Connect with us

Showbiz

Inilah 7 Musisi Indonesia yang Memperkenalkan Musik Etnik Indonesia ke Mancanegara

Published

on

Rich Brian, Niki, Hue

Keberagaman dan keindahan budaya Indonesia membuat sebagian musisi terdorong untuk memperkenalkannya ke kancah dunia lewat karya-karya yang mereka buat.

Mereka pun memasukkan unsur-unsur budaya lokal yang diracik dengan musik modern masa kini. Hal ini tentu saja menjadi promosi bagi budaya Indonesia untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat internasional.

Baca Juga :

  1. NATO Vs SCO, Siapa yang Lebih Kuat?
  2. Bulan Depan, PeduliLindungi Dapat Diakes dengan 11 Aplikasi Ini
  3. Menteri Luar Negeri Arab Saudi Tolak Program Nuklir Iran

Para seniman dan musisi berlomba membuat karya versi dirinya sendiri dan akhirnya mampu digaungkan di dalam dan di luar negeri. MyCity telah merangkum berbagai musisi yang membawakan musik etnik Indonesia dan mampu dikenalkan kepada pendengar di luar negeri.

Viky Sianipar

Viky Sianipar

Viky Sianipar merupakan musisi bersuku Batak Toba yang bisa memainkan berbagai alat musik moderen dan tradisional. Viky mulai terjun secara solo ke dunia musik sejak tahun 2002 dengan album “Toba Dream”. Musisi Batak ini memadukan nuansa musik jazz dengan musik etnik Batak.

Viky berkeinginan untuk mengenalkan musik tradisional Indonesia di kancah dunia. Hal tersebut dilakukannya bersama beberapa seniman dan musisi yang dirangkum dalam album “Indonesian Beauty” yang dirilis bulan Juli 2006.

Dalam album ini Viky berkolaborasi dengan musisi dari berbagai etnik, tak hanya dari suku Batak, tetapi juga dari etnik lain seperti Tio Fanta Pinem, Sujiwo Tejo, dan Ani Sukmawati.

Dewa Budjana

Dewa Budjana

Memiliki nama lengkap I Dewa Gede Budjana, ia adalah seorang musisi dengan fokus alat musik yang dimainkan berupa gitar. Dewa Budjana merupakan bagian dari grup musik GIGI dengan menempati posisi sebagai gitaris.

Sisi musik etnik yang dibawakan oleh Dewa Budjana tertuang dalam beberapa karya solo albumnya. Contohnya adalah karya yang terbaru yakni album “Mahandini” yang merupakan rangkaian karya musik jazz fusion/progressive-rock dengan nuansa etnik dan spiritual sehingga menjadikannya sebuah mahakarya.

Dikutip dari halaman resmi Dewa Budjana Official, album “Mahandini” merupakan kolaborasi Dewa Budjana dengan musisi terkenal dunia yakni Jordan Rudess (keys/piano), Mohini Dey (bass), dan Marco Minnemann (drum) dengan tamu istimewa, Mike Stern, John Frusciante dan Soimah Pancawati.

Weird Genius

Weird Genius

“Lathi” menjadi salah satu lagu paling populer di belantika musik tanah air pada 2020. Lagu yang dibawakan oleh Weird Genius dan Sara Fajira sebagai vokalis ini menampilkan kolaborasi epic antara sisi musik moderen yang dikemas dalam bahasa Inggris dengan sisi etnik nusantaranya yang diwakili dengan bahasa Jawa, tarian daerah yang mengimplementasikan makna lagu serta alat musik gamelan.

Pada 30 Juni 2020, Spotify merilis siaran pers bahwa lagu “Lathi” telah memecahkan rekor baru sebagai lagu lokal yang menduduki tangga lagu #1 terlama yaitu selama 6 minggu berturut-turut di Top 50 Chart Spotify Indonesia.

Alffy Rev

Alffy Rev

Awwalur Rizqi Al-firori atau yang sering disapa Alffy Rev selalu membuat karya musik yang terinspirasi dari kekayaan alam Indonesia. Dalam video musik terbarunya “Wonderland Indonesia”, Alffy berhasil memperkenalkan ‘surga-surga’ tersembunyi di Indonesia ke kancah dunia. Bersama Novia Bachmid, ia juga mengenalkan budaya Indonesia lewat baju adat serta lagu-lagu daerahnya yang mempesona.

Rubah Di Selatan

Rubah Di Selatan

Rubah Di Selatan adalah band indie asal Yogyakarta yang bertekad melestarikan budaya Indonesia lewat karyanya. Band beranggotakan empat orang ini selalu memasukkan unsur-unsur kelokalan Yogyakarta dalam setiap karyanya. Dalam lagu yang berjudul “Mata Air Mata”, mereka bahkan mengangkat sejarah mengenai Kanal Yoshiro (selokan mataram) yang dibuat pada masa penjajahan jepang.

Karena kegigihannya melestarikan budaya Indonesia, Rubah Di Selatan terpilih oleh Go Ahead Challenge (GAC) dan Trafficking Europe Calling untuk mengenalkan budaya Indonesia lebih jauh ke empat negara Eropa, yaitu Belanda, Luksemburg, Prancis, dan Jerman.

Rich Brian, Niki, Warren Hue

Rich Brian, Niki, Warren Hue

Geng musisi yang tergabung dalam label 88rising ini mengenalkan permainan dan makanan lokal Indonesia lewat video musik ”California”. Dalam video musik yang dirilis pada 27 Mei 2021, mereka memainkan permainan tradisional congklak serta memakan makanan produk asli Indonesia di sana.

Eka Gustiwana

Eka Gustiwana

Selain bersama Weird Genius, Eka Gustiwana dalam proyek solonya juga gemar memadukan kearifan lokal Indonesia dengan lagu garapannya. Misalnya saat berkolaborasi dengan Angklung Udjo memerkan alat musik angklung. Dalam album “Sound Of Java”, lagu berjudul “Tersimpan Di Hati” menggabungkan berbagai elemen musik tradisional, bahasa daerah, juga tari daerah.

Showbiz

PA Jakarta Barat Putuskan Gala Sky & Keluarga Jadi Ahli Waris Bibi Ardiansyah

Published

on

Gala Sky

Pengadilan Agama Jakarta Barat telah memutuskan dan menetapkan ahli waris dari Bibi Ardiansyah. Hakim memutuskan keluarga Bibi dan Gala Sky sebagai ahli waris dari Bibi Ardianysah.

Sebelumnya permohonan ini diajukan oleh tiga pihak, yaitu Faisal yang merupakan ayah Bibi Ardiansyah, Dewi yang merupakan ibu Bibi Ardiansyah dan Doddy Sudrajat yang merupakan ayah Vanessa Angel.

“Sebetulnya permohonan diajukan oleh tiga pihak, Pak Haji Faisal, Ibu Dewi (istri Pak Faisal), dan Pak Doddy,” kata Wijayanto, kuasa hukum Faisal di PA Jakbar.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Doddy Sudrajat kemudian menarik diri dari penetapan ahli waris ini. Oleh karenanya, majelis hakim memutuskan ahli waris dari harta dan aset milik Bibi Ardiansyah jatuh ke keluarganya dan sang buah hati.

“Majelis hakim sudah menetapkan bahwa ahli waris dari Bibi adalah Pak Haji Faisal, Bu Haji (Dewi), dan Gala, yang ditetapkan dalam ahli waris Bibi,” tutur Wijayanto.

Doddy Sudrajat juga mundur dari permohonan yang sebelumnya diajukan soal perwalian atas Gala.

Doddy Sudrajat berubah pikiran dan tidak setuju dengan permohonan tersebut. Pihak Faisal kemudian mencabut permohonan tersebut.

“Hasil persidangan tadi bahwa permohonan perwalian yang diajukan oleh pemohon dicabut, tujuannya hanya untuk kepentingan Gala. Kita menjaga Gala supaya tumbuh kembangnya baik jadi kita akan mencoba bermusyawarah untuk terjadi mufakat antara kedua belah pihak. Kita lihat nanti,” ungkap Doddy Sudrajat.

Dalam waktu dekat, keluarga mendiang Bibi Ardiansyah akan memasukkan gugatan untuk urusan hak asuh atau perwalian. Keluarga akan lebih dahulu melakukan mediasi dengan keluarga Vanessa Angel.

“Sesegera mungkin dalam minggu ini kita akan mendaftarkan dan dalam proses itu pasti ada upaya mediasi yang tadi diminta oleh majelis hakim untuk kita melakukan upaya mediasi,” kata Sandy Arifin, pengacara keluarga Bibi Ardiansyah.

Continue Reading

Showbiz

Usai Wamil, Sungjae BTOB Langsung Bintangi Drakor Baru

Published

on

Sungjae BTOB
Sungjae BTOB

Salah satu anggota boy group BTOB, Sungjae, dikonfirmasi bakal membintangi drama baru berjudul Golden Spoon. Ini menjadi proyek pertamanya usai selesai menjalani wajib militer.

Sungjae bakal berperan sebagai siswa bernama Lee Seung Chon. Dia adalah pria yang lahir dari keluarga miskin dan ingin mengubah hidupnya. Dia kemudian menggunakan sendok emas misterius untuk bertukar nasib dengan temannya yang berasal dari keluarga kaya.

Banyak penggemar telah menantikan penampilan Yook Sung-jae karena ia merupakan salah satu aktor yang dipilih berbagai komunitas penggemar untuk memerankan karakter tersebut.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Drama Golden Spoon diangkat dari webtun bertajuk sama. Webtun Golden Spoon rilis pada 2016 hingga 2018 dengan total 106 episode.

Webtun tersebut banyak mendapat pujian karena melontarkan pertanyaan-pertanyaan tak biasa dan bermakna, apakah uang atau keluarga yang bisa membawa lebih banyak kebahagiaan.

Golden Spoon diarahkan sutradara Song Hyun-wook yang sebelumnya menggarap The King’s Affection, Another Oh Hae Young, Beauty Inside, dan Graceful Friends

Drama ini ditulis Kim Eun-hee dan Yoon Eun-kyung yang menulis Winter Sonata, Sweet 18, dan Prime Minister and I. Drama ini juga akan diproduksi Samhwa Networks dan Studio N.

Studio tersebut sebelumnya menggarap beberapa drama, termasuk Dr. Romantic 2, Now We Are Breaking Up, True Beauty, Sweet Home, dan Yumi’s Cells.

Seperti diberitakan Newsen via Naver, Selasa (30/11/2021), Golden Spoon dijadwalkan tayang paruh kedua 2022.

Sebelum Golden Spoon, Yook Sung-jae telah membintangi sejumlah drama termasuk Goblin, Mystic Pop-Up Bar, Who Are You: School 2015, dan Guardian: The Lonely and Great God.

Continue Reading

Showbiz

Baru Sepekan Rilis Album Baru, Adele Rajai Tangga Musik AS

Published

on

Adele
Adele

Sepekan setelah merilis album 30 pada 19 November lalu, penyanyi Adele sukses menguasai puncak tangga lagu dan album terpopuler di Amerika Serikat (AS).

Seperti diberitakan Billboard, lagu Easy on Me kembali ke puncak tangga Billboard Hot 100 untuk minggu kelima di tangga lagu itu.

Billboard Hot 100 mencampurkan semua data streaming baik audio maupun video resmi di Amerika Serikat, pemutaran radio, dan data penjualan resmi.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Menurut MRC Data yang dikutip Billboard, Easy on Me mendapatkan 93,2 juta pemirsa radio, 37,5 juta streaming, dan unduhan 27,6 ribu kali di Amerika Serikat.

Easy on Me menjadi lagu kelima Adele yang berhasil berada di puncak Billboard Hot 100 dan ketiga terlama, setelah Hello (2015) selama 10 pekan dan Rolling in the Deep (2011) selama tujuh pekan.

Bukan hanya itu, Easy on Me juga tercatat menduduki nomor satu di Billboard Global 200 yang menunjukkan lagu terpopuler di dunia, dan Billboard Global yang menunjukkan lagu terpopuler di pasar internasional.

Capaian ini muncul setelah album 30 resmi berada di puncak tangga album Billboard 200 dengan angka penjualan tertinggi sepanjang 2021.

Continue Reading

Trending