Connect with us

Hangout

Inilah Ragam Fakta Unik Dufan yang Wajib Kamu Tahu

Published

on

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi (Dufan) merupakan tempat wisata hiburan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan memiliki banyak wahana permainan serta sebagai kawasan edutainment. Dunia Fantasi merupakan theme park pertama di Indonesia layaknya Disney Land, Universal Studios atau Trans Studio.

Saat berkunjung ke Dufan Ancol, pengunjung akan merasakan tema-tema bernuansakan Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, dan Kalila. Dunia Fantasi Ancol dibuka untuk umum pada tahun 1985 dan hingga saat ini masih terus menambah unit wahana permainan dan kawasan bertematik.

Sebagai tujuan wisata untuk keluarga, terutama di musim liburan anak sekolah, Dunia Fantasi juga cocok untuk pengunjung yang ingin merasakan keseruan hiburan bermain di wahana permainan, menonton parade dan atraksi serta berpetualang menyusuri berbagai kawasan bertematik di Dufan.

Baca Juga:

  1. Mahfud MD: Pemerintah Mulai Pindah ke IKN Juli 2024
  2. Sejarah Jakarta Selatan, Kota Administratif Terkaya di Jakarta
  3. Melihat Komunitas Sastra di Kota Bekasi

Berikut MyCityy telah merangkum berbagai fakta unik mengenai Dufan yang pastinya Cityzen belum mengetahui.

Peran komponis Sudharnoto

Saat pertama kali memasuki area depan Dufan, biasanya pengunjung akan disambut dengan lagu tema Dufan yang ikonik dan menyambut kedatangan wisatawan. Terus digunakan sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, nyatanya banyak yang mengaku sudah lekat dengan lagu Dufan.

Menjadi lagu yang di saat bersamaan menciptakan kenangan bermain di taman hiburan sejak tahun 1980-an, beberapa orang bahkan mengaku jika lagu tema tersebut telah menjadi simbol yang kerap kali membuat mereka ingin kembali berkunjung ke taman hiburan satu ini.

Tak terlepas dari kepopuleran lagu dufan, ternyata ada sosok berpengaruh yang berperan besar sebagai penciptanya, yakni Prohar Sudharnoto, seorang komponis yang juga menggubah lagu Mars Pancasila menjadi lagu yang saat ini dikenal dengan judul Garuda Pancasila.

Berasal dari Kendal, sosok komponis yang telah wafat pada tahun 2000 tersebut juga menciptakan berbagai lagu untuk setiap tema area atau wahana yang ada di Dufan. Sudharnoto mengaransemen lagu berjudul Harapan Suci ciptaan Teddy Darmanto, yang kemudian menjadi lagu untuk wahana istana boneka yang masih ada dan menjadi favorit hingga saat ini.

Lain itu ia juga menciptakan lagu tema atau suara latar belakang untuk wahana Balada Kera dan Puri Misteri, yang saat ini sudah tidak beroperasi dan digantikan dengan wahana lain.

Asal usul istilah ‘Segede Gaban’

Di masa kini, ada beberapa orang yang kerap menggunakan istilah unik untuk mendeskripsikan sesuatu, salah satu yang populer adalah istilah ‘segede gaban’ yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu berukuran besar.

Rupanya, istilah tersebut juga memiliki kaitan dengan Dufan. Lebih tepatnya, di sekitar tahun 1990-an, Dufan membangun sebuah patung robot setinggi 10 meter yang dikenal sebagai Robot Gaban. Bukan nama sesungguhnya, patung yang dimaksud sendiri merupakan karakter dari film asal Jepang bernama Space Sheriff Gavan, yang populer di kalangan anak-anak Indonesia kala itu.

Saat dipajang, otomatis titik patung tersebut kerap menjadi lokasi foto favorit bagi anak-anak dan keluarga yang berkunjung ke Dufan. Penyebutan Gaban sendiri disebut disebabkan karena orang Jepang sulit melafalkan huruf ‘V’ dan akhirnya menggantinya dengan huruf ‘B’.

Sejak saat itu, istilah segede gaban banyak digunakan oleh berbagai kalangan hingga sekarang. Meski wujud patungnya sudah tidak ada, namun istilah tersebut tetap dikenal hingga saat ini.

Jejak wahana Puri Misteri dan Rama Shinta

Ada berbagai jenis wahana di Dufan yang masih berdiri dengan kokoh dan jadi favorit hingga saat ini, salah satu seperti yang disebutkan di atas adalah wahana Istana Boneka. Namun ada juga wahana yang sudah tidak beroperasi, dan di kalangan pengunjung atau masyarakat muncul berbagai rumor misteri mengenai tragedi penutupannya.

Salah dua wahana yang dimaksud adalah Puri Misteri dan Rama Shinta. Awalnya Puri Misteri lebih dulu dibuka dan kemudian mengalami kebakaran pada tahun 1990-an. Setelah itu, lokasinya digantikan oleh wahana Rama Shinta yang juga berhenti beroperasi karena kembali terbakar di tahun 2001.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, waktu itu disebutkan kalau kerugian yang dialami akibat kebakaran mencapai Rp10 miliar. Kini, titik lokasi dua wahana yang ditutup karena kebakaran tersebut telah digantikan dengan wahana Ice Age yang dibuka pada tahun 2014, dan kabarnya membutuhkan biaya sekitar Rp200 miliar dalam pembangunannya.

Hangout

Usai 14 Tahun Akhirnya Harga Cheese Burger McD Naik

Published

on

harga cheese burger McD

Perusahaan cepat saji McDonald’s memutuskan untuk menaikkan harga burger kejunya sebesar 20% di Inggris. Hal ini terjadi saat Negeri Ratu Elizabeth mengalami inflasi yang melonjak.

Mengutip Channel News Asia, harga burger keju sekarang akan naik menjadi 1,19 pound (Rp 21 ribu) dari 0,99 pound sebelumnya. McDonald’s juga akan menaikkan harga sebesar 0,10 pound hingga 0,20 pound untuk barang-barang lain yang terkena dampak kenaikan biaya.

“Kita hidup melalui masa-masa yang sangat menantang,” kata CEO McDonald’s Inggris & Irlandia Alistair Macrow.

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Namun demikian, kebijakan kenaikan harga sepenuhnya diserahkan kepada tiap cabang McDonald’s kecuali menu hemat.

Macrow juga mengatakan, sejak dibuka 48 tahun lalu, McDonald’s Inggris menegaskan mereka tetap menjanjikan harga makanan terjangkau meski kini tekanan ekonomi memaksa mereka menaikkan harga.

Sebelumnya, lebih lanjut Macrow mengatakan kenaikan itu telah ditunda beberapa waktu. Namun, tidak bisa dihindari meningkatnya inflasi di Inggris menekan bahan makanan di negara itu.

McDonald’s yang berkantor pusat di Chicago, yang menjalankan lebih dari 36.000 restoran di lebih dari 100 negara. Restoran itu juga menaikkan harga menunya di AS sebesar 6% tahun lalu.

Continue Reading

Hangout

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Published

on

Restoran legendaris Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner.


Bahkan beberapa tempat kuliner sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Bagi kamu yang sedang berada di wilayah ini, cukup mudah untuk mencari tempat mengisi perut.

Bahkan, beberapa tempat makan di sini usianya sudah mencapai puluhan tahun. Berikut MyCity telah merangkum beberapa tempat makan legendaris di Cikini.

Baca Juga:

  1. Begini Upaya Pemerintah Atasi PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha
  2. 5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
  3. 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

Gado-gado Bonbin

Gado-gado Bonbin

Sudah buka sejak 1960, Gado-gado Bonbin pertama kali diperkenalkan oleh Ny. Lanny sebagai pemiliknya. Pada tahun tersebut, belum sebanyak sekarang penjaja gado-gado siram di Jakarta.

Tak heran kalau kemudian banyak yang suka dan banyak orang dari luar kota yang selalu mampir ke sini. Pun warung Gado-gado Bonbin yang buka di pagi sampai sore ini memang cocok jadi tempat sarapan sampai makan siang karena cukup mengenyangkan.

Sebenarnya, isi gado-gado di sini gak jauh berbeda dengan penjaja lain. Ada kentang, tauge, lontong, dan aneka sayur lainnya yang kemudian diberi kerupuk.

Namun, Gado-gado Bonbin menggunakan kacang vietnam sebagai bahan utama bumbunya. Pun tekstur bumbunya lebih lembut, kental, dan manisnya gak berlebihan.

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 1, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pempek Megaria

Pempek Megaria

Tempat makan pempek yang satu ini telah berdiri selama 31 tahun. Namanya pun cukup melegenda. Seperti diketahui, pempek merupakan makanan khas Palembang.

Ukuran Pempek yang dihidangkan besar-besar. Pilihannya ada Pempek kulit, telur, adaan dan lenjer. Kuah cukonya pedas dan legit dan memiliki cita rasa autentik Palembang.

Selain pempek, tempat makan ini juga menyediakan menu lain seperti tekwan, mie celor, pindang patin, dan laksan. Pempek ini berlokasi di Komplek Bioskop Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur, No. 21, Cikini. Untuk harganya sangat terjangkau dimulai dari Rp 4.000 hingga Rp 30.000.

Roemah Kuliner

Roemah Kuliner

Bagi kamu yang doyan makan mie ayam, Roemah Kuliner bisa menjadi pilihan. Menu Mie Ayam Pedas menjadi favorit. Makanan Indonesia lainnya yang ditawarkan restoran di Cikini ini juga tidak kalah enak, mulai dari Nasi Goreng Kampoeng, Ayam Suwir Balado Kecombrang, Ikan Cakalang Saus Rica dan lain-lain.

Ada pula makanan ringan lain seperti Tahu Gejrot, Kue Cucur, hingga Pisang Sarikaya, semuanya bikin ketagihan. Harga makanan dimulai dari Rp 15.000 hingga Rp 75.000. Roemah Kuliner berlokasi di Komplek Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur No. 21, Cikini.

Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat. Nah, ini adalah salah satu bakmi yang sudah berdiri lama lho sejak tahun 1968. Bakmi keritingnya sangat lembut di mulut, belum lagi topping potongan ayam dan jamurnya yang gurih dibalut bumbu. Menyantap bakmi ini dengan pangsit rebus atau pangsit goreng juga sangat enak.

Bakmi disini teksturnya lurus-lurus, tidak berminyak dan aromanya terasa sekali. Di Mie Ayam Gondangdia, ada menu pangsit goreng yang enak dan crunchy untuk melengkapi bakmimu.

Semangkuk Mie Ayam di sini harganya Rp. 27.000. Kunjungi bakmi enak di Jakarta ini yuk di Jalan Cikini IV, No. 12 A, Jakarta Pusat.

Garuda Padang Restaurant

Garuda Padang Restaurant

Garuda Padang Restoran patut disebut sebagai restoran terbaik soal urusan cita rasa. Berasal dari Medan, Sumatera Utara, Garuda mencuri hati para pecinta kuliner Jakarta dengan menyajikan masakan asli Minang dengan sentuhan resep Melayu. Restoran Padang ini digemari oleh banyak kalangan.

Sebagai salah satu restoran Padang yang legendaris dan sudah eksis sejak tahun 1976, Garuda Padang Restoran menyajikan menu ayam pop dengan resep terjaga secara turun temurun. Hidangan yang paling dicari di sini adalah Ayam Pop yang merupakan ayam tanpa kulit goreng kelapa yang disajikan dengan saus pedas.

Ayam Pop mempunyai cita rasa yang sangat gurih, mentega, dan menyatu dengan rasa segar dari saus saus pedas. Harga ayam pop disini dibanderol hanya Rp. 21.000 saja! Lokasinya ada di Jalan Cikini Raya No. 26, Cikini, Jakarta Pusat.

Rumah Makan Ampera 2 Tak

Rumah Makan Ampera 2 Tak

Ingin menikmati makanan Sunda? Kamu bisa mampir ke Rumah Makan Ampera 2 Tak. Mereka menyediakan berbagai makanan Sunda seperti ayam, ikan, pepes, tahu, tempe, bakwan, perkedel, sayur asem, hingga sambal dan lalapan.

Menu lauk pauknya sudah dipajang bertumpuk-tumpuk dan bisa langsung kamu pilih sendiri. Harga makanan di sini pun sangat murah meriah dimulai dari Rp 5.000.

Uniknya, RM Ampera 2 Tak buka selama 24 jam. Jadi kamu bisa datang saat lapar tengah malam. Lokasinya di Jalan Cikini Raya No.103, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Continue Reading

Hangout

Kue Kontol Kejepit Khas Yogyakarta, Namanya Bikin Ngilu & Bentuknya Lucu

Published

on

By

Kue Kontol Kejepit Khas Yogyakarta

Ketika mendengar ‘konton kejepit’ pasti hampir semua orang menganggapnya kata yang jorok. Padahal, nama itu dipergunakan sebagai salah satu karya kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di mana kuliner yang dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah ini disebut kue kontol kejepit. Selain itu, nama ini pun kerap disingkat menjadi tolpit.

Sementara untuk cita rasanya sendiri, kue ini memiliki rasa gurih dan manis. Namun yang unik dan menarikanya adalah dari bentuknya yang lucu. Makanan khas daerah Jogja ini juga berwarna cokelat tua, karena terbuat dari gula merah.

Di namai topit karena bentuk kue yang satu ini mirip seperti bentuknya dianggap mirip alat kelamin pria yang terjepit. Selain itu, kue ini juga kerap disebut sebagai Kue Mana Tahan.

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

Untuk menggambarkan betapa ngilunya membayangkan alat kelamin pria yang terjepit, sebab itu nama tersebut pun pergunakan. Di sisi lain, sebenarnya nama asli kuliner khas Jogja ini adalah Kue Adrem.

Akan tetapi masyarakat menamainya dengan Tolpit atau Kue Mana Tahan karena diduga pengucapan nama yang aslinya dirasa sulit. Kemudian juga karena bentuknya yang unik dan lucu membuat sebutan itu pun pergunakan.

Kue yang satu ini juga tepat menjadi oleh-oleh untuk keluarga ketika Lebaran, meski namanya yang terkesan jorok itu. Untuk harganya sendiri terbilang ramah dikantong, yakni hanya senilai Rp1.000 per satunya.

Continue Reading

Trending