Connect with us

Properti

Hunian Suburban, Alternatif Properti Milenial di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

Hunian suburban

Produk hunian di pinggiran Jakarta yang ditunjang dengan fasilitas lengkap hingga kemudahan aksesibilitas menjadi banyak dicari kalangan pekerja milenial. The MAJ Residence Bekasi merupakan produk hunian yang menawarkan berbagai konsep tersebut untuk kemudahan milenial.

Semakin terbatas dan tingginya harga lahan di Jakarta membuat wilayah penyangga ibukota menjadi pilihan terbaik bagi para pengembang untuk membangun proyek-proyeknya. Termasuk PT Teguh Bina Karya dengan proyek teranyarnya, The MAJ Residences Bekasi yang merupakan hasil kolaborasi antara The MAJ Group dengan perusahaan properti asal Jepang Leopalace21 dan PT Central Graha Sejahtera.

Menurut President Director PT Teguh Bina Karya Juanto Salim, dalam beberapa tahun terakhir dinamika pasar properti di Bekasi sangat dinamis. Bila dilihat dari tren indeks harga, pertumbuhan pasar properti di koridor timur Jakarta ini juga menunjukkan performa yang cukup positif dengan terjadinya kenaikan baik secara kuartal maupun tahunan.

Baca Juga:

  1. Indonesia ke-9, Inilah Daftar 10 Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia
  2. Ancaman Rusaknya Kelestarian Komodo & Tata Ruang Hidup Masyarakat Akibat Jurrasic Park
  3. 5 Rekomendasi Pantai Terindah di Pulau Jawa Pilihan MyCity

“Karena itu kami sangat optimistis dengan pengembangan The MAJ Residences Bekasi sebagai produk hunian apartemen berkualitas yang menyasar bisa diakses secara finansial oleh banyak orang khususnya kalangan pekerja di Bekasi. Bukan hanya itu, produk ini juga diarahkan untuk menjadi instrumen investasi yang lebih baik dibandingkan deposito maupun saham selain produk properti merupakan instrumen yang sangat aman,” ujarnya.

Di sisi lain, membeli produk properti untuk dijadikan instrumen investasi juga memiliki prasyarat tertentu. Salah satu hal utama yaitu harga yang terjangkau sehingga keuntungan yang kita dapat dari kenaikan harga seiring progres proyeknya akan lebih besar. Potensi pasar yang besar juga menjadi potensi lain yang akan terus membuat permintaan akan produk seperti ini selalu meningkat.

The MAJ Residence sendiri dipasarkan dengan harga terjangkau dan sangat kompetitif mulai Rp300 juta hingga Rp600 juta. Potensi yang akan didapatkan juga bukan hanya dari peningkatan harga (capital gain) tapi juga potensi kawasan yang masih membutuhkan produk hunian sehingga potensi dari penyewaan (capital yield) juga besar.

The MAJ Group juga merupakan perusahaan developer dengan pengalaman yang cukup panjang. Beberapa portofolio proyeknya antara lain The MAJ Nusa Dua Bali. Partner yang digandeng Leopalace 21 merupakan perusahaan yang berpusat di Tokyo dan banyak bergerak di bisnis leasing, pengembangan, hunian lansia (senior living), seta hotel dan resort. Sedangkan PT Central Graha Sejahtera berpengalaman banyak dalam pembangunan dan pengelolaan proyek-proyek di daerah suburban Jakarta seperti KEM Tower, perumahan di Cikarang, Bogor, dan banyak lagi.

Menurut Director Leopalace21 Indonesia Danny Sedjati, salah satu aspek terpenting dari pemilihan sebuah hunian atau investasi properti adalah lokasi. The MAJ Residences Bekasi terletak di lokasi yang sangat strategis dan didukung dengan beragam fasilitas umum yang dapat dijangkau dengan mudah seperti pusat-pusat perbelanjaan dan edukasi, rumah sakit, fasilitas pemerintah, dan transportasi umum seperti KRL, LRT, dan halte busway.

“Umumnya proyek dengan pengembangan seperti yang kami tawarkan ditunjang dengan kedekatan dan aksesibilitas yang baik terhadap pusat aktifitas perkotaan akan memiliki nilai jual yang lebih baik. Konsep proyek dengan kemudahan aksesibilitas ke Jakarta seperti ini juga sangat dibutuhkan oleh kalangan pekerja muda,” katanya.

The MAJ Residence Bekasi mengusung filosofi Jepang yang bisa diandalkan untuk menjadi tempat hunian di lokasi yang sangat strategis. Ada empat tipe yang ditawarkan, studio A-B (20,4-24 m2) dan tipe dua kamar tidur (32,4-38,6 m2) dengan keseluruhan konsep huniannya mengusung gaya modern untuk menyeimbangkan kehidupan setiap penghuninya.

Konsep keseimbangan ini dihadirkan dengan berbagai fasilitas yang dimaksimalkan untuk kebutuhan penghuni. Misalnya, kolam renang berukuran olimpic, sky lounge di rooftop, co-working space, storge room, parcel lockers, Zen Garden, tempat bermain anak, pusat kebugaran, hingga halte khusus untuk transportasi online (ridesharing shelter).

Menyambut perayaan 76 tahun Indonesia merdeka juga dijadikan momentum untuk menawarkan berbagai kemudahan pembelian. Saat ini ada promo menarik seperti program depe ringan, bebas biaya akad, cara bayar spesial untuk unit terbatas dengan jangka waktu khusus, hingga berbagai hadiah langsung.

“Tersedianya fasilitas lengkap ditunjang dengan kemudahan aksesibilitas dan sarana transportasi publik akan sangat mendukung lifestyle penghuni. Konsep hunian seperti ini juga membuat potensi peningkatan harga maupun sewa menjadi sangat besar sehingga bukan hanya sebagai hunian ideal tapi juga instrumen investasi yang sangat menarik,” imbuh Danny.

Properti

Penjualan Tertinggi Sektor Properti Justru Terjadi di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

Properti

Sektor properti telah membuktikan kinerja bisnis yang baik di segala situasi. Properti juga telah menunjukan peningkatan kinerja bisnisnya selama 10 tahun terakhir bahkan mencatatkan kinerja tertinggi saat situasi pandemi Covid-19 saat industri yang lain mengalami penurunan.

Pandemi Covid-19 yang telah kita jalani dua tahun terakhir telah membuat banyak adaptasi dalam aktivitas bisnis. Sektor perekonomian juga terus menunjukan perbaikan termasuk bisnis properti yang juga terus membaik. Membaiknya sektor properti ini bahkan diprediksi akan terus berlanjut hingga tahun depan.

Menurut Pengamat Properti dari Epic Property M. Gali Ade Novran, tren yang baik di sektor properti ini salah satu indikator yang paling nyata adalah terus meningkatnya kinerja penjualan dari perusahaan developer termasuk penyaluran pembiayaan perumahan (KPR) dari perbankan.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

“Terlebih saat ini ada banyak regulasi dan stimulus yang dikeluarkan pemerintah untuk terus mendorong perekonomian melalui sektor properti karena sektor ini merupakan lokomotif yang membawahi seratusan lebih industri terkait lainnya. Properti yang telah terbukti mampu bertahan di berbagai situasi sulit ini tidak mengherankan kalau dijadikan prioritas oleh pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, tren peningkatan bisnis properti ini diprediksi akan melampaui pertumbuhan angka produk domestik bruto (PDB). Saat PDB nasional terpuruk hingga minus 2,1 persen akibat dampak pandemi Covid-19, sektor properti mampu mencatatkan pertumbuhan mencapai 2,3 persen.

Tahun 2020 lalu juga nilai ekonomi nasional yang disumbang dari sektor properti cukup besar mencapai Rp324,3 triliun. Angka ini merupakan porsi hingga lebih dari 3 persen dari total perekonomian nasional dan merupakan kontribusi dari sektor padat modal yang tertinggi terhadap perekonomian nasional.

Dalam kurun 10 tahun terakhir sektor properti juga terus mencatatkan angka yang tinggi dibandingkan sektor lainnya. Capaian ini menjadi sejarah baru yang diraih oleh sektor properti dan tentunya sangat membanggakan karena capaian yang tinggi ini justru diraih saat situasi bisnis yang sulit akibat pandemi.

Di sisi lain, penurunan yang sempat terjadi pada sektor properti sifatnya selalu sementara karena setelah itu biasanya sektor ini akan kembali mengalami tren kenaikan. Untuk situasi saat pandemi ini juga menunjukan beberapa segmen rumah yang terus meningkat khususnya untuk segmen menengah ke bawah disusul untuk segmen menengah dan menengah ke atas.

“Tren ini diprediksi akan terus berlanjut karena ada banyak dorongan untuk membuat sektor ini terus meningkat. Perbankan juga telah menjadikan penyaluran pembiayaan perumahan menjadi sektor bisnis utamanya karena kinerjanya yang terus meningkat terlebih dengan berbagai kemudahan yang dikeluarkan pemerintah,” beber Gali.

Continue Reading

Properti

Dukung Go Green, Bank BTN Wajibkan Pemilik Rumah Tanam Pohon

Published

on

Bank BTN
Bank BTN

Untuk mendukung konsep wawasan lingkungan dan green home, Bank BTN yang fokus dalam pembiayaan perumahan mewajibkan menanam satu pohon untuk setiap unit rumah yang dibiayainya. Bank BTN juga menggandeng BUMN lain seperti PLN untuk penyediaan kompor listrik guna mempercepat target pengurangan kompor LPG.

Pengembangan yang berwawasan lingkungan untuk menciptakan green housing perlu didorong oleh semua pihak. Dalam hal ini kalangan perbankan juga ikut aktif dengan memberikan syarat tertentu untuk pembiayaan yang disalurkan kepada masyarakat (KPR) maupun perusahaan developer (kredit konstruksi).

Bank BTN misalnya, menggandeng perusahaan BUMN lain seperti PT PLN (Persero) dengan menyediakan kompor induksi (kompor listrik) untuk debitur KPR hingga mewajibkan penanaman satu pohon di setiap perumahan yang dibiayainya.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Menurut Direktur Wholesale Risk and Asset Management Bank BTN Elisabeth Novie Riswanti, Bank BTN terus mendorong baik debitur maupun perusahaan pengembang dalam setiap proses pembangunan perumahannya harus memerhatikan aspek lingkungan sebagai bentuk partisipasi aktif perusahaan terhadap konsep lingkungan hidup.

“Bank BTN akan terus mendorong pembiayaan perumahan berbasis ramah lingkungan dengan menggandeng berbagai pihak seperti PLN maupun kalangan pengembang hingga masyarakat. Hal ini untuk mendorong target pemerintah dalam menyukseskan program sejuta rumah dan satu juta kompor induksi untuk pengalihan dari gas (LPG) ke listrik,” ujarnya.

Hal ini juga baru diterapkan saat Bank BTN melakukan akad masal untuk KPR subsidi dengan skema Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Implementasi go green lainnya dengan penanaman pohon hingga seribu pohon di berbagai perumahan yang dibiayainya.

Penanaman pohon ini juga akan diwajibkan kepada masyarakat maupun developer di setiap unit rumah. Targetnya, Bank BTN bisa menanam 45 ribu pohon dalam rangka perayaan HUT KPR ke-45 tahun pada bulan Desember mendatang. Untuk wilayah NTB misalnya, potensi untuk pembiayaan maupun penerapan konsep green sangat besar karena kawasannya tengah berkembang dengan diresmikannya Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Dari sirkuit ini saja akan menumbuhkan kegiatan ekonomi yang berimbas juga pada sektor perumahan. Karena itu Bank BTN juga ikut mendukung pengembangan kawasan Mandalika khususnya melalui potensi pariwisata dan terus menjalin kerja sama dengan developer untuk pengembangan proyek perumahan, hotel, maupun produk pariwisata lainnya.

Saat acara akad kredit masal KPR BP2BT di Lombok Barat, Bank BTN menyalurkan KPR untuk 1.300 unit rumah dan skema ini akan terus didorong hingga tersalurkan mencapai 11 ribu unit hingga akhir tahun ini. Hingga 20 November lalu Bank BTN telah menyalurkan sekitar 6.357 unit KPR BP2BT dan kami optimistis bisa mencapai target 11 ribu hingga Desember,” beber Novie.

Continue Reading

Properti

Pandemi Covid-19, Potensi Bisnis Kavling Industri & Pergudangan Makin Seksi

Published

on

kavling industri
kavling industri

Sektor properti telah menjadi bisnis yang sangat menguntungkan saat situasi pandemi. Anak perusahaan BUMN Krakatau Steel, PT Krakatau Sarana Properti akan merambah berbagai kawasan industri untuk meraih potensi kavling industri, pergudangan, residensial, dan berbagai potensi bisnis properti lain yang bisa diraih.

Pandemi Covid-19 telah memunculkan beberapa segmen properti yang paling banyak dicari. Rumah tapak, produk komersial ataupun ruang usaha, hingga kawasan industri menjadi beberapa segmen properti yang banyak dicari saat pandemi ini. Hal ini membuat kalangan pengembang terus berinovasi menghadirkan produk yang tepat.

Salah satunya PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan anak usaha perusahaan BUMN PT Krakatau Steel. Untuk terus meningkatkan kinerja bisnisnya, KSP merambah kawasan di luar spesialisasinya selama ini yaitu Cilegon, Banten, untuk menangkap peluang besar di wilayah lain.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Menurut Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Ridi Djajakusuma, unit usaha Krakatu Steel yang membidangi lini bisnis properti khususnya penyediaan kaveling industri dan pergudangan ini sangat optimistis untuk terus meningkatkan kinerja bisnis khususnya untuk terus memperluas landbank perusahaan.

“Kami berencana untuk terus mengembangkan dan mengambil lahan di luar Cilegon misalnya membeli lahan industri di Batang, Subang, maupun kawasan industri lainnya. Mimpi besar kami untuk terus mempebesar landbank sehingga ada kesinambungan sebagai pengelola kawasan industri,” ujarnya.

Ridi juga menyebut salah satu prospek bisnis yang memiliki potensi besar yaitu pergudangan yang okupansinya terus meningkat. Okupansi sektor pergudangan ini juga terus menunjukan peningkatan saat situasi pandemi Covid-19 karena itu pihaknya terus berupaya melakukan berbagai kajian untuk merambah bisnis pergudangan di luar wilayah Cilegon.

Strategi lainnya, bagiamana sebagai perusahaan bisa mandiri untuk menghidupi setiap lini bisnis dengan berbagai inovasi yang dikeluarkan. KSP juga akan aktif untuk mendatangkan tenant maupun investor sehingga bisa terus mendorong kinerja bisnis seiring tren bisnis properti yang terus membaik.

Di sisi lain, KSP yang juga bergerak di bidang sarana infrastruktur prooperti juga memiliki aset yang sangat luas khususnya melalui Kawasan Industri Krakatau Cluster 1, 2, dan 3 yang mencakup kawasan industri seluas 550 hektar. Lini bisnis properti ini juga menyediakan kaveling industri, pergudangan, properti komersial, hingga beberapa hotel dan restoran seperti Hotel & Golf The Royale Krakatau Restoran The Surosowan, Krakatau Water World, hingga lini residencial melalu Pejaten Mas Estate dan Bumi Rakata Asri.

“Kami juga memiliki sumber daya dari pekerja mencapai 600 orang dan seluruh pekerja kami memiliki visi yang sama untuk merealisasikan visi perusahaan. Bila dikaitkan dengan masa pandemi saat ini, kami terus mencari berbagai adaptasi maupun penerapan new normal dikaitkan dengan kebutuhan properti dan kami optimistis masih ada banyak peluang dan kesempatan yang bisa diraih,” pungkas Ridi.

Continue Reading

Trending