Telkomsel dan Indihome Gangguan (Source: Tribunnews.com)
PT. Telkom Indonesia memberikan klarifikasinya terkait adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet. Seperti yang diketahui gangguan ini telah terjadi pada Minggu (19/9) sekitar pukul 18.30 WIB.
Hal ini diungkapkan oleh SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza bahwa gangguan tersebut telah terjadi sekitar pukul 17.33 WIB. Ia menegaskan bahwa gangguan tersebut terjadi pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batas-Pontianak.
Akibat dari adanya gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas layanan internet fixed broadband (Indihome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah Indonesia. Masalah jaringan ini, banyak Cityzen yang mengeluh melalui Twitter hingga trending sampai hari ini.
“Dear Telkomsel & Indihome, please, it’s been more than 12 hours now. The internet is already working, but why is it so slow like a turtle? We didn’t pay thousands of money for this! “Please restart your modem” DAMN PLEASE RAN OUT OF IDEAS TO GIVE NEW SUGGESTIONS?!?” tulis akun @raveneries melalui Twitter.
Baca Juga:
- Rafathar Trending Twitter, Netizen: Makin Gede Makin Cakep!
- Susi Pudjiastuti Bagikan Pengalaman Mengurus SIM yang Telah Mati 20 Tahun, Netizen: Video ini hapus saja!
- Brand Lokal Nona Luncurkan Koleksi Baru yang Terinspirasi dari Surat Cinta
“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujar Ahmad.
Hingga saat ini pihak Telkomsel masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan ini. Bahkan, pihaknya telah menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang terkena dampak gangguan jaringan tersebut.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ahmad selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin yang mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pemulihan terkait layanan yang terdampak.
“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” ujar Denny.
Menurutnya, gangguan jaringan Telkomsel ini dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan Sulawesi, dan Papua.