Connect with us

Inspirasi

Mengenal Presiden Amerika Tersingkat

Published

on

lukisan potret William Henry Harrison

The chains of military despotism, once fastened upon a nation, ages might pass away before they could be shaken off.” —William Henry Harrison

Pada usia 68 tahun, William Henry Harrison dilantik menjadi presiden Amerika Serikat. Presiden tertua yang pernah terpilih ini menyampaikan 8.578 kata pada pidato pelantikannya, sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya akibat cuaca dingin dari hujan badai. 

Menurut Michael A.Genovese dalam Encyclopedia of The American Presidency, orang-orang yang menyaksikan pidatonya lantas berkomentar bahwa William Henry Harrison kurang cerdas dalam mengantisipasi cuaca yang sangat dingin.

Ia tidak mengenakan topi maupun mantel serta berbicara terlalu lama dan cukup membosankan. Andrew Jackson mengejeknya kepala dungu sedangkan John Quincy Adams mendefinisikannya sebagai seorang yang aktif berpolitik tapi berpikiran dangkal.

Susan Swain dan C-Span dalam First Ladies; Presidential Historian of Lives Iconic American Women, menyebut bahwa istri William Henry Harrison, Anna Harrison menepis tuduhan-tuduhan negatif dengan alasan William Henry Harrison benar-benar telah berusia senja.

Seharusnya usia lanjut digunakan untuk pensiun namun justru sebaliknya, itu adalah puncak karir seorang pria tua sakit-sakitan yang menderita penyakit pneumonia akibat cuaca buruk.

William Henry Harrison lahir pada tanggal 9 Februari 1773 di Virginia. Seperti halnya George Washington, ia besar di lingkungan perkebunan.

Ayahnya, Benjamin Harrison merupakan anggota Kongres Kontinental yang turut serta menandatangani Deklarasi Kemerdekaan.

Sepanjang perjalanan karir politiknya, William Henry Harrison terpengaruh saudaranya yang menjabat sebagai anggota Senat Amerika Serikat, Carter Harrison.

Biografi William Henry Harrison

Dilansir dari biography.com, William Henry Harrison pernah mempelajari sejarah klasik di Hampden-Sydney College lalu belajar kedokteran dengan Benjamin Rush di Richmond.

Baca Juga:

  1. Kaesang Beberkan Rencana Jokowi Usai Tak Lagi Jadi Presiden RI
  2. Rumi, Duta Islam Paling Berpengaruh di Amerika Serikat
  3. Ternyata, 55 Persen Orang Amerika Serikat Tak Tahu Metaverse

Akan tetapi, ia justru bergabung dengan pasukan Infanteri Reguler Angkatan Darat Amerika Serikat. William Henry Harrison mengikuti pertempuran Timbers yang dikomandoi oleh Jenderal Anthony Wayne.

Sejak tahun 1798, William Henry Harrison keluar dari dinas ketentaraan dan menceburkan diri dalam dunia politik. Mulanya menjabat sebagai sekertaris untuk wilayah Northwest (Ohio, Indiana, Illinois, Michigan dan Wisconsin).

Antara tahun 1801 sampai 1813, ia memperoleh jabatan gubernur wilayah Northwest. Jenjang karir politik William Henry Harrison meningkat bertahap setelah berhasil mengakses dan mengotrol tanah suku-suku Indian dengan membangunkan pemukiman-pemukiman baru.

Pada tahun 1811, William Henry Harrison yang mengantongi izin, bergerak menyerang pemberontak Indian, Tecumseh dan sekutu-sekutunya. Orang-orang Indian yang memberontak terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah Amerika Serikat itu menyerang kamp William Henry Harrison di Sungai Tippecanoe dan menjatuhkan 190 korban jiwa. Meski begitu, ia beserta anak buahnya sanggup membendung serbuan.

Dalam peperangan 1812, William Henry Harrison sukses mendulang reputasi setelah mengalahkan pasukan gabungan Inggris dan suku-suku Indian di Northwest.

Sebagai komandan, ia bangga bisa membinasakan Tecumseh dan sisa pasukannya dalam pertempuran Thames.

Seusai perang,  selama tiga tahun berturut-turut William Henry Harrison menjabat sebagai Senat Amerika Serikat (1816-1819), Senat Ohio (1819-1821) dan Senat Amerika Serikat (1825-1828).

Pada tahun 1836, William Henry Harrison bergabung Partai Whig lalu mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat. Namun, ia kalah dengan Martin Van Buren dari Partai Demokrat.

Pemilihan umum tahun 1840, ia berjuang lagi dan memperoleh kemenangan tipis atas Van Buren.

William Henry Harrison menjadi presiden pertama dari Partai Whig serta presiden pertama yang meninggal dunia di Gedung Putih dengan masa pemerintahan terpendek yakni hanya satu bulan.

Kelak cucu presiden kesembilan ini akan menjadi presiden kedua puluh tiga di negeri Paman Sam tersebut, yakni Benjamin Harrison.

Inspirasi

Dihormati Dunia, Inilah 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat

Published

on

By

B.J Habibie

BJ Habibie yang merupakan presiden ketiga Republik Indonesia, diketahui mempunyai sejumlah penemuan penting yang penuh manfaat. Di kancah internasional bahkan jasanya dalam mengembangkan dunia penerbangan juga telah diakui.

Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung, yang saat ini bernama Institut Teknologi Bandung pada tahun 1954 adalah tempat ia belajar tentang keilmuan teknik mesin.

Habibie pun melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat pada tahun 1955-1965. Kemudian, pada 1960 dirinya menerima gelar diploma insinyur dan pada 1965 mendapat gelar doktor insinyur dengan predikat summa cum laude.

Sampai akhirnya residen kedua Indonesia, Soeharto meminta sang jenius itu untuk kembali ke Tanah Air. Selain itu juga untuk mendirikan perusahaan pesawat terbang pertama di tanah air, yaitu Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia pada 1976.

Baca Juga:

  1. Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik
  2. 5 Kebiasaan Wanita Sukses, Bisa Jadi Inspirasi Kamu
  3. Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Berikut mycity telah merangkum 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat:

Crack progression theory

Di dalam dunia penerbangan, teori ini adalah penemuan yang cukup mengejutkan. Sementara itu ada juga teori yang digunakan untuk memprediksi titik keretakan awal pada sayap pesawat terbang, yakni Crack progression theory.

Pesawat Dornier DO-31

Selanjutnya, penemuan Habibie yang tak kalah penting dan bermanfaat dalah Dornier DO-31. Diketahui, pesawat itu adalah rancangan pesawat Habibie yang pertama. Bahkan juga termasuk menjadi pesawat transportasi pertama yang dapat take-off/landing vertikal.

Pesawat N2-50

Kemudian ada Pesawat N2-50 yang merupakan pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN. Di mana dalam dalam pesawat ini memakai kode N yang berarti Nusantara. Hal tersebut menunjukan bahwa artinya desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di dalam negeri.

Continue Reading

Inspirasi

Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik

Published

on

By

B.J. Habibie

Tidak kalah denggan negara maju, para penemu dan ilmuwan Indonesia ternyata juga terkenal di dunia. Salah satu dari mereka yang begitu ikoni adalah presiden ketiga Indonesia, yakni B.J. Habibie.

Namun, tidak hanya Habibie saja yang menjadi peneliti dan ilmuwan Indonesia. Melainkan, beberapa diantaranya juga menjadi penemu berbagai teknologi alternatif.

Berikut daftar penemu Indonesia yang dikenal dunia:

BJ Habibie

Diketahui BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi juga, bukan hanya terkenal menjadi presiden ketiga Indonesia saja. Pada bidang fisika dan penerbangan karya-karyanya begitu banyak.

Sosok ini menciptakan N-250 Gatotkaca yang merupakan pesawat pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, Habibie bahkan turut membuat sebuah solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat, yakni Teori Crack Propagation.

Baca Juga:

  1. Sejarah Panjang Penemuan Vaksin: dari Cacar Hingga Covid-19
  2. Profil Kary Mullis, Sang Penemu Tes PCR
  3. Sampai Korbankan Motor, Begini Kisah Perjalanan Nikuba Sampai Dapat Pendanaan Rp36 Miliar

Muhhamad Nurhuda

Kompor ramah lingkungan pertama di Indonesia pertama kali diciptakan oleh Muhammdad Nurhuda. Pada tahun 2008 sampai 2011, Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya membuat penelitian tentang Pengembangan Kompor Biomassa Hemat Energi dan Ramah Lingkungan.

Selain itu untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan, ia juga turut menciptakan rancangan Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas. Bahkan negara-negara Asia Pasifik dan Amerika ikut tertarik dengan kompor ramah lingkungan ciptaannya.

R.M. Sedyatmo

R.M. Sedyatmo adalah seorang penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Pada sejumlah bangunan, pondasi yang memiliki kaki seperti unggas tersebut telah dipergunakan. Misalnya seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta yang menggunakan pondasi cakar ayam tersebut.

Khoirul Anwar

Pria lulusan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Jepang ini adalah seorang ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT). Kemudian dalam teknologi 4G LTE konsep ini dipakai. Diketahui, beberapa paten seperti sistem deteksi illegal transmitter yang berpotensi dipakai dalam teknologi 5G juga dimiliki oleh Khoirul Anwar.

Yogi Ahmad Erlangga

Diketahui sosok yang satu ini secara cepat (robust) berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik. Persamaan Helmholtz yang digunakan dalam pemrosesan data seismik menjadi seratus kali lebih cepat atas penemuannya itu. Di mana kemudiak dalam beragam masalah perminyakkan, hasilnya tersebut dipergunakan.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Published

on

By

Reni Fitriani

Diketahui, Global Youth Parliament adalah salah satu organisasi transformasi ide pemuda terbesar di dunia yang berdiri sejak 2010 di Nepal. Di mana dengan mengkolaborasikan pemuda dari berbagai negara untuk melakukan gerakan ini.

Seperti hal memotivasi pikiran muda dalam pekerjaan sosial, kewirausahaan, demokrasi dan pembangunan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik adalah tujuan utama dari mereka. Pada setiap tahunnya, setiap negera dengan dua orang anak muda yang menginspirasi diundang untuk Global Youth Leadership Summit.

Reni Fitriani merupakan anak muda dari Indonesia yang terpilih sebagai Koordinator Indonesia Global Youth Parliament. Dirinya pun menjelaskan hal apa saja yang akan dilakukannya dalam acara itu.

“Di acara Global Youth Leadership Summit & Award 2022, di Thailand-Bangkok, yang diselenggarakan tanggal 24-26 Juni nanti, insyaAllah kami akan mengirimkan para pemenang award yang sangat Inspiratif yang layak mendapatkan penghargaan secara global,” ujar Reni.

Baca Juga:

  1. Mengenal Upacara Adat Mongubingo, Sunat Perempuan Ala Masyarakat Gorontalo
  2. Jadi Milyarder di Usia 22 Tahun, Kisah Sukses Akbar Wicaksono Bisa Jadi Inspirasi Kaum Milenial
  3. Yuma Soerianto, Bocah 10 Tahun Asal Indonesia yang Pukau Bos Apple

“Nanti yang dikirimkan berasal dari kategori dan industri yang berbeda. Kami juga sangat selektif dalam menentukan delegasi Indonesia, yang mana mereka yang secara komitmen ingin turut serta dalam mengembangkan anak muda di Indonesia untuk go internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Reni diketahui juga sebagai Founder & CEO SuperKey Group. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kontribusinya terhadap pemberdayaan masyarakat.

Selain berprofesi sebagai Business Consultant (Superkey Consulting Group) yang teregistrasi secara Internasional, wanita inspiratif yang satu ini pun turut berperan dalam membantu mengembangkan desa dan UMKM di seluruh Indonesia.

Reni mengawali kariernya sebagai konsultan bisnis, dan kini telah memiliki dua anak perusahaan yaitu kontruksi sipil dan batu bara. Perusahaan menjadi semakin berkembang secara bertahap atas keterlibatannya di sana.

Tak hanya itu saja, Reni juga aktif berkontribusi dalam organisasi dan komunitas pemuda, perempuan, profesional, entrepreneurship dan desa. Dirinya berhasil mengembangkan komunitas bisnis dan mampu mensuksekan program unggulan yang bekerjasama dengan perusahaan multinasional.

Continue Reading

Trending