Connect with us

Bisnis

Ini 3 Perusahaan Raksasa Dunia yang Bakal Bangun Investasi Kendaraan Listrik di Batang

Published

on

Batang, Jawa Tengah

Produsen mobil listrik Tesla telah menunjukkan minat untuk berinvestasi di industri baterai mobil dan kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Batang, Jawa Tengah dipilih sebagai lokasinya. Ternyata, lokasi ini menjadi favorit bagi berbagai investor kendaraan listrik untuk membangun pabrik.

Ya, keinginan Tesla untuk membangun pabrik di Btaang diungkap Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Ada dua investasi besar yang akan digelontorkan Tesla, yakni mobil listrik dan ekosistem aki mobil.

“Insya Allah Tesla akan (didistribusikan) di Indonesia. Ini (Tesla) akan masuk kedua investasi besar, yang pertama tentang ekosistem aki mobil. Yang kedua adalah mobil,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Make Up ‘Nyebrang’ Sunburn Blush, Sempat Trending bikin Rias Wajah Makin Natural
  2. Sejarah Kayu Cendana, Primadona Aroma Segala Aroma
  3. Mudah! Ini Cara Buat Air Mawar Di Rumah

Menurut Lahadalia Tesla akan memulai investasinya pada tahun 2022. Namun, dia menghindari menyebutkan nilai komitmen yang dibuat oleh perusahaan Elon Musk tersebut.

“Kalau ditanya kapan (mulai), insya Allah 2022, tapi saya belum bisa kasih tahu (detailnya) bulannya. Kita tunggu saja karena belum ada tanda tangan kesepakatan. Nilai investasinya masih ada. dirahasiakan, dan kami masih menunggu. Namun, ini barang bagus, barang besar,” katanya.

Tak hanya Tesla, perusahaan LG juga sebelumnya sepakat untuk membangun pabrik baterai listrik di Batang. Keputusan ini setelah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara konsorsium BUMN dengan LG Energy Solution Ltd, anak perusahaan konglomerasi LG Group ini, senilai US$ 9,8 miliar atau setara dengan Rp142 triliun.

Dijelaskan Bahlil Lahadalia, sebagian proyek pemgembangan industri baterai kendaraan listrik akan berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah yang sudah ditinjau oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada akhir Juni lalu.

“Kawasan industri seluas 4.300 ha ini merupakan percontohan kerjasama pemerintah dan BUMN dalam menyediakan lahan yang kompetitif dari sisi harga, konektivitas, dan tenaga kerja,” ujarnya.

MoU berisi tentang kerja sama proyek investasi raksasa dan strategis di bidang industri sel baterai kendaraan listrik terintegrasi dengan pertambangan, peleburan (smelter), pemurnian (refining), serta industri prekursor dan katoda.

Adapun lokasi pabrik, nantinya akan dibagi dua, di mana pembangunan smelter dan tambang akan berada di Maluku Utara, sedangkan preskursor dan katoda serta sebagian baterai sel akan ditempatkan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Rencananya, sebagian baterai yang dihasilkan dari proyek ini akan disuplai ke pabrik mobil listrik pertama di Indonesia, yang sudah lebih dahulu ada dan dalam waktu dekat akan segera memulai tahap produksi.

Ada pula, perusahaan perakit iPhone dari Taiwan, yaitu Foxconn akan menjadi pemain baru dalam industri mobil listrik di Indonesia. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman perjanjian investasi pada awal Januari 2022 lalu.

Foxconn sebelumnya dikenal sebagai perusahaan perakit handphone iPhone. Perusahaan asal Taiwan ini resmi investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah. Foxconn akan berinvestasi dalam industri kendaraan listrik Tanah Air.

“Awal bulan kami sudah tandatangan MoU dengan Foxconn. Jadi Foxconn akan masuk di batang,” kata Bahlil.

Nantinya, Foxconn juga akan memindahkan sebagian volume pabrik sparepart telekomunikasi dari China ke Indonesia. Bahlil mengaku, untuk mencapai kesepakatan investasi ini tidak mudah dan butuh kerja keras.

“Ini perintah Bapak Presiden katanya dari awal nggak jalan-jalan. Kami waktu itu datang ketahuan ada negara yang mungkin memprotes kehadiran saya di sana, tapi saya bilang selama tidak ada UUD yang melarang kita dagang, kenapa harus takut kepada negara tertentu,” tegasnya.

Berdasarkan bahan paparan Bahlil, kerja sama Foxconn untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia itu memiliki nilai investasi sebesar US$ 8 miliar atau setara Rp 114,57 triliun (kurs Rp 14.321).

“Foxconn: industri baterai listrik, industri kendaraan listrik (roda 4, roda 2, e-bus) dan industri pendukung (termasuk charging station, R&D dan training) US$ 8 miliar,” demikian penjelasan paparan tersebut.

Bisnis

Lagi, Netflix PHK 300 Karyawan

Published

on

Netflix

Imbas menurunnya pendapatan secara siginifkan, layanan streaming Netflix kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 300 karyawan.

Juru Bicara Netflix menyatakan proses PHK ini melibatkan 3 persen dari total 11 ribu karyawan. Sebagian besar PHK itu terjadi di Amerika Serikat (AS). Demikian dilansir dari CNN International, Jumat (24/6/2022).

“Sementara kami terus berinvestasi secara signifikan dalam bisnis, kami membuat penyesuaian ini sehingga biaya kami tumbuh sejalan dengan pertumbuhan pendapatan kami yang lebih lambat,” ujar sang Juru Bicara.

Baca Juga:

  1. Inilah 5 Gunung Terindah di Indonesia
  2. Tak Hanya di Mesir, Di Sudan Ternyata Ada Piramida Lho
  3. Desa Coal, Menikmati Sensasi Alam dan Budaya Desa yang Memanjakan Mata

Ini menandai proses PHK gelombang kedua yang dilakukan Netflix. Sebelumnya, mereka melakukan PHK terhadap 150 karyawan usai merugi karena kehilangan pelanggan dalam jumlah besar.

“Sayangnya, kami melepaskan sekitar 150 karyawan hari ini, sebagian besar berbasis di AS,” ungkap perwakilan perusahaan

Perusahaan layanan streaming itu menyatakan PHK dilakukan karena perkembangan bisnis, di mana pendapatan perusahaan menurun sejalan dengan berkurangnya jumlah pelanggan.

Continue Reading

Bisnis

Menteri Koperasi & UKM: Kerugian 8 Koperasi Bermasalah Capai Rp26 Triliun

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Kementerian Koperasi dan UKM saat ini berupaya keras untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan dari koperasi yang bermasalah.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKop UKM), Teten Masduki menyatakan, pihaknya tengah menangani delapan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) besar yang bermasalah. Dia mencatat, total nilai kerugian masyarakat yang ditimbulkan mencapai Rp26 triliun.

“Saat ini, KemenKopUKM sedang menangani 8 KSP bermasalah dengan total kerugian mencapai Rp26 triliun,” kata MenKopUKM Teten Masduki dalam pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan (Rakortekcan) Bidang Koperasi, UMKM dan Kewirausahaan Tahun 2022 di Bali, Senin (20/6/2022).

Baca Juga:

  1. Mahfud MD: Pemerintah Mulai Pindah ke IKN Juli 2024
  2. Sejarah Jakarta Selatan, Kota Administratif Terkaya di Jakarta
  3. Melihat Komunitas Sastra di Kota Bekasi

Teten menyampaikan, permasalahan tersebut timbul lantaran masih banyak pengelola KSP yang memiliki pola berfikir lemah. Hal ini ditandai dengan minimnya pemanfaatan teknologi canggih untuk mengembangkan bisnis.

“Banyak koperasi jadul, mindsetnya masih lemah. Saya kira perlu reforma, bagaimana transformasi koperasi dengan mengadopsi teknologi digital,” jelasnya.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Kementerian telah membentuk Satgas guna memastikan delapan koperasi bermasalah menjalankan putusan PKPU.

“Terus terang jika ini tidak diatasi, bisa menjadi bom waktu di kemudian hari. Sebagaimana yang telah dilakukan Bareskrim dan PPATK, semoga ini berjalan baik,” bebernya.

Selain membentuk Satgas, pihaknya juga mendorong dilakukannya revisi Undang-Undang (UU) Perkoperasian dalam waktu dekat. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pengawasan dan tata kelola KSP.

“Kita mesti memperbaiki sektor pengawasan agar lebih baik. Sehingga kami melihat perlunya meninggalkan legacy perbaikan koperasi ke depan yang perlu diprioritaskan, yakni lewat Revisi Undang-Undang (UU) Perkoperasian,” tutupnya.

Continue Reading

Bisnis

Bebas Dari Ancaman Kepailitan, Ini 5 Fakta dibalik PT Garuda Indonesia

Published

on

maskapai garuda indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akhirnya bisa terus melanjutkan bisnisnya. Usai sempat menunda jadwal pemungutan suara (voting) dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), agenda pemungutan suara tersebut telah terlaksana di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

Voting ini diketahui menjadi tahapan yang sangat penting bagi Garuda Indonesia, karena menentukan nasibnya untuk terus melanjutkan bisnis penerbangan atau dinyatakan pailit. Pada proses voting ini, ada lima fakta yang telah dirangkum oleh MyCity.co.id, yakni sebagai berikut;

  • 347 kreditor setujui rencana perdamaian PT Garuda Indonesia

Voting yang dilakukan sebagai respons proposal perdamaian dan rencana bisnis Garuda ini dilaksanakan oleh 365 kreditor konkuren, yakni 326 kreditor hadir secara fisik, dan 39 lainnya secara daring.

Melalui proses voting ini, sebanyak 347 kreditor atau 95,07 persen dari total suara menyetujui rencana perdamaian Garuda. Sedangkan yang menolak sebanyak 15 kreditor atau 4,11 persen, dan abstain sebanyak 3 kreditor atau 0,82 persen. Total jumlah suara yang dikumpulkan sebanyak 12.479.432 suara.

Baca Juga:

  1. Perdana Sejak Pandemi, Garuda Indonesia Berangkatkan Jemaah Haji
  2. 1 Juli, Garuda Indonesia Mulai Bayar Uang Pensiun Dini Karyawan
  3. Karyawan Garuda Ramai-Ramai Daftar Pensiun Dini

Dengan demikian, seluruh kreditor sepakat dengan perdamaian Garuda termasuk yang menolak dan abstain, karena mengikuti perolehan suara terbanyak.

  • Total utang PT Garuda Indonesia sebesar Rp142,42 triliun

Dari Daftar Piutang Tetap (DPT) yang dibuat oleh Tim Pengurus PKPU Garuda Indonesia pada 14 Juni 2022, Garuda memiliki total utang Rp142,42 triliun kepada 501 kreditor. Utang tersebut terdiri dari 123 lessor pesawat sebesar Rp104,37 triliun, 23 kreditor non-preferen sebesar Rp3,95 triliun, dan 300 kreditor non-lessor sebesar Rp 34,09 triliun.

  • PT Garuda Indonesia akan resmi akhiri kepailitan

Berdasarkan hasil voting yang unggul untuk berdamai, PT Garuda Indonesia dinyatakan bebas dari kepailitan. Hal ini akan disahkan atau homologasi oleh majelis hakim atau persetujuan antara debitor dan kreditor untuk akhiri kepailitan Garuda pada 20 Juni 2022.

  • Komitmen Garuda pasca rencana perdamaian

Pihak Garuda Indonesia berkomitmen untuk menghasilkan keuntungan dan terus melanjutkan rencana bisnis ke depan. Garuda juga akan kembali mengudara dengan jumlah dan jenis pesawat yang sesuai kebutuhan dan terukur. Garuda juga akan memangkas jumlah rute penerbangan.

  • Pembayaran utang oleh PT Garuda Indonesia

Garuda akan membayar utang yang besarannya di bawah Rp225 juta menggunakan kas perusahaan. Sedangkan utang di atas Rp225 juta, terutama utang kepada lessor dan pemegang sukuk, akan dibayarkan menggunakan penerbitan kupon surat utang baru senilai total US$825 juta dan konversi utang menjadi saham senilai total US$330 juta.

Utang Garuda terhadap bank dan perusahaan milik Negara, akan diperpanjang dengan tenor 22 tahun disertai bunga sebesar 0,1 persen per tahunnya.

Continue Reading

Trending