Connect with us

Arsitektur

Keren, Ada Kantin Layang di Kementerian PUPR

Published

on

Kantin Layang di Kementerian PUPR
Kantin Layang di Kementerian PUPR

Keberadaan kantin yang merupakan usaha kecil di Kantor Kementerian PUPR direvitalisasi dengan dibuat semacam skybride di atas jalur pedestrian. Ini juga untuk merevitalisasi kawasan sehingga jalur pedestrian bisa kembali digunakan dan kawasannya menjadi lebih tertata.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Kantin Higienis di lingkungan Kantor Kementerian PUPUR, Jalan Raden Patah, Kebayoran Baru, Jakarta. Kantin ini merupakan revitalisasi deretan kios pedagang kaki lima (PKL) yang berlokasi di pinggiran Jalan Raden Patah dengan dinaikan (melayang) sehingga fungsi pedestrian di bawahnya juga bisa digunakan.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, karena itu kantin ini dinamakan Kantin Layang (Kalayang) untuk memfungsikan kembali jalur pejalan kaki dan di sisi lain menyejahterakan para PKL. “Penataan Kalayang ini juga untuk meningkatkan estetika, kenyamanan, dan kebersihan kawasan kuliner selain meningkatkan pendapatan para PKL di sini,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Ada yang Laku Hingga Rp61 Miliar, Begini Cara Beli Tanah di Metaverse
  2. Elon Musk Kirim Sindiran Pedas untuk Metaverse
  3. Bill Gates: Bakal Banyak Orang Berkantor di Metaverse

Dengan telah hadirnya Kalayang ini Basuki berharap bisa ditingkatkan juga kualitas makanan dan lingkungan kantin. Kalayang ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana seperti air mengalir untuk cuci piring sehingga menjamin kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan karena mayoritas konsumen kantin ini para pegawai Kementerian PUPR.

Kalayang ini juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki. Menurutnya, kantin layang ini bisa menjadi contoh untuk kantor kementerian maupun instansi lainnya sekaligus untuk menata kawasan menjadi lebih baik dan tidak menggusur keberadaan para pelaku usaha kecil.

“Selama ini terjadi ironi, di sekitaran perkantoran PKL tempat makan para pegawai kurang terjaga kebersihan maupun kawasannya. Di sini PKL tidak diusir tapi dirangkul, diberdayakan, dan diberi tempat yang layak sehingga menciptakan kawasan yang bersih, fasilitas lengkap, hingga jadi nilai tambah kawasan dengan adanya kantin layang ini,” katanya.

Kalayang PUPR ini dibangun sejak bulan Oktober 2020 lalu oleh Ditjen Cipta Karya dengan anggaran senilai Rp24,4 miliar. Kontraktor pelaksananya oleh PT Ganiko Adiperkasa dan konsultan supervise PT Sava Bintang Padang. Lingkup pekerjaannya antara lain pondasi bore pile, pekerjaan struktur bawah, struktur atas, pekerjaan arsitektur, dan mekanikal elektrikal plumbing (MEP).

Kalayang memiliki luas mencapai 1.512,35 m2 yang terbagi menjadi tiga kawasan: kawasan utara dari Gerbang Bina Marga hingga Gerbang Raden Patah dengan panjang 121,1 meter, jembatan sepanjang 44,5 meter, dan kawasan selatan dari Gerbang Raden Patah hingga Gerbang Sumber Daya Air sepanjang 146,63 meter. Kapasitas tempat ini mencapai 480 pengunjung dan telah dilengkapi dengan delapan toilet.

Arsitektur

Gamer Sejati? Ini 6 Desain Kamar Gaming Super Keren & Bikin Kamu Betah

Published

on

Kamar Gaming

Bagi sebagian orang, gaming adalah kebahagiaan paling hakiki. Aktivitas gaming kini sudah jadi bagian dari lifestyle yang patut dirayakan, apalagi jika bisa melibatkan anggota keluarga sebagai acara seru-seruan bareng.

Bagi para gamers, tentu saja mereka ingin memiliki kamar gaming tersendiri. Mempunyai sebuah ruangan khusus untuk bermain game adalah hal yang sangat menarik, sehingga siapapun bisa bermain game dengan tenang tanpa adanya gangguan dari anggota keluarga lainnya.

Tidak hanya sekadar dekorasi yang menarik saja, melainkan juga setup permainan maupun komputer dengan kualitas tinggi menjadi identitas penting.

Umumnya, seorang gamer bisa mengeluarkan biaya hingga puluhan bahkan ratusan juta untuk membuat sebuah kamar gaming dengan spesifikasi mumpuni.

Berikut MyCity merangkum berbagai ide kamar gaming yang keren dan bikin Cityzen betah berlama-lama main game di sini.

Futuristik

futuristik

Jika ruangan di rumah Anda kecil, Anda tidak perlu khawatir. Maksimalkan ruangan kecil di rumah Anda menjadi kamar gaming yang nyaman! Pertama, pastikan Anda menggunakan cat berwarna cerah untuk menciptakan ruangan yang terlihat lebih luas dari sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan AC untuk memastikan ruangan kecil tetap terasa sejuk dan nyaman.

Kamar Gaming dengan Lampu RGB

Kamar Gaming dengan Lampu RGB

Saat ini, aksen RGB tidak hanya identik dengan kombinasi warna, tetapi juga dikaitkan dengan aksen gaming. Pada saat yang sama, warna RGB sebagai kombinasi dalam desain ruang permainan menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana estetik dengan tekstur warna-warni. Tidak hanya untuk layar komputer, Anda juga bisa menerapkan tekstur RGB pada keyboard dan mouse di rumah.

Desain Industrial

Desain yang satu ini cocok diterapkan jika ingin kamar yang bernuansa gelap. Memadukan warna hitam, abu-abu serta lengkap dengan penggunaan tembok bata exposed, material kayu dan lampu gantung logam berbentuk bulat untuk menampakkan kesan unfinished. Kamar konsep industrial umumnya minim sekat, agar nampak luas dan nyaman.

Style Japandi

Style Japandi

Mungkin Anda sudah familiar dengan gaya interior scandinavian yang mengedepankan skema warna kalem dan menonjolkan kesan alami nan lekat. Nah, bagaimana dengan Japandi atau Japanese Scandinavian? Gaya Japandi tepat sekali diaplikasikan pada kamar gaming agar terlihat minimalis, sederhana namun tetap kekinian. Tidak perlu meletakkan banyak perabotan, cukup tempat tidur dan beberapa ornamen untuk mempermanis sudut.

Model Mezzanine

Model Mezzanine

Desain kamar yang satu ini tidak kalah instagramable dan sedang ngetrend digunakan baik di rumah tapak maupun apartemen. Tidak hanya desain kompak, Anda dapat menciptakan desain yang pemanfaatan lahannya optimal dengan konsep kamar tidur mezzanine. Gunakan plafon tinggi dan konstruksi permukaan yang baik agar dapat membangun ruangan setengah lantai yang letaknya ada di antara permukaan lantai serta plafon. Dengan begitu, space lebih di lantai atas mezzanine dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur dan set komputer, LCD, kursi, meja serta berbagai peralatan gaming di lantai bawah.

Kamar Gaming Fungsional

Inilah salah satu desain yang cocok digunakan bila kamar tidak terlalu luas. Agar fungsional, Anda dapat menggunakan tempat tidur tingkat yang terintegrasi dengan set komputer. Walaupun terdapat di ruang sempit, meja komputer tetap terasa luas dan tidak mengganggu space untuk tidur.

Continue Reading

Arsitektur

Wajib Coba, Ini Ragam Desain Rumah Korea yang Minimalis & Modern

Published

on

Doo Jip House
Doo Jip House

Hingga saat ini pamor budaya Korea terus melejit, tak terkecuali di Indonesia. Mulai dari lagu hingga adopsi desain rumah Korea banyak jadi favorit berbagai kalangan masyarakat. Jika dilihat dari estetika, memang model rumah yang banyak muncul di drama Korea itu beragam dan cocok bagi selera orang-orang.

Seringkali ada aksen-aksen manis yang membuat desain rumah ala Korea punya khas tersendiri seperti penggunaan kayu dan perabot yang minimalis.

Desain rumah Korea tentu harus mempertimbangkan aspek eksterior dan interior rumah agar dapat hasil maksimal.

Baca Juga:

  1. Mendengar Tembang Dakwah Sunan Drajat, Si Sunan yang Gemar Mencipta Lagu
  2. Peran Sunan Gresik, Si Kakek Bantal dalam Membangun Sistem Irigasi di Tanah Jawa
  3. Pelabuhan Gresik: Bahari Para Wali, Awal Mula Islamisasi

Pertimbangan tersebut haruslah mengangkat beberapa unsur yang berkaitan dengan Korea. Biasanya rumah berdesain ala Korea banyak menggunakan konsep yang simpel dan minimalis.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan lainnya agar rumah yang kamu inginkan mirip dengan desain korea. Berikut MyCity telah merangkum beberapa desain rumah ala Korea yang modern dan minimalis.

Doo Jip House

Doo Jip House

Korea juga memiliki banyak perbukitan yang dijadikan hunian, salah satunya adalah Doo Jip House.

Rumah ini ditempati oleh dua keluarga yang didesain tetap nyaman, serta mengutamakan harmoni dan privasi tanpa memisahkan kedua keluarga tersebut.

Sekilas bangunan tampak seperti hunian untuk satu keluarga, tapi ternyata bagian dalam rumah dirancang cukup luas sehingga memungkinkan setiap penghuninya melakukan aktivitas secara bebas.

Kombinasi desain minimalis dan sentuhan hangat dari warna kayu juga membuat interior rumah ini nampak begitu rapi dan menawan.

Hunian ini memiliki konsep semi terbuka, di mana kaca digunakan sebagai partisi antar ruang untuk menciptakan kesan lebih luas.

Tak hanya itu Doo Jip House ini dilengkapi dengan area terbuka yang bisa dijadikan spot untuk menikmati udara segar.

Tak berlebihan namun tetap menegaskan kesan modern dan elegan, merupakan salah satu ciri khas desain rumah Korea masa kini.

Nuwa House

Nuwa House

Nuwa house memadukan pesona hunian tradisional Korea dengan gaya modern. Sentuhan ornamen kayu lengkap dengan gaya lesehan, mampu menciptakan atmosfer menenangkan sekaligus homey.

Menggunakan warna-warna netral serta menyertakan elemen hunian modern seperti kaca, ampuh menciptakan tampilan yang seimbang meski dengan space yang tidak terlalu besar.

Nuwa House merupakan representasi yang tepat, bagaimana desain rumah korea zaman dulu berpadu dengan gaya minimalis modern.

Penggunaan material alami dan konsep semi terbuka pada bangunannya, menjadikan Nuwa House sebagai tempat tinggal serta tempat beristirahat yang menenangkan.

Jika Anda ingin membeli rumah dijual dengan Hanok (bangunan tradisional Korea) sebagai acuan, tentu Nuwa House bisa jadi inspirasi yang tepat.

Ga On Jai House

Ga On Jai House

Ga On Jai House bak evolusi hunian zaman Joseon yang dikemas, dengan sentuhan arsitektur modern, elegan, dan pastinya menawan.

Salah satu ciri khas dari bangunan ini ialah setiap lahannya digunakan secara optimal, termasuk untuk kepentingan ekologis.

Kita bisa melihat adanya ruang terbuka hijau yang dipenuhi aneka ragam tumbuhan dan unsur air, yang membuat suasana terasa sejuk dan asri.

Meski terdapat ruang terbuka, namun privasi dan keamanan penghuni tetap terjaga karena bentuk bangunan yang mengelilingi area taman.

Salah satu faktor unik dari rumah ini adalah atapnya yang melengkung ke atas, yaitu Cheoma. Kita dapat merasakan sentuhan tradisional begitu melihat Ga On Jai House dari kejauhan.

Atap Cheoma ini juga dirancang menyesuaikan dengan iklim dan cuaca Korea yang memiliki empat musim. Bentuk atap seperti ini mempengaruhi sinar matahari yang masuk ke dalam bangunan.

Continue Reading

Arsitektur

Ini 5 Rekomendasi Desain Studio Podcast Minimalis tapi Keren

Published

on

ruang podcast

Podcast telah menjadi trend di kalangan milenial saat ini. Nah, buat kamu yang tertarik ingin membuat podcast, harus pintar-pintar untuk menyediakan alat dan setting ruang agar menjadi menarik.

Sebelum masuk ke dalam daftar alat-alat yang perlu kamu gunakan di dalam ruang podcast agar terlihat lebih profesional, ada baiknya kamu tau dulu apa defenisi dan penjelasan dari podcast itu sendiri.

Podcast adalah rekaman suara yang dapat juga disertai dengan video seseorang yang sedang berbicara mengenai topik-topik tertentu. Durasi podcast idealnya berdurasi 10-30 menit. Youtube dan spotify adalah contoh aplikasi yang biasa digunakan untuk mendengarkan dan melihat podcast.

Baca Juga:

  1. Mengenal Anggrek Ibu Tien Suharto, Sosok Ibu Negara yang Amat Mencintai Tanaman
  2. Peranan Tanaman Akar Wangi Sebagai Pencegah Bencana
  3. Nilam, Tanaman Wangi & Kaya Manfaat yang Jadi Buruan Pasar Mancanegara

Podcast dibagi menjadi tiga jenis yaitu solo podcast, multihost podcast, dan interview podcast.

Solo podcast merupakan jenis podcast yang di lakukan secara monolog atau hanya satu orang yang berbicara. Topik yang diangkat merupakan cerita dari orang yang berbicara atau sudut pandang dari orang tersebut.

Jenis podcast berikutnya yaitu multihost podcast dimana podcast dilakukan dengan host yang lebih dari satu orang. Jenis podcast ini menawarkan suatu diskusi, perdebatan, dan berbagai sudut pandang mengenai topik tertentu.

Podcast yang ke tiga adalah interview podcast, dimana terdapat satu host dan satu narasumber. Podcast interview mewawancarai orang-orang terkenal dan berpengaruh di lingkungan sang pembuat podcast.

Berikut MyCity telah merangkum beberapa rekomendasi ruangan podcast yang minimalis namun keren.

Ruang Podcast Minimalis Modern

Ruang Podcast Minimalis Modern

Pertama ada dekorasi ruang podcast minimalis modern. Perpaduan warna hitam, abu-abu dan putih membuat kesan ruangan menjadi kalem. Selain itu, kesan minimalis juga didukung oleh neon sign yang tidak terlalu ramai.

Ruang Podcast Gaya Japandi

Ruang Podcast Gaya Japandi

Gaya Japanese Scandinavian (Japandi) menjadi tren belakangan ini. Anda dapat mengaplikasikannya di podcast room tersayang. Perbanyak elemen kayu di dalam ruangan, tetapi jangan terlalu banyak meletakkan perabotan dan dekorasi. Cukup letakkan peralatan yang penting-penting saja. Dukung dengan material berwarna hitam dan abu-abu. Gaya ini akan membuat ruangan podcast simple tetapi tetap kekinian.

Ruang Podcast Style Natural

Ruang Podcast Style Natural

Berlama-lama di dalam ruangan podcast tentu membosankan. Salah satu siasatnya adalah membawa suasana alam ke dalamnya. Suasana natural mampu memberikan rasa tenang, sejuk serta meningkatkan fokus.

Bangun ruangan podcast dekat dengan jendela supaya pencahayaan lebih maksimal. Usahakan jauh dari keramaian orang-orang supaya kegiatan podcast tidak terganggu. Setelah itu, perbanyak tanaman serta peralatan berwarna coklat atau beige.

Ruang Podcast Gaya Industrial

Ruang Podcast Gaya Industrial

Rumah/ruangan gaya industrial sudah marak sejak lama. Nah ruang podcast pun juga bisa! Bisa melihat contoh dari ruang podcast Deddy Corbuzier yang mengusung konsep ini. Terlihat pada dinding podcast room yang menggunakan batu bata. Penggunaan material ini memberi kesan “belum jadi”. Selain itu, ruang podcast Deddy Corbuzier juga menggunakan tulisan berisikan quotes supaya industrial tadi bisa bercampur dengan kesan estetik.

Ruangan Podcast Fungsional

Ruangan Podcast Fungsional

Untuk Anda yang tidak hanya berkutat pada podcast, tetapi juga pada live streaming dan fotografi, dekorasi ruang podcast keren ini bisa dijadikan referensi. Biasanya referensi ini digunakan untuk ruangan yang menyatu dengan tempat tidur. Supaya tidak terasa sempit, Anda dapat memperlebar meja supaya space untuk bekerja tidak terganggu sama sekali.

Continue Reading

Trending