Connect with us

Properti

Ini Dia Konsep Hunian di Masa New Normal

Published

on

Hunian new normal

Pandemi Covid-19 mendorong terjadinya perubahan mendasar dalam kehidupan, mulai dari gaya hidup hingga rutinitas manusia sehari-hari.

Perubahan tersebut terjadi seiring upaya manusia beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Untuk itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia pun ikut berubah agar relevan. Salah satunya, hunian.

Baca Juga:

  1. Buah Nanas Dapat Membuat Tubuh Langsing?
  2. Khasiat Sinar Matahari untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
  3. Khasiat Temulawak bagi Kesehatan Tubuh

Akibat pandemi, hunian tak sekadar berfungsi sebagai tempat istirahat dan berkumpul dengan keluarga. Hunian kini juga menjadi area produktif, rekreasi, ruang belajar, dan tempat ibadah. Tak heran, hunian yang dapat mengakomodasi hal tersebut semakin dibutuhkan.

Melansir Architectural Digest, Jumat (21/5/2021), desainer asal New York Daun Curry mengatakan, pada masa ini, telah terjadi pergeseran tata letak ruangan. Fleksibilitas menjadi kunci dalam perencanaan dan tata letak ruang agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

MyCity telah merangkum beberapa faktor utama yang harus Cityzen perhatikan jika ingin jika ingin membeli atau menyewa tempat tinggal di masa depan.

Pilihan Lokasi

Sejak pandemi, tren Work from Home (WFH) dan remote working semakin dikenal. Kini manusia tidak harus pergi ke kantor untuk bekerja. Banyak pekerjaan bisa dilakukan di rumah secara online. Oleh karena itu, pemilihan lokasi untuk tempat tinggal juga mengalami perubahan.

Properti yang berada di kawasan strategis dahulu menjadi satu-satunya pilihan. Tapi, sekarang orang-orang mulai mempertimbangkan untuk memiliki hunian di luar pusat kota. Di kawasan yang tidak sepadat Jakarta. Selain lebih nyaman, harga properti di luar Jakarta pun cenderung lebih murah.

Akses ke fasilitas kesehatan

Kalau memutuskan untuk memiliki hunian di pinggiran kota, pastikan tersedia akses ke fasilitas kesehatan dan tempat penting lainnya. Hal ini bertujuan agar mempermudah kamu untuk menjangkau bantuan jika terjadi kondisi darurat seperti sakit. Usahakan lokasi hunian minimal dekat dengan fasilitas kesehatan tingkat I, yaitu puskesmas.

Akan lebih baik jika tempat tinggal kamu berada tidak terlalu jauh dari rumah sakit besar. Selain fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan pusat belanja juga penting. Terlebih kalau kamu ingin berkeluarga dan memiliki anak. Rutinitas sehari-hari kamu akan lebih mudah jika akses ke tiga tempat ini mudah.

Desain arsitektur hunian

Menurut arsitek terkenal asal New York, Dan Curry, kebutuhan manusia akan hunian mengalami pergeseran. Setidaknya ada tiga poin yang berubah dalam konsep hunian ideal bagi masyarakat akibat pandemi.

Fungsi

Fungsi utama dari tempat tinggal adalah sebagai tempat beristirahat. Namun, sekarang hunian dibuat dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan manusia yang lebih kompleks. Seperti untuk area bekerja, berkumpul anggota keluarga, berolahraga, beribadah dan sebagainya.

Tata letak

Kini hampir semua aktivitas manusia terjadi di rumah. Dengan aktivitas yang kompleks, manusia ingin adanya batasan jelas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Terutama untuk ruang kerja agar produktivitas tetap terjaga. Meskipun demikian, fleksibilitas juga menjadi faktor penting. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya perubahan lain yang menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal ikut berubah.

Area taman

Pandemi membuat orang lebih peduli dengan kesehatan. Gaya hidup sehat pun menjadi tren, termasuk dalam aspek tempat tinggal. Lahan terbuka hijau menjadi area yang wajib dalam konsep hunian ideal masa depan. Taman bisa kamu manfaatkan untuk tempat olahraga, berjemur, tempat bermain anak hingga berkebun.

Properti

Township Modern Minimalis dengan Harga Bersahabat di Bintaro

Published

on

Easton Urban Kapital
Easton Urban Kapital

Minat profesional muda di perkotaan untuk membeli rumah yang dirancang dengan baik dengan harga yang terjangkau semakin tinggi. Namun, ketersediaan rumah jenis tersebut di pasaran masih belum mampu memenuhi permintaan yang ada. Mengetahui situasi ini, Easton Urban Kapital menambahkan Somerhill House ke dalam portofolionya yang terus berkembang.

Didirikan pada tahun 2016, pengembang ini awalnya berfokus pada pembangunan kompleks komersial, seperti ruko dan pengembangan rumah kantor. Untungnya, pada 2017 lalu, mereka memutuskan melebarkan bisnisnya dengan membangun proyek residensial yang berlokasi di Palembang dan Tangerang Selatan.

Meskipun Easton Urban Kapital tergolong baru di pasar ini, inovasinya untuk membangun proyek dengan estetika desain yang baik dapat diterima dengan baik oleh pasar. Dalam prosesnya, pengembang ini merencanakan semuanya dengan cermat dengan berkonsultasi dengan para ahli dan melakukan riset pasar untuk memberikan hasil yang bagus untuk setiap proyek.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Terkait hal tersebut, Somerhill House diluncurkan pada Oktober 2019. Cluster townhouse ini terdiri dari 34 unit rumah dua lantai yang dibangun dengan cerdik dengan gaya minimalis untuk mengoptimalkan efisiensi ruangan dan memenuhi kebutuhan keluarga modern saat ini.

Pengembangan menakjubkan ini memenangkan penghargaan untuk the Best Townhouse Development Award di PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-6 yang tentunya tidak mengherankan mengetahui bagaimana pengembang secara cermat merencanakan dan melaksanakan proyek tersebut.

“Somerhill House by Easton Urban Kapital menyajikan dua lantai, rumah dengan tiga kamar tidur, semi basement untuk area servis, ruang tambahan di mezzanine, jendela besar dan langit-langit tinggi, bersama dengan interior yang secara cerdas memaksimalkan ruang pada plot kompak di Tangerang Selatan,” puji panel juri.

Pembangunan ini cocok untuk keluarga muda profesional yang ingin tinggal di rumah yang luas, tetapi ketat dengan anggaran mereka. Yang lebih menarik dari cluster townhouse eksklusif ini adalah proyek ini memiliki ruang semi basement yang dapat digunakan sebagai area servis agar terpisah dari area ruang tamu dan keluarga.

Selain itu, ruang mezanin yang dibangun di atasnya dapat digunakan untuk kantor rumah, cocok untuk situasi saat ini karena mayoritas orang bekerja dari rumah akibat pandemi.

Untuk menambah kualitas di kehidupan sehari-hari Anda, pembangunan ini dekat dengan fasilitas pendukung. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menuju mini market (Superindo Serua, Giant Pamulang, Pasar Modern BSD), 18 menit menuju fasilitas kesehatan (RS Tangerang Selatan, Eka Hospital, RS Premier Bintaro), 14 menit menuju fasilitas pendidikan (Al Azhar, Santa Ursula, Ora et Labora School), dan 15 menit ke pusat perbelanjaan (Bintaro Xchange Mall, AEON Mall).

Setelah semua unit di Somerhill House sudah terjual habis pada kuartal pertama tahun 2020, pengembang ini juga mengembangkan beberapa proyek menarik lainnya di Tangerang Selatan, seperti Hummingbird House di BSD, Clarity House di Bintaro, dan Ardency House di Cirendeu.

Mengetahui seberapa cepat pembangunan ini terjual habis, menunjukkan kemampuan Easton Urban Kapital sebagai pengembang terpercaya untuk rumah atau investasi Anda berikutnya.

Continue Reading

Properti

Aku Huni, Fitus untuk Pastikan Rumah Subsidi Tepat Sasaran

Published

on

Fitur Aku Huni
Fitur Aku Huni

Berbagai aplikasi untuk memudahkan monitoring dan pemantauan rumah subsidi terus diterapkan. PPDPP sebagai lembaga penyalur KPR subsidi menerapkan uji coba aplikasi SiPetruk dan Aku Huni di 20 perumahan subsidi di wilayah Kalimantan Selatan.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan uji coba aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) dan juga fitur Aku Huni yang diusulkan penggunaannnya untuk tahun 2022 mendatang.

Aplikasi SiPetruk merupakan sistem informaasi berbasis aplikasi yang diperuntukan bagi tenaga Manajemen Konstruksi (MK) yang telah memiliki sertifikat keahlian (SKA) atau keterampilan (SKT) di bidang pengawasan pembangunan untuk mengawasi proses pembangunan rumah subsidi di lapangan.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Dengan adanya aplikasi ini rumah subsidi yang dibangun oleh kalangan pengembang bisa dipastikan telah memenuhi semua syarat yang ditetapkan sehingga menghasilkan rumah berkualitas. Sementara fitur Aku Huni merupakan sistem informasi monitoring evaluasi hybrid yang berbasis web dan diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) penerima manfaat subsidi perumahan.

“Dengan aplikasi Aku Huni ini para penghuni rumah yaitu kalangan MBR bisa melakukan pelaporan mandiri terkait status ketehunian rumahnya. Teknis penggunaan fitur Aku Huni ini sangat mudah, penghuni tinggal merekam atau melampirkan foto identitas, foto token listrik, foto tampak rumah, serta foto di dalam rumah,” ujar Chris Robert Marbun, Direktur Layanan PPDPP.

Penerapan fitur Aku Huni ini tidak terlepas dari ketentuan pemerintah melalui Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 20 Tahun 2019 tentang kemudahan dan bantuan pemilikan rumah bagi MBR. Berdasarkan permen itu rumah subsidi yang telah diterima MBR harus dihuni sebagai tempat tinggal paling lama satu tahun setelah proses serah terima dilakukan.

Selama ini PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi melakukan pemantauan status keterhunian rumah yang telah disalurkan kepada MBR melalui petugas pemantauan lapangan. Diharapkan dengan hadirnya fitur Aku Huni ini ke depannya proses pelaksanaan pemantauan di lapangan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sementara itu kegiatan uji coba aplikasi SiPetruk di dua lokasi perumahan juga terus berjalan yaitu di Perumahan Mahligai Permai 4 dan Perumahan Green Hunian Manarap 2 yang berlokasi di Banjar, Kalimantan Selatan. Yang menarik, perumahan ini berlokasi di lahan gambut sehingga untuk pondasinya menggunakan cerucuk atau kayu galam dan aplikasi SiPetruk perlu menyesuaikan untuk perumahan yang dibangun di atas lahan gambut ini.

“Kegiatan uji coba fitur Aku Huni maupun Aplikasi SiPetruk ini melibatkan 500 sample debitur yang tersebar di 20 perumahan subsidi di Kalimantan Selatan. Sejauh ini penerapannya bisa berjalan dengan baik dan berbagai informasi untuk bahan evaluasi maupun pemantauan bisa berjalan,” imbuh Chris.

Continue Reading

Properti

Inilah Kondominium Premium Pertama di Surabaya

Published

on

ARC 100
ARC 100

Tanrise Property adalah salah satu developer yang paling terpercaya di Indonesia. Mulai dari apartemen, perumahan, gudang, hingga perkantoran. Tanrise Property telah mendirikan banyak proyek pembangunan yang berkualitas di Indonesia. Pengembangan demi pengembangan terus dilakukan; Tanrise Property pun meluncurkan proyek terbarunya yaitu kondominium premium pertama di Surabaya, ARC100!

“Welcome to the New Luxury Living” merupakan slogan utama ARC100. “Kemewahan” yang dimaksud memiliki makna sangat luas. Tidak hanya sekedar menyediakan barang mewah, namun ARC100 juga menjunjung tinggi wellness setiap penghuni. Kesehatan adalah kemewahan di masa sekarang, baik kesehatan fisik maupun mental. Dengan adanya kehidupan yang nyaman & berkualitas, tentu akan meningkatkan wellness secara signifikan.

ARC100 menyediakan berbagai macam fasilitas premium agar penghuni dapat menikmati hidup mereka dengan maksimal, yaitu the exceptional life. Kehidupan yang luar biasa terwujudkan untuk para penghuni melalui private lift, royal pool, Exclusive BBQ Area, hingga Arc Cinema dan Arc Bar yaitu bioskop dan bar privat khusus untuk penghuni ARC100.

Adanya Sky Gym yang dirancang agar penghuni dapat berolahraga sembari menyaksikan pemandangan indah Surabaya dari tengah kota. Dilengkapi pula dengan Jacuzzi, Meditation Garden, hingga Sauna yang dapat digunakan kapanpun oleh para penghuni untuk tempat relaksasi seusai beraktivitas seharian.

Tak hanya fasilitas yang premium, gedung ARC100 juga terinspirasi dari arsitektur negara Singapura. Kondominium secara khusus dirancang agar sirkulasi udara segar selalu mengaliri koridor hingga balkon unit. Pemandangan yang cantik disertai dengan udara yang sejuk tentunya dapat meningkatkan wellness penghuni, terutama secara mental.

Selain itu, lokasi ARC100 juga berada di pusat kota Surabaya, tepatnya di Jl. Raya Gubeng 102-106. Hal ini merupakan salah satu kelebihan ARC100. Letak kondominium premium ini sangatlah strategis. ARC100 terletak dekat dengan Central Business District, mall, pusat perbelanjaan, restoran, rumah sakit, dan banyak fasilitas umum lainnya. Penghuni ARC100 pun dapat menikmati kemudahan hidup dan memanjakan diri sebagai masyarakat modern.

Di atas ARC100 terhadap sebuah lambang panah yang besar, sesuai dengan arti kata Arc yang berarti busur di bahasa latin. Pemanah merupakan tokoh dengan kehormatan yang tinggi. Lambang 100 merupakan simbol dari potensi yang tidak ada batasnya. Menjadikan ARC100 sebagai hunian yang menjunjung tinggi konsep home, freedom, and meaning.

Untuk para pebisnis & pengusaha muda, ARC100 merupakan kesempatan Anda untuk meningkatkan kualitas hidup. Sebuah mimpi untuk menciptakan kehidupan yang lebih mudah, harmonis, dinamis, dan bermakna. ARC100 adalah peluang Anda untuk meraih potensi yang tidak terbatas.

Your exceptional life awaits you. Nikmati kehidupan yang istimewa di kondominium premium pertama Surabaya, ARC100!

Continue Reading

Trending