Connect with us

Market

Kepala Dinas Perdagangan Salatiga: Jangan Layani Pelanggan di Pasar Tanpa Masker

Published

on

Pandemi Covid-19 memukul keras perekonomian bangsa. Aktivitas ekonomi ditutup setelah diberlakukan pembatasan sosial. Sekarang, aktivitas ekonomi sudah bergeliat meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan harus ditaati.

Ratih Mayasari mengatakan pasar di Jakarta dibuka lagi sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi dimulai. Direktur Keuangan dan Administrasi Perusahaan Daerah Pasar Jaya itu bergerak cepat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Pasar dibuka sejak PSBB transisi dimulai yaitu lima Juni, yang dilakukan PD Pasar Jaya langsung kerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI melakukan swab test kepada 7.022 pedagang dan petugas parkir di pasar dan hasilnya satu-dua persen yang positif COVID-19,” terang Ratih Mayasari, Direktur Keuangan dan Administrasi PD Pasar Jaya di di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta pada Kamis (2/7/2020).

“Protokol kesehatan juga dilakukan, pertama pedagang dan pembeli wajib menggunakan masker, membagikan face shield gratis ke pedagang, menghimbau pembeli yang usianya sudah lanjut untuk tidak mendatangi pasar, pengecekan suhu tubuh dan tempat cuci tangan di pintu masuk dan menerapkan alur keluar masuk bagi pembeli, serta sosialisasi menggunakan papan-papan pengumuman,” imbuh Ratih.

Gubernur DKI Jakarta juga mengerahkan petugas ke seluruh pasar untuk memastikan penerapan protokol kesehatan seperti penyemporotan disinfektan secara rutin dan pengawasan terhadap orang yang terinfeksi Covid-19.

“Gubernur mengerahkan 5.500 personil untuk disebar ke 148 pasar (di jakarta) untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan dengan sistem dua shift,” Ratih mengungkapkan.

“PD Pasar Jaya telah melakukan penyemprotan pasar secara rutin, dan jika ada yang terindikasi positif akan ada penutupan sementara untuk dilakukan pembersihan (penyemprotan disinfektan) selama tiga hari,” Ratih menambahkan.

Ini semua membutuhkan kerja sama masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai makser, dan mencuci tangan secara teratur.

“Kolaborasi yang erat di pasar dengan seluruh dinas DKI, TNI / Polri dan masyarakat tetap dijalankan, kita harus tertib dan taat prosedur di pasar dan tidak ada lagi pelanggaran agar kedepannya menjadi lebih baik,” Ratih memungkasi.

Di daerah lain, Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga juga menggandeng paguyuban pedagang pasar untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. Tentu kerja sama antara pelanggan dan penjual mutlak diperlukan.

“Kami kerja sama dengan paguyuban pasar dan setiap pagi memberikan imbauan keliling pasar, untuk pembeli yang tidak menggunakan masker tidak akan dilayani oleh para pedagang, sedangkan bagi pedagang tidak boleh berjualan jika tidak menggunakan masker,” jelas Kusumo Aji, seperti dikutip dari laman BNPB, Kamis (2/7/2020).

Ekonomi harus segera pulih. Di sisi lain, kesehatan dan keselamatan harus diutamakan. Untuk itu jangan takut berbelanja sembari tetap patuhi protokol kesehatan. (Al-Hanaan)

Foto: salatiga.go.id

Advertisement

Market

Inilah 7 Mata Uang Kripto Buatan Indonesia

Published

on

Mata uang kripto buatan anak bangsa
Mata uang kripto buatan anak bangsa

Tren investasi cryptocurrency atau mata uang kripto di Indonesia semakin populer. Selama ini jenis cryptocurrency yang terkenal seperti Bitcoin, Ethereum, Doge Coin, dan Binance Coin merupakan buatan luar negeri.


Padahal, ada juga cryptocurrency buatan Indonesia yang menembus pasar perdagangan cryptocurrency Indonesia dan Global.

Berikut MyCity telah merangkum beberapa mata uang kripto buatan dalam negeri.

Baca Juga:

  1. Inilah 6 Pasar Tertua di Indonesia
  2. Gunung Semeru: Tempat Bersemayam Para Dewa & Catatan Sejarah Panjang Letusannya
  3. Jejak Peradaban Sejarah Berusia Ribuan Tahun di Ibu Kota Negara Baru

Tokenomy

Tokenomy

Berasal dari gabungan kata Token dan Ekonomi, Tokenomy merepresentasikan desain token dan rangkaian aturan ekosistem ekonomi dengan klaim mudah dan aman. Tokenomy merupakan cryptocurrency yang diciptakan oleh Oscar Darmawan, penggagas perusahaan perantara perdagangan kripto bernama Indodax.

Tokenomy dikembangkan dari blockchain Ethereum berbasis ERC20. Platform Tokenomy memiliki pasar untuk mendukung perdagangan cryptocurrency bernama Tokenomy Launchpad yang memberikan transformasi lebih sederhana dari setiap penawaran menjadi token blockchain.

Sejak diluncurkan pada 15 Januari 2018 melalui Initial Coin Offering (ICO), aset kripto berkode TEN ini mencapai kapitalisasi pasar total $9.941.532 pada tahun 2021. Token yang beredar sebanyak 200.000.000 unit dengan harga per unitnya Rp712.

Ana Coin

Ana Coin

ANA Coin (ANA) adalah cryptocurrency berbasis ERC-20 yang dikembangkan melalui jaringan blockchain milik Ethereum. ANA hadir berkat Rekeningku.com sebagai salah satu perantara perdagangan aset kripto di Indonesia melakukan Initial Coin Offering (ICO).

Diluncurkan pada 6 Juni 2018 dengan pasokan sebanyak 200.000.000 unit, sebanyak 40% unit koin atau setara 80 juta koin dijual ke publik. Cryptocurrency berkode ANA ini dapat memudahkan seluruh transaksi di Rekeningku.com, seperti penarikan dan pencatatan dana.

BBX Coin

BBX Coin

BBX Coin dibangun menggunakan smart contract dengan memanfaatkan platform Ethereum. Diluncurkan dengan skema Initial Coin Offering (ICO) di platform Rekeningku.com pada 2 Juli 2018, BBX Coin dihargai Rp14.000.

Suplai BBC Coin di pasaran saat pertama kali dirilis berjumlah 19,99 juta unit. Sebanyak 20% dari jumlah tersebut atau setara 4 juta unit BBX Coin dijual ke publik sedangkan sisanya diperuntukkan bagi peserta Loyalts Points.

Agri Coin

Agri Coin

Sesuai namanya, Agri Coin bertujuan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan dana pinjaman dari pemodal. Agri Coin (AGCMN) adalah aset kripto asal Indonesia dengan jaringan peer to peer dan difungsikan secara khusus untuk bisnis pertanian, mulai dari persiapan penanaman, distribusi, hingga penjualan hasil pertanian.

Cryptocurrency jenis ini diprakarsai oleh CEO dan Developer AGC Fund, Riski Yudistira yang melaksanakan Initial Coin Officer (ICO) pada November 2017. Saat ICO, sebanyak 12 juta Agri Coin diterbitkan.

Toko Token

Toko Token

Toko Token diluncurkan pada Maret 2021 oleh Tokocrypto dan menjadi cryptocurrency pertama asal Indonesia yang memiliki model token hybrid yang unik berupa utilitas CeFi dan DeFi. Utilitas CeFi memungkinkan TKO dimanfaatkan dalam program tabungan, seperti TKO Deposit. Sementara itu, utilitas DeFi memungkinkan TKO untuk dipakai pada lending dan farming pools.

Berada dalam jaringan BEP-20 yang merupakan standar penerbitan token pada Binance Smart Chain, TKO memiliki kapasitas transaksi berkecepatan tinggi dengan biaya rendah. TKO berkomitmen mengembangkan utilitas terbaru sehingga muncullah layanan staking dan saving. Layanan ini memberikan bunga yang dihitung berdasarkan durasi penyimpanan token kepada investor yang menyimpan tokennya.

Zipmex Token

Zipmex Token

Semula Zipmex Token diciptakan untuk meningkatkan, mempromosikan platform Zipmex, serta memberikan imbalan kepada pengguna Zipmex. Namun Zipmex Token semakin berkembang sehingga memfasilitasi para pemiliknya untuk melakukan staking dengan imbalan berupa Zip Up. Imbalan tersebut dapat meningkatkan jumlah cashback saat menggunakan Zip Pay.

Zipmex Token (ZMT) adalah token berbasis ERC-20 yang menawarkan beragam keuntungan dan kegunaan. Salah satunya prosentase bunga yang lebih besar. Sementara itu, Zipmex merupakan perantara perdagangan aset kripto yang secara legal beroperasi di Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Beroperasi dengan jaringan ERC-20 milik Ethereum Blockchain, Zimex Token dapat menunjang realisasi berbagai produk dan layanan inovatif lainnya. Kapitalisasi pasar Zipmex Token kini mencapai lebih dari 166 juta dolar Amerika dan diperkirakan akan terus bertambah.

Token XAU

Token XAU

Token XAU merupakan aset kripto asal Indonesia yang dikeluarkan oleh Xaurius. Menjadikan emas Antam sebagai aset dasarnya, masuk akal jika Token XAU mengusung konsep stable coin. Artinya, nilai Token XAU terkait erat dengan nilai emas Antam sebagai aset nyatanya. 1 XAU setara dengan 1 gram emas Antam.

Selaku direktur Xaurius, Nicco D Lawrence menuturkan bahwa penciptaan Token XAU dilatarbelakangi oleh keinginannya mengubah industri emas dengan menciptakan infrastruktur baru berbasis blockchain. Penerbitan token ini diharapkan menjamin transaksi emas berlangsung cepat, aman, dan transparan. Semua emas XAU sudah tersertifikasi oleh Antam dan emas dalam bentuk fisiknya disimpan oleh Xaurius dalam brankas perusahaan dan diaudit oleh pihak independen rutin per tiga bulan sekali.

Continue Reading

Market

Samtrade FX Dibekukan Singapura, Pemerintah Lepas Tangan Nasib Investor Indonesia

Published

on

Samtrade FX

FX Samtrade dibekukan oleh Monetary Authority of Singapore atau Otoroitas Keuangan Singapura. Terkait hal itu, Ketya Satuan Tugas Tugas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan pemerintah tidak dapat memberikan perlindungan bagi konsumen atau investor yang berinvestasi melalui Samtrade FX.

Suspen yang dilakukan MAS tersebut membuat para investor, termasuk investor dari Indonesia, tidak bisa melakukan deposit, hingga penarikan uang. Menanggapi hal itu, Tongam menyatakan pemerintah tak bisa memberikan perlindungan karena Samtrade FX belum memiliki legalitas.

“Hal ini perlu menjadi pembelajaran berulang, bahwa pemerintah tidak dapat memberikan perlindungan konsumen terhadap masyarakat yang menjadi korban akibat kegiatan entitas yang tidak memiliki legalitas di Indonesia,” kata Tongam.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Tongam menyatakan, entitas ini merupakan kewenangan dari otoritas negara lain, bagi investor yang sudah terlanjur menempatkan dananya diharapkan bersabar. Serta, investor perlu menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Monetary Authority of Singapore (MAS) terhadap Samtrade FX.

Adapun Satgas SWI telah lebih dulu melakukan penanganan kegiatan Samtrade FX. Sam Trade atau https://samtradefx.com telah diumumkan Satgas Waspada Investasi sebagai entitas illegal melalui Siaran Pers Nomr SP 09/SWI/X/2020 tanggal 27 Oktober 2020 dan juga telah dilakukan pemblokiran.

“Hal tersebut dilakukan untuk menghindari potensi kerugian yang akan dialami masyarakat Indonesia karena kegiatan Samtrade belum memiliki legalitas,” kata Tongam.

Continue Reading

Market

Tahun 2025, Potensi Pasar Digital Indonesia Capai Rp2,093 Triliun

Published

on

Ilustrasi potensi pasar digital Indonesia
Ilustrasi potensi pasar digital Indonesia

Indonesia memiliki potensi pasar digital yang amat besar dan terus berkembang. Bahkan di tahun 2021, sektor digital berkontribusi hingga 70 miliar dolar AS.

Potensi pasar digital Indonesia diprediksi bakal terus berkembang menyusul keputusan Cyworld Z Corporation, salah satu pemain pasar digital raksasa asal Korea Selatan (Korsel), bermain di Indonesia.

Advisor Cyworld Z Corporation Gitaek Oh mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan building Metaverse eco sistem di Indonesia dengan SNS platform hancom town Metaverse app.

“Meskipun cukup sulit di awal, kami yakin kerja sama ini akan berjalan baik,” ujar Gitaek.

Cyworld Z Corporation telah mengakuisisi platform media sosial dengan meluncurkan layanan beta Cyworld Mobile 3.0.

“Pada Maret 2021, kami membeli semua hak dan menghubungkan IP dengan Cyworld. Produknya adalah mobile SNS version. Penyelesaian restorasi semua data yang ada dan menyediakan layanan musik,” katanya.

Gitaek memaparkan, Cyworld Z Corporation memiliki 50 aplikasi yang ditawarkan dalam satu produk dan berkoneksi dengan MULA.

“Di awal, kami akan menggandeng perusahaan IT Indonesia Meteor Inovasi Digital dan Indonesia Tourism Information Center (IndonesiaTIC),” ujarnya.

“Peluang pasar cukup menjanjikan di Indonesia dengan Cyworld SNS platform hancom town Metaverse app,” kata Gitaek.

Senada dengan Cyworld Z Coorporation, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), juga optimistis pasar digital Indonesia bakal berkembang pesat. Jokowi bahkan meramal di tahun 2025 nanti bakal mencapai 146 miliar dolar AS atau Rp2,093 triliun.

Optimisme Jokowi itu bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi dan daya untuk menjadi kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara dan dunia, salah satunya dibuktikan melalui jumlah perusahaan rintisan (startup) yang terus bertambah, mulai 2015 yang berjumlah 931 perusahaan, pada 2017 yang mencapai 1.513 perusaan, dan 2021 jumlahnya telah mencapai 2.322 perusahaan.

“Kita ini memiliki potensi memiliki pasar digital yang berkembang dan sangat besar sekali,” kata Jokowi.

“Pada 2025 diperkirakan US$146 miliar (sekitar Rp2,093 triliun). Sangat besar sekali,” ujarnya

Jokowi menilai pandemi Covid-19 memberi andil besar terhadap perkembangan pasar digital di Tanah Air.

“Jadi pertumbuhan pasar digital kita dipercepat karena pandemi,” kata Jokowi.

Penyebabnya, dia mencontohkan, logistik naik 60 persen seiring maraknya penggunaan pengiriman (delivery) dan e-groceries.

Baca Juga:

  1. Ada yang Laku Hingga Rp61 Miliar, Begini Cara Beli Tanah di Metaverse
  2. Elon Musk Kirim Sindiran Pedas untuk Metaverse
  3. Bill Gates: Bakal Banyak Orang Berkantor di Metaverse

Bahkan, konsumen digital baru juga naik 10,2 persen. Kemudian, transaksi uang elektronik (e-money) turut terkerek naik 55 persen per Oktober 2021. Adapun, volume transaksi e-money dibandingkan Oktober 2020 juga naik 31 persen.

“Apa yang ingin saya sampaikan? Bahwa potensi pasarnya ini besar, jangan yang ngambil nanti orang lain,” ujar Jokowi.

“Karena itu, saya meminta semua perusahaan teknologi, semua perusahaan besar mau ditempati untuk magang mahasiswa-mahasiswa kita agar secepatnya semuanya berubah. Mindset digital ada, skill digital ada, sehingga terbentuk kultur digital di Indonesia,” imbuhnya.

Presiden juga ingin segera membangun digital government atau pemerintahan digital. Jokowi telah menginstruksikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) supaya sesegera mungkin membangun infrastruktur digital.

Jokowi menuturkan, terdapat tiga aspek penting yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Hal itu meliputi kesiapan infrastruktur digital, ketersediaan talenta digital, serta kesiapan pemerintahan digital dan sejumlah regulasi digital.

“Sehingga, terbangun ekosistem masyarakat digital di negara kita. Saya sangat menghargai apa yang digagas Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyiapkan pendanaan ‘Merah Putih Fund’ yang akan memberi suntikan kepada sunicorn-sunicorn [calon unicorn] agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi,” terangnya.

Continue Reading

Trending