Connect with us

Lifestyle

Momentum Hari Kopi, Ini Dia 8 Kopi Indonesia yang Wanginya Mendunia

Published

on

Kopi Indonesia

Sejak 2015 lalu, setiap 1 Oktober masyarakat dunia memperingatinya sebagai Hari Kopi Internasional. Peringatan ini bukan hanya sebagai bentuk penghargaan kepada kopi yang telah menemani umat manusia dalam berbagai situasi dan kondisi, tetapi juga didedikasikan untuk para petani kopi atas upaya mereka memproduksi biji kopi sekaligus mempromosikan perdagangan kopi yang adil di seluruh dunia.

Sebelum 2015, perayaan hari kopi telah dilakukan oleh sejumlah negara. Sementara perayaan Hari Kopi Internasional dilakukan pertama kali di Milan pada acara Milan Expo 2015, yang didirikan oleh International Coffee Organization atau ICO. Tujuannya adalah untuk memobilisasi pemerintah impor dan ekspor untuk memerangi tantangan dunia kopi.

Melansir dari impodays.com, proposal untuk mempertimbangkan Hari Kopi Internasional dipresentasikan selama pertemuan ICO yang diadakan di kantor pusat ICO di London, Inggris dari 3-7 Maret 2014. Proposal ini diusulkan oleh Dewan Penasihat Sektor Swasta organisasi (JCSP).

Baca Juga:

  1. NATO Vs SCO, Siapa yang Lebih Kuat?
  2. Bulan Depan, PeduliLindungi Dapat Diakes dengan 11 Aplikasi Ini
  3. Menteri Luar Negeri Arab Saudi Tolak Program Nuklir Iran

Sebanyak 77 negara anggota ICO kemudian membahas dan memberikan suara pada ide ini selama pertemuan. Kemudian proposal disetujui dan anggota ICO sepakat untuk merayakan Hari Kopi Internasional pada tanggal 1 Oktober setiap tahun mulai tahun 2015.

Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik. Banyak biji kopi yang diekspor ke luar negeri dan jadi primadona. MyCity telah merangkum beragam biji kopi Indonesia yang harumnya mendunia.

Aceh Gayo

Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo jadi salah satu yang paling populer di dunia. Menurut Cindy Herlin Marta, Co-Founder Shoot Me In The Head yang juga seorang Licensed Q Arabica Grader, kopi ini jadi yang paling banyak diekspor dari Indonesia.

Kopi Aceh Gayo ini termasuk jenis arabika karena tumbuhnya di ketinggian sekitar 1.000-1.200 mdpl. Selain itu, daerah Gayo juga sudah masuk sebagai daerah komoditas kopi internasional.

Kopi Arabika Kintamani

Kopi Arabika Kintamani

Kopi ini memiliki cita rasa fruity yang unik, dengan rasa asam dan segar dari buah-buahan yang menjadi ciri khasnya. Kopi Arabika Kintamani memiliki kekentalan yang sedang serta rasa yang ringan dan lembut. Jepang, Arab, dan Eropa sudah langganan mengimpor kopi asal Bali ini.

Kopi Arabika Toraja

Kopi Arabika Toraja

Kopi asli Sulawesi ini mempunyai rasa earthy, yaitu adanya sensasi rasa tanah atau hutan dengan rasa asam yang rendah. Ciri khasnya adalah rasa pahit di awal dan kemudian hilang tanpa after taste pahit sama sekali.

Kopi Arabika Sidikalang

Kopi Arabika Sidikalang

Ini adalah salah satu kopi Arabika Indonesia yang sudah mendunia. Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil.

Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi Arabika Java Ijen Raung

Ini adalah kopi hasil produksi petani di daerah Jawa Timur. Jenis Kopi yang mempunyai cita rasa yang sedikit pedas dengan aroma bunga hutan ini sudah diekspor ke pasar Eropa.

Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi ini berasal dari Kota Riau dan populer di Malaysia dan Singapura. Bahkan dua negara ini menjadi pelanggan utama ekspor jenis kopi ini. Berdasarkan data Dinas Perindustrian Pemerintah Riau, kopi ini telah mengantongi sertifikat Indikator Grafis (GI). Kopi Liberika Rangsang Meranti dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI.

Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi asal Flores, NusaTenggara Timur ini memiliki kekentalan yang cukup pekat dengan tingkat keasaman yang rendah. Bahkan jenis kopi ini mempunyai rasa dominan coklat dan vanila dengan memberikan after taste effect seperti kacang-kacangan. Jenis kopi ini juga sudah diekspor ke Amerika.

Kopi Robusta Temanggung

Kopi Robusta Temanggung

Jenis kopi Robusta asal daerah Temanggung ini mempunyai aroma tembakau dengan dominasi rasa yang pahit yang banyak digemari. Kopi ini telah diekspor ke beberapa negara seperti Amerika Latin, negara-negara kawasan Timur Tengah, dan Eropa.

Lifestyle

Pandemi Covid-19, Konsumsi Rokok di Indonesia Justru Meningkat

Published

on

Konsumsi rokok di Indonesia
Konsumsi rokok di Indonesia

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat ruang gerak setiap orang menjadi terbatas selama pandemi Covid-19. Hal itu justru membuat konsumsi rokok di Indonesia melonjak.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Agus Suprapto.

Ia menegaskan, konsumsi rokok selama pandemi masih sangat besar. Sejak ada kebijakan pemerintah membatasi mobilitas masyarakat konsumsi rokok tercatat terus naik. Indonesia jadi negara prevalensi konsumsi rokok tinggi di dunia.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Agus mengingatkan, perokok di Indonesia banyak pula dari kalangan remaja yang masih sekolah. Data Kemenko PMK 18,8 persen pelajar 13-15 tahun perokok aktif, 57,8 persen pelajar perokok aktif dan 60 persen tidak dicegah saat beli rokok.

Menurut Agus, adanya iklan-iklan rokok turut berpengaruh kepada keterpaparan rokok kepada anak-anak remaja. Apalagi, saat ini sudah sangat umum dilakukan pembelajaran daring, anak banyak habiskan waktu dengan perangkat elektronik.

“Maraknya iklan rokok di platform digital juga mempengaruhi ketertarikan remaja terhadap rokok,” kata Agus dalam talkshow Muhammadiyah Tobacco Control Network (MTCN).

Data London School of Public Relations (LSPR), terpaan iklan rokok lewat media daring memiliki hubungan yang kuat dengan perilaku merokok. Bahkan, 100 persen remaja yang merokok akan tetap merokok setelah melihat iklan rokok.

Kemudian, 10 persen remaja memiliki kecenderungan untuk merokok justru setelah melihat iklan rokok. Sejauh ini, Kemenko PMK sendiri telah melakukan berbagai pengendalian konsumsi tembakau antara lain dengan physical dan nonphysical.

Untuk langkah-langkah physical yang dilakukan seperti penyusunan tarif cukai dengan cara menjaga afordabilitas harga agar tidak terjangkau perokok pemula. Kemudian, penyederhanaan struktur tarif dan melakukan kebijakan mitigasi.

Kebijakan mitigasi tersebut mengatur 50 persen Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Digunakan untuk program kesejahteraan masyarakat, termasuk mitigasi dampak kenaikan cukai bagi petani tembakau dan buruh pabrik rokok.

Kebijakan non-physical mengembangkan lingkungan sehat dan pelaksanaan regulasi kawasan tanpa rokok, perluas layanan berhenti merokok target 40 persen faskes tingkat I di 300 kabupaten/kota dan meminta bansos tidak untuk membeli rokok.

Selain itu, Agus mengingatkan, ini menjadi peran bersama, tidak cuma peran pemerintah. Karenanya, kita bisa memulai peran sederhana dalam pengendalian konsumsi rokok dengan mengedukasi keluarga, khususnya yang masih usia remaja.

“Semoga dengan adanya agenda ini kita mampu mencari sudut baru dalam permasalahan konsumsi rokok, terutama kepada remaja,” ujar Agus.

Bertepatan Hari Kesehatan Nasional 2021, MTCN memberikan beberapa rekomendasi terkait pengendalian konsumsi rokok. Antara lain menegaskan pelarangan total iklan, promosi dan sponsor rokok di media cetak, luar ruang daring dan digital.

Mendukung presiden mengesahkan revisi PP 109/2012 dan konsisten menaikan cukai rokok sebagai perlindungan anak dari bahaya rokok. Menambahkan pasal pelarangan total promosi di pergub, perda, perwali dan perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Memasukkan penurunan jumlah perokok anak sebagai indikator Kota Ramah Anak. Memasukkan penegakkan Perda KTR sebagai evaluasi keberhasilan daerah. Lalu, menghubungkan dampak pengendalian tembakau terhadap kondisi kesehatan.

Serta, integrasi layanan berhenti merokok terhadap perokok. Mengembangkan sikap strategis intervensi penanggulangan kepada kelompok prevalensi perokok terbesar yaitu laki-laki dan anak-anak. Penurunan prevalensi merokok berbasis perilaku.

Continue Reading

Lifestyle

5 Tren Fashion Hijab 2022

Published

on

Tren Fashion Hijab 2022
Tren Fashion Hijab 2022

Kita sebentar lagi memasuki tahun 2022. Menjelang akhir tahun, beberapa tren fashion hijab 2022 khususnya cutiing dan model busana muslimah sudah mulai bermunculan.

Saat ini tren busana muslim di Indonesia sudah sangat berkembang dari tahun ke tahun.

Model busana muslim tidak lagi hanya dibentuk dengan cutting sederhana dan warna polos yang natural saja. Motif dan variasi warnanya pun semakin beragam.

Tren busana muslim terus dirancang ulang dengan tambahan variasi yang lebih menarik. Berbagai jenis variasinya, antara lain tunik, gamis, dress pesta, dress daily, blus atau kaos lengan panjang dan lainnya.

MyCity telah merangkum beberapa tren fashion muslim untuk tahun 2022.

Setelan atas bawah (one set)

Setelan atas bawah (one set)
Setelan atas bawah (one set)

Model atas bawah atau sering disebut dengan one set dibuat dengan desain yang lebih sporty dan energic.

Cocok sekali digunakan untuk wanita yang aktif. Model ini menonjolkan kesan yang simpel dan nyaman sehingga digemari juga oleh para kaum muda.

Saat ini desain baju one set sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak hanya bisa dikenakan untuk acara formal tapi juga untuk acara santai.

Model victoria sederhana

Model victoria sederhana
Model victoria sederhana

Model victoria ini yang paling kuat mempengaruhi model busana muslim, khususnya pada gamis. Gaya victoria menonjolkan aksen puff hingga teknik multilayer. Aksen simpel ini membuat gaya victoria terlihat sederhana namun tetap mewah.

Model dress kebaya

Model dress kebaya
Model dress kebaya

Model ini yang paling sering digunakan untuk acara resmi atau pesta. Bisa dibilang model kebaya ini disebut dengan ever lasting.

Gamis kebaya biasanya dipadukan dengan kain polos untuk menampilkan kesan anggun. Apalagi jika kain yang digunakan adalah kain dengan bahan mengkilap seperti satin atau sutera.

Model gamis

Model gamis
Model gamis

Untuk model gamis bisa dibagi menjadi gamis polos dan gamis motif. Warna pastel masih menjadi favorit wanita dewasa maupun kaum muda.

Sedangkan gamis kasual sering menggunakan bahan katun yang dikombinasikan dengan variasi kain batik.

Model bersiluet loose

Model bersiluet loose
Model bersiluet loose

Item dengan cutting longgar selalu menjadi favorit, seperti celena loose, blouse loose, dan coat loose.

Model jenis ini sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari, makanya tidak heran jika selalu menjadi pilihan.

Continue Reading

Lifestyle

5 Tren Makeup Tahun 2022

Published

on

Tren make up 2022
Tren make up 2022

Jelang pergantian tahun, telah hadir tren makeup baru yang mengacu pada fashion show musim spring/summer 2022 dari berbagai rumah mode dan label ternama dunia.

Sudah cukup banyak gaya-gaya tren makeup yang seliweran di panggung runway Milan, Paris hingga London Fashion Week sebagai acuan makeup style untuk tahun 2022.

Apalagi di dunia kecantikan, selalu ada saja makeup hacks dan makeup trend terbaru yang menarik untuk dicoba.

Dihimpun dari berbagai sumber, MyCity merangkum prediksi tren makeup 2022 yang masih terinspirasi dari pandemi Covid-19 dan pagelaran fashion show dunia.

Penasaran tren makeup apa saja yang akan hype di tahun 2022 nanti?

Statement Blush

Statement Blush

Tampilan pipi merona yang segar, pulasan blush-on sebagai statement makeup dihadirkan di panggung runway Anna Sui dan Carolina Herrera di pekan mode New York Fashion Week. Jika biasanya perona pipi hanya terlihat sebagai aksen yang membentuk tulang pipi dan mencerahkan kulit.

Tapi kali ini, lebih ke style sebagai riasan yang eye-cacthing karena bukan cuma dipakai di pipi tapi juga di area pelipis dan mata. Bahkan di fesyen show desainer Carolina Herrera blush on warna cerah dipakai di seluruh area pipi.

Tren makeup minimalis ala pandemi

Tren makeup minimalis ala pandemi

Pandemi yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun ini membuat pecinta makeup melakukan penyesuaian life style dalam merias wajah.

Kewajiban memakai masker saat ke luar rumah membuat para beauty enthusiast cenderung memilih makeup yang tahan lama, mulai dari base makeup hingga decorative makeup.

Teknik minimalis pun menjadi andalan saat ingin memoles wajah. Menggunakan lipstik transferproof dan eyeshadow matte yang diberi glitter di atasnya menjadi kuncian makeup pandemi.

Eyeshadow neon

Eyeshadow neon
Eyeshadow neon

Jika selama ini kamu selalu berkutat dengan eyeshadow warna coklat, hitam, nude, atau gold, kamu bisa coba eyeshadow neon untuk tren makeup 2022 ini.

Riasan mata menggunakan warna neon memang nggak banyak dipakai sehari-hari. Namun, kamu tetap bisa mencobanya sesekali untuk sentuhan yang lebih berani dan colorful.

Seperti penampilan Dua Lipa ini misalnya. Penyanyi asal Inggris ini terlihat stunning pada peragaan busana Versace di Milan Fashion Week Spring-Summer 2022 dengan look cat’s-eyes-neon.

Penggunaan warna earthy tone

Penggunaan warna earthy tone
Penggunaan warna earthy tone

Ingin bermain aman dengan warna? Tenang, kamu juga bisa kok memilih warna earthy tone yang lebih netral dan tetap tampil trendy.

Earthy tone identik dengan warna-warna coklat, terakota, hijau, ivory, mineral, dan bebatuan.

Kamu bisa gunakan tema warna ini untuk bronzer yang hangat dan warna eyeshadow hijau army yang soft.

Statement lips

Statement lips

Saat ini memang masanya bermain aman dengan lipstik. Warna-warna seperti nude, peach, terakota, mauve, atau brick selalu menjadi pilihan go-to lips kebanyakan orang.

Namun, tidak ada salahnya sesekali tampil bold dengan warna bibir yang memberi statement seperti deep red atau fuschia, bukan?

Seperti Kendal Jenner misalnya. Ia tampil ikonik dengan bibir merahnya di panggung catwalk Michael Kors.

Continue Reading

Trending