Connect with us

Kesehatan-Kecantikan

Olahraga yang Bikin Happy, Ini Tipsnya…

Published

on

Ilustrasi jalan sehat/ist

Ilustrasi jalan sehat/Ist

Setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing untuk tetap menjaga kesehatan di saat pandemi Covid-19 berlangsung.

Beragam olahraga mulai dilakukan, tidak luput juga olahraga dengan sekedar jalan kaki di sekitar tuman maupun di tempat umum. Meski sederhana, ada baiknya Anda menyimaktips jalan kaki sehat agar tubuh menjadi bugar.

Baca Juga: Keren, DKI Jakarta Masuk 20 Besar Kota dengan Gaya Hidup Sehat Dunia

Berikut adalah tips jalan kaki sehat yang perlu Anda ketahui:

1. Beda jalan santai dan jalan bugar

Hal pertama adalah Anda harus bisa membedakan antara berjalan santai dengan berjalan untuk kebugaran. Berjalan santai sifatnya hanya untuk aktivitas rekreasi, sedangkan berjalan untuk kebugaran akan mendatangkan banyak manfaat.

Saat melakukan berjalan untuk kebugaran, tubuh akan merasakan darah mengalir dari kepala hingga ujung kaki.

2. Gunakan sepatu

Meski hanya berjalan, Anda tetap membutuhkan sepatu dan jangan menggunakan sandal jepit atau sandal. Sepatu akan memberikan bantalan yang baik dan melindungi kaki Anda dari cedera. Jika Anda sering berjalan untuk jarak yang jauh, Anda harus membeli sepatu yang bagus.

Baca Juga: Sarapan Sehat agar Semangat, Ini Pilihannya…

3. Jangan berjalan terlalu cepat

Meskipun jalan cepat adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan oleh para ahli, berjalan terlalu cepat adalah hal yang dilarang. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi seperti olahraga dasar di pusat kebugaran, jalan kaki juga memiliki teknik tertentu.

Berjalanlah dengan cepat, tetapi hindari mengambil langkah panjang, karena dapat menyebabkan cedera kaki dan membuat Anda kehilangan keseimbangan juga. Jadi ambil langkah kecil sebagai gantinya.

4. Hindari jalan lambat

Sama seperti berjalan cepat, berjalan lambat juga harus dihindari. Jangan sampai tertukar dengan jalan-jalan, berjalan lambat bisa membuat Anda kehilangan perspektif tentang tujuan Anda dalam hal kebugaran.

Baca Juga: Minum Kopi Sebelum Berolahraga, Apakah Aman?

5. Istirahat

Para ahli mengatakan bahwa mengambil interval teratur saat berjalan, dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan tingkat kebugaran, dan stamina Anda. Silahkan terapkan tips jalan kaki sehat ini.

 

Advertisement

Kesehatan-Kecantikan

Ini Minuman yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Published

on

Susu kedelai, minuman penurun kolesterol

Susu kedelai, minuman penurun kolesterol

mycity.co.id Kadar kolesterol yang tinggi kini menghinggapi banyak anak milenial. Pasalnya milenial masa kini lebih banyak mengonsumsi makanan cepat saji, makanan olahan hingga makanan frozen.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah tinggi maka risiko penyakit serius seperti stroke dan serangan jantung pun akan ikut menghantui. Meski begitu, sebelum hal tersebut terjadi, Cityzen bisa menurunkan kadar kolesterol dengan berbagai macam minuman.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi? Hindari Makanan Ini

Seperti dengan beberapa macam teh dan minuman lainnya yang akan dibahas oleh mycity.co.id. Dirangkum dari berbagai laman sumber berikut macam teh dan minuman lainnya yang mampu membantu menurunkan kolesterol.

Teh oolong
Ini adalah teh tradisional dari Cina dan asalnya sama dengan teh hijau dan teh hitam. Namun diproses dengan cara yang berbeda. Minum teh oolong selam enam minggu, diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Teh oolong juga diperkirakan mampu menghambat lipase pankreas atau enzim yang bertanggung jawab mencerna lemak dan ester kolesterol.

Teh hijau
Mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dari semua jenis teh, teh hijau ternyata memiliki kadar katekin yang tinggi. Ini adalah antioksidan kuat dan studi tahun 2015 lalu, menunjukkan sebuah tikus yang diberi air minum yang mengandung katekin air minum yang mengandung katekin dan epigalloateching gallate, dan antioksidan bermanfaat lainnya menunjukkan bahwa kadar kolesterol jahat dalam hewan itu menjadi berkurang. Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk melihat pengaruh tersebut bagi manusia.

Baca juga: Kolesterol Mendadak Naik Karena Kudapan Lebaran? Segera Minum Ini!

Teh hitam
Terbuat dari tanaman Camellia Senensis, teh hitam juga ternyata mampu memengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Ada penelitian yang melaporkan bahwa teh hitam mampu menurunkan kolesterol total dan LDL pada mereka yang mengalami peningkatan kadar kolesterol ringan. Bahkan dengan mengonsumsi teh hitam secara konsisten juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Jus tomat
Tomat, dikenal memiliki senyawa yang disebut lycopene yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat. Bahkan ketika tomat dijus, ternyata kandungan lycopeennya justru meningkat.

Susu kedelai
Ini adalah salah satu susu yang rendah lemak. Selain itu mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai akan membant mengurangi kadar kolesterol. Susu kedelai juga cocok untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi ririsko penyakit jantung.

Baca juga: Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Minuman gandum
Mengandung beta-glukan yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu, oat bisa menghambat penyerapan kolesterol dan menurunkan kadarnya.

Untuk diketahui, kolesterol merupakan zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Ada dua jenis kolesterol yakni High-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Olahraga Bersama Keluarga yang Menyenangkan, Ini Rekomendasinya…

Published

on

Ilusrasi Olaraga Keluarga/Pixabay

Ilusrasi Olaraga Keluarga/Pixabay

mycity.co.id Olahraga bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan atau waktu libur. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, quality time bersama orang yang dikasihi pun juga bisa didapatkan.

Jenis olahraga pun bervariasi dari yang gratis hingga yang memerlukan pembayaran, dilakukan di dalam atau luar ruangan, sebagai berikut.

1. Lari atau jalan pagi

Olahraga ini adalah yang paling mudah dan tanpa biaya karena dapat dilakukan sekitar komplek rumah. Atau dapat juga dilakukan di taman yang dekat dengan area tempat tinggal anda yang terdapat jalur jogging. Bila Anda memiliki anjing peliharaan, anda pun juga dapat membawanya untuk ikut lari pagi.

Bila anda ingin suasana yang berbeda, anda dapat juga membawa keluarga lari pagi bersama di jalan utama pada saat Car Free Day.

2. Bersepeda

Sekarang bersepeda mulai digemari kembali dan anda dapat mengajak keluarga berolahraga dengan cara bersepeda bersama. Seperti jogging, bersepeda dapat dilakukan di sekitar rumah atau di jalan utama pada saat Car Free Day.

Bila anda tidak punya sepeda untuk setiap anggota keluarga, anda dapat menyewanya di beberapa tempat wisata seperti Ecopark Ancol. Di sana juga tersedia jalur sepeda yang terpisah dari jalur jogging.

3. Berenang

Berenang sangat menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Anda dapat melakukan renang di klub olahraga dekat tempat tinggal atau main di waterpark yang tentunya sangat menarik bagi anak-anak juga orang tua.

4. Bermain bola

Olahraga menggunakan bola seperti tenis, tenis meja, basket, sepak bola juga dapat dilakukan bersama keluarga. Walaupun misalnya permainan basket dan sepak bola tidak dilakukan dengan jumlah tim yang seharusnya tapi latihan menshoot, mendribble bola basket atau mengoper, menendang bola bisa tetap dilakukan. Siapa tahu anak-anak Anda suatu saat bisa menjadi pemain profesional.

5. Badminton

Olahraga ini sangat terkenal di Indonesia dan dapat diperkenalkan pada anak-anak sejak dini. Bermain badminton sangat baik untuk ketangkasan serta melatih otot tangan dan kaki.

6. Outbound

Permainan outbound bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk berolahraga karena bisa melatih juga otot, keseimbangan tubuh dan keberanian.

Berbagai aktivitas outbound yang dapat dilakukan seperti memanjat jaring, meniti balok, melewati jembatan yang tinggi, flying fox. Tentunya pastikan minimum tinggi dan umur bagi anak sebelum mengikuti permainan ini.

7. Olahraga di pusat kebugaran

Sekarang beberapa pusat kebugaran atau gym menyediakan kelas senam bagi anak-anak. Jadi orang tua dapat melakukan olahraga bersama keluarga di pusat kebugaran.

Jadi siapkah anda melakukan olahraga bersama keluarga di akhir pekan atau liburan ini? Semoga ulasan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan keharmonisan keluarga Anda.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Wanita

Published

on

Ilustrasi Perempuan Merokok/Repro

Ilustrasi Perempuan Merokok/Repro

Mycity.co.id – Merokok adalah suatu kebiasaan yang dilakukan pria maupun wanita bagi mereka yang sudah kecanduan. Merokok banyak mendatangkan kerugian baik pria juga wanita. Kebiasaan dari merokok dapat meningkatkan risiko banyak penyakit, beberapa diantaranya dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dan kualitas hidup.

Karena terdapat ratusan zat berbahaya yang dapat menimbulkan masalah pada organ-organ penting di dalam tubuh. Ternyata daripada pria, wanita lebih rentan dan harus mendapat perhatian medis yang ekstra. Pada wanita, merokok dapat membahayakan paru-paru hingga sistem reproduksi.

Berikut bahaya merokok bagi wanita perokok aktif

1. ANEURISMA

Sebuah studi baru dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry mengungkapkan bahwa perokok wanita empat kali lebih mungkin mengalami aneurisma di otak daripada wanita yang tidak merokok.

2. INFERTILITAS

Menurut American Lung Association (ALA), rokok menyebabkan kerusakan pada kesehatan reproduksi wanita.

3. KANKER

ALA menyebutkan bahwa setidaknya 69 dari 7.000 bahan kimia yang dibentuk oleh rokok dapat menyebabkan kanker.

4. Penyakit Pernapasan

ALA mengatakan bahwa wanita yang merokok dapat mengembangkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) sejak dini, tetapi juga 22 kali lebih mungkin meninggal karenanya.

5. Penyakit Jantung

Menurut American Heart Association, wanita yang merokok memiliki risiko 25% lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan dengan pria yang merokok.

6. Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Wanita yang merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, stroke iskemik, dan perdarahan subaraknoid. Penggunaan kontrasepsi oral pada wanita yang merokok pun berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Jadi untuk wanita sayangilah dan jagalah kesehatan dengan menghindari rokok sama sekali. Dan jika sudah terlanjur menjadi wanita perokok pilihan terbaik adalah berhenti merokok.

Sumber: Berbagai sumber

 

Continue Reading
Advertisement

Trending