Connect with us

Lifestyle

Mengupas Asal-usul Tren Adopsi Boneka Arwah

Published

on

fenomena boneka arwah
fenomena boneka arwah

Boneka arwah atau spirit doll mendadak menjadi viral di Indonesia. Feomena mengadopsi dan merawat boneka arwah bagaikan anak sendiri menjadi ramai di Indonesia usai beberapa selebriti mengunggah kebersamaan mereka dengan boneka itu di media sosial.

Sebenarnya, keberadaan boneka arwah sudah ada sejak lama. Umumnya, boneka arwah digunakan dalam ritual pemujaan atau keagamaan tertentu.

Ada beberapa pengertian mengenai spirit doll atau boneka arwah. Seperti dinukil dari Barkobe, Rabu (5/1/2022), Spirit doll adalah boneka yang digunakan berkaitan dengan hal-hal spiritual atau ritual keagamaan seperti doa dan meditasi. Boneka ini sering diletakkan di altar, digunakan di geraja atau menjadi objek pengabdian. Boneka arwah dapat berupa patung tokoh suci, leluhur, malaikat, dewa dan dewi.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Belakangan, spirit doll digunakan sebagai metode penyembuhan atau healing. Proses penyembuhan ini dilakukan dengan membuat sendiri spirit doll sesuai dengan keinginan. Proses pembuatan dan merawat boneka ini diyakini dapat menyembuhkan batin seseorang.

Saat ini, spirit doll yang populer dan banyak dimiliki adalah boneka yang menyerupai bayi dan dirawat seperti manusia. Boneka ini seolah memiliki arwah layaknya bayi atau manusia pada umumnya. Boneka arwah ini bahkan juga dijual secara online.

Menurut Julia Inglis, boneka arwah ini menjadi cermin atau alat mengekspresikan diri.

“Boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke diri Anda yang mungkin tidak bisa Anda ekspresikan. Dia adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan teman ini, semakin Anda mencintai mereka. Mungkin Anda mulai menceritakan rahasia yang Anda simpan di hati dan tidak bisa dibagikan kepada orang lain,” kata Inglis dikutip dari Sacred Familiar.

Fenomena boneka arwah
Fenomena boneka arwah

Inglis menjelaskan bahwa boneka tersebut dapat menerima dan mencintai pemiliknya.

“Boneka itu tinggal bersama Anda setiap hari, melalui saat-saat baik dan buruk, boneka itu selalu menerima. Dan kemudian Anda mulai merasakan semangat hidup di boneka ini dan betapa besar cintanya untuk Anda,” kata Inglis.

Pada akhir-akhir ini, fenomena mengadopsi boneka arwah dimulai di Thailand pada 2016. Di Thailand, boneka arwah ini punya sebutan ‘luk thep’, secara harfiah artinya adalah malaikat anak. Mereka percaya bahwa boneka ini membawa keberuntungan. Boneka ini dimanjakan oleh pemiliknya seolah-olah anaknya sendiri.

Selain dimanjakan, biasanya setelah membeli boneka arwah ini, pemiliknya akan membawanya ke seorang biksu untuk dibacakan doa. Doa ini dimaksudkan untuk mendatangkan keberuntungan. Namun ada juga yang menganggap doa ini untuk mengundang arwah masuk ke boneka.

Uniknya, tren boneka arwah di Thailand ini justru ditanggapi positif oleh industri penerbangan di sana. Misalnya, Thai Smile Airways yang membolehkan boneka mendapatkan kursi, makanan ringan, dan minuman mereka sendiri. Kendati demikian, tren ini sempat mendapat protes dari Otoritas Penerbangan Thailand.

Tren ini juga ditanggapi oleh restoran mewah di Thailand. Boneka arwah juga bisa mendapatkan tempat duduk dan makanannya sendiri.

Pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Fenomena boneka arwah
Fenomena boneka arwah

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Pusat, KH Muhammad Cholil Nafis bicara soal boneka arwah ini. Dia menyebut tidak boleh memelihara makhluk halus.

“Punya boneka mainan itu boleh, tapi kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin,” kata Cholil.

Cholil menegaskan bahwa kita tak boleh memperlakukan boneka layaknya anak. Itu karena boneka adalah benda mati. Hal itu membuat kita terjebak dalam hal mistis dan menuhankan selain Allah SWT.

“Baiknya uang yang dimiliki disumbangkan kepada anak yatim dan duafa dari pada memelihara boneka yang mistis itu,” ucapnya.

Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian MUI Prof Utang Ranuwijaya juga menyampaikan pandangannya.

Dia menyebut mempercayai benda yang memiliki roh atau kekuatan supranatural (seperti batu cincin, keris, dan boneka) termasuk perbuatan syirik yang dari sisi akidah Islam fenomena boneka arwah itu sangat berbahaya.

“Kekuatan-kekuatan gaib yang dianggap ada pada benda-benda itu sebenarnya adalah tipu daya jin yang memperdaya manusia, bukan benda itu sendiri. Dari sini sebenarnya sumber kemusyrikan itu datang,” ujarnya.

“Maka jauhilah perbuatan-perbuatan yang akan mendatangkan kemusyrikan, karena Allah SWT tidak akan mengampuni dosa dari perbuatan hamba-Nya yang melakukan kemusyrikan,” tegas dia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

4 Cara Atasai Rasa Bersalah karena Belum Bisa Membahagiakan Orang Tua

Published

on

Membahagiakan orang tua
Membahagiakan orang tua

Kita terkadang merasa pesimistis karena belum bisa membahagiakan orang tua karena belum menjadi orang sukses. Padahal membahagiakan orangtua tak melulu harus menunggu punya banyak uang lho.

Saat kita semakin dewasa, kadang kita makin menyadari betapa pentingnya keberadaan orangtua kita selama ini. Yang paling kita sesali pun adalah kita merasa belum bisa benar-benar membahagiakan mereka.

Rasa penyesalan biasanya akan semakin besar saat satu demi satu harapan orangtua ternyata belum bisa kita penuhi sepenuhnya. Seiring bertambahnya waktu dan usia, kita malah membuat mereka kecewa dengan keputusan-keputusan yang kita ambil.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Kadang ada hal-hal yang berada di luar kendali kita. Sehingga kita masih gagal menjadi anak yang baik untuk orangtua kita. Namun, tak apa. Selama kita masih berusaha sebaik-baiknya untuk membuat hati mereka tenang, maka selalu ada kesempatan untuk memperbaiki banyak hal.

Hal tersebut terkadang membuat kita merasa frustrasi. MyCity telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi perasaan insecure karena belum bisa membahagiakan orang tua.

Maafkan Diri Sendiri

Maafkan diri sendiri lebih dahulu. Tidak semua hal bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan. Ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan atau rencana kita, dan itu perlu kita terima dengan hati yang lapang.

Termasuk ketika kita masih belum bisa menjadi kebanggaan orangtua kita, kita tetap perlu menerima diri kita seutuhnya. Maafkan diri sendiri sekaligus berterima kasih juga pada diri sendiri yang sudah berjuang dengan sebaik-baiknya hingga saat ini.

Berhenti Membandingkan Diri

Kakak atau adikmu mungkin sudah lebih dulu membuat orangtua bangga dan bahagia. Sedangkan kamu masih harus berjuang lebih keras dan lebih susah untuk jadi kebanggaan orangtua.

Muncul rasa sedih dan kecewa, itu wajar. Namun, setelah itu sudahi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sudahi perbandingan-perbandingan yang tidak membuatmu jadi lebih baik.

Lakukan Hal Terbaik Semampu Kamu

Ketulusan dan kesungguhanmu untuk membahagiakan orangtua pasti bisa sampai dan dirasakan oleh orangtua. Besar kecilnya materi atau besar kecilnya prestasi bukan satu-satunya standar cara untuk membahagiakan orangtua. Selamakita masih menunjukkan upaya dan melakukan hal terbaik untuk membuat orangtua bangga, maka itu sudah lebih dari cukup.

Ungkapkan Rasa Sayang ke Orang Tua

Ungkapkan rasa sayang kepada orangtua. Bisa dengan memberi hadiah, kejutan kecil, atau sekadar pelukan hangat. Bisa juga disesuaikan dengan bahasa cinta atau kebiasaan dalam keluarga masing-masing. Menunjukkan dan mengungkapkan rasa cinta kepada orangtua bisa bantu membuat hatimu lebih tenang dan bahagia, sehingga tidak lagi gampang insecure.

Menjadi anak kebanggaan orangtua memang impian dan keinginan kita semua. Mungkin saat ini kita merasa masih jadi anak yang payah dan belum berbakti. Namun, selama kita tidak berhenti berusaha untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam hidup kita, maka selalu ada kesempatan untuk membuat orangtua kita tersenyum.

Continue Reading

Lifestyle

Keren, Fendi Luncurkan Dompet Kripto Stylish

Published

on

Tas Fendi

Rumah mode Italia, Fendi, merancang tas mungil khusus untuk menyimpan uang kripto yang biasa dipakai sebagai alat bayar NFT (non-fungible token).

Tasa tersebut merupakan koleksi terbaru Fendi untuk musim dingin 2022/2023 di Milan Fashion week. Uniknya, di ujung tas mungil tersebut, ada gantungan kunci, ada pula yang terpasang di bagian gagang tas untuk menyimpan uang kripto.

Fendi menggandeng Ledger, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan dan keamanan aset digital. Dari kolaborasi tersebut, lahirlah koleksi dompet kripto dalam desain Fendi yang stylish sekaligus futuristis.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Dompet pertama hadir dalam siluet tas Baguette Fendi yang ikonis, dengan material aluminium bling-bling yang mengilap, serta dihiasi detail sabuk dan stud yang edgy. Di dalamnya, tersimpan perangkat keras LEDGER Nano X untuk menyimpan aset kripto.

Fendi
Fendi

Desain berikutnya menyerupai kapsul tiga dimensi berbentuk rantai O’Lock Fendi. Monogram FF khas Fendi menghiasi dompet berbahan chrome ini.

Kedua desain bisa dipakai dengan cara yang bervariasi. Selain menjadi penghias tas, aksesori ini juga dapat digantung di sabuk celana atau kalung.

“Fendi merupakan sinonim dari inovasi dan craftsmanship, dan kami senang memanjakan mata orang. Kami berkreasi baik dengan sesuatu yang terlihat ataupun tidak. Ini mengapa penting bagi kami untuk menyambut masa depan dan menjembatani kemewahan fisik dan virtual,” kata Fendi dalam keterangan resminya.

Continue Reading

Lifestyle

Pasangan Kamu Selingkuh? Ayo Lakukan 5 Ini

Published

on

By

Ilustrasi Selingkuh

Setiap sepasang kekasih pasti menghadapi segala macam bentuk ujian percintaan. Perselingkuhan, merupakan permasalahan besar yang dapat mengancam kerusakan sebuah hubungan.

Selingkuh adalah istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya. Seperti kepada pacar, suami, atau istri. Selingkuh biasanya identik dengan sebuah pengkhianatan, di mana perbuatan seseorang yang tidak setia kepada pasangannya.

Mereka para korban biasanya mengalami hal yang begitu menyakitkan ketika pasangannya ketahuan berselingkuh. Tidak jarang hal ini menimbulkan pertikaian, bahkan sampai berujung kepada perpisahan. Hal ini memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan mental atau psikis seseorang.

Perasaan sedih, kecewa, dan marah bercampur aduk ketika menemui pasangan kita ternyata berselingkuh. Kondisi tersebut membuat emosional menjadi tidak stabil, sehingga menjadi bingung apa yang seharusnya dilakukan. Namun ternyata ada loh hal yang bisa kalian lakukan, ketika pasangan berselingkuh selain menangis. Berikut mycity telah merangkumnya:

Baca Juga:

  1. Beri Hadiah Kartu Saham, Tren Pacaran Baru di Korsel
  2. Kupas Meditasi & Ragam Manfaatnya
  3. Tagar #Selingkuh Trending di Twitter, Ini Penyebab Pasangan Berselingkuh

Cari akar masalahnya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah, mencari tahu dulu apa penyebabnya pasangan kamu berselingkuh. Setidaknya dengan mencari tahu hal ini, kamu bisa mengerti dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Selain itu juga, berhenti menyalahkan diri sendiri atau merasa bahwa dirimu kurang sehingga pasanganmu berselingkuh. Pada dasarnya tidak ada alasan yang dapat dibenarkan dalam sebuah kasus perselingkuhan. Tidak ada salahnya untuk berintropeksi diri, tetapi jangan sampai menghakimi dirimu sendiri atas kejadian ini.

Ambil keputusan

Untuk dapat mengambil keputusan yang baik maka kamu membutuhkan waktu, jangan sampai terburu-buru. Ketika dirasa kamu telah berhasil mencerna semuanya dengan baik, segera buat keputusan.

Apakah kamu akan tetap bersamanya yang telah menyakiti kamu, atau pergi dengan ikhlas dan menyembuhkan hati. Jika pasanganmu tidak menyesal atas pengkhianatan yang telah dilakukan, tinggalkan. Tidak ada alasan untuk kamu bisa memberikannya kesempatan kedua.

Luangkan waktu untuk bicara bersama

Apapun keputusannya, terus bersama atau tidak, kamu perlu bicarakan ini bersama pasangan. Bicarakan semuanya dengan kepala dingin, sebab marah hanya membuang energi saja. Jika ingin berpisah, buatlah keputusan yang tegas agar si dia tidak menyepelekan kamu.

Dalam hal ini butuh kesepakatan bersama, jika ingin bersama ciptakan perjanjian terhadapnya, dan jika ingin berpisah pastikan bahwa kamu benar-benar tidak akan kembali kepadanya.

Minta bantuan terapis hubungan

Saat mengalami kasus besar seperti perselingkuhan ini, kamu butuh penengah atau orang ketiga. Hal ini ditempuh untuk terjalinnya komunikasi yang efektif antara kamu dengan pasangan. Kamu dan pasangan menjadi lebih mengerti dan tahu atas semua yang terjadi, kemudian bisa menentukan langkah selanjutnya harus bagaimana.

Beri perhatian lebih kepada perasaan sendiri dan lakukan penyembuhan diri

Mulanya mungkin perasaanmu tak karuan karena belum bisa menerima kenyataan yang menyakitkan. Akan tetapi cobalah untuk melakukan penyembuhan diri dengan berbagai kegiatan yang kamu sukai, bisa dimulai dari menjalankan hobimu satu persatu. Jika butuh cerita, berbagilah kepada seseorang yang benar-benar kamu percaya dan mampu menenangkanmu.

Kamu juga bisa menyibukkan dirimu dengan kegiatan yang positif, hal ini akan mengalihkan pikiranmu dari kondisi yang sedang kamu alami. Selanjutnya berfikirlah bahwa di luar sana masih banyak orang yang mencintaimu, dan kamu layak untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik darinya.

Continue Reading

Trending