Connect with us

Inspirasi

Mengenal Pemilik Shopee, Konglomerat Tajir Melintir yang Hartanya Tak Habis 7 Turunan

Published

on

Pendiri Shopee Forrest Li

Shopee didirikan oleh pria bernama Forrest Li, yang pernah menyandang predikat sebagai orang terkaya di Singapura. Kini, aplikasi e-commerce Shopee seolah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia.

Forrest Li merupakan pendiri dan CEO dari SEA Ltd, perusahaan yang menjadi induk dari Shopee dan Garena. Li diketahui kini memiliki kekayaan sebesar 22 miliar dolar AS atau Rp319 triliun.

Kekayaan Li hampir sepenuhnya diperoleh dari kepemilikan sahamnya di perusahaan konsumer teknologi yang melantai di Bursa Efek New York (NYSE/Wall Street), Sea Ltd.

Baca Juga:

  1. Begini Upaya Pemerintah Atasi PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha
  2. 5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
  3. 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

Menurut prospektus awal yang terbit di situs resmi US Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, sebelum melantai di bursa Li menggenggam 56,12 juta saham biasa Sea Ltd atau setara 20,7%.

Kenaikan jumlah harta kekayaan Li merupakan buah dari kinerja saham Sea yang cukup gemilang belakangan ini.

Di sisi lain, Shopee secara konsisten menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di 5 dari 6 negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Total kunjungannya mencapai 421 juta pengunjung di awal 2022.

Berkembangnya Shopee di Asia Tenggara menjadikan Forrest Li sebagai orang paling kaya nomor 2 di Singapura.

Dilansir dari berbagai sumber, Forrest Xiaodong Li lahir di Tianjin, China pada 1977/1978. Kedua orang tuanya bekerja sebagai pegawai di perusahaan milik negara.

Ia lahir dan dibesarkan di kota pelabuhan China, Tianjin, oleh orang tua yang menghabiskan seluruh karir mereka di perusahaan milik negara

Semasa kuliah, Li sangat hobi bermain game. Nama Forrest sendiri ia pilih karena terinspirasi lewat film Forrest Gump.

Li mengenyam pendidikan di jurusan teknik Shanghai Jiao Tong University. Ia kemudian bekerja sebagai perekrut Motorola dan Corning di Shanghai selama empat tahun.

Profesi itu yang kemudian menjadi titik balik, di mana Li menyadari bahwa ia ingin melakukan sesuatu yang lebih dalam hidupnya setelah mempelajari ratusan resume.

“Setiap resume adalah kisah pribadi, bukan? Jadi dengan membaca cerita orang lain, saya mulai berpikir tentang bagaimana saya ingin resume saya dibaca di masa depan,” cerita Li kepada Forbes Asia 2015 silam.

Langkah pertamanya untuk membuat perubahan dalam hidupnya adalah diterima di Stanford, di mana ia bertemu calon istrinya, Ma Liqian.

Pada 2005, Li menghadiri wisuda Ma di mana Steve Jobs menyampaikan pidatonya yang terkenal, “Anda harus menemukan apa yang Anda suka.” Kalimat Jobs lantas menginspirasi Li untuk mengejar hasratnya dalam game online.

Setelah pindah ke Singapura, ia meluncurkan perusahaan game bernama GG Game di negeri itu. Namun startup itu gagal.

Pantang menyerah, Li kemudian meluncurkan Garena, platform game online, pada 2009 bersama dua temannya, Chen dan Ye – ketiganya sekarang adalah warga negara Singapura yang dinaturalisasi yang berasal dari China daratan.

Saat ini, Garena merupakan perusahaan pengembang game yang menaungi banyak game populer seperti Garena Free Fire yang dirilis pada tahun 2017, dan Call of Duty Mobile yang pertama kali dirilis pada tahun 2019.

Garena Free Fire adalah game mobile battle royale yang mirip dengan PUBG dan Fortnite dan memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif harian dan puncak lebih dari 100 juta pengguna harian pada kuartal 2 tahun 2020.

Game itu bahkan, telah diunduh lebih dari 500 juta kali menjadikannya game ketiga yang paling banyak diunduh sepanjang masa di game.

Perusahaan game-nya itu membuat Li masuk dalam jajaran orang terkaya Singapura, setelah mencatatkan Sea di Bursa Efek New York pada Oktober 2017.

Hal menarik lainnya adalah dia merupakan penggemar berat sepak bola dan mengagumi Cristiano Ronaldo. Maka dari itu, ia mempekerjakan Cristiano Ronaldo untuk menjadi brand ambassador Shopee dalam mempromosikan Shopee di seluruh Asia Tenggara.

Inspirasi

Dihormati Dunia, Inilah 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat

Published

on

By

B.J Habibie

BJ Habibie yang merupakan presiden ketiga Republik Indonesia, diketahui mempunyai sejumlah penemuan penting yang penuh manfaat. Di kancah internasional bahkan jasanya dalam mengembangkan dunia penerbangan juga telah diakui.

Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung, yang saat ini bernama Institut Teknologi Bandung pada tahun 1954 adalah tempat ia belajar tentang keilmuan teknik mesin.

Habibie pun melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat pada tahun 1955-1965. Kemudian, pada 1960 dirinya menerima gelar diploma insinyur dan pada 1965 mendapat gelar doktor insinyur dengan predikat summa cum laude.

Sampai akhirnya residen kedua Indonesia, Soeharto meminta sang jenius itu untuk kembali ke Tanah Air. Selain itu juga untuk mendirikan perusahaan pesawat terbang pertama di tanah air, yaitu Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia pada 1976.

Baca Juga:

  1. Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik
  2. 5 Kebiasaan Wanita Sukses, Bisa Jadi Inspirasi Kamu
  3. Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Berikut mycity telah merangkum 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat:

Crack progression theory

Di dalam dunia penerbangan, teori ini adalah penemuan yang cukup mengejutkan. Sementara itu ada juga teori yang digunakan untuk memprediksi titik keretakan awal pada sayap pesawat terbang, yakni Crack progression theory.

Pesawat Dornier DO-31

Selanjutnya, penemuan Habibie yang tak kalah penting dan bermanfaat dalah Dornier DO-31. Diketahui, pesawat itu adalah rancangan pesawat Habibie yang pertama. Bahkan juga termasuk menjadi pesawat transportasi pertama yang dapat take-off/landing vertikal.

Pesawat N2-50

Kemudian ada Pesawat N2-50 yang merupakan pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN. Di mana dalam dalam pesawat ini memakai kode N yang berarti Nusantara. Hal tersebut menunjukan bahwa artinya desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di dalam negeri.

Continue Reading

Inspirasi

Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik

Published

on

By

B.J. Habibie

Tidak kalah denggan negara maju, para penemu dan ilmuwan Indonesia ternyata juga terkenal di dunia. Salah satu dari mereka yang begitu ikoni adalah presiden ketiga Indonesia, yakni B.J. Habibie.

Namun, tidak hanya Habibie saja yang menjadi peneliti dan ilmuwan Indonesia. Melainkan, beberapa diantaranya juga menjadi penemu berbagai teknologi alternatif.

Berikut daftar penemu Indonesia yang dikenal dunia:

BJ Habibie

Diketahui BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi juga, bukan hanya terkenal menjadi presiden ketiga Indonesia saja. Pada bidang fisika dan penerbangan karya-karyanya begitu banyak.

Sosok ini menciptakan N-250 Gatotkaca yang merupakan pesawat pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, Habibie bahkan turut membuat sebuah solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat, yakni Teori Crack Propagation.

Baca Juga:

  1. Sejarah Panjang Penemuan Vaksin: dari Cacar Hingga Covid-19
  2. Profil Kary Mullis, Sang Penemu Tes PCR
  3. Sampai Korbankan Motor, Begini Kisah Perjalanan Nikuba Sampai Dapat Pendanaan Rp36 Miliar

Muhhamad Nurhuda

Kompor ramah lingkungan pertama di Indonesia pertama kali diciptakan oleh Muhammdad Nurhuda. Pada tahun 2008 sampai 2011, Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya membuat penelitian tentang Pengembangan Kompor Biomassa Hemat Energi dan Ramah Lingkungan.

Selain itu untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan, ia juga turut menciptakan rancangan Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas. Bahkan negara-negara Asia Pasifik dan Amerika ikut tertarik dengan kompor ramah lingkungan ciptaannya.

R.M. Sedyatmo

R.M. Sedyatmo adalah seorang penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Pada sejumlah bangunan, pondasi yang memiliki kaki seperti unggas tersebut telah dipergunakan. Misalnya seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta yang menggunakan pondasi cakar ayam tersebut.

Khoirul Anwar

Pria lulusan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Jepang ini adalah seorang ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT). Kemudian dalam teknologi 4G LTE konsep ini dipakai. Diketahui, beberapa paten seperti sistem deteksi illegal transmitter yang berpotensi dipakai dalam teknologi 5G juga dimiliki oleh Khoirul Anwar.

Yogi Ahmad Erlangga

Diketahui sosok yang satu ini secara cepat (robust) berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik. Persamaan Helmholtz yang digunakan dalam pemrosesan data seismik menjadi seratus kali lebih cepat atas penemuannya itu. Di mana kemudiak dalam beragam masalah perminyakkan, hasilnya tersebut dipergunakan.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Published

on

By

Reni Fitriani

Diketahui, Global Youth Parliament adalah salah satu organisasi transformasi ide pemuda terbesar di dunia yang berdiri sejak 2010 di Nepal. Di mana dengan mengkolaborasikan pemuda dari berbagai negara untuk melakukan gerakan ini.

Seperti hal memotivasi pikiran muda dalam pekerjaan sosial, kewirausahaan, demokrasi dan pembangunan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik adalah tujuan utama dari mereka. Pada setiap tahunnya, setiap negera dengan dua orang anak muda yang menginspirasi diundang untuk Global Youth Leadership Summit.

Reni Fitriani merupakan anak muda dari Indonesia yang terpilih sebagai Koordinator Indonesia Global Youth Parliament. Dirinya pun menjelaskan hal apa saja yang akan dilakukannya dalam acara itu.

“Di acara Global Youth Leadership Summit & Award 2022, di Thailand-Bangkok, yang diselenggarakan tanggal 24-26 Juni nanti, insyaAllah kami akan mengirimkan para pemenang award yang sangat Inspiratif yang layak mendapatkan penghargaan secara global,” ujar Reni.

Baca Juga:

  1. Mengenal Upacara Adat Mongubingo, Sunat Perempuan Ala Masyarakat Gorontalo
  2. Jadi Milyarder di Usia 22 Tahun, Kisah Sukses Akbar Wicaksono Bisa Jadi Inspirasi Kaum Milenial
  3. Yuma Soerianto, Bocah 10 Tahun Asal Indonesia yang Pukau Bos Apple

“Nanti yang dikirimkan berasal dari kategori dan industri yang berbeda. Kami juga sangat selektif dalam menentukan delegasi Indonesia, yang mana mereka yang secara komitmen ingin turut serta dalam mengembangkan anak muda di Indonesia untuk go internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Reni diketahui juga sebagai Founder & CEO SuperKey Group. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kontribusinya terhadap pemberdayaan masyarakat.

Selain berprofesi sebagai Business Consultant (Superkey Consulting Group) yang teregistrasi secara Internasional, wanita inspiratif yang satu ini pun turut berperan dalam membantu mengembangkan desa dan UMKM di seluruh Indonesia.

Reni mengawali kariernya sebagai konsultan bisnis, dan kini telah memiliki dua anak perusahaan yaitu kontruksi sipil dan batu bara. Perusahaan menjadi semakin berkembang secara bertahap atas keterlibatannya di sana.

Tak hanya itu saja, Reni juga aktif berkontribusi dalam organisasi dan komunitas pemuda, perempuan, profesional, entrepreneurship dan desa. Dirinya berhasil mengembangkan komunitas bisnis dan mampu mensuksekan program unggulan yang bekerjasama dengan perusahaan multinasional.

Continue Reading

Trending