Connect with us

LPDP Danai Rp242,8 M Untuk 305 Prioritas Riset Nasional (PRN)

Published

on

Prioritas Riset Nasional (PRN) adalah instrumen kebijakan untuk menyinergikan riset dan pengembangan yang dilakukan kementerian atau lembaga.

PRN bertujuan agar alokasi sumber daya (sumber daya manusia, sarana prasarana, dan pendanaan) bisa dikelola secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Pemerintah Anggarkan Rp 124 T Untuk Koperasi dan UMKM

Dengan begini, PRN bisa mendukung pencapaian hasil riset dan pengembangan yang berkontribusi untuk peningkatan nilai tambah di sektor ekonomi.

“PRN tidak hanya berlandaskan pada topik riset yang berorientasi pasar atau solusi jangka pendek, tetapi mencakup topik riset fundamental yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi bangsa di masa depan,” kata Bambang, Menteri Riset dan Teknologi saat penyerahan dana PRN secara virtual di Ruang Rapat Inovasi Lt.2 Gedung BJ Habibie, Jakarta pada Jumat (17/7/2020).

Menteri Bambang mengatakan dana yang disalurkan sebesar Rp 242,8 miliar untuk 305 proposal terpilih. Pendanaan PRN semula berasal dari anggaran Kemenristek/BRIN. Pandemi Covid-19 membuat anggaran Kemenristek/BRIN terpotong. Sekarang pendanaan PRN berasal dari dana abadi penelitian dan dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca Juga: Walt Disney Ikut-ikutan Blokir Facebook

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, Rionald Silaban mendukung pelaksanaan PRN sebagai langkah nyata riset yang terintegrasi secara nasional. Pelaksanaan PRN 2020 dikawal oleh Kemenristek/BRIN dengan pendanaan dari LPDP.

Seluruh produk inovasi akan dikerjakan oleh 46 lembaga yang terdiri dari Lembaga Litbang Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Perguruan Tinggi, dan Organisasi Non Pemerintah.

Dukungan LPDP Kementerian Keuangan melalui skema Riset Inovatif Produktif (Rispro) Mandatori diapresiasi oleh Prakoso.

“Dari 305 judul proposal yang diterima telah dibagi ke dalam WBS (work breakdown structure) yang nantinya akan menghasilkan 45 produk inovasi,” kata Prakoso, Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek/BRIN sekaligus Ketua Pelaksana Tim Manajemen PRN.

Baca Juga: BMKG: Sebagian Besar Sulawesi Bakal Hujan Hingga 21 Juli 2020

Lebih jauh, Prakoso menjelaskan sembilan fokus riset dalam PRN 2020, yaitu pangan, energi, kesehatan obat, transportasi, produk rekayasa keteknikan, hankam, kemaritiman, soshum (seni budaya, pendidikan), dan lainnya (multi disiplin, bencana, stunting, iklim).

Peluncuran virtual itu diikuti oleh Plt. Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek/BRIN, Muhammad Dimyati; Direktur Pengembangan Teknologi Industri Kemenristek/BRIN, Hotmatua Daulay; Direktur Fasilitas Riset dan Rehabilitasi LPDP, Wisnu Sardjono Soenarso; pejabat eselon I, II, III, dan IV Kemenristek/BRIN dan LPNK; pimpinan perguruan tinggi; dan perwakilan dari industri. (Al-Hanaan)

Foto: Covid19.go.id

Advertisement

Investment

Pengurus PPI Dunia di Lantik di VDNI Konawe, Achyar : Kami Siap Dukung Hilirisasi Industri

Published

on

Proses pelantikan pengurus PPI Dunia di kawasan Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11/2022) Foto: Andi May/Mycity.co.id

Proses pelantikan pengurus PPI Dunia di kawasan Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11/2022) Foto: Andi May/Mycity.co.id

mycity.co.id – Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) periode 2022-2023 resmi dilantik di kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu, (26/11/2022).

Perhelatan pelantikan PPI Dunia dihadiri oleh 40 mahasiswa yang tergabung dalam PPI Dunia secara luring dan ratusan lainnya yang menyaksikan secara daring.

Prosesi pelantikan dihadiri pula Direktur Utama PT VDNI, Zhou Yuan, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Zamrun Firihu dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sultra.

Koordinator PPI Dunia, Achyar Al Rasyid mengatakan pelajar Indnesia wajib mendukung investasi dan hilirisasi industri yang seiring dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pelestarian lingkungan.

“Kami para pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri, mendukung 100% jalannya hilirisasi industri di dalam negeri. Kami siap untuk membantu pemerintah dari berbagai aspek untuk mendukung hilirisasi industri ini, demi Indonesia menjadi Bangsa Pemenang.” tutur Achyar kepada mycity.co.id di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu, (26/11/2022).

Selain prosesi pelantikan, PPI Dunia juga menjalin kerjasama dengan PT VDNI dengan menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan dalam kajian pelestarian lingkungan, gerakan penghijauan dan membuka membuka peluang intership (magang).

“Kerjasama ini berkomitmen untuk bergotong royong dengan semua pihak demi kepentingan Bangsa Indonesia,” ujar Achyar.

Terakhir, Achyar berharap para mahasiswa Indonesia bisa mendukung proses hilirisasi industri di Indonesia seperti yang dilakukan PT VDNI agar bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju dan bangsa pemenang.

Continue Reading

Otomotif

Titah Jokowi: Kendaraan Dinas Listrik Boleh Sewa & Konversi

Published

on

Presiden Jokowi menerbitkan aturan untuk sewa atau konversi kendaraan listrik. (Inilah)
Presiden Jokowi menerbitkan aturan untuk sewa atau konversi kendaraan listrik. (Inilah)

mycity.co.id – Presiden Joko Widodo resmi menerbitkan aturan yang meminta pemerintah, baik pusat maupun daerah diminta menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan itu akan digunakan sebagai kendaraan dinas. Inpres ini berlaku sejak Selasa (13/9/2022).

Aturan itu termaktub dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Aturan ini sejalan dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle).

Sedangkan, instruksinya diberikan kepada 10 level pemerintahan, di antaranya Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Kemudian Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, dan Para Bupati/Wali Kota.

Instruksi ini resmi dikeluarkan Jokowi tertanggal 13 September 2022 dan resmi diterapkan sejak pertama kali aturan tersebut dirilis.

Dalam aturannya ini, salah satu yang diminta Jokowi menginstruksikan jajaran untuk mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangan masing-masing. Hal ini demi melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan listrik ada lingkungan dinas.

Dengan begitu kendaraan dinas berbasis baterai dapat menggantikan kendaraan listrik yang ada saat ini.

Langkah pertama yang dapat diambil yakni menyusun dan menetapkan regulasi turunan dan/atau kebijakan untuk mendukung percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Kendaraan digunakan sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Pilih Sewa

Di sisi lain, terkait adanya instruksi Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menyewanya ketimbang harus membelinya.

Menhub Budi beralasan dengan menyewa lebih masuk akal di tengah terbatasnya anggaran Kementerian Perhubungan.

“Adanya Inpres mewajibkan bagi K/L untuk melaksanakannya. Yang kami lakukan adalah leasing (menyewa) kendaraan listrik, jadi tidak perlu membeli. Insya Allah ini bisa menjadi kunci bagi K/L lain,” kata Menhub Budi.

Continue Reading

Seni-Film

BLACKPINK Konser di Jakarta Tahun Depan, Catat Tanggalnya!

Published

on

BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta pada Maret tahun depan/Instagram

BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta pada Maret tahun depan/Instagram

mycity.co.id BLACKPINK bakal gelar konser di Jakarta tahun depan. Ini menjadi kabar gembira bagi BLINK, penggemar musik tersebut di Tanah Air yang sudah menunggu-nunggu. Kabar konser BLAKCPINK ini dibagikan oleh akun Instagram, @jakartakonser.

Dalam unggahan tersebut, terungkap bahwa grup yang berada di bawah naungan YG Entertainment ini akan menggelar konser di Jakarta pada 11 dan 12 Maret 2023. “CONFIRMED, BLACKPINK is coming back to Jakarta on 11-12 March 2023,” tulis akun tersebut dikutip Sabtu (26/11/2022).

Tak tanggung-tanggung, Gelora Bung Karno, Main Stadium, Jakarta Pusat dipilih menjadi lokasi konser BLACKPINK selama 2 hari. Di mana Lisa, Jennie, Jisso dan Rose akan memberikan penampilan spesialnya untuk penggemarnya di Tanah Air.

Nantinya, konser BLACKPINK tersebut akan memiliki jadwal berbeda. Yaitu pukul 19.00 WIB untuk konser BLACKPINK 11 Maret 2023, dan 18.30 WIB pada 12 Maret 2023.

Sementara itu, penjualan tiket akan dibagi menjadi dua. Yaitu Weverse Presale yang dimulai pada 14 November dan publik pada 15 November.

“Bergabung dalam BLINK Membership di Weverse Shop, kemudian mendaftar untuk Fanclub Presales di Weverse,” tulis akun Instagram @ime_indonesia.

Sayangnya, pihak promotor belum mengungkap harga untuk tiket konser BLACKPINK. Namun, para BLINK sudah siap dan tak sabar untuk berburu tiket konser.

BLACKPINK sendiri tengah menyiapkan tour Asia usai merilis album terbaru Born Pink. Sejumlah negara di Asia akan dikunjungi pelantun How You Like That itu, seperti Thailand, Malaysia, Singapura hingga Indonesia.

Ini merupakan kedua kalinya BLACKPINK tampil di Jakarta. Mereka sebelumnya sempat konser di Tanah Air pertama kali pada 2018.

Continue Reading
Advertisement

Trending