinya kembali rute ini, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 24 rute penerbangan internasional reguler, serta 27 maskapai internasional yang beroperasi,” lanjut Faik Fahmi.

Baca Juga :  Kabar Baik, Turki Bebaskan Visa untuk WNI Indonesia

Menurut jadwal, maskapai Cathay Pacific melayani rute Hong Kong-Bali pp dengan frekuensi tujuh penerbangan dalam sepekan.

Sebagai informasi, sebelum pandemi global Covid-19, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat melayani sebanyak 671.168 pergerakan penumpang dan 2.764 pergerakan pesawat udara dari dan ke Hong Kong sepanjang tahun 2019.

Continue Reading

Traveling

Jalan-jalan Ke Timor Leste Cukup Bawa Dollar AS Untuk Jajan

Published

on

Mata uang Timor Leste dollar AS dan koin centavo. Foto: Istimewa

Mata uang Timor Leste dollar AS dan koin centavo. Foto: Istimewa

mycity.co.idTimor Leste salah satu negara kecil yang berada dan menyatu dengan Indonesia ini memiliki alam yang fantastis. Di mana ketika berkunjung ke negara ini, pantai menjadi salah satu incarannya. Sehingga, Timor Leste bisa menjadi pilihan destinasi liburan.

Nah, ketika ke sana bagaimana ya dengan mata uang yang digunakan untuk berbelanja, masuk ke tempat wisata dan lainnya? Ternyata Timor Leste menggunakan dollar Amerika Serikat (AS). Bisa dikatakan, saat ini dollar AS menjadi mata uang resmi Timor Leste dan sudah berlaku.

Baca juga: Anak Usaha Telkom Telkomcel Buat Aplikasi MyTimor, Mirip Gojek dan Grab di Timor Leste

Baca Juga :  Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 127 Suporter, PSSI: Kami Bentuk Tim Investigasi

Hal ini disampaikan secara resmi bank sentral Timor Leste yakni Banco Central de Timor Leste pada Sabu (16/11/2022). Para pelancong yang mampir ke Timor Leste tidak perlu repot menukar mata uang lain karena dollar AS bisa untuk pembayaran tunai.

Dilansir dari berbagai laman sumber, sejak 10 November 2003 Banco Central de Timor-Leste mengeluarkan koin yang dikenal sebagai “centavos” yang dicetak khusus untuk digunakan di negara tersebut. Ada koin yang dicetak dengan tahun penerbitan 2003, 2004, 2005, 2006, 2011, 2012, 2013 dan 2017.

Sedangkan mata uang kertas yang digunakan yakni dollar AS. Adapun beberapa macam denominasi uang koin yang dikeluarkan oleh Timor Leste yakni 1 centavo, 5 centavos, 10 centavos, 25 centavos, 50 centavos, 100 centavos, dan 200 centavos.

Baca Juga :  Dongkrak UMKM, Wali Kota Malang Bangun Malang Creative Center Senilai Rp125 M

Baca juga: 300 Rumah Instan Sehat Dibangun di Perbatasan Timorleste

Pasti banyak yang bertanya, 1 centavos berapa rupiah? Centavos memiliki nilai yang setara dengan sen AS. Yang mana 100 centavos setara dengan 100 sen AS. Untuk diketahui, sebelum berpisah dengan Indonesia, negara ini masih menggunakan rupiah sebagai mata uangnya.

Kemudian setelah terpisah dan mengubah nama Timor Timur menjadi Timor Leste, negara ini kemudian menggunakan dollar AS sebagai mata uang sah mereka. Dollar AS sendiri dipilih Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Baca Juga :  Berbagai Aksi Solidaritas Suporter Atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

Baca juga: Rakyat Semakin Menjerit, Angka Kemiskinan di Indonesia Terus Melejit!

Aturan tersebut berbunyi, bahwa semua transaksi resmi harus menggunakan dollar AS. Namun begitu, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis) dan dollar Australia.

Saat itu, UNTAET (PBB) dan pemerintahan transisi Timor Leste beralasan, dollar AS dipilih karena mata uang tersebut stabil dan kuat serta diterima di seluruh dunia. Keputusan itu kemudian disahkan oleh National Concultative Council (NCC) yang wewenang dan tugasnya mirip dengan MPR RI di Indonesia.

Continue Reading

Culture

Mie Kocok, Makanan Berkuah Legendaris Bandung

Published

on

Mie kocok Bandung, makanan legendari dengan cita rasa nusantara. Foto: Wikipedia

Jawa Barat memiliki ragam kuliner yang banyak varian. Bahkan bisa dikatakan, setiap kota di Jawa Barat punya ciri khasnya tersendiri. Seperti di Bandung yang terkenal dengan mie kocoknya. Ternyata ada sejarahnya kenapa diberi nama mie kocok.

Memiliki cita rasa yang melegenda, mie kocok ini bisa disantap oleh siapa pun baik itu anak-anak maupun orang tua. Menjadi makanan ciri khas kota Bandung, mie kocok sudah ada sejak tahun 1958 silam.

Baca juga: Hidangan Lezat Nasi Ulam Khas Betaw

Nama mie kocok sendiri diambil dari proses pembuatanya dengan cara mengocok-ngocok mie dan tauge dalam wadah logam bolong-bolong bergagang sambil dicelupkan ke dalam air panas sampai layu. Ini lah kenapa disebut sebagai mie koco.

Baca Juga :  Berani Coba! 5 Tempat Wisata Mistis di Yogyakarta

Hidangan mie kocok terdiri dari mie kuning, irisan kikil atau kaki sapi, tauge, bakso, irisan seledri, daun bawang, bawang goreng dan disiram dengan kuah kaldu sapi kental. Karena memiliki kuah kaldu yang kental, ini membuat rasanya lebih gurih dari bakso.

Baca juga: Ini Sejarah Semur Jengkol yang Jadi Makanan Legendaris Masyarakat Betawi

Mie yang digunakan adalah mie kuning gepeng yang bertekstur lebih lembut. Untuk menambah cita rasa saat menikmati mie kocok, biasanya akan menambahkan kecap manis dan sambal.

Untuk menikmati sajian legenda Bandung ini, mycity.co.id merangkum dari berbagai laman sumber, beberapa tempat makan mie kocok yang legendaris.

Baca Juga :  Plesiran ke Malang?, Ini Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Baca juga: Balai Kota Bandung dan Sejarah Tempo Dulu

Mie Kocok Persib
Namanya seperti persatuan sepak bola Bandung, mie kocok ini berlokasi di depan Stadion Sidolig, Bandung. Warung yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1963. Harga seporsi mie kocok di warung ini Rp30 ribu

Mie Kocok Cepay
Sudah ada sejak 40 tahun silam, mi kocok ini berada didua lokasi yakni Gor Padjajaran dan Jalan Samiaji.

Mie Kocok Dadeng
Memiliki lokasi di Jalan Banteng No.67, mie kocok ini dikenal sejak tahun 1960.

Mie Kocok Nanang Tea
Terbilang muda, karena berdiri sejak tahun 90-an. Memiliki lokasi di Jalan Ternate, No 2, Citarum, Kota Bandung.

Baca Juga :  Wisata Sepeda, Tren Liburan Ramah Lingkungan Baru di Yogyakarta

Mie Kocok Kebon Jukut
Mie kocok yang satu ini cukup menarik perhatian karena pembelinya yang selalu mengantre. Memiliki rasa yang lezat, mie kocok ini berlokasi di Jalan Kebon Jukut No 3, Babakan Ciamis, Kota Bandung.

Terkait mie kocok ini bagaimana sih kata pengunjung? Mycity.co.id mewawancarai salah seorang pengunjung di warung mie kocok. Yosephin mengatakan, rasa mie kocok biasa saja. Tetapi rasa kuahnya cukup melekat dan lebih memilih makan dengan nasi dibandingkan dengan mie.

“Saya lebih suka mie kocok bagian daging dan kuah. Rasa kuahnya cukup nikmat dan kalau makan dengan nasi lebih sedap,” ungkapnya.

Continue Reading
Advertisement

Trending