NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Nasi Gonjleng, Nasi Kebuli dengan Kearifan Banten - mycity.co.id
Connect with us

Hangout

Nasi Gonjleng, Nasi Kebuli dengan Kearifan Banten

Published

on

Nasi Gonjleng asal Banten yang mirip nasi kebuli.

mycity.co.id – Setiap daerah memiliki makanan ciri khasnya tersendiri. Biasanya makanan khas tersebut lahir dari sejarah yang terjadi di sekitar wilayah itu pada masa lampau.

Di kota Cilegon terdapat kuliner lokal yang jadi andalan masyarakat asli kota yang sering disebut sebagai ‘Kota Baja’ tersebut. Kuliner ini bernama nasi gonjleng yaitu makanan yang terdiri dari nasi yang dimasak bersama rempah dan disajikan dengan daging berbumbu.

Pada dasarnya kuliner ini berbumbu mirip dengan nasi kebuli yang beraroma pekak dan kapulaga. Dihidangkan dengan acar dan emping.

Terkait hal itu ada satu kisah yang diyakini merupakan latarbelakang penamaan kuliner yang satu ini.

Cerita yang berkembang di masyarakat Kota Serang, disebut nasi gonjleng adalah nasi yang dimasak dan dinikmati beramai-ramai pada malam hari oleh para peronda. Biasanya dihidangkan dengan daging kerbau, sapi, kambing, atau ayam. Keseluruhan proses itu, disebut dengan Gonjlengan.

Hal serupa diutarakan Hj. Wiwi, pemilik warung makan gonjleng yang berlokasi di bilangan Kota Cilegon. Berdasarkan keterangannya, khusus untuk nasi Gonjleng Ayam, dahulu masyarakat Kota Cilegon banyak yang memelihara ayam, ketika para peronda memasak nasi gonjleng, terasa ada yang kurang tanpa lauk pauk.

Para peronda jail kemudian mencuri ayam warga, ketika hidangan siap disantap, pemilik ayam akan dibangunkan untuk ikut makan.

Selain itu, nasi gonjleng juga menjadi sajian pavorit dikalangan santri serta warga. Kalau dikalangan santri, khususnya santri salafi menjadi menu makanan yang hampir disajikan setiap hari dan pada saat acara tertentu.

Hangout

Bikin Konten TikTok, Edgar Garay Tewas usai Jatuh dari Tebing Setinggi 21 Meter

Published

on

Cabo Rojo, Puerto Rico, Amerika Serikat/sheneedsless.com


Cabo Rojo, Puerto Rico, Amerika Serikat/sheneedsless.com

mycity.co.id Seorang pemuda asal Indiana, Amerika Serikat, tewas usai berusaha membuat konten TikTok di sebuah tebing dekat pantai Puerto Rico.

Pemuda bernama Edgar Garay berusia 27 tahun itu terjatuh usai terpeleset karena berdiri di pinggir tebing setinggi 21 meter di Cabo Rojo, Puerto Rico, dan langsung tewas membentur karang.

Biro Keadaan Darurat Puerto Rico bertindak cepat dengan mengevakuasi jasad Edgar Garay yang terbawa arus dan tenggelam di pantai dekat Puerto Rico, kemarin.

Penjaga pantai San Juan menerima laporan jatuhnya seorang turis pada pukul 18.50 waktu setempat. Petugas langsung bertindak cepat dengan mengirimkan personel keamanan ke lokasi kejadian.

Menurut saksi mata, pemuda yang kemudian diketahui bernama Edgar Garay terlihat sedang berusaha membuat video sebelum terpeleset dan jatuh dari tebing.

Saudara Edgar Garay, Carlos Garay, mengatakan bahwa saat itu saudaranya tengah bersama sepupu sedang membuat konten TikTok.

“Saudara saya memiliki akun TikTok dan sangat sering mengunggah video ke akun tersebut,” kata Carlos Garay.

“Sayangnya, itu jugalah yang sedang saudara saya lakukan ketika dia lebih dekat ke pinggir tebing daripada yang seharusnya diperbolehkan,” ujar Carlos Garay seperti dikutip mycity.com dari Usatoday.com.

Pihak keamanan setempat mengungkapkan duka yang mendalam dan mengimbau kepada pengunjung untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas di dekat tebing.

“Kami mengucapkan rasa dukacita yang mendalam kepada keluarga dan orang yang dicintai Edgar Garay, kami berdoa semoga mereka mendapatkan kekuatan dalam menghadapi situasi yang sulit ini,” kata Kapten Jose Diaz, kepala keamanan sektor San Juan, dalam sebuah rilis media.

Bukan hanya sekali terjadi, peristiwa pilu yang merenggut nyawa akibat konten TikTok telah banyak diceritakan di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia, tak jarang tren TikTok merenggut nyawa para muda-mudi yang berusaha membuat konten.

Tren menghentikan truk di tengah jalan menjadi salah satu aktivitas berbahaya yang dilakukan muda mudi Indonesia dalam membuat konten TikTok.

Continue Reading

Hangout

Sate Temburung Khas Kalimantan Utara yang Unik & Nikmat

Published

on

Sate Temburung khas Kalimantan Utara.

Sate Temburung khas Kalimantan Utara.

mycity.co.id – Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut seperti kerang. Temburung merupakan makanan tradisional khas yang menjadi favorit di kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kalut).

Sebagai hewan yang sejenis dengan kerang-kerangan, temburung punya cangkang yang sedikit berbeda. Sebab, rupa dari cangkangnya terlihat melingkar.

Karena dagingnya yang cenderung kecil-kecil, maka temburung ini cocok untuk diolah menjadi sate-satean. Biasanya, orang-orang Kalimantan Utara kerap menyantap sate temburung ini pada hari perayaan tertentu atau saat malam tahun baru.

Kalau pernah mencicipi sate kerang yang kerap ditemui di angkringan, maka temburung ini memiliki tampilan yang serupa. Hanya saja, tentunya sate temburung punya keunikan tersendiri, khususnya dari segi bumbu.

Bumbu utama yang digunakan untuk meracik sate temburung ini terdiri atas berbagai bahan. Mulai dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, asam jawa, jahe lengkuas, hingga kecap manis.

Penggunaan bumbu yang demikian membuat cita rasa dari sate temburung ini kaya akan rempah-rempah. Apalagi ditambah dengan cita rasa bawaan dari temburung.

Ketika digigit, sensasi kenyal nan lembut akan berpadu dengan rasa manis, asin, asam, dengan sensasi pedas. Kenikmatan ini akan terasa semakin lengkap bila menyantapnya dengan sepiring nasi putih hangat.

Continue Reading

Hangout

Danau Sentarum, Primadona Tanah Borneo

Published

on

Taman Nasional Danau Sentarum. (Rimba Kita)

Taman Nasional Danau Sentarum. (Rimba Kita)

mycity.co.id – Taman Nasional Danau Sentarum atau disingkat TNDS adalah salah satu taman nasional yang berada di pulau Kalimantan. Kawasan seluas 132.000 hektar ini tepatnya berada di provinsi Kalimantan Barat.

Kawasan TNDS dilalui oleh Sungai Kapuas, kawasan sekitar sungai terpanjang di Indonesia ini mempunyai ekosistem yang masih sangat asli dan menjadi habitat bagi bermacam flora dan fauna, termasuk beberapa spesies yang hampir punah.

Letaknya kira-kira 700 kilometer dari Pontianak. Secara administrasi, kawasan ini meliputi tujuh kecamatan, yaitu; Batang Lupar, Badau, Jongkong, Bunut Hilir, Suhaid Selimbau dan Semitau. Letak taman nasional ini juga hampir berdekatan dengan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Jika taman nasional biasanya berupa kawasan yang dipenuhi pohon, maka taman nasional seluas sekitar 130 ribu hektare ini didominasi danau dan rawa yang seluas sekitar 120 ribu hektare – salah satu yang sangat langka di dunia.

Pada tahun 1994, Taman Nasional Danau Sentarum masuk dalam daftar Ramsar List of Wetlands of International Importance (Situs Ramsar), sebuah inisiatif yang juga datang dari UNESCO untuk mendata kawasan yang keberadaannya sangat penting bagi serapan air di Bumi.

Kemudian pada tahun 2017, Indonesia berkolaborasi dengan Brunei Darussalam dan Malaysia membuat inisiatif bernama Heart of Borneo yang dimulai pada tahun 2007, dan nama Taman Nasional Danau Sentarum masuk di dalamnya.

Pesona Danau Sentarum

Danau Sentarum akan terlihat begitu ramai saat musim liburan tiba. Terakhir, pemandangan tersebut tampak saat periode libur Tahun Baru Imlek 2023. Libur Imlek yang jatuh pada akhir pekan pada 21 hingga 23 Januari 2023 semakin mengundang pengunjung untuk datang.

“Pulau Sepandan di Danau Sentarum , salah satu destinasi wisata alam favorit selam libur Imlek tahun ini,” kata Kepala Resort Sepandan Bali Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu Rahman Nababan seperti dilansir Antara.

Tak heran apabila Danau Sentarum jadi tujuan wisata primadona masyarakat. Selain pemandangannya indah, pengelola juga menyediakan aneka fasilitas yang membuat wisatawan semakin nyaman.

“Selain panorama yang eksotis, kami turut menyediakan fasilitas outbond dan jalur tracking untuk wisatawan dalam menikmati nuansa alam di Pulau Sepandan,” lanjut Rahman Nababan.

Aktivitas favorit yang biasa dilakukan wisatawan adalah naik ke puncak bukit di sekitar danau lalu menikmati pemandangan dari ketinggian. Tak jarang pula wisatawan mengabadikan pemandangan di sana lewat foto-foto.

“Tentu itu menjadi daya tarik wisatawan begitu indahnya pemandangan di Danau Sentarum yang menjadi objek wisata kebanggaan masyarakat Kapuas Hulu,” kata Rahman Nababan lagi.

Continue Reading
Advertisement

Trending