NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Oversharing di Media Sosial, Begini Dampaknya… - mycity.co.id
Connect with us

Gadget-Telekomunikasi

Oversharing di Media Sosial, Begini Dampaknya…

Published

on

Sosial Media :Eraspace

Sosial Media : Eraspace

mycity.co.idMenggunakan media sosial di masa sekarang ini sudah mejadi hal yang umum, pengguna media sosial bahkan datang dari berbagai rentang umur, mulai dari usia yang masih sangat muda sampai yang sudah berumur.

Kurangnya edukasi serta pengawasan dalam menggunakan media sosial sering kali membuat banyak orang yang menyalahgunakan media sosial, salah satunya “oversharing”.

Media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan masyarakat modern. Hal ini dikarenakan media sosial dapat memberikan informasi beragam bahkan sampai hiburan untuk bagi penggunanya.

Perlu diperhatikan, meskipun media sosial dapat mempermudah komunikasi sehari-hari, nmaun juga dapat merugikan jika tidak digunakan dengan bijak.

Maraknya penggunaan media sosial juga membuat batas antara dunia maya dan dunia nyata menjadi sulit untuk dibedakan. Akhirnya, banyak orang yang berbagi aktivitas atau hal personalnya mereka secara berlebihan di media sosial dianggap hal biasa, bahkan terasa menarik untuk dilakukan Hal ini kemudian dikenal dengan budaya “oversharing”.

Menurut seorang psikolog dalam sebuah artikel Forbes, oversharing adalah sebuah istilah untuk menyebut seseorang yang menjadikan media sosial layaknya buku diary, di mana seseorang bisa terlalu jujur dalam mengungkapkan semua hal di dunia maya. Orang yang terjebak dalam perilaku oversharing di media sosial merasa semua orang harus mengetahui kegiatan dan tindakannya. Oversharing juga sering dikaitkan dengan kecanduan media sosial.

Salah satu yang menyebabkan seseorang melakukan oversharing adalah karena mereka terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial dan mengunggah sesuatu secara berlebihan.

Terkadang hal yang tidak disadari adalah konten yang diunggah di akun media sosial akan menyebabkan citra yang jelek bagi penggunanya.

Menurut Lib Gig ada beberapa jenis unggahan dari oversharing yang pasti akan menimbulkan hal buruk terjadi, yaitu foto tidak pantas atau provokatif, perilaku diskriminaitif, dan tindakan kriminal.

Informasi personal dan tag lokasi juga bisa menyebabkan tindakan kriminal seperti perampokan. Semua hal tersebut seringkali kurang diperhatikan oleh pengguna media sosial sebagai hal yang penting untuk dijaga.

Adapun dampak negatif lainnya jika kita melakukan oversharing:

1. Menyebabkan Kecemasan

Selain membahayakan kondisi mental, bahaya psikologis dari oversharing bisa menimbulkan kecemasan karena membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang suka sharing juga. Anda akan terus berlomba-lomba menjadi ‘si paling up-date’ agar mendapat pengakuan. Anda akan selalu cemas karena tidak pernah merasa puas, karena selalu melihat dan membandingkan diri dengan orang lain.

2. Kesehatan mental memburuk

Tindakan oversharing ternyata juga bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan mental. Hal ini masih berhubungan dengan poin tentang kecemasan sebelumnya. Jika rasa cemas akibat respons negatif dari media sosial dibiarkan terus-menerus, akan cenderung lebih sulit untuk dihilangkan. Padahal, kecemasan sendiri merupakan salah satu gejala dari gangguan mental yang lebih serius. Apabila Anda sudah berada di tahap ini, sebaiknya segera mencari pertolongan pada ahli.

3.  Pembobolan Password

Oversharing juga bisa memberikan celah untuk pembobolan Password atau kata sandi, mengingat kebanyakan orang hanya memasang password berupa tanggal lahir atau kambonasi lain yang mudah sekali ditebak. Sekali dicuri, maka sangat mudah bagi pelaku cyber crime untuk membobol berbagai aspek kehidupan.

Itulah sekilas pembahasan mengenai bahaya oversharing terhadap keamanan informasi pribadi. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa internet harus digunakan dengan bijak agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

 

Gadget-Telekomunikasi

Ini Tiga Fitur WhatsApp Tersembunyi! Sudah Pakai?

Published

on

Tiga fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang digunakan. Foto: Screec Shoot layar ponsel

Tiga fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang digunakan. Foto: Screec Shoot layar ponsel

mycity.co.id – Sebagai pengguna WhatsApp banyak fitur yang memudahkan dalam berkomunikasi. Aplikasi hijau ini juga banyak memiliki yang tersembunyi.

Bahkan fitur tersembunyi di WhatsApp cukup menarik untuk dipakai mengguna. Penasaran apa saja fitur tersembunyinya?

Berikut tiga trik tersembunyi di WhatsApp yang dilansir dari The Sun.

Mode Siluman
WhatsApp memungkinkan kalian menyembunyikan status online. Ini dilakukan ketika kalian sedang tidak mau diganggu atau terlihat sedang online.

“Untuk saat Anda ingin merahasiakan keberadaan online Anda, kami memperkenalkan kemampuan untuk memilih siapa yang dapat dan tidak dapat melihat saat Anda online,” kata WhatsApp.

Cara menggunakan “mode siluman” di WhatsApp yang jelas harus menggunakan versi terbaru. Kemudian masuk ke ke pengaturan pilih privasi lalu pilih opsi Terlihat Terakhir dan online yang di bawah akun.

Maka kamu akan menemukan opsi baru di bagaian bawah, “Siapa yang dapat melihat saat saya online”.

Avatar metaverse
Akhir tahun 2022, WhatsApp menambahkan fitur baru Meta Avatar. Ini memudahkan kalian menggunakan avatar menjadi salah satu dari 36 gaya stiker berbeda saat mengobrol di aplikasi.

“Avatar Anda adalah versi digital dari diri Anda yang dapat dibuat dari miliaran kombinasi gaya rambut, fitur wajah, dan pakaian yang beragam,” jelas WhatsApp.

“Mengirim avatar adalah cara yang cepat dan menyenangkan untuk berbagi perasaan dengan teman dan keluarga. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mewakili diri sendiri tanpa menggunakan foto asli sehingga terasa lebih pribadi. Bagi banyak orang, ini akan menjadi pertama kalinya membuat avatar dan kami akan terus menghadirkan peningkatan gaya termasuk pencahayaan, bayangan, tekstur gaya rambut, dan lebih banyak lagi yang akan membuat avatar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” kata WhatsApp.

Perlu juga diketahui bawah kamu bisa memasang avatar sebagai gambar profil WhatsApp. Untuk membuat avatar WhatsApp kalian bisa masuk ke pengaturan, ketuka avatar dan buat avatar.

Lalu ikuti langkah-langkah membuat avatar dan ketuk selesai. Jika ingin menggunakannya sebagai gambar profil, ketuk Pengaturan, lalu ketuk foto profil.

Penghitung teks WhatsApp
WhatsApp memiliki halaman tersembunyi yang dapat dibuka untuk melihat skala sebenarnya dari kebiasaan chat kamu. Data tersebut terbagi menjadi terkirim dan diterima, sehingga kamu dapat melihat dengan tepat bagaimana kebiasaanmu menggunakan WhatsApp.

Kamu hampir pasti akan mendapatkan pesan yang diterima secara signifikan lebih tinggi, karena biasanya sangat dipengaruhi oleh obrolan grup. Tetapi sangat mungkin bahwa kamu mengirim lebih dari yang diterima. Itu menjadikan kamu seorang pengirim pesan WhatsApp yang serius.

Untuk melihatnya penghitung teks di WhatsApp caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp dan ketuk Pengaturan. Selanjutnya, ketuk Penyimpanan dan Data. Lalu scroll ke bawah hingga menemukan Network Usage. Di bagian atas akan melihat pesan dan penghitungan Terkirim dan Diterima

Continue Reading

Gadget-Telekomunikasi

Turunkan Stunting di Kalimantan Tengah, BKKBN Koordinasi dengan KUA dan Tim Pendamping

Published

on

Aplikasi Elsimil.

Aplikasi Elsimil.

mycity.co.id – Pencegahan stunting dilakukan Pewakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu mereka melakukan kegiatan Koordinasi Lintas Sektor Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Tengah Melalui Implementasi Aplikasi Elsimil (Aplikasi Siap Nikah dan Hamil).

Kalimantan Tengah yang terbagi dalam 14 Kab/Kota memiliki Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebanyak 6.066 TPK, jumlah Kantor Urusan Agama (KUA) 122 dan calon pengantin yang telah terdaftar dalam Aplikasi Elsimil 2.675 Catin yaitu pria 30,99 persen dan wanita 69,01 persen.

Dalam sambutannya di hadapan Kepala KUA Kab/Kota, Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kab/Kota di tiga Kecamatan masing-masing satu orang, Admin Elsimil Kab/Kota, Plt. Kepala BKKBN Prov. Kalteng Dr. Dadi Ahmad Roswandi menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun pemahaman yang sama tetang pentingnya pencegahan stunting dari hulu kepada calon pengantin.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun komitmen Bersama dalam implementasi pencegahan stunting dari hulu kepada catin/calon PUS dalam upaya percepatan penurunan stunting diberbagai tingkatan wilayah,” jelas Dadi yang dikutip dari siaran pers.

Dadi berharap kegiatan ini mampu membangun pemahaman yang sama tentang pentingnya pencegahan stunting dari hulu kepada catin/calon PUS serta dapat membangun komitmen Bersama dalam implementasi pencegahan stunting dari hulu melalui Aplikasi Elsimil.

Peserta kegiatan dari TPK Barito Timur Nurul Hikmah mengharapkan agar melalui kegiatan ini semua peserta semakin mengerti akan tugas dan kewajibanya sebagai TPK serta memahami pengisian data dalam aplikasi Elsimil.

Sementara itu Kepala KUA Kab. pulang Pisau, H Mahmut, yang juga sebagai peserta kegiatan menyatakan ” Kegiatan ini menambah pemahaman sy tentang pencegahan stunting dari hulu dan saya berharap untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Elsimil maka sosialisasi tentang Elsimil dapat lebih ditingkatkan

Continue Reading

Gadget-Telekomunikasi

Twitter Bunuh Fitur CoTweets! Nasib Influencer dan Artis…

Published

on

Twitter matikan CoTweets. Foto: Associated Press

Twitter matikan CoTweets. Foto: Associated Press

mycity.co.id – Fitur CoTweets yang diberikan oleh Twitter dimatikan. Padahal fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat cuitan kolaborasi.

CoTweets sendiri merupakan fitur baru yang diluncurkan Juli 2022 lalu. Sehingga bisa dikatakan belum ada satu tahun tapi sudah dimatikan.

Awal kehadiran CoTweets masih bersifat eksperimen. Fitur ini pun belum tersedia di semua negara tetapi sudah bisa digunakan para netizen di Amerika Serikat, Kanada dan Korea Selatan.

Meski saat perilisan secara resmi belum jelas kapan dan sangat dinantikan influencer dan selebriti, tetapi harus dimatikan sebelum dibuka untuk umum. Twitter mengatakan dalam laman Help Center bahwa eksperimen CoTweets sudah berakhir.

“CoTweets tidak akan bisa lagi dibuat mulai Selasa, (31/1/2023). CoTweets yang sudah ada akan dapat dilihat hingga satu bulan lagi dan setelahnya (CoTweets) akan kembali menjadi Retweets,” kata Twitter dalam pengumumannya, yang dikutip dari Engadget, Kamis (2/2/2023).

Jika pengguna pernah mengajak akun lain untuk membuat CoTweets, maka cuitan itu akan tetap terlihat di akun mereka. Namun, bagi pengguna yang diajak untuk membuat CoTweets, cuitan itu akan tampil sebagai retweet dari akun orang lain.

Meski saat ini eksperimennya berakhir, bukan berarti fitur CoTweets akan mati begitu saja. Twitter mengatakan masih mencari cara untuk menerapkan fitur ini di masa depan, jadi ada kemungkinan fitur CoTweets akan kembali dalam bentuk lain.

Tapi kemungkinan fitur ini tidak akan menjadi prioritas bagi Twitter, terutama karena perusahaan media sosial itu baru saja ditinggal 80% karyawannya setelah diambil alih Elon Musk pada Oktober 2022. Menariknya, CoTweets merupakan salah satu fitur besar yang diperkenalkan sebelum Musk membeli Twitter.

Ini bukan pertama kalinya Twitter meluncurkan fitur baru tapi kemudian dibatalkan hanya beberapa bulan setelahnya. Pada Agustus 2021, Twitter mematikan fitur Fleets yang merupakan kloningan Instagram Stories hanya beberapa bulan setelah dirilis pada November 2020.

Continue Reading
Advertisement

Trending