Connect with us

Kesehatan-Kecantikan

Ini Penyebab dan Cara Pencegahan Hepatitis

Published

on

Jenis-Jenis Hepatitis (Source: kumparan.com)

Hepatitis merupakan peradangan hati yang memiliki bermacam jenis virus dan dapat menyebabkan kematian pada pasien. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini biasanya beberapa bagian tubuh akan menguning seperti kuku, mata dan kulit pada sekujur tubuh pasien.

Banyaknya manusia yang menjadi korban penyakit ini, menjadikan adanya peringatan terhadap Hari Hepatitis Sedunia yang diselenggarakan setiap tanggal 28 Juli 2021.

Hepatitis terdiri dari berbagai macam jenis yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Biasanya Hepatitis B dan C merupakan jenis hepatitis yang sering menjadi penyebab kematian.

Baca Juga:

  1. Manfaat Cuci Muka dengan Air Kelapa untuk Wajah
  2. Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami
  3. 3 Cara Mengatasi Jerawat dengan Skincare Herbal

Tahukah anda penyebab virus hepatitis dan bagaimana cara pencegahannya? Simak artikel ini selengkapnya!

Hepatitis biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang terinfeksi virus atau penyakit lainnya. Berikut merupakan beberapa penyebab dan penjelasan mengenai cara mencegah penyakit hepatitis:

Sering Jajan Sembarangan

Salah satu penyebab penyakit hepatitis adalah sering jajan sembarangan khususnya bagi jajanan yang tidak menjaga kebersihan. Hal ini disebabkan karena virus hepatitis tidak kasat mata dan dapat masuk ke dalam tubuh jika kita tidak menjaga kebersihan dengan baik. Makanan atau minuman yang kita beli dipinggir jalan bisa saja mengandung virus hepatitis ini. Maka dari itu, kurangi jajan sembarangan dan perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang kita olah sendiri dengan bahan yang menjamin kesehatan dan kebersihannya.

Sering Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menjadi salah satu faktor hepatitis. Selain itu, alkohol itu sendiri dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan kinerja fungsi hati rusak. Akibat fatal jika tidak ditangani cepat oleh medis yaitu dapat mengakibatkan sirosis atau kanker hati. Perbanyaklah mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Karena hal ini dapat membantu proses kerja hati agar lebih terjaga dan berfungsi dengan baik.

Memiliki Riyawat Hepatitis

Seseorang yang memiliki riwayat hepatitis dari orangtua biasanya memiliki peluang untuk terkena juga. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik keluarga. Riwayat hepatitis memang sulit untuk dihindari. Namun, anda bisa menjaga pola makan dan pola hidup sebaik mungkin sejak dini agar dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Advertisement

Kesehatan-Kecantikan

Ingin Tampil Cantik? Ini Dia Tren Makeup 2022

Published

on

By

Ilustrasi Makeup

Saat ini kita telah memasuki di awal tahun 2022, di mana setiap tren di berbagai bidang pasti berubah dari tahun sebelumnya. Pun demikian dengan tren makeup.

Makeup merupakan aspek penting dalam penunjang kecantikan atau keindahan seseorang, khususnya bagi kaum wanita. Setiap wanita biasanya lebih percaya diri ketika mereka mengenakan makeup, saat beraktivitas di luar.

Makeup itu sendiri diartikan sebagai sebagai produk kosmetika berwarna, maksudnya adalah bila digunakan pada tubuh atau bagian tubuh tertentu akan menghasilkan warna. Beberapa contoh dari makeup yaitu lipstick, mascara, eye liner, eye shadow, dan blush on.

Tren makeup pada tahun ini, diperkirakan adalah hasil dari eksplorasi tahun-tahun sebelumnya. Apa sajakah tren makeup di tahun 2022? Nah berikut informasinya yang bisa kalian simak.

Baca Juga:

  1. Miss India Harnaaz Sandhu Terpilih Jadi Miss Universe 2021
  2. 5 Tren Fashion Hijab 2022
  3. 3 Tips Ampuh Perawatan Kulit untuk Wanita Berhijab

Lipstik berwarna terang dengan gradasi garis bibir tegas

Tahun 2022 tren pewarna bibir akan mengarah pada warna netral yang segar. Warna tersebut lebih terang dibandingkan dengan tren 2021 lalu, yang lebih mengarah pada warna bold. Pada tahun ini warna gradasi akan lebih mendominasi, dan dengan garis bibir yang tegas. Hal ini berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya yang cenderung pada tren ombre.

Alis tegas dan natural

Di tahun 2022 alis yang terlihat tegas dan memiliki kesan alami, diperkirakan akan menjadi tren. Hal ini mengalami pergantian tren, setelah tahun 2021 yang lebih berkiblat pada Korean-makeup look yang menampilkan hasil natural, dan tidak terlalu terliha tegas.

Eyeshadow glitter dan shimmer

Wajah menjadi terlihat lebih segar dan mewah dengan glitter dan shimmer. Eyeshadow berwarna hot pink ditambah sentuhan glitter serta shimmer, akan menjadi tren makeup di tahun 2022. Hampir sama seperti tahun 2021, di mana eyeshadow menjadi produk makeup yang menjadi unggulan.

Blush on bernuansa ungu

Blush on akan membuat wajah seseorang terlihat menjadi lebih cerah dan menarik.  Ada beberapa warna blush on yang menjadi pilihan, dan bisa disesuaikan dengan berbagai skin tone kalian di tahun 2022. Warna yang menjadi tren pada tahun ini adalah warna dengan nuansa ungu, seperti plum, violet, dan lavender. Hal ini berbeda dengan tahun 2021 yang lebih mengarah kepada warna yang lebih cerah yaitu merah muda, dan peach.

Eyeliner berwarna cerah

Penggunaan eyeliner dengan warna cerah, akan menjadi tren kembali di tahun 2022. Sama dengan tahun sebelumnya, graphic eyeliner masih sangat diminati oleh kalangan wanita. Agar tidak menampilkan kesan yang berlebih pada area mata, pilihlah eyeshadow dengan warna yang lebih soft. Eyeliner sangat berperan penting terhadap riasan mata seseorang agar lebih terlihat tegas menarik.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Jokowi: Indonesia Tiap Tahun Kehilangan Rp97 Triliun karena Pelayanan Kesehatan Kurang Memadai

Published

on

Jokowi
Presiden Jokowi

Dalam acara peletakan batu pertama proyek Ruhah Sakit Internasional Bali, Denpasar, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), menyatakan Tanah Air setiap tahunnya kehilangan Rp97 triliun karena banyak masyarakat yang berobat ke luar negeri.

Jokowi menegaskan hampir setiap tahun ada kurang lebih 2 juta masyarakat yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Baik itu Singapura, baik itu Malaysia, baik itu ke Jepang, baik itu ke Amerika dan tempat-tempat lainnya. Dan kita kehilangan Rp 97 triliun,” jelas dia.

Rumah Sakit Internasional Bali nantinya akan bekerja sama dengan Mayo Clinic asal Amerika Serikat (AS). Dengan adanya rumah sakit tersebut, diharapkan warga negara Indonesia tak lagi berobat ke luar negeri.

Baca Juga:

  1. 5 Rekomendasi Pantai Terindah di Pulau Jawa Pilihan MyCity
  2. Pesona Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara
  3. Desa Torosiaje, Kampung Indah di atas Teluk Tomini

“Kalau ini jadi, tidak ada lagi rakyat kita, masyarakat kita yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” Jokowi menambahkan.

Jokowi berharap rumah sakit internasional Bali nantinya tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat melainkan juga para masyarakat internasional.

“Kita harapkan tidak orang kita yang ke luar, tapi orang luar yang akan masuk ke Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya karena di sini ada kerja sama kita dengan Mayo Clinic yang sudah sangat terkenal,” tegas dia.

Jokowi mengatakan proyek ini diharapkan rampung pada 2023 mendatang. Jokowi menginginkan pembangunan proyek ini menjadi awal kebangkitan transformasi sektor kesehatan di Indonesia.

“Tidak hanya rumah sakit tetapi juga obat, bahan baku obat, jangan sampai kita mengimpor lagi. Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi,” demikian dia.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Ini Dia 6 Rempah-Rempah Paling Ampuh Sembuhkan Darah Tinggi

Published

on

Jahe dan kayu manis
Jahe dan kayu manis

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Tapi untungnya, kondisi ini bisa ditangani dengan menjaga pola makan.

Tak banyak yang tahu pula bahwa satu bumbu dapur bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi ketika ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari Anda.

Pada dasarnya, rempah-rempah atau bumbu dapur memang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengatasi kolesterol tinggi dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, Sabtu (20/11/2021), para peneliti di Pennsylvania State University melakukan uji coba terkontrol secara acak dengan menyelidiki efek konsumsi herbal dan rempah-rempah jangka panjang pada faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Mereka menemukan tingkat yang lebih tinggi dari bumbu dan rempah-rempah dalam makanan mengurangi pembacaan tekanan darah 24 jam.

Temuan ini diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition Trusted Source. Salah satu penulis utama studi tersebut, Penny Kris-Etherton mengatakan, efek penurunan tekanan darah dari herbal dan rempah-rempah dalam makanan cukup mengejutkan.

Berikut MyCity telah merangkum enam rempah-rempah yang bisa menurunkan tekanan darah.

Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah yang dapat digunakan dalam berbagai menu. Mulai dari lauk pauk pendamping nasi hingga pastry seperti roti dan kue, semuanya bisa dilengkapi dengan kayu manis.

Studi yang meneliti manfaat kayu manis terhadap kesehatan sudah cukup banyak, salah satunya dikaitkan dengan hipertensi. Kayu manis terbukti dapat menurunkan tekanan darah menurut studi RCT oleh Azimi P et al.

Dalam studinya yang dipublikasi di Pubmed, kayu manis juga dapat memperbaiki fungsi endotel (sel di dinding pembuluh darah) yang dialami oleh pasien diabetes melitus tipe dua.

Daun Basil

Daun Basil
Daun Basil

Daun basil seringkali menjadi pelengkap suatu sajian karena aromanya yang khas. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Pubmed oleh Tabassum et al, disebutkan bahwa daun basil dilaporkan memiliki efek positif terhadap tekanan darah.

Ekstrak murni basil juga dilaporkan dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik, diastolic dan rerata tekanan darah dengan dosis efektif 30 mg/ kg. Kemungkinan, efek ini muncul akibat kandungan eugenolnya yang memiliki pengaruh terhadap kanal kalsium (yang berkaitan dengan pengaturan tekanan darah di tubuh).

Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu meningkatkan zat nitric oxide di dalam tubuh. Efek dari nitric oxide adalah pelebaran pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran darah lebih mudah bersirkulasi dan tidak terjadi hipertensi.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 47 pasien penderita hipertensi, bawang putih mampu menurunkan rerata tekanan darah sistolik secara signifikan, yaitu sebesar 12 mmHg dan rerata diastolik sebanyak 9 mmHg bila dibandingkan dengan plasebo.

Jahe

Jahe

Selain rasanya yang khas dan aromanya yang bisa meningkatkan selera, jahe berpotensi menjadi rempah untuk membantu menurunkan hipertensi. Rempah yang cocok untuk dicampurkan ke makanan, minuman, hingga kue ini ternyata memiliki efek terhadap pembuluh darah.

Dilaporkan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi dan merelaksasi otot yang ada di dinding pembuluh darah. Dengan begitu, jahe dipercaya sebagai rempah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Kapulaga

Kapulaga
Kapulaga

Kapulaga merupakan sebuah bumbu yang berasal dari India dan sering digunakan dalam menu masakan Asia Selatan. Kapulaga biasanya digunakan sebagai bumbu masakan sup, semur, bahkan makanan yang dipanggang.

Selain dapat melezatkan masakan, kapulaga kemungkinan mampu mendatangkan manfaat positif terhadap tekanan darah. Studi menunjukkan, kapulaga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah.

Safron

Safron
Safron

Safron termasuk ke dalam golongan rempah yang bisa membantu menurunkan hipertensi. Tumbuhan beraroma khas dengan nama latin Crocus sativus L. ini cukup terkenal di wilayah Timur tengah.

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, safron diyakini memiliki efek antioksidan, penghilang nyeri, antiperadangan, dan lain-lain.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association, safron dalam makanan mampu menurunkan tekanan darah pada hewan percobaan tikus. Masih banyak studi lain yang juga menemukan manfaat safron sebagai rempah untuk hipertensi.

Continue Reading

Trending