Connect with us

Lifestyle

Kulit Pisang Bisa Dibuat Bacon? Begini Resepnya

Published

on

Bacon kulit pisang yang sedang viral di TikTok menghebohkan para netizen. Bentuknya memang menyerupai bacon yang pipih memanjang dan berwarna kecokelatan. Sebelum menyantapnya, Anda tidak akan tahu bahwa ini bacon ‘palsu’.


Seperti dilansir Real Simple, Charles Hunter III, personal chef sekaligus food blogger The Salted Table adalah orang yang mengulik resep bacon kulit pisang. Namun rupanya Hunter terinspirasi dari Tabitha Brown, seorang vegan sekaligus pengguna TikTok.

Dalam laman blog-nya, dirinya bercerita bahwa melihat video Brown memasak membuatnya termotivasi untuk membuat versi bacon kulit pisang yang lebih baik. Dia juga banyak melihat referensi video dan membaca beberapa resep sebelum bereksperimen.

Baca Juga:

  1. Prancis Tegaskan Akan Terus Lawan Ekstremisme Islam
  2. Serukan Boikot Produk Prancis, Erdogan Ditantang Tutup Pabrik Renault
  3. Pernyataan Kontroversial Macron Soal Islam, Negara Arab Ramai-ramai Boikot Produk Prancis

Bacon kulit pisang merupakan alternatif bacon untuk mereka yang tidak mengonsumsi produk hewani atau vegan juga vegetarian. Penggunaan kulit pisang pun bisa meminimalisir sampah rumah tangga.

“Jika Anda membeli pisang biasa, gosok kulitnya dulu untuk menghilangkan lapisan pestisida dan bahan sintetis yang ada pada pisang,” tulis Hunter.

Berikut resep bacon kulit pisang ala Hunter.
Bahan:
1 sendok makan kecap
1 sendok makan saus Worcestershire
1/4 sendok teh bubuk bawang bombay
1/4 sendok teh bubuk bawang putih
1/4 sendok teh garam kosher
1 sendok teh dark brown sugar
1/2 sendok teh liquid smoke
1/2 sendok teh paprika asap
1/4 sendok teh lada hitam
2 buah pisang, ambil kulitnya dan potong menjadi 4 bagian
1/2-3/4 sendok makan minyak alpukat

Cara membuat bacon kulit pisang

1. Kikis daging buah dari kulit dengan sendok, pisau atau spatula. Pisahkan. Sementara itu campur semua bahan bumbu dalam mangkuk.

2. Celupkan kulit pisang dalam bumbu, pastikan seluruh bagian kulit terlapisi lalu biarkan dalam kulkas selama 2-4 jam.

3. Siapkan wajan dengan sedikit minyak lalu letakkan kulit pisang. Beri jarak agar kulit tidak memenuhi wajan. Sebaiknya bumbu tidak dituang ke wajan dan minimalisir menggosok kulit pisang karena akan merontokkan bumbu.

4. Nyalakan api, kecil hingga sedang dan biarkan kulit pisang mulai mendesis. Saat ada percikan selama beberapa menit, balik kulit. Lakukan 2-3 kali hingga kulit pisang menjadi gelap dan bumbu terkaramelisasi sempurna.

5. Tiriskan kulit dan segera sajikan selagi hangat. Jika ingin disimpan, bacon kulit pisang maksimal bisa dinikmati dalam 48 jam saja.

Lifestyle

Trik Tidur Ala Tentara, Langsung Pulas dalam 2 Menit

Published

on

By

Ilustrasi Tidur Tentara

Sebagian orang mengalami kesulitan untuk dapat tertidur pulas. Namun, belum lama ini sedang viral terkait trik tidur hanya dalam 2 menit saja yang dilakukan para tentara.

Sharon Ackerman mempopulerkan trik tidur ini, yang awalnya berasal dari sebuah buku. Buku tersebut berjudul, Relax and Win: Championship Performance. Baginya, cara tersebut mampu membantu pilot angkatan laut tertidur dalam waktu 2 menit atau bahkan kurang dari itu. Metode ini dinamakan dengan metode militer.

Jika telah menguasai metode tersebut dengan baik, seseorang akan bisa tertidur lebih cepat lagi. Yaitu, hanya dalam hitungan 10 detik saja. Akan tetapi, tidak mudah untuk dapat menguasainya. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam melakukannya, mungkin sekitar 6 minggu untuk seseorang mulai terbiasa. Ada 2 teknik yang harus dikuasai, teknik bernapas, dan teknik relaksasi otot.

Teknik bernapas

Ilustrasi Teknik Bernapas

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara mengambil napas melalui mulut selama 4 detik, kemudian tahan napas sekitar 7 detik, setelah itu buang napas melalui mulut selama 8 detik. Metode ini dinamakan 4-7-8, dalam teknik bernapas. Hanya dilakukan 4 kali saja, teruntuk pemula. Jika telah mulai terbiasa, kalian baru bisa melakukannya sampai 8 kali.

Baca Juga:

  1. Bingung Kenapa Menjadi Mudah Marah? Ini Penyebabnya
  2. Tips Berdamai dengan Diri Sendiri jika Hidup Berjalan Tak Sesuai Harapan
  3. Kupas Meditasi & Ragam Manfaatnya

Teknik relaksasi otot

Ilustrasi Relaksasi Otot

Selanjutnya, untuk dapat tidur dengan mudah adalah, kalian harus menguasai teknik relaksasi otot juga. Hal ini dilakukan untuk melepaskan ketegangan yang terjadi pada otot, sehingga secara perlahan kalian akan tertidur. Untuk melakukannya, kalian perlu memikirkan dan membuat otot tegang tanpa memberikan tekanan.

Jika telah menguasai teknik bernapas terlebih dahulu, maka akan mudah dalam melakukan teknik ini. Bayangkan otot menjadi lebih rileks dan lemas, ketika setiap kali membuang napas. Dengan begitu, tubuh yang terasa rileks akan lebih mudah dan cepat untuk bisa tertidur.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan agar dapat tertidur dengan mudah, seperti yang dikutip dari Healthline (25/01/2022). Simak informasinya di bawah ini.

  1. Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut
  2. Santaikan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke sisi tubuh
  3. Buang napas dan rilekskan dada, kaki, paha, hingga betis
  4. Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan suasana santai
  5. Jika ini tidak berhasil, coba ucapkan kata-kata ‘jangan berpikir’ berulang-ulang selama 10 detik
  6. Dalam 2 menit atau kurang, biasanya orang yang mencoba trik ini akan langsung tertidur pulas

Trik ini sangat cocok diterapkan untuk kalian, yang memiliki kesulitan untuk tidur. Dengan melakukan langkah tersebut, kalian akan dapat merasakan tidur yang nyeyak di setiap malamnya.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Hari Gizi Nasional, Inilah Ragam Tanda Anak Anda Alami Gizi Buruk

Published

on

Ilustrasi gizi buruk
Ilustrasi gizi buruk

Hari ini, Selasa (25/1/2022), diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Nutrisi yang tepat amat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang anak.

Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengambil tema Hari Gizi Nasional dengan berfokus pada masalah stunting dan obesitas. Tema Hari Gizi Nasional ke-62 Tahun 2022 adalah “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”.

Mengingat Indonesia saat ini masih perlu mengatasi berbagai masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro.

Baca Juga:

  1. Ragam Bahaya yang Menanti di Balik Metaverse
  2. Korea Selatan Bangun Metaverse Seoul, Kota Digital Pertama di Dunia
  3. Tren Baru, Orang Kaya Ramai-Ramai Beli Tanah di Metaverse

Permasalahan tersebut dapat dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal, infeksi berulang, pelayanan kesehatan yang tidak memadai dan kurangnya aktifitas fisik.

Upaya pencegahan masalah gizi ganda dilakukan melalui berbagai upaya baik intervensi spesifik dan sensitif terutama pada 1000 HPK.

Lantas, bagaimana tanda-tanda anak mengalami gizi buruk? Berikut MyCity telah merangkum tanda-tandanya untuk Cityzen.

Perubahan berat badan

Sebagaimana dilansir Insiders, NHS mengungkapkan bahwa tanda terbesar malnutrisi adalah penurunan berat badan yang tidak disengaja, yang dikategorikan sebagai kehilangan 5-10 persen berat badan dalam tiga-enam bulan.

Kondisi ini bisa menjadi tanda kekurangan gizi, meskipun perlu dicatat bahwa penurunan berat badan yang cepat dapat menjadi tanda dari berbagai kondisi kesehatan. Oleh karenanya, konsultasikan ke dokter saat Anda melihat berat badan Anda tidak stabil.

Sering sakit

Menurut Alix Turoff, ahli diet terdaftar di New York City, jika seorang anak tampaknya selalu terserang flu atau virus, mereka mungkin memiliki sistem kekebalan yang tertekan, dan itu juga bisa menjadi tanda kekurangan gizi.

Dia mengatakan tanda ini sering dimanifestasikan oleh infeksi yang sering dan penyembuhan luka yang buruk.

“Khusus untuk anak di bawah dua tahun, efek kekurangan gizi kronis dapat berlangsung seumur hidup. Mereka yang bertahan hidup mungkin mengalami penurunan daya tahan terhadap penyakit dan infeksi di kemudian hari,” kata Cathy Bergman, direktur nutrisi kesehatan dan sistem pangan Mercy Corps dalam sebuah unggahan di situsnya.

Stunting

“Perkembangan intelektual yang lambat, kesulitan belajar, gangguan kognitif, ketidakmampuan untuk fokus,” adalah tanda-tanda kekurangan gizi pada anak-anak, kata Turoff.

Hal ini bisa mengkhawatirkan pada tahun-tahun awal anak-anak karena otak mereka sedang berkembang dan kekurangan nutrisi yang cukup pada bayi dan anak-anak di bawah 2 tahun dapat berdampak buruk pada perkembangan kognitif.

“Jika otak Anda tidak pernah berkembang sepenuhnya sesuai kapasitasnya, maka Anda tidak akan mendapatkan banyak dari apa yang Anda pelajari,” kata Bergman.

Suasana hati buruk

“Suasana hati yang tertekan, bersama dengan tanda-tanda lain, juga dapat mencerminkan seorang anak menderita kekurangan gizi,” kata Allie Gregg, ahli diet terdaftar.

Kurang Aktif

Anak-anak tumbuh dan belajar hal-hal baru setiap hari. Menurut Feeding Matters, jika anak Anda memiliki tingkat aktivitas yang lebih rendah dari biasanya, atau tidur lebih lama dari biasanya, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan.

Pasalnya, saat anak kurang aktif ini bisa menjadi tanda kekurangan gizi.

Tanda lain anak kurang gizi


Sementara, menurut Kementerian Kesehatan, status gizi anak dapat diukur berdasarkan umur, berat badan, dan tinggi badan. Penting untuk mengetahui tanda anak gizi buruk sedari dini yakni usia balita.

Continue Reading

Lifestyle

Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Terbaik untuk Remote Working

Published

on

By

Ilustrasi Remote Working

Beberapa perusahaan di Indonesia, sebenarnya telah lama menerapkan sistem remote working. Biasanya profesi desainer, atau penulis sudah terbiasa dengan medel kerja seperti ini.

Remote working adalah, sistem kerja yang memungkinkan para pekerjanya untuk bekerja dari jauh. Mereka tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja, melainkan mereka bisa mengerjakan pekerjaannya dari rumah saja. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang menerapkan sistem di masa pandemi. Dengan begitu, bisa mengurangi mobilitas yang tinggi.

Ada 10 daftar negara terbaik yang melakukan remote working pada tahun 2022, untuk wilayah Asia Pasifik. Hal ini dibuat oleh Kayak, Travel agency daring, asal Amerika Serikat (AS). Dikutip dari laman resminya (24/01/2022), Mereka mengakses data yang ada baik internal maupun eksternal pada 1 September – 20 Oktober 2021.

Pihaknya membandingkan 111 negara menggunakan 22 faktor berdasarkan kondisi bekerja di suatu negara. Selain itu juga, mereka melihat kesempatan bagi pekerja untuk menjelajahi negara tersebut usai jam kerja.

Baca Juga:

  1. 4 Kota Tersehat di Dunia, Bikin Masyarakatnya Panjang Umur
  2. 7 Kota di Dunia yang Punya Nama Aneh, Ada Condom Sampai Anus
  3. Ini Alasan Kamu Harus Tinggal di Helsinki, Kota Paling Bahagia di Dunia

Berikut adalah daftar 10 negara di Asia Pasifik ntuk remote working pada tahun 2022 menurut Kayak, Travel agency daring asal Amerika Serikat (AS):

  1. Jepang
  2. Sri Lanka
  3. Taiwan
  4. Thailand
  5. Indonesia
  6. Australia
  7. Malaysia
  8. Singapura
  9. Filipina
  10. Selandia Baru

Dengan total skor 74 dari 100, membawa Indonesia termasuk ke dalam daftar negara terbaik di Asia Pasifik untuk remote working tahun 2022. Diketahui, Indonesia menduduki peringkat kelima. Kemudia mendapat nilai 47 dari 100, untuk fasilitas remote working. Dalam kategori ini mencangkup beberapa hal, antara lain kecepatan internet untuk mengunduh serta mengunggah, jumlah co-working, dan space.visa untuk remote working.

Sedangkan untuk peringkat pertama diraih oleh Jepang, dalam daftar negara terbaik untuk remote working di Asia Pasifik tahun 2022. Untuk total skor yang didapat Jepang, yaitu mencapai 90 dari 100. Negara ini memang dianggap begitu maju dari sisi teknologi.

Jadi, wajar saja jika Jepang tidak memiliki masalah terhadap kecepatan internet mereka. Negara ini merupakan negara dengan internet tercepat, dari daftar yang dibuat oleh Kayak. Negeri Sakura ini juga memiliki tingkat polpulasi yang rendah, sehingga udara di sana masih begitu sangat bersih dan segar.

Continue Reading

Trending