Connect with us

Hangout

Jangan Cuma Healing, Ayo Kunjungi 5 Wisata Sejarah Malang yang Ciamik

Published

on

Wisata Sejarah Malang. (Istimewa)

Berlokasi di dataran tinggi dengan luas 142,28 kilometer persegi, Kota Malang memang tak salah jika dipilih sebagai tempat liburan para wisatawan. Hanya saja, mayoritas destinasi wisata alam di kawasan Malang Raya hampir seluruhnya berada di Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Menyadari hal itu, Kota Malang pun berbenah dan menawarkan konsep pariwisata yang berbeda, yakni lewat kampung tematik yang sukses menjadi tulang punggung wisata Kota Malang.

Baca Juga:

  1. Singo Ulung, Tradisi Adat Demi Menepis Rasa Takut Asal Bondowoso
  2. Mumifikasi, Cara Suku Dani Menghormati Jasad Nenek Moyang
  3. Dadiah, Yogurt Tradisional khas Minangkabau

Uji coba pembukaan kampung tematik ini sendiri telah disetujui oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama protokol kesehatan untuk menangani covid 19 diterapkan dengan baik serta harus memenuhi kesiapan untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi pada tiap-tiap destinasi wisata.

Baca Juga :  Mantap, Indonesia Terima Bantuan 250 Ribu Vaksin Sinopharm dari Uni Emirat Arab

Di Malang terdapat museum, candi, dan bangunan bersejarah yang menarik. Lokasi-lokasi ini menjadi wisata sejarah yang cukup populer. Wisata sejarah di Malang bisa menjadi plesir seru sekaligus edukatif.

Berikut MyCity telah meragkum berbagai wisata sejarah yang ada di Malang.

Balai Kota Malang

Balai Kota Malang

Balai Kota Malang dibangun sejak tahun 1927 dan baru digunakan pada November 1929. Ketika itu, Kota Malang berada dalam pemerintahan Ir. EA Voorneman sebagai wali kota. Kamu bisa melihat arsitektur bangunan yang ada di Jalan Bundaran Tugu yang masih asli. Bangunan terdiri dari lobby sebagai ruang utama disertai dengan lorong ke kanan dan ke kiri dengan berbagai ruangan yang berjejer.

Baca Juga :  Inilah Ragam Fakta Unik Dufan yang Wajib Kamu Tahu

Tugu Merdeka

Tugu Merdeka

Tugu Merdeka juga dikenal dengan Alun-Alun Tugu atau Alun-Alun Bunder. Sebutan Alun-Alun Tugu karena di tengahnya terdapat tugu. Penyebutan Alun-Alun Bunder karena bentuknya yang bulat.

Alun-Alun tersebut berada di depan Balai Kota dan Gedung DPRD Kota Malang. Kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman bunga di sana atau hanya sekedar bersantai dan berburu foto.

Candi Badut

Candi Badut

Candi Badut berada di perbatasan Kota dan Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Badut, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Kamu bisa melihat candi yang diyakini dibangun pada masa Raja Gajayana yang memimpin Kerajaan Kanjuruhan pada Tahun 682 Saka atau 760 Masehi. Selain itu, kamu bisa menjelajah area candi dengan berjalan kaki.

Baca Juga :  Cermati! Berikut 5 Makanan Praktis yang Bisa Dijadikan Stok Saat Banjir Melanda

Klenteng Eng An Kiong

Klenteng Eng An Kiong

Untuk berkunjung ke Kelenteng Eng An Kiong, kamu bisa menuju Jalan Laksamana Martadinata. Berdiri sejak tahun 1825, klenteng tersebut merupakan kelenteng tertua di Malang. Kamu bisa melihat arsitektur kelenteng yang didominasi warna merah tersebut. Pada momen-momen tertentu, kamu juga bisa melihat beragam atraksi yang ditawarkan dari klenteng, seperti pertunjukan barongsai.

Ijen Boulevard

Ijen Boulevard

Ijen Boulevard atau Jalan Raya Ijen dikenal sebagai kawasan kota mandiri pada saat pemerintahan Kolonial Belanda. Di kawasan itu, kamu bisa menjelajah komplek perumahan khas Belanda. Di sana, kamu bisa melihat rumah-rumah dengan gaya arsitektur yang klasik. Kamu juga bisa mampir ke Gereja Ijen yang menjadi salah satu gereja tua di Malang.

CityKids

Destinasi Wisata Edukatif di Jakarta untuk Anak

Published

on

/Casa Indonesia

/Casa Indonesia

Mycity.co.id – Masa pandemi membuat anak-anak lebih fokus ke gadget karena tidak bisa keluar rumah akibat pembatasan. Hal ini membuat mereka kurang bergaul dengan yang sebaya dan banyak anak yang menjadi penyendiri di masa pandemi.

Nah, untuk mengurangi hal tersebut dan membuat anak-anak lebih bersosialisasi dengan sebaya mereka, berbagai tempat edukatif saat ini mulai kembali dibuka. Kehadiran tempat-tempat ini selain membuat anak senang juga mendapatkan ilmu.

Berikut ini, mycity.co.id merangkum beberapa tempat bermain yang edukatif untuk anak-anak.

1. Istana Susu Cibugary

Istana Susu Cibugary/Berita Cibubur

Istana Susu Cibugary/Berita Cibubur

Istana Susu Cibugary dibuat dengan konsep agrowisata peternakan, yang cocok untuk menambah pengetahuan Si Kecil tentang peternakan. Terdapat pemandangan peternakan sapi perah yang dikelilingi oleh kebun dan taman. Juga ada kolam ikan besar bernama kolam arwana.

Terdapat paket wisata ternak sapi di istana susu cibugary ini. Peserta akan dikenalkan dengan berbagai jenis sapi, mencoba memberi makan sapi, hingga memerah susu sapi. Sangat menyenangkan untuk anak, terlebih lagi anak jadi dekat dengan dunia peternakan.

Istana Susu Cibugary berada di Jalan Peternakan Raya Blok C No.12, Cipayung, Jakarta Timur. Karena masih berada di Jakarta, nampaknya ini bisa menjadi salah satu pilihan berlibur untuk orang tua yang membawa anak-anak.

Baca Juga :  Kamu Harus Tahu! Ini 5 Makanan Khas Lombok Selain Ayam Taliwang

2. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

Skyworld TMII/Rina Susanti's Blog

Skyworld TMII/Rina Susanti’s Blog

Bagi anak yang tertarik mengenai dunia luar angkasa maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Skyworld ini tempat wisata anak. Pada tempat ini terdapat ruang pamer yang berisikan replika dari roket raksasa, serta menampilkan pajangan mengenai perjalanan astronot hingga tatanan dari tata surya. Anak juga dapat mencoba control room yang berada di area atas. Selain itu, anak juga dapat berfoto dengan seorang astronot di area ini.

Skyworld ini juga menghadirkan dua macam wahana menarik yang tidak kalah seru untuk dicoba oleh anak. Kedua wahana tersebut adalah Planetarium dan juga Cinema 5D. Di Cinema 5D ini terdapat tayangan yang akan mengajak Si Kecil untuk menjelajahi ruang angkasa ditambah akan merasakan bagaimana sensasi seperti benar-benar merasa sedang terbang lho. Selain itu, di tempat ini juga menyediakan playground, mulai dari trampolin, wall climbing, dan seluncuran serta ayunan.

Jika tertarik ke tempat wisata anak di Jakarta ini, harga tiketnya sebesar Rp70 ribu. Karena berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, selain ke sini, bisa juga sekaligus mengunjungi tempat lainnya.

3. Kitchen Magic

Kitchen Magic/Traveloka

Kitchen Magic/Traveloka

Tempat ini menawarkan kelas memasak untuk anak yang bisa mengkreasikan masakannya sendiri. Untuk mengikuti kelas memasak ini tidak harus membawa apapun karena semua perlengkapannya sudah tersedia dengan lengkap.

Baca Juga :  McDonald's Hadirkan Gerai Berkonsep Ramah Lingkungan

Kitchen Magic pun memiliki beragam kelas memasak yang dikualifikasikan berdasarkan usia untuk anak, remaja hingga dewasa. Di tempat ini Si Kecil bisa membuat makanan dan menghias kue kering dengan berbagai warna dan bentuk. Si Kecil pun bisa membawa hasil masakanmu pulang, lho!

Untuk tike masuknya Rp60 ribu untuk Paket cookies decoration (2 cookies), Rp150 ribu untuk cooking class dan Rp210 ribu (cooking class & cake decoration). Untuk orang tua yang mau mengajak anak mereka belajar masak, lokasinya berada di kawasan utara Jakarta tepatnya di Artha Gading.

4. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta/Sikidang

Planetarium Jakarta/Sikidang

Tempat wisata anak di Jakarta yang selanjutnya adalah Planetarium Jakarta. Ada banyak kegiatan yang bisa Si Kecil dan keluarga lakukan di sini seperti, pertunjukan teater bintang, observatorium, dan pameran. Semuanya tentu berkaitan dengan alam semesta dan benda langit.

Pengunjung juga bisa menggunakan teleskop, untuk mengamati langsung benda-benda di langit. Yang pasti di Planetarium bisa menjadi pilihan liburan keluarga. Untuk menikmati semua tempat di Planetarium, untuk harga tiket masuknya pun terbilang murah yakni anak-anak Rp7 ribu/orang, dewasa Rp12 ribu/orang, rombongan Pelajar Rp500 ribu/100 orang dan rombongan umum Rp100 ribu/100 orang

Baca Juga :  Terungkap Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Balap MotoGP 2022

5. Pinisi Edutainment Park

Pinisi Edutainment Park/Homediary

Pinisi Edutainment Park/Homediary

Tempat wisata anak yang selanjutnya adalah Pinisi Edutainment Park. Sesuai namanya, tempat wisata ramah anak ini dirancang dengan konsep kota pelabuhan, lengkap dengan landmark sebuah kapal kayu tradisional yaitu pinisi. Tempat bermain dan belajar ini cocok untuk Si Kecil usia 2-16 tahun.

Taman bermain indoor ini akan mengajarkan anak banyak hal, termasuk bermain dan belajar tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia. Walaupun juga merupakan tempat belajar, semuanya dirancang dengan konsep yang unik dan asik sehingga Si Kecil tidak akan merasa bosan.

Di sini, Si Kecil bisa menikmati miniatur rumah-rumah adat Indonesia, lagu tradisional anak yang menggema begitu kita masuk, lengkap dengan kostum pelautnya yang playful. Selain ini, tempat ini juga menawarkan kelar-kelas art dan culture yang bisa diikuti Si Kecil sesuai dengan ketertarikannya.

Ditambah lagi jika mengikuti kelas drama, anak bisa langsung tampil dan menunjukkan kempuannya. Si Kecil jadi bisa mengeksplor minat dan bakatnya di sini. Taman Ini dibuka setiap hari pukul 10.00-19.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp125 ribu.

Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, tiketnya adalah Rp160 ribu. Pinisi Edutainment Parkberada di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

 

Continue Reading

Hangout

Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Ini Pesona Wisata Qatar…

Published

on

Pada tahun 2013, Qatar masih dikuasai oleh keturunan dinasti tersebut yang bernama H.H. Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani. Ibukota dari negara ini ialah Doha/AFP

Pada tahun 2013, Qatar masih dikuasai oleh keturunan dinasti tersebut yang bernama H.H. Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani. Ibukota dari negara ini ialah Doha/AFP

mycity.co.idSebagai tuan rumah dalam perhelatan besar Piala Dunia, tentu saja Qatar menjadi salah satu negara yang mendapat banyak sorotan bahkan sebelum piala dunia resmi digelar.

Seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, Qatar ialah suatu negara berbentuk kerajaan atau monarki semi konstitusional yang terletak pada Kawasan Timur Tengah. Negeri kaya ini berada di semenanjung dekat dengan teluk Arab.

Qatar merdeka dari Inggris sejak tahun 1971. Sejak abad 19, dinasti Al-Thani berkuasa di negara ini.

Pada tahun 2013, Qatar masih dikuasai oleh keturunan dinasti tersebut yang bernama H.H. Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani. Ibukota dari negara ini ialah Doha.

Baca Juga :  Wajib Mampir, Ini 5 Cafe Retro Paling Hits di Solo

Negara ini disebut sebagai salah satu negara yang cukup makmur dan minim kriminalisasi. Hal itu disebabkan semua masyarakatnya mendapat bantuan sejak mereka lahir.

Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk rakyatnya seperti, disediakan rumah secara gratis, pendidikan yang mumpuni, hingga beban hutang seorang warga dapat ditanggung oleh pemerintah.

Jadi, tidak heran bukan kalau masyarakat Qatar hidup dengan fasilitas yang berkecukupan sejak ia lahir.

Meskipun sebian besar negara Qatar dikelilingi oleh gurun pasir, namun negara ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat unik dan sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja.

Ini daftar destinasi-destinasi wisata yang ada di Qatar:

1. Museum of Islamic Art

Namanya juga negara Islam, tentu Qatar sangat identik dengan hal-hal yang berbau Islami. Salah satunya ialah Museum of Islamic Art yang berada di Doha.

Baca Juga :  5 Museum Bersejarah di Jakarta

Tempat ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan luar negeri karena museum ini menampilkan koleksi artefak-artefak Islam terlengkap di dunia.

Artefak-artefak itu berasam dari beberapa negara yang dikumpulkan di dalam museum ini. Selain itu, di dalam museum ini terdapat perpustakaan serta ruang penelitian.

2. Souq Waqif

Souq Waqif merupakan tempat wisata berbelanja yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Qatar. Selain itu, harga dari barang-barang yang dijual disini juga cukup murah dan pas di kantong.

3. Benteng Al Zubara

Jika ingin pergi suatu destinasi yang memiliki nilai sejarah, tempat ini sangat cocok menjadi tujuan utamanya. Benteng ini dibangun pada tahun 1938 dan menjadi salah satu tempat yang paling bersejarah bagi masyarakat Qatar.

Baca Juga :  Terungkap Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Balap MotoGP 2022

Dahulu, tempat ini dijadikan benteng militer bagi para pasukan kerajaan Qatar. Namun, saat ini benteng Al Zubara dijadikan satu objek wisata yang penuh dengan nilai sejarah perjuangan masyarakat Qatar.

4. Objek Wisata Gurun Pasir

Objek wisata yang terakhir ialah wisata gurun pasir. Tentu saja, Qatar merupakan negara yang dikelilingi oleh gurun pasir. Jadi, tidak mengherankan jika salah satu tempat wisata andalan di negara ini tidak jauh dari gurun pasir. Disini ada beragam paket destinasi wisata untuk menjelajahi gurun pasir.

Tentunya, objek wisata yang satu ini sangat wajib dikunjungi agar bisa merasakan bagaimana suasana saat berada di tengah gurun pasir.

Itulah sedikit info tentang Qatar. Dengan menjadi tuan rumah piala dunia, tentu saja hal ini akan memberi pengaruh positif bagi perekonomian Qatar yang sudah makmur.

Jika kamu ingin menonton langsung ajang piala dunia, jangan lupa berkunjung ke destinasi wisata Qatar juga ya!

Continue Reading

Hangout

Aek Rangat Rianiate, Sumber Air Panas Alami di Pulau Samosir

Published

on

Pemandian air hangat Aek Rangat di Pulau Samosir. (Atourin)
Pemandian air hangat Aek Rangat di Pulau Samosir. (Atourin)

mycity.co.id – Selain terkenal akan wisata situs budaya dan sejarah di bangsa batak. Tenyata Pulau Samosir ( Pulo Samosir ) mempunyai wisata alam yang tak kalah indah dan wajib untuk kamu kunjungi. Salah satunya ialah wisata Aek Rangat.

Aek Rangat Rianiate Pangururan akan membuat pengunjung betah berlama-lama disana karena selain menawarkan kehangatan dari air untuk melepaskan penat, destinasi ini juga menawarkan pemandangan dari Gunung Pusuk Buhit yang berdiri dengan gagah.

Air panas yang keluar berasal dari sumber mata air bebatuan berwarna putih atau batu kapur. Air panas tersebut dialirkan ke kolam yang dikelola oleh penduduk setempat.

Baca Juga :  Lezat! 3 Menu Roti dan Telur Ini Mengenyangkan dan Padat Nutrisi

Hal ini juga telah didukung oleh pemerintahan Samosir dan menetapkannya sebagai salah satu objek wisata.

Karena letaknya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit, kamu tidak hanya dapat berendam di air panas namun sekaligus dapat dengan mudahnya menikmati panorama Danau Toba dan Gunung Pusuk Buhit.

Pemandian ini menyediakan kolam-kolam dengan pengaturan panas, kamu dapat merasakan air panas sesuai selera. Disini terdapat pengaturan panas dari mulai yang panas sedang sampai panas tingkat tinggi.

Baca Juga :  Terungkap Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Balap MotoGP 2022

“Tempat pemandiannya air belerang. Jadi, baik untuk kesehatan. Kolam pemandiannya pun dipisahkan antara laki-laki dan perempuan,” ujar pengunjung bernama Armen Silalahi.

Nah, untuk kamu para orang tua yang membawa si kecil kesayangan berlibur ke Pemandian Air Rangat Rianiate tidak perlu khawatir. Itu karena pemandian ini telah menyediakan tempat yang dangkal yang cocok untuk anak-anak dan tapi harus tetap waspada ya akan keselamatan anak-anak, jangan sampai lengah.

Selain itu tempat wisata ini juga menyediakan indahnya wisata alam yang bisa kamu abadikan sebagai spot foto menarik dan eye-catching untuk sosial media kamu.

Baca Juga :  Wajib Mampir, Ini 5 Cafe Retro Paling Hits di Solo

“Tempatnya keren banget. Bagi kalian yang mau berkunjung silakan. Bisa mandi air belerang juga menikmati makanan nikmat di sana,” ujar pengunjung lainnya bernama Lesni Chan.

Dan, uniknya karena tempat ini memiliki background putih seperti putihnya salju banyak juga warga setempat yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto pre-wedding.

Setelah asyik berendam di air panas, kamu dapat memanjakan perut kamu dengan telur rebus atau sajian makanan dan minuman khas Batak di warung-warung makan di sekitar lokasi.

Primadona masakan khas yang biasanya banyak dicari yaitu ikan bakar nila dengan bumbu khas Samosirnya yang lezat.

Continue Reading
Advertisement

Trending