Connect with us

Kesehatan-Kecantikan

Make Up ‘Nyebrang’ Sunburn Blush, Sempat Trending bikin Rias Wajah Makin Natural

Published

on

ilustrasi blush on

Tren kecantikan silih berganti dan berkembang seiring dengan pengaruh budaya dalam dan luar negeri. Dalam beberapa tahun ke belakang hingga kini, riasan wajah dengan memakai blush on warna cerah di pelipis kembali digandrungi. 

Teknik merias wajah dengan blush on yang sedang populer yakni sunburn blush atau make up demam. Disebut demikian karena warna blush on yang dipilih biasanya gradasi dari merah. Sehingga, efek yang ditimbulkan tampak seperti terbakar sinar matahari atau orang terserang demam.

Sunburn blush makeup merupakan satu teknik mengaplikasikan blush on di kedua pipi atau tepat di bawah mata, lalu menyambung lewat hidung.

Tren ini konon lahir di Jepang, dengan sebutan me no shita chiiku, yang artinya di bawah mata. Jadi riasan tersebut hanya fokus pada area bawah mata dan di atas tulang pipi.

Teknik demam berkiblat pada dandanan geisha dan pemain kabuki di Jepang. Namun, sekarang me no shita chiiku juga terinspirasi anime Jepang yang sangat populer. Dalam anime, pipi gadis anime digambarkan sebagai lingkaran oval berwarna merah muda tepat di bawah mata.

Kesan cute, innocent, dan youthful akan tampil bersamaan dengan rona merah yang bersemu di bawah mata. Ada juga yang menyebut tren pakai blush on di bawah mata ini sebagai ‘make up mabuk’ atau ‘make up nyebrang’ (karena blush on menyeberangi hidung).

Sebetulnya, gaya make up seperti ini pernah diperkenalkan awal 90-an oleh model Kate Moss, yang menggunakan gaya heroin chic, atau tampilan make up pucat dan lingkaran hitam di bawah mata seperti orang yang tengah mabuk heroin.

Baca Juga :  Ngeri, Para ilmuwan Hidupkan Lagi Virus Purba Berumur 48.500 Tahun

Untuk yang punya pipi chubby, blush on dengan teknik ini dapat membuat tampilan wajah lebih segar dan muda. Sementara untuk si kulit tan (gelap), tampilan ini akan terlihat alami seperti terbakar matahari. Jika ingin terlihat lebih cute lagi, boleh juga ditambahi fake freckles.  

Di Indonesia, beberapa artis juga sempat tampil dengan sunburn blush make up, di antaranya Bunga Citra Lestari dan Dian Sastro. Sebelumnya, Agnes Monica dan Dewi Persik sudah mempopulerkannya terlebih dahulu. Beberapa make up artist juga sering mendapat permintaan untuk mengaplikasikan teknik make up tersebut.

Make up artist profesional Bubah Alfian mengaku sering mengaplikasikan teknik sunburn blush make up kepada kliennya.

Bubah yang biasa merias artis papan atas seperti Bunga Citra Lestari, Cinta Laura, Raline Shah, Velove Vexia, sampai Raisa menyebut sunburn blush make up sebagai cara merias wajah yang natural tapi terlihat seksi. Make up ini, kata Bubah, sangat cocok untuk kulit wanita Indonesia.

“Sekilas memang aneh, tapi kalau bisa melakukannya dengan baik, blush on yang disapu dari pinggir sampai hidung dan menyambung lagi ini sangat seksi,” kata Bubah dalam keterangannya.

Brand ambassador Nivea ini juga mengatakan tren sunburn blush make up sudah menjangkiti Indonesia sejak beberapa tahun terakhir.

Hingga sekarang, teknik make up itu masih digandrungi para beauty blogger, make up enthusiast, sampai masyarakat umum.  

Baca Juga:

  1. Inilah Fungsi Face Mist dalam Dunia Make Up
  2. Make Up Natural Saat Idul Fitri, Simak Langkahnya!
  3. Ingin Tampil Cantik? Ini Dia Tren Makeup 2022
Baca Juga :  Manfaat Cuci Muka dengan Air Kelapa untuk Wajah

“Sebenarnya ini sudah beberapa tahun. Dulu yang pakai Agnes Monica dan Dewi Persik. Biasanya warna (blush on) yang dipakai itu pink dan peach. Makin ke sini banyak deh yang pakai. Bahkan merek ternama juga ada yang luncurin make up sunburn series,” katanya.

Teknik sunburn blush ala Bubah Alfian yang bisa Cityzen tiru

Bubah menyebut sunburn blush make up ini juga sangat cocok dengan karakter kulit wanita Indonesia yang berwarna sawo matang.

Namun demikian, diperlukan kecermatan dalam memilih jenis make up yang dipakai serta cara mengaplikasikannya. Berikut tips merias dengan sunburn blush dari Bubah.

1.    Pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit. Aplikasikan secara merata ke semua bagian wajah.

2.    Jika ingin menggunakan bedak, pilihlah bedak tabur (loose powder) yang ringan. Jangan pakai bedak padat (compact atau pressed powder). 

3.    Setelah selesai dengan riasan mata, mulailah memilih warna blush on yang diinginkan dan sesuai dengan warna kulit. 

4.    Pilih juga kuas wajah yang  sesuai, biasanya berbentuk pipih dengan ujung sapu mengembang.

5.    Pegang ujung brush agar tidak menekan ke wajah. Aplikasikan blush on dengan memulas brush agak mengambang dari kulit wajah.

6.    Mulai aplikasikan blush dari pipi kiri dan kanan, kemudian baurkan hingga bertemu di area hidung. Pastikan membaurkannya dengan baik. Jika warna dirasa kurang intens, sapukan lagi blush on secara tipis hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

Baca Juga :  Makamah Konstitusi: Debt Collector Bisa Sita Mobil dan Motor Tanpa Proses Pengadilan

7.    Terakhir, gunakan setting spray yang disemprot dari jauh agar make up tahan lama.

8.    Sebagai catatan, Bubah tidak merekomendasikan penggunaan bedak. Untuk gantinya, cukup gunakan foundation.

Ini untuk mendapat hasil akhir blush on yang menyatu dengan baik di kulit wajah dan memancarkan efek basah.

Merias dengan sunburn blush juga harus memperhatikan bentuk wajah. Berikut tips dilansir dari berbagai sumber untuk berbagai tipe wajah.

•    Wajah oval, cukup mengaplikasikan blush on melingkar saja di bawah mata.

•    Wajah bulat, kamu perlu membuat tampilan tirus dan tajam agar rona merahnya tidak membuat kesan wajah kamu semakin bulat. Aplikasikan blush on dari bagian atas tulang pipi ke dekat pelipis secara meruncing ke atas.

•    Wajah lonjong, fokuskan blush on di bagian tengah bawah mata secara melingkar agar wajahmu tidak tampak semakin panjang.

•    Wajah segitiga, lembutkan bagian yang tajam dengan cara mengapliaksikan blush on berupa lingkaran di atas tulang pipi.

•    Wajah persegi, gunakan teknik shading agar wajah tidak tampak lebar. Aplikasikan blush on di atas tulang pipi secara melingkar ke arah telinga kamu, lalu gunakan teknik shading di area pelipis dan garis rahang.

•    Tips lain untuk tren pakai blush on di bawah mata adalah mengaplikasikan blush on tipis-tipis saja terlebih dahulu. Jangan langsung tebal supaya tidak terlihat menor.

Kesehatan-Kecantikan

Mau Lebih Sehat? Ganti Kopi dengan Minuman Ini

Published

on

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

mycity.co.id Sebagai penikmat kopi, minuman berwarna hitam pekat ini seperti menjadi andalan sehari-hari, apalagi bisa menjadi pencegah kantuk pagi hari. Kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Namun hal ini bisa dirasakan ketika seseorang minum kopi dengan porsi yang pas dan tepat. Namun bila dikonsumsi setiap hari, pastinya akan memiliki efek samping seperti gangguan tidur, masalah lambung hingga penyakit jantung.

Nah, bagi pecandu kopi tetapi mau merubah pola hidup, mycity.co.id sudah merangkum beberapa minuman sehat dari berbagai media. Berikut minuman sehat pengganti kopi yang patut dicoba.

Teh hijau
Teh yang satu ini dikenal sebagai minuman dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau merupakan minuman mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan teh hijau juga dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit karena berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah dapat meningkatkan fungsi otak, performa fisik, dan bahkan menurunkan risiko berbagai kanker.

Baca Juga :  Mahasiswa Siap Kembali ke Jalan jika Tuntutannya Tak digubris Jokowi

Kombucha
Ini adalah minuman yang fermentasi yang terbuat dari teh hitam sehingga menghasilkan probiotik atau yang dikenal dengan bakteri baik. Kombucha juga mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan. Banyak penelitian menemukan kalau kombucha memiliki berbagai macam kesehatan seperti sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, serta mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Jahe
Rempah yang pasti ada di setiap rumah ini, bisa dijadikan minuman sehat pengganti kopi. Bahkan bila diminum pada pagi hari, ternyata memiliki efek yang sama dengan secangkur kopi. Jahe yang memiliki aroma khas dan cenderung kuat ini, bisa membuat orang yang meminumnya terjaga. Selain mencegah kantuk, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lain, terutama untuk kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut antara lain meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood bagi wanita yang tengah menstruasi.

Baca Juga :  Setelah 28 Tahun, Wanita Pemilik Kuku Terpanjang di Dunia Akhirnya Potong Kuku

Jus buah
Memiliki kalori yang lebih tinggi dari jus sayuran, jus buah kaya akan vitammin yang baik untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat vitamin dari buah, jus lebih baik tidak ditambah gula atau kental manis.

Baca Juga :  Ngeri, Para ilmuwan Hidupkan Lagi Virus Purba Berumur 48.500 Tahun

Matcha
Dibuat dari jenis daun yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinensis. Walaupun demikian, matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga matcha bisa dijadikan minuman pengganti kopi. Selain kafein, matcha juga mengandung konsentrasi molekul antioksidan yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang lebih tinggi dari teh hijau. Menurut sebuah studi, kandungan EGCG ini berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa
Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori. Selain itu, beberapa studi juga telah menemukan bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan. Mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan jantung adalah beberapa diantaranya.
Jika ingin minum air kelapa, Anda bisa meminumnya langsung dari buahnya.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Selain Dikonsumsi, Ini Manfaat Timun untuk Kecantikan

Published

on

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

mycity.co.id – Timun atau mentimun merupakan kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Biasanya timun sering dijadikan sebagai lalapan, olahan makanan ataupun minuman.

Dilansir Mycity,co,id dari berbagai laman media, Timun mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, mineral, rendah kalori, dan rendah lemak. Timun juga mengandung 95% air yang dapat membantu agar tubuh tidak dehidrasi.

Selain baik untuk kesehatan, ternyata timun juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Beberapa manfaat timun untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, antara lain:
1. Mengencangkan Kulit
Timun memiliki sifat astringen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Menggunakan timun untuk perawatan wajah dapat membantu menutup pori-pori kulit.
Timun juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembapan dan kesehatan serta mencegah kulit berjerawat.

Baca Juga :  Pentingkah Pria Merawat Diri?

2. Mengobati Kulit Iritasi dan Mengatasi Jerawat
Timun mengandung antioksidan yang memberikan efek menenangkan pada kulit yang iritasi dan bengkak. Caranya dengan memanfaatkan ampas dari jus timun dan digunakan sebagai masker wajah. Selain itu masker timun juga memiliki manfaat untuk melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau terasa perih.

Baca Juga :  AJI: Upah Layak Jurnalis 2022 Sebesar Rp8 Juta

3. Menyegarkan Wajah
Mencampurkan air mentimun dengan bahan alami seperti teh hijau atau lidah buaya dapat membuat wajah menjadi segar. Caranya dengan mengaplikasikan campuran tersebut ke wajah lalu dibilas dengan air hingga bersih.

4. Mencegah Keriput
Keriput merupakan kondisi kulit yang mengalami pengenduran akibat bertambahnya usia. Selain itu tanda penuaan lainnya juga dengan timbulnya garis-garis pada wajah.
Kandungan antioksidan pada timun dapat membantu melawan tanda penuaan dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan sel baru.

Baca Juga :  Jamu Ibu Negara Korsel, Iriana Joko Widodo Berkeliling Hotel Ajak Nikmati Kebudayaan Bali

5. Menyamarkan Kantung Mata.
Manfaat lain dari timun adalah untuk mengurangi kantung mata. Timun memiliki kandungan vitamin C dan asam kafeat yang dapat membantu mengurangi kantung mata. Menggunakan masker timun atau irisan timun di kelopak mata mampu mengurangi kantung mata.

Sebagai pengingat, berbagai manfaat dari timun yang dideskripsikan akan maksimal jika disertai dengan gaya hidup sehat dan perawatan kulit wajah yang tepat.
Beberapa orang mungkin ada yang alergi terhadap timun. Jika terjadi alergi setelah menggunakan masker timun, hentikan pemakaian masker timun dan segera konsultasi dengan dokter.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Manfaat Minum Jus Wortel Setiap Hari untuk Kulit

Published

on

Jus Wortel/Alodokter

Jus Wortel/Alodokter

Mycity.co.id Tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata, ternyata jus wortel juga menjadi solusi yang tepat dan aman untuk menjaga kesehatan kulit.

Sayuran yang berwarna oranye ini memiliki beragam kandungan yang baik untuk kecantikan, di mana tinggi akan vitamin dan gizi, tidak terkecuali beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di tubuh.

Keberadaan vitamin A inilah yang bisa membantumu untuk melawan jerawat, memperlambat kematian sel, serta mengurangi efek dari penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari secara langsung.

Lalu apa saja manfaat yang mengesankan dari jus wortel bagi kulit apabila diminum secara rutin?

Baca Juga :  Inilah Spesifikasi Jet Tempur Buatan Indonesia & Korsel

1. Mengencangkan kulit
Vitamin C yang terkandung dalam manfaat jus wortel untuk wajah membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuhmu.

2. Menstimulasi produksi kolagen
Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat.

Baca Juga :  Manfaat Cuci Muka dengan Air Kelapa untuk Wajah

Maka dari itu perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel.

Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit. Berkat kandungan tersebut, manfaat jus wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen.

3. Melembabkan wajah
Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kamu bisa memanfaatkan manfaat jus wortel untuk wajah sebagai cara melembabkan wajah secara alami.

Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

Baca Juga :  Inilah 4 Hotel Paling Unik di Yogyakarta

4. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari
Manfaat jus wortel untuk wajah juga dapat mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin konsumsi jus wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat.

Wortel juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

5. Membuat kulit lebih bersinar
Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan ini manfaat jus wortel untuk wajah adalah membuat kulit lebih glowing.

Disarankan untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat.

Sumber : Berbagai Sumber

Continue Reading
Advertisement

Trending