Connect with us

Lifestyle

Ini yang Harus Kamu Lakukan untuk Merawat Tumbuhan Lidah Mertua!

Published

on

Tumbuhan Lidah Mertua

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman hias yang bermanfaat menyerap racun di udara. Mau memiliki tanaman hias ini? Tanaman hias sansevieria atau lidah mertua ciri khasnya adalah bentuknya yang tajam, unik, daun yang keras, tegak, sukulen, dan dengan ujung runcing.

Manfaat tanaman hias ini menyerap racun seperti karbondioksida, formaldehida, benzena, sekaligus berfungsi sebagai penyaring udara kotor karena menghasilkan oksigen.

Lidah mertua termasuk tanaman hias yang mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air dan tahan terhadap intensitas cahaya tinggi hingga rendah. Meski mudah dirawat kamu tetap perlu memberikan perhatian pada si lidah mertua.

Baca Juga:

  1. Prancis Tegaskan Akan Terus Lawan Ekstremisme Islam
  2. Serukan Boikot Produk Prancis, Erdogan Ditantang Tutup Pabrik Renault
  3. Pernyataan Kontroversial Macron Soal Islam, Negara Arab Ramai-ramai Boikot Produk Prancis

Lidah mertua membutuhkan media tanam yang bersifat porous dan kering. Jenis dan komposisi medianya ditentukan oleh sifat, rencana penanaman, dan penempatan tanaman tersebut.

Media tanam terbaik untuk lidah mertua yang bisa dipilih, di antaranya sekam bakar, kompos atau pupuk kandang, dan pasir malang dengan perbandingan 1:1:1. Dan sebaiknya pergantian media tanam cukup dilakukan setahun sekali saja.

Tips merawat lidah mertua, pastikan kamu memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman. Menanam lidah mertua berukuran mini di pot yang besar akan membuat tanaman menjadi tertutupi oleh timbunan tanah sehingga akan menyebabkan tanaman mudah berjamur dan membusuk.

Pilih pot besar untuk tanaman induk (soliter) atau gabungan beberapa individu tanaman (grouping). Sementara itu, tanaman lidah mertua yang dihasilkan dari setek daun atau berukuran mini lebih cocok diletakkan pada pot berukuran kecil.

Kamu bisa meletakkan tanaman lidah mertua dalam pot yang terbuat dari tanah liat, semen, plastik, dan keramik, Pemilihan pot yang terbuat dari tanah liat dianggap yang terbaik karena pot ini memiliki dinding yang dapat menyerap dan membuang kelebihan air pada tanaman hias (porous), serta bisa menjaga kestabilan temperatur media.

Jika kamu meletakkan lidah mertua pada pot plastik maka pastikan pot tersebut memiliki lubang pembuangan air di dasar atau disamping pot guna memastikan tanah tidak terlalu tergenang atau basah.

Advertisement

Lifestyle

Insecure Karena Sosial Media? Atasi Dengan 5 Tips Berikut

Published

on

By

Ilustrasi Insecure

Kini, media sosial sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Di sana, setiap orang bisa memamerkan apapun sehingga tidak jarang membuat yang lainnya merasa insecure.

Insecure merupakan keadaan mental yang menyebabkan seseorang merasa tidak aman. Hal ini menyangkut untuk berbagai macam masalah, terkadang orang merasa insecure atas kondisi fisik, finansial, pekerjaan, dan lainnya. Perasaan insecure membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, bahkan sampai tidak percaya diri.

Mereka akan menganggap bahwa dirinya tidak sehebat orang lain, ditambah lagi dengan adanya media sosial yang membuat orang semakin mudah untuk membandingkan dirinya dengan orang lain. Jika terus dibiarkan, akan dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Berikut mycity telah merangkum 5 tips, untuk mengatasi insecure yang disebabkan oleh media sosial. Simak penjelasannya agar kamu bisa beralih menjadi penuh rasa syukur dan tidak lagi insecure.

Baca Juga:

  1. Ingin Dicintai Orang Lain? Coba Cintai Diri Sendiri Dulu
  2. Sering Merasa Overthinking? Begini Cara Mengatasinya
  3. Manfaat Gratitude Journal, Cara Sederhana untuk Bersyukur dan Hidup Bahagia

Rehat dari media sosial

Hal pertama untuk meredakan rasa insecuremu adalah dengan cara rehat sejenak dari media sosial. Biasanya melihat postingan orang lain tentang prestasi, atau pencapaian mereka, membuat kamu merasa minder dan tidak berarti. Perbandingan ini tanpa sengaja terjadi ketika kamu melihat hal tersebut.

Setelah mengambil langkah ini, kamu juga perlu untuk memahami bahwa apa yang kamu lihat hanyalah lapisan terluar dari seseorang saja. Pada dasarnya setiap orang sama, mereka pasti memiliki kekurangan serta ketidak sempurnaannya juga dalam hidup.

Kenali kelebihan serta kekurangan diri

Jika kamu telah mengenali dirimu sendiri dengan benar, kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada pada dirimu. Tidak perlu membandingkan atau mendengarkan pendapat orang lain tentang apa yang tengah kamu kerjakan. Fokus saja akan hal positif yang bisa kamu lakukan, dengan begtitu dirimu akan jauh lebih berkembang.

Fokus pada target yang ingin diraih

Setelah mengenali diri sendiri, pasti kamu akan lebih tahu akan target atau langkah apa saja yang ingin kamu gapai. Kamu bisa mulai menuliskannya pada buku kecil untuk mencatatnya. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengerjakannya satu persatu.

Dengan berupaya fokus kepada dirimu sendiri, akan membuatmu lupa untuk membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Sehingga kamu tidak lagi merasa sedang berkompetisi oleh siapapun, melainkan kamu sedang menikmati prosesmu sendiri untuk meraih kesuksesan.

Unfollow toxic people dari media sosialmu

Kamu pasti tahu mana orang yang memberikan dampak yang positif, dan mana yang tidak. Jika orang tersebut hanya membagikan postingan negatif dan tidak memberikanmu manfaat, segeralah unfollow.

Mulailah mengikuti orang-orang yang menginspirasi dan mengedukasi. Hal ini juga akan dapat menambah wawasanmu, akan ada banyak ilmu yang kamu tahu. Jelas itu sangat menguntungkan, serta berdampak positif untuk dirimu sendiri.

Jadikan motivasi

Segala sesuatu yang kita lihat, pada akhirnya diri sendirinya yang dapat menentukan sudut pandang akan hal tersebut. Semisal, dengan postingan teman yang memperlihatkan asetnya dan kamu belum memiliki itu, jangan timbulkan rasa iri atau berkecil hati.

Melainkan bangkitlah, dan buat dirimu lebih semangat untuk bekerja keras. Jadikan hal itu sebagai motivasimu untuk maju. Kamu harus yakin terhadap dirimu sendiri yang kelak juga akan mampu, atau bahkan lebih hebat darinya. Pengontrolan pola pikir dan perasaan ini, sangat berperan penting untuk seseorang dapat menentukan sikap dengan bijak.

Continue Reading

Lifestyle

4 Cara Atasi Rasa Bersalah karena Belum Bisa Membahagiakan Orang Tua

Published

on

Membahagiakan orang tua
Membahagiakan orang tua

Kita terkadang merasa pesimistis karena belum bisa membahagiakan orang tua karena belum menjadi orang sukses. Padahal membahagiakan orangtua tak melulu harus menunggu punya banyak uang lho.

Saat kita semakin dewasa, kadang kita makin menyadari betapa pentingnya keberadaan orangtua kita selama ini. Yang paling kita sesali pun adalah kita merasa belum bisa benar-benar membahagiakan mereka.

Rasa penyesalan biasanya akan semakin besar saat satu demi satu harapan orangtua ternyata belum bisa kita penuhi sepenuhnya. Seiring bertambahnya waktu dan usia, kita malah membuat mereka kecewa dengan keputusan-keputusan yang kita ambil.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Kadang ada hal-hal yang berada di luar kendali kita. Sehingga kita masih gagal menjadi anak yang baik untuk orangtua kita. Namun, tak apa. Selama kita masih berusaha sebaik-baiknya untuk membuat hati mereka tenang, maka selalu ada kesempatan untuk memperbaiki banyak hal.

Hal tersebut terkadang membuat kita merasa frustrasi. MyCity telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi perasaan insecure karena belum bisa membahagiakan orang tua.

Maafkan Diri Sendiri

Maafkan diri sendiri lebih dahulu. Tidak semua hal bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan. Ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan atau rencana kita, dan itu perlu kita terima dengan hati yang lapang.

Termasuk ketika kita masih belum bisa menjadi kebanggaan orangtua kita, kita tetap perlu menerima diri kita seutuhnya. Maafkan diri sendiri sekaligus berterima kasih juga pada diri sendiri yang sudah berjuang dengan sebaik-baiknya hingga saat ini.

Berhenti Membandingkan Diri

Kakak atau adikmu mungkin sudah lebih dulu membuat orangtua bangga dan bahagia. Sedangkan kamu masih harus berjuang lebih keras dan lebih susah untuk jadi kebanggaan orangtua.

Muncul rasa sedih dan kecewa, itu wajar. Namun, setelah itu sudahi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sudahi perbandingan-perbandingan yang tidak membuatmu jadi lebih baik.

Lakukan Hal Terbaik Semampu Kamu

Ketulusan dan kesungguhanmu untuk membahagiakan orangtua pasti bisa sampai dan dirasakan oleh orangtua. Besar kecilnya materi atau besar kecilnya prestasi bukan satu-satunya standar cara untuk membahagiakan orangtua. Selamakita masih menunjukkan upaya dan melakukan hal terbaik untuk membuat orangtua bangga, maka itu sudah lebih dari cukup.

Ungkapkan Rasa Sayang ke Orang Tua

Ungkapkan rasa sayang kepada orangtua. Bisa dengan memberi hadiah, kejutan kecil, atau sekadar pelukan hangat. Bisa juga disesuaikan dengan bahasa cinta atau kebiasaan dalam keluarga masing-masing. Menunjukkan dan mengungkapkan rasa cinta kepada orangtua bisa bantu membuat hatimu lebih tenang dan bahagia, sehingga tidak lagi gampang insecure.

Menjadi anak kebanggaan orangtua memang impian dan keinginan kita semua. Mungkin saat ini kita merasa masih jadi anak yang payah dan belum berbakti. Namun, selama kita tidak berhenti berusaha untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam hidup kita, maka selalu ada kesempatan untuk membuat orangtua kita tersenyum.

Continue Reading

Lifestyle

Keren, Fendi Luncurkan Dompet Kripto Stylish

Published

on

Tas Fendi

Rumah mode Italia, Fendi, merancang tas mungil khusus untuk menyimpan uang kripto yang biasa dipakai sebagai alat bayar NFT (non-fungible token).

Tasa tersebut merupakan koleksi terbaru Fendi untuk musim dingin 2022/2023 di Milan Fashion week. Uniknya, di ujung tas mungil tersebut, ada gantungan kunci, ada pula yang terpasang di bagian gagang tas untuk menyimpan uang kripto.

Fendi menggandeng Ledger, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan dan keamanan aset digital. Dari kolaborasi tersebut, lahirlah koleksi dompet kripto dalam desain Fendi yang stylish sekaligus futuristis.

Baca Juga:

  1. Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Wagub Minta Warga Tak Nobar Timnas Indonesia
  2. Mampukah Timnas Balas Kekalahan Telak dari Thailand? Ini Jawaban Shin Tae-yong
  3. Ford Tahun Depan Siap Kembali Jualan Mobil di Indonesia

Dompet pertama hadir dalam siluet tas Baguette Fendi yang ikonis, dengan material aluminium bling-bling yang mengilap, serta dihiasi detail sabuk dan stud yang edgy. Di dalamnya, tersimpan perangkat keras LEDGER Nano X untuk menyimpan aset kripto.

Fendi
Fendi

Desain berikutnya menyerupai kapsul tiga dimensi berbentuk rantai O’Lock Fendi. Monogram FF khas Fendi menghiasi dompet berbahan chrome ini.

Kedua desain bisa dipakai dengan cara yang bervariasi. Selain menjadi penghias tas, aksesori ini juga dapat digantung di sabuk celana atau kalung.

“Fendi merupakan sinonim dari inovasi dan craftsmanship, dan kami senang memanjakan mata orang. Kami berkreasi baik dengan sesuatu yang terlihat ataupun tidak. Ini mengapa penting bagi kami untuk menyambut masa depan dan menjembatani kemewahan fisik dan virtual,” kata Fendi dalam keterangan resminya.

Continue Reading

Trending