Connect with us

Bisnis

Ini Alasan Tesla Dulu Ogah Investasi di Indonesia

Published

on

Ilustrasi Mobil Tesla

Diketahui pada Sabtu 14 Mei 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk di SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat (AS).

Dalam kerterangannya Jokowi menjelaskan soal pertemuannya itu dengan mengatakan bahwa, “Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang.”

Musk pun mengaku siap untuk bekerja sama dengan Indonesia. Baginya banyak bidang serta potensi yang dimiliki oleh Tanah Air.

“Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar CEO SpaceX tersebut.

Baca Juga:

  1. Balas Tweet Jokowi, Elon Musk: Sebuah Kehormatan Bertemu di Starbase
  2. Simak, Elon Musk Bawa Kabar Bahagia Untuk RI
  3. Temui Elon Musk, Jokowi Sambangi Markas Besar SpaceX

Diketahui sebenarnya pada akhir 2020 lalu pembahasan kerja sama dengan Musk juga pernah dilakukan. Di mana untuk berdiskusi terkait peluang investasi pada perusahaan mobil listrik Indonesia, Jokowi bersama Luhut pernah menelepon miliarder dan pengusaha itu.

Soal industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik, kedua pihak turut bertukar pandangannya. Jokowi pun juga mengajak Elon Musk untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX.

Dengan berencanan mengirimkan timnya pada Januari 2021 Elon Musk menanggapi undangan Jokowi pada kala itu. Namun tidak lama Tesla dilaporkan membangun pabrik di India dan di Australia melakukan kesepakatan dengan perusahaan tambang nikelnya.

Sebelumnya, perusahaan mobil listrik Tesla Inc batal untuk berinvestasi membangun pabrik mobil listrik dan komponennya di Indonesia. Hal ini sebagaimana yang dipastikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pada tahun lalu Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Penciptaan Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif mengatakan bahwa, “Mereka memutuskan untuk masuk ke negara Asia tertentu, tapi bukan Indonesia. Itu yang kita dapatkan beritanya terakhir.”

Dirinya bahkan mengatakan juga turut dibatal dilakukan di Indonesia terkait rencana pembangunan baterai listrik oleh Tesla. Sementara itu Irwandi belum bisa memastikan mengenai ketertarikan Tesla Inc untuk berinvestasi di Indonesia ke depan.

“Katoda untuk baterai itu belum dibangun oleh Tesla di Indonesia. Malah pindah ke negara lain dengan mungkin teknologi yang sama atau berbeda,” terangnya.

Bisnis

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Published

on

Ilustrasi startup

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang membuat perusahaan rintisan harus melakukan efisiensi.

Menanggapi hal itu, Founder Achmad Zaky Foundation sekaligus eks CEO Bukalapak, Achmad Zaky, mengungkapkan banyak perusahaan startup tidak mampu bertahan di tengah badai krisis yang menerpa akibat tidak menciptakan budaya perusahaan, serta kurang disiplin dalam manajemen keuangan.

“Banyak perusahaan itu enggak kuat atau kurang bisa survive di saat-saat krisis, karena mungkin mereka tidak membangun suatu kultur atau mereka juga terlalu kurang disiplin, mungkin ya terhadap keuangan dan eksekusi,” ungkap Achmad Zaky dalam konferensi pers kerja sama Powerbrain dan Achmad Zaky Foundation, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga:

  1. 5 Gunung Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
  2. Pesona Desa Hilisimaetano Nias, Salah Satu Desa Wisata Terindah di Indonesia
  3. Pesona Telaga Cicerem, Airnya Berwarna Biru

Ia mengatakan startup terkenal dengan istilah bakar duit. Namun, bakar duit sendiri terdiri dari dua jenis.

Pertama, bakar duit yang tak menghasilkan apapun. Kedua, bakar duit untuk menjaring pengguna.

“Manajemen yang baik bisa mengukur, investasi (bakar duit ini) hasilnya apa,” imbuh Zaky.

Menurut dia, kesuksesan startup bukan bergantung dari sektor usaha apa yang dijalankan, melainkan bagaimana manajemen menata perusahaan dengan baik.

“Semua sektor (tahan krisis), tapi fokus harus pada manajemen. Manajemen ini berkontribusi besar. Kalau manajemen bagus, disiplin, maka akan survive di era manapun,” jelas Zaky.

Continue Reading

Bisnis

Seluruh Outlet Holywings Ditutup Satpol PP, Bisa Buka Lagi Asal Penuhi Persyaratan?

Published

on

Outlet Holywings

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta hari ini, Selasa (28/6/2022), menutup 12 outlet Holywings. Kepala Satpol PP DKI, Arifin, menegaskan penutupan ini tak ada hubungannya dengan kontoversi promosi alkohol gratis.

Meski demikian, selama dalam proses penutupan, Arifin menegaskan kubu Holywings bisa saja melengkapi sejumlah persyaratan. Di sisi lain, proses penutupan outlet Holywings hari ini juga akan didampingi oleh penyidik PNS Satpol PP, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dinas UMKM.

“Silakan saja (melengkapi perizinan) intinya hari ini saya melakukan penutupan,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. 5 Gunung Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
  2. Pesona Desa Hilisimaetano Nias, Salah Satu Desa Wisata Terindah di Indonesia
  3. Pesona Telaga Cicerem, Airnya Berwarna Biru

Arifin juga menampik penertiban Holywings baru dilakukan setelah ramai kontroversi promosi alkohol gratis. Dia menegaskan, pemantauan dan penertiban pelaku usaha hiburan dan restoran, termasuk Holywings, dilakukan secara simultan.

“Selama masa-masa PPKM sudah banyak yang kami tindak, mulai penutupan sementara, kemudian ada sanksi berkaitan dengan denda, bahkan salah satu kita tutup permanen di Kemang, jadi tidak diam,” kata Arifin.

Berkaca dengan tindak tegas Pemprov DKI Jakarta, Arifin berujar bahwa seharusnya para pelaku usaha menjadikan kegiatan penertiban Satpol PP sebagai pengingat agar menjalankan satu usaha wajib mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, Arifin menilai, pelaku usaha juga sudah sepatutnya memenuhi persyaratan izin secara administrasi.

“Pengelola seharusnya ketika itu sudah pernah kita lakukan maka itu harus diiringi niat dan itikad baik untuk melengkapi semua dokumen perizinan yang disyaratkan, kalau yang bersangkutan mengabaikan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentu kami akan melakukan tindakan,” tegasnya.

Diketahui, Selasa, 28 Juni 2022 ,Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menertibkan 12 outlet Holywings. Langkah ini sebagai tindak lanjut atas pencabutan izin oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta.

Continue Reading

Bisnis

Bangun Pusat Logistik, J&T Akuisisi Lahan 30 Hektar di Malaysia

Published

on

By

J&T Akuisisi Lahan 30 Hektar di Malaysia

Saat ini industri e-Commerce diketahui memang tengah populer dan memiliki pangsa pasar yang luas. Hal itu pun membuat perusahaan-perusahaan logistik mendirikan pusat mereka di seluruh dunia.

Di Asia Tengara sendiri pasar e-Commerce menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Bahkan diperkirakan pada tahun 2030 mendatang bakal mencapai 1 triliun dolar AS.

Oleh sebab itu, industri logistik dan last-mile delivery di Malaysia mencapai tonggak sejarah lainnya. Kini sebuah decacorn dari Indonesia, yakni J&T Express sedang membangun pusat logistik terintegarisi di Malaysia,

Di mana hal itu untuk pendistribusian yang kilat, logistik dan transportasi serta pergudangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis sektor ini yang terus berkembang di negara tersebut. Untuk membangun pusat logistik ini, J&T membeli lahan seluas 30 hektare di Selangor.

Baca Juga:

  1. Lagi, Netflix PHK 300 Karyawan
  2. Menteri Koperasi & UKM: Kerugian 8 Koperasi Bermasalah Capai Rp26 Triliun
  3. Bebas Dari Ancaman Kepailitan, Ini 5 Fakta dibalik PT Garuda Indonesia

Tepatnya di area Bandar Rimbayu, Selangor, Malaysia pusat tersebut dibangun. Nantinya ini akan digunakan sebagai distribusi paket, pengiriman serta pergudangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis J&T Express.

Setalah berdiri di Indonesia dalam memperkuat kualitas pelayanannya, J&T Express pun dibangung di Malayasia. Merupakan bentuk perluasan ekspansif J&T Express dalam skala global atas pembangunan pusat logistik ini.

Sementara itu, diharapkan J&T Express bisa menjadi pengiriman global dan dapat mendorong pembangunan ekonomi lokal dengan adanya perluasan fasilitas ini. Selain itu juga, diharapkan mampu menjadi lintas wilayah serta dalam pengembangan industri logistik lokal dan pembangunan jangka panjang masyarakat dapat memiliki peran yang aktif.

Continue Reading

Trending