Connect with us

Otomotif

Jajal Mobil Listrik Buatan Lokal, Jokowi: Halus & Tak Ada Suaranya

Published

on

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), menyempatkan diri menjajal mobil listrik Genesis dari Hyundai saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu, (8/6/2022).

“Tadi saya nyoba mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Saya kira halus, enggak ada suaranya,” ujar Jokowi seperti dinukil dari situs resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi optimistis kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya pemerintah yang ingin membangun sebuah ekosistem yang besar. Dia melanjutkan, ekosistem dari proyek kendaraan listrik itu bisa mencakup dari hulu sampai ke hilir.

Baca Juga:

  1. KBRI di Bern Ungkap Pencarian Terbaru Eril
  2. Ridwan Kamil: Wahai Sungai Aaree, Aku Titipkan Jasad Putraku Bersamamu
  3. Istri Ridwan Kamil: Ini yang Dilakukan Ayahmu Setiap Hari, Ril

“Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelternya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk ke lithium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya. Setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu recycle baterai listriknya sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan,” jelas Jokowi.

Jokowi pun menyambut hadirnya konsorsium Korea Selatan, LG ke Indonesia. Mereka menyuntik investasi USD 9,8 miliar untuk proyek yang akan berpusat di Batang, Jawa Tengah ini.

Mantan Gubernur DKI ini percaya, mobil listrik akan semakin menjamur dengan harga yang semakin terjangkau seiring dengan berkembangnya teknologi. Terlebih jika pabrikan mobilnya dari hulu sampai ke hilir dibangun di Indonesia.

“Untuk pertama seperti itu karena memang harga hampir 50 persen harga dari mobil itu memang cost-nya ada di baterainya sehingga kalau nanti ketemu teknologi terbaru, harga baterainya akan makin murah, makin murah, makin murah,” tegas Jokowi.

“Apalagi dibangun di Indonesia, di tempat di mana nikelnya itu ada, kobaltnya ada, sehingga semuanya dikerjakan dari hulu sampai hilir itu akan bisa menekan cost yang paling murah sehingga kompetitif. Saya kira ini masalah teknologi saja,” pungkas Jokowi.

Nasional

Alasan AHM Berikan Sentuhan Baru CBR250RR

Published

on

Sentuhan Baru CBR250RR. (Istimewa)

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya menilai motor sport seperti Honda New CBR250RR dalam lima tahun terakhir masih akan terus berkembang hingga enam persen.

“Kami melihat pasar motor segmen sport dan para pecinta sepeda motor segmen ini masih terus ada dan berkembang meski derasnya permintaan segmen skutik,” ungkap Thomas Wijaya pada saat peluncuran New Honda CBR250RR di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9).

Dia juga membenarkan bahwa tren penjualan metik memang terus meningkat setiap tahunnya. Meski begitu, banyak pengguna metik yang juga beralih ke kendaraan sport untuk kebutuhan sehari-hari dan juga kebutuhan gaya hidup para pencinta roda dua di Indonesia.

Baca Juga:

  1. Siap Meluncur Juli 2022, Toyota dan Suzuki Kerja Sama Buat Medium SUV Bermesin Hybrid
  2. Elon Musk Akui Pabrik Mobil Listrik Tesla Rugi Miliaran Dolar
  3. Disanksi Internasional, Rusia Bikin Mobil Murah yang Mirip Daihatsu Ayla

“Kita melihat ada tren yang cukup baik. Konsumen Indonesia banyak yang naik kelas, dari kelas metik ke motor sport karena untuk tampil gaya sehingga memberikan kebanggaan untuk penggunaan personal,” kata dia.

Untuk menanggapi itu semua, PT AHM menghadirkan serangkaian pembaharuan untuk CBR250RR dengan penyematan engine baru dan tetap mengusung total control sebagai DNA CBR Series yang meliputi desain berkarakter kecepatan, performa tinggi motor balap, dan fitur melimpah layaknya motor balap sungguhan.

Untuk ruang pacunya, Honda New CBR250RR dibekali dengan mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact yang menghasilkan tenaga 42 PS pada rentang 13.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 25 Nm pada rentang 11.000 rpm.

AHM luncurkan CBR1000RR-R Edisi 30 Tahun

CBR1000RR-R Edisi 30 Tahun. (Istimewa)

Sebelumnya AHM resmi menghadirkan motor sport dari CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary untuk para penggemar motor dengan mesin besar di pasar otomotif Indonesia, dengan harga mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya mengungkapkan bahwa CBR1000RR-R Fireblade SP edisi spesial 30 tahun ini hadir dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pencinta big bike di Indonesia, terutama yang menginginkan sepeda motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit.

“CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas dalam keterangan resminya, Kamis (16/9).

Dalam hal ini, pembaharuan terjadi pada bagian saluran udara masuk (intake system) untuk menaikkan performa mesin pada putaran menengah, serta penambahan gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi dan menambah rigiditas handling.

Motor yang mencapai lebih dari Rp1 miliar ini juga menghadirkan kesan tahun 90-an dimana Fireblade hadir yang dapat terlihat di berbagai sektor seperti pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada banyak detail sepeda motor.

CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan desain yang aerodinamis nan agresif untuk memberikan kesan yang sempurna kepada penggunanya ketika menunggangi motor tersebut.

“Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver,” jelas dia.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan headlight yang sudah full LED dengan desain yang futuristik. Motor ini sudah mengadopsi winglet yang dimiliki oleh Honda RC213V untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat berakselerasi, atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.

Untuk lebih menghadirkan kesana motor balap, Honda menghadirkan Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox.

Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin menengah.

Motor edisi 30 tahun ini mengusung mesin yang mendapatkan peningkatan paling tajam dibandingkan dengan yang sudah ada sebelumnya.

“CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit,” jela dia.

CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm.

Honda mengatakan bahwa piston yang digunakan ini terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibandingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya.

Detail lain, camshaft diberi lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

Ciri khas Edisi Spesial

CBR1000RR-R Edisi 30 Tahun. (Istimewa)

CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan serangkaian pembaharuan yang sangat mencolok dan berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya, penyematan tiga warna menjadi ciri khas paling menonjol.

Selain itu, Honda juga memberikan kecanggihannya melalui dashboard motor. Ketika para pengendara memutar kunci kontak, nantinya pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30 tahun pada layar panel.

Tidak hanya itu, saja, Honda juga menghadirkan sebuah nomor seri pada bagian stang yang dikerjakan menggunakan laser. Sehingga para pemilik tiak perlu lagi repot untuk menjelaskan bahwa kendaraan yang digunakanya adalah edisi spesial.

Ciri lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot) Akrapovic-nya.

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun yang hadir dengan warna khas Honda Tricolor ini dipasarkan dengan banderol Rp1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.

Continue Reading

Internasional

Marc Marquez Bicara Penyebab Tabrakan dengan Quartararo dan Nakagami

Published

on

marc marquez
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez. (Istimewa)

Marc Marquez (Repsol Honda) langsung meminta maaf setelah bertabrakan dengan Fabio Quartararo dan Taakaki Nakagami pada MotoGP Aragon 2022.

MotoGP Aragon merupakan balapan ke-15 Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon pada Minggu (18/9) malam WIB.

Marquez, Quartararo, dan Nakagami, bernasib sial karena umur balapan mereka di Sirkuit MotorLand Aragon tidak sampai satu lap.

Baca Juga:

  1. Taktik Jadi Kunci Kemenangan Rans FC
  2. Persib Bersiap, Luis Milla Waspadai Kebangkitan Barito Putera
  3. Panjat Tebing Jadi Cabor Unggulan DBON, Menpora: Semoga Tampil di Olimpiade Paris 2024

Quartararo selaku juara dunia MotoGP menjadi pebalap pertama yang keluar dari lintasan.

Rider Monster Energy Yamaha itu langsung terlempar dari motor setelah bertabrakan dengan Marquez di Tikungan 3.

Dalam tayangan ulang, Quartararo tampak menabrak ban belakang Marquez ketika hendak berbelok di Tikungan 3.

Tidak lama berselang, Marc Marquez yang masih bertahan kembali mengalami insiden di Tikugan 8.

The Baby Alien, julukan Marquez, kala itu bersenggolan dengan pebalap LCR Honda, Taakaki Nakagami.

Sama seperti Quartararo, Nakagami juga langsung terpelanting dan terseret di lintasan setelah bertabrakan dengan Marquez.

Dua pebalap MotoGP Marc Marquez dan Fabio Quartararo. (Istimewa)

Adapun Marquez sendiri sebenarnya masih “selamat” setelah tabrakan keduanya.

Namun, Marquez tetap tidak bisa melanjutkan balapan karena motor Honda RC213V miliknya bermasalah sampai berasap.

Seusai balapan, Marquez langsung menyampaikan permohonan maaf kepada Quartararo dan Nakagami.

Marquez secara tidak langsung mengaku bersalah karena mendadak melambat dan membuat Quartararo serta Nakagami terkejut.

“Saya kehilangan cengkraman ban belakang di Tikungan 3. Quartararo kemudian melakukan kontak dengan bagian belakang motor saya,” kata Marc Marquez dikutip dari Repsol Honda.

“Saya kemudian menekan tuas holeshot setelah insiden itu. Namun, motor saya mendadak terkunci dan bergerak ke kiri karena ada bagian motor Quartararo yang menyangkut di motor saya,” ucap Marquez.

“Ini benar-benar sial. Saya ingin meminta maaf kepada Nakagami dan Quartararo,” tutur rider asal Spanyol itu menambahkan.

Quartararo dipastikan sangat kecewa setelah gagal menyelesaikan balapan MotoGP Aragon 2022.

Sebab, Quartararo gagal mendulang poin ketika dua pesaing terdekatnya dalam perburuan gelar juara dunia MotoGP 2022 berhasil naik podium di Sirkuit MotorLand Aragon.

Dua pesaing terdekat Quartararo adalah Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

Bagnaia kali ini sukses naik podium kedua MotoGP Aragon 2022 sementara Aleix Espargaro finis di urutan ketiga.

Adapun pemenang balapan MotoGP Aragon 2022 adalah rider Gresini Racing, Enea Bastianini.

Hasil MotoGP Aragon 2022 sebenarnya tidak mengubah posisi Quartararo di klasemen pebalap.

Quartararo tetap menempati puncak klasemen MotoGP 2022 dengan koleksi 211 poin.

Namun, kegagalan meraih poin dari MotoGP Aragon 2022 membuat Quartararo kini hanya unggul 10 angka dari Bagnaia yang duduk di peringkat kedua.

Di sisi lain, Aleix Espargaro kini menempati peringkat ketiga klasemen MotoGP 2022 tertinggal hanya 17 poin dari Quartararo.

Continue Reading

Otomotif

Pejabat Dapat Kendaraan Dinas Mobil Listrik, Begini Titah Jokowi

Published

on

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi memberikan tugas untuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk menyelesaikan masalah yang menghambat implementasi program kendaraan listrik.

Perintah Presiden tersebut tercantum dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional Dan/Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah.

Dalam Inpres yang diterbitkan tanggal 13 September 2022 tersebut, Presiden memeritahkan Menkomarves untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, monitoring, evaluasi, dan pengendalian atas pelaksanaan instruksi tersebut.

Baca Juga:

  1. Harmonisasi Budaya Masyarakat Batak & Alam di Cagar Alam Batu Gajah
  2. Asal-usul Nama Kampung Rambutan, Pohon Ilmiah yang Menjelma Jadi Terminal Terbesar di Jakarta Timur
  3. Ini Dia Profil Jembatan Malaka, Jembatan Penghubung Indonesia & Malaysia

“Melakukan penyelesaian permasalahan yang menghambat implementasi percepatan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electic uehiclel sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah,” demikian tertulis dalam Inpres tersebut.

Jokowi menyebutkan penggunaan kendaraan dinas operasional dapat dilakukan melalui skema pembelian, sewa, atau konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Soal pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterainya, ini harus mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sedangkan soal pendanaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, para menteri dan sejumlah pejabat lain di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo telah mendapatkan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai kendaraan dinas. Mobil itu tergolong ramah lingkungan dan termasuk dalam jajaran kendaraan elektrifikasi berjenis hybrid.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dipilih melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Prosesnya juga telah dikonsultasikan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). Kala itu, PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang tender menyediakan 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk para ‘pembantu’ Jokowi.

Continue Reading
Internasional10 hours ago

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, AS: Itu Bukan Ancaman

Nasional11 hours ago

Perjuangan Aspar Jaelolo Jadi Raja Panjat Tebing Dunia 2022

Lifestyle12 hours ago

Hati-hati, Menyimpan Buah dan Sayuran Ternyata Ada Ilmunya!

Nasional15 hours ago

Menang Lawan Curacao, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Merangkak Naik

Investment16 hours ago

Indonesia Bukukan Transaksi Bisnis Rp23,3 Triliun dari CAExpo 2022

Culture17 hours ago

Ritual Sikerei, Pengobatan Supranatural Suku Mentawai

Nasional19 hours ago

Siaran TV Analog Berhenti Total di 112 Wilayah Mulai 2 November 2022

Hangout20 hours ago

Jepang Izinkan Wisatawan Masuk Bebas Visa Mulai 11 Oktober 2022

Internasional21 hours ago

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Nasional22 hours ago

Anies Baswedan Pastikan Jakpro Tak Akan Komersialisasi Taman Ismail Marzuki

Edukasi1 day ago

Begini Syarat Dapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Investment2 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment2 days ago

Investasi Berbasis Perusahaan Hijau Kini Makin Diminati

Teknologi2 days ago

Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now

Investment2 days ago

Inilah Ragam Tantangan Perekonomian Indonesia di Tahun 2023

Investment2 days ago

Kredit Mesra, Solusi Pemprov Jabar Agar Warganya Tak Terlilit Hutang Rentenir

Properti2 days ago

Bintaro Jaya Tawarkan Properti Beragam dan Berkelas

CityView2 days ago

Harumnya Tembakau Deli, Bikin Kota Medan Beraroma Eropa

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle3 days ago

Lagi Diet? Berikut 7 Manfaat Tahu Rebus untuk Kesehatan

Internasional3 days ago

Disney Rilis Cuplikan Film Animasi Berjudul “Strange World”

Culture5 days ago

Kesenian Dongkrek, Ritual Tolak Pagebluk khas Madiun

Nasional6 days ago

Yogyakarta Siap Gelar Turnamen Bulutangkis Indonesia International Series 2022

Investment2 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment1 week ago

Perusahaan Fintech Paygua Jajaki Rencana IPO

Culture5 days ago

Makna Luhur ‘Tari Bambu Gila’ di Maluku

Nasional7 days ago

SBY Menduga Pemilu 2024 Berpotensi Ada Kecurangan, KPU: Laporkan ke Bawaslu RI

Nasional7 days ago

Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Teknologi2 days ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Lifestyle6 days ago

Hati-hati, Gaya Hidup yang Tidak Aktif Bisa Jadi Penyebab Kematian

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (DPR RI)
Nasional3 days ago

Luhut: Orang Luar Jawa Tak Bisa Jadi Presiden RI, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

BEI
Investment2 days ago

BEI Catat Ada 29 Perusahaan Siap IPO, Berikut Daftarnya

CityView1 week ago

Sentra Industri Sepatu Cibaduyut, Dulu Mendunia, Kini?

Hangout3 days ago

Deretan 10 Museum Termahal di Indonesia

Nasional3 days ago

Indonesia Pastikan Gelar Ganda Campuran di Indonesia International Series 2022

Investment2 days ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Investment3 days ago

Zulkifli Hasan: TIIMM G20 Hasilkan Capaian Konkret

Nasional6 days ago

Alasan AHM Berikan Sentuhan Baru CBR250RR

Nasional3 days ago

KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Sebagai Tersangka

Hangout5 months ago

Pasar Cimol Gedebage, Pusatnya Baju Bekas Bermerek di Bandung

Traveling5 months ago

Desa Wisata Sawai, Desa Tertua di Maluku yang Punya Sungai Keramik

Nasional5 months ago

Kalisari, Surga Takjil di Jakarta Timur

Properti5 months ago

Kisah Pengusaha Properti Bangun Rumah Subsidi untuk Berdayakan Masyarakat Banjarmasin

Uncategorized6 months ago

Kisah Mumun, Sang Hantu Legendaris Cibubur

Advetorial6 months ago

Pentingnya Literasi Finansial Melalui Kesetaraan Gender untuk Generasi Milenial

Showbiz11 months ago

Tega! Ada Youtuber Bikin Konten Mistis Soal Vanessa Angel

Showbiz11 months ago

Detik-detik Usai Mobil Vanessa Angel Alami Kecelakaan

Nasional11 months ago

The Power of Emak-Emak! Bubarkan Demo yang Blokir Jalan

Showbiz11 months ago

Inilah yang Terjadi Usai Miss World Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Showbiz11 months ago

Skandal Aborsi, Aktor Kim Seon-ho Tinggalkan 1 Day 2 Nights

Teknologi11 months ago

Mark Zuckerberg Rugi Triliunan Rupiah, Saham Facebook Anjlok

Nasional11 months ago

Mensos Risma Ngamuk Lagi, Warga Marahi Balik

Showbiz11 months ago

Akui Salah, Baim Wong Ingin Temui Kakek Suhud

Showbiz11 months ago

Kakek Suhud Penjual Buku Agama, Bukan Pengemis Seperti Anggapan Baim Wong

Internasional11 months ago

Eropa Krisis Energi, Peta Kekuatan Dunia Akan Berubah?

Sport11 months ago

Indonesia Juara Piala Thomas, Merah Putih Tak Bisa Berkibar

Culture11 months ago

Ampyang Maulid, Cara Leluhur Berintropeksi Diri di Perayaan Maulid Nabi

Internasional1 year ago

Kronologi Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

COVID-19Update1 year ago

Aturan Ibadah Ramadhan Pemkot Tangsel: SOTR Dilarang-Tarawih 50%

Advertisement

Trending