Connect with us

Lifestyle

Panduan dan Pantangan Mendaki Gunung untuk Pemula

Published

on

Foto Salah Satu Vandalisme di Batu Gunung Gede, Jawa Barat.

Selalu ada yang pertama untuk semua hal, tak terkecuali mendaki gunung. Mendaki gunung salah satu kegiatan menikmati alam yang kini banyak digemari oleh para kaum milenial. Indonesia cukup banyak memiliki kawasan pegunungan, yang menawarkan pemandangan yang cantik untuk dinikmati dari puncak ketinggian.

Jika Cityzen menyukai kegiatan satu ini atau memiliki rencana mendaki gunung untuk pertama kalinya, MyCity memiliki beberapa panduan dan pantangan ketika Cityzen nanti mendaki gunung.

Baca Juga :

  1. Lagi, Jokowi Beri Jabatan Baru untuk Luhut Binsar Pandjaitan
  2. Pantai Marunda, Lokasi Asyik Melihat Migrasi Burung di Utara Jakarta
  3. Asal Usul Sagu Porno dari Kepulauan Sangihe

1.Meremehkan Medan Pendakian

Salah satu hal yang jangan sampai dilakukan para pendaki, yaitu meremehkan medan. Karena, resiko yang dihadapi bisa jadi ialah hilangnya keselamatan nyawa. Baiknya sebelum mendaki, Cityzen mempersiapkan diri sebelum mendaki.

Selanjutnya mempersiapkan fisik dengan berolahraga dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi medan. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan atau Berkata Kotor

Biasanya gunung di Indonesia, merupakan kawasan yang dipercaya sebagai tempat keramat. Kearifan masyarakat lokal sebenarnya bermanfaat untuk menjaga gunung tetap lestari dan mengajarkan bagaimana kita menghargai alam.

Salah satu bentuk kearifan lokal yang masih sering disepelekan para pendaki adalah larangan berkata kotor saat berada di gunung.

3. Membuat Perapian

Ketika mendaki gunung, membuat api unggun sering dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghangatkan badan. Tapi sebenarnya membuat api unggun sangat tidak dianjurkan terutama saat memasuki musim kemarau.

Maksudnya, adalah upaya menghindari terjadinya kebakaran yang bisa saja terjadi terutama ketika musim kemarau, dimana alam cenderung kering dan mudah terbakar.

4. Minum Minuman Beralkohol

Selanjutnya salah satu alasan para pendaki membawa minuman beralkohol saat ke gunung adalah untuk menghangatkan badan. Nyatanya kehangatan yang muncul dari meminum alkohol hanya bersifat sementara.

Karena alkohol mempercepat darah ke permukaan kulit dan menyebabkan sensasi hangat di tubuh. Kedepannya alkohol malah membuat tubuh menjadi lebih dingin. Alkohol juga dapat menghilangkan kesadaran dan beresiko mengancam keselamatan, maka meminum alkohol itu sangat berbahaya ketika kamu sedang mendaki gunung.

5. Melakukan Aksi Vandalisme

Aksi Vandalisme dalah hal yang sangat terlarang ketika kamu mendaki, perbuatan tidak beretika ini sayangnya masih kita temui di beberapa gunung di Indonesia.

Di beberapa gunung sudah dilakukan upaya pencegahan vandalisme, seperti di Gunung Gede sudah melakukan pelarangan membawa alat-alat yang berpotensi digunakan untuk melakukan aksi vandalisme.

Lifestyle

Keren, Indonesia Punya Tanaman Penghasil Emas

Published

on

Tanaman penghasil emas

Baru-baru ini, seorang profesor di Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan sebuah fakta soal tanaman yang bisa menghasilkan emas di Indonesia.

Tanaman emas ditemukan oleh Prof Dr Ir Hamim M.Si dari Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University.

Menurut Hamim, tanaman emas atau tumbuhan hiperakumulator biasanya banyak ditemukan di wilayah dengan kandungan logam tinggi misalnya tanah serpentine dan ultramafic.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Adapun lokasi wilayah yang memiliki potensi tanaman emas, yaitu Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Namun di lokasi tersebut, kata Hamim belum digali secara optimal.

“Namun potensi tumbuhan hiperakumulator di daerah ini belum tergali secara optimal, sehingga perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak sehingga potensinya bisa digali dan dimanfaatkan untuk tujuan fitoremediasi dan fitomining,” kata Hamim melansir dari laman resmi IPB University, Minggu (28/11/2021).

Himam menuturkan, tumbuhan hiperakumulator biasanya banyak ditemukan di wilayah dengan kandungan logam tinggi. Contohnya di tanah serpentine dan ultramafic yang kaya logam berat seperti nikel, cobalt, dan chromium. Ia mengatakan, Indonesia termasuk negara dengan lahan ultramafic terbesar di dunia yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua.

“Namun potensi tumbuhan hiperakumulator di daerah ini belum tergali secara optimal, sehingga perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak sehingga potensinya bisa digali dan dimanfaatkan untuk tujuan fitoremediasi dan fitomining,” jelasnya.

Menurut Hamim, di samping tumbuhan hiperakumulator yang hidup di wilayah ultramafic, ada beberapa jenis tumbuhan yang berpotensi jadi agen fitoremediasi dan fitomining. Contohnya yaitu tumbuhan penghasil minyak non-pangan (non-edible oil) seperti jarak pagar (Jatropha curcas), jarak kastor (Ricinus communis), mindi (Melia azedarach) dan kemiri sunan (Reutealis trisperma).

Tanaman aromatik penghasil minyak atsiri seperti Vetiver (Vetiveria zizanioides), lanjut dia, juga berpotensi besar untuk digunakan sebagai pohon emas agen fitoremediasi maupun fitomining.

“Hasil percobaan membuktikan bahwa jenis-jenis tumbuhan tersebut mampu bertahan tumbuh pada media cair mengandung Pb dan Hg serta pada media tailing tambang emas. Di antara keempat spesies penghasil minyak non-pangan yang digunakan, Kemiri sunan (R. trisperma) termasuk yang paling tahan terhadap perlakuan dengan logam berat dan tailing tambang emas,” tuturnya.

Hanim menuturkan, beberapa tumbuhan di seputar tambang emas juga bisa menjadi alternatif sumber genetik bagi tumbuhan hiperakumulator logam emas. Dari hasil eksplorasi tumbuhan di seputar tailing dam pertambangan emas PT Antam UBPE Pongkor, jelasnya, diketahui hampir semua jenis tumbuhan yang tumbuh di sana punya kemampuan mengakumulasi emas, meskipun pada kadar yang masih rendah.

“Kelompok bayam-bayaman (Amaranthus) yang tumbuh di seputar tailing, memiliki kemampuan akumulasi emas yang paling tinggi, namun karena biomassanya rendah sehingga potensi fitomining-nya tergolong rendah. Tumbuhan lembang (Typha angustifolia) juga cukup tinggi dalam mengakumulasi logam emas (Au). Typha bisa menghasilkan 5-7 gram emas per hektar. Ini tentunya memerlukan eksplorasi yang lebih jauh,” kata Hamim.

Continue Reading

Lifestyle

Ini Dia 4 Shio yang Bakal Sial di Tahun 2022

Published

on

Shio 2022
Shio 2022

Tahun 2022 sebentar lagi. Banyak orang yang berharap mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru nanti. Namun, beberapa shio ini justru mendapatkan sial.

Dalam kalender China, tahun 2022 adalah tahun Macan Air yang dimulai pada 1 Februari 2022.

Diramalkan akan ada sederet shio yang akan mengalami ciong alias sial. Kesialan kali ini berhubungan dengan masalah finansial.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Hal inilah yang membuat tahun 2021 nampak berat karena peruntungannya kurang baik. MyCity telah merangkum beberapa shio yang tertimpa kesialan di tahun 2022.

Shio Babi

Di tahun 2021, shio babi diramal akan mendapatkan kesialan atau ciong. Tahun tersebut juga menajdi tahun terberat bagi shio babi karena peruntungannya kurang baik.

Kehiduapan mereka tidak stabil karena banyak kesialan. Bahkan, usaha yang sedang dibangun juga mengalami hambatan dan kegagalan.

Hal inilah yang menyebabkan kerugian finansial cukup besar.

Shio Kuda

Shio kuda nampaknya juga tak tersenyum lebar karena tahun 2022 menjadi salah satu tahun penuh ciong.

Keuangan shio kuda diramalkan kurang bagus. Hal ini lantaran shio kuda memiliki kebiasaan yang cukup boros dan suka berbelanja hal yang kurang penting.

Supaya tidak mengalami masalah finansial yang semakin rumit, ada baiknya kamu mulai mengatur keuangan mulai sekarang.

Shio Monyet

Tahun 2022 rupanya tahun terberat bagi shio monyet karena akan mengalami ciong masalah keuangan.

Hari-harinya tidak terasa menyenangkan karena keuangan shio monyet akan menunjukkan penurunan yang signifikan.

Pantas saja jika shio ini akan dihantui depresi dan stres apabila tidak dikendalikan. Untuk itulah aturlah keuanganmu sebaik mungkin.

Shio Macan

Shio macan akan mengalami ciong di tahun 2022 nanti. Diprediksi prospek karier dan usaha tidak akan berjalan baik.

Selain itu, pengeluaranmu juga akan melonjak bahkan kamu kesulitan untuk menabung.

Tak ada salahnya untuk mengambil satu langkah mundur sambil Menyusun rencana 1-2 tahun ke depan.

Continue Reading

Lifestyle

Beri Hadiah Kartu Saham, Tren Pacaran Baru di Korsel

Published

on

Tren beri hadiah kartu saham di Korsel
Tren beri hadiah kartu saham di Korsel

Bukan cokelat atau bunga. Pria Korea Selatan (Korsel) kini menggunakan kartu hadiah saham untuk merayu perempuan yang mereka incar.

Seperti dilansir dari World of Buzz, Selasa (30/11/2021), tren ini dimulai setelah perusahaan pialang sekuritas dan berbankan investasi yang berbasis di Korea, Shinhan Investment Corp mulai menggunakan ‘kartu hadiah saham’ di aplikasi seluler KakaoTalk.

Karena membuat pembelian saham jauh lebih mudah, pasangan Korea Selatan mulai membelikan satu sama lain kartu hadiah saham Apple atau Tesla.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Hal tersebut terinspirasi oleh kado Natal Kanye West kepada istrinya, Kim Kardashian di tahun 2017 yang berupa saham dari Amazon, Apple, Disney, dan Netflix. Langkah unik ini juga dinilai dapat memudahkan warga Korea Selatan untuk mengakses dan membeli saham.

Selain itu, nggak cuma beli latte atau kopi di Starbucks, KakaoTalk juga memungkinkan calon pengguna untuk membeli saham Starbucks, lho. Kalau kamu punya budget yang lebih besar, kamu bisa membeli saham yang lebih mahal, seperti saham Apple yang dijual dengan harga 25.000 won atau Rp 314 ribu, atau bisa juga membeli saham Tesla seharga 30.000 won yang setara dengan Rp 377 ribu.

Kartu hadiah saham ini menjadi populer sejak Desember tahun lalu dan telah terjual sebanyak 20.000 buah. Pembelinya pun memiliki kisaran usia 20 hingga 30 tahun.

Untuk membeli saham di KakaoTalk, caranya cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu cuma perlu membuat akun perantara, lalu mendaftarkan kode dari kartu hadiah tersebut.

Menurut Straightnews, Kartu Hadiah Saham yang paling populer dan banyak terjual adalah saham Tesla, Apple, Starbucks, dan juga Netflix.

Melihat suksesnya Kartu Hadiah Saham yang diinisiasi oleh Shinhan Investment Corp ini, banyak perusahaan pialang saham lain yang mengikuti jejaknya, salah satunya adalah KB Securities.

Perusahaan KB Securities membuat penawaran serupa dengan harga mulai dari 10.000 won atau setara Rp 125 ribu. Dalam 20 hari pertama setelah peluncuran, perusahaan ini mampu menjual 3,4 juta kartu hadiah, yang mana menghasilkan lebih dari 5 miliar won (Rp 62 miliar).

Kartu hadiah saham yang dibuat oleh KB Securities memungkinkan penerima hadiah untuk mendaftarkan kartu hadiah tersebut ke dalam aplikasi sekuritas dan investasi saham dan dapat digunakan untuk membeli berbagai saham asing, mulai dari Amazon, MGM, hingga Nike.

Continue Reading

Trending