Connect with us

Kesehatan-Kecantikan

Hati-Hati! Makanan ini Ternyata Pemicu Kanker

Published

on

Garam (Istimewa)

Garam (Istimewa)

mycity.co.idKanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Selain mematikan, obat penyakit kanker pun hingga hari ini belum ditemukan secara pasti selain melakukan kemoterapi.

Bahkan di dunia pun, penyakit kanker adalah penyebab kematian terbanyak. Kanker sendiri memiliki gejala yang berbeda pada setiap penderitanya. Selain itu banyak juga yang tidak mendapatkan gejala awal pada perkembangannya.

Sehingga ketika diperiksa ternyata kanker yang diderita seseorang sudah masuk pada stadium lanjut yang cukup sulit penanganannya. Nah, ternyata banyak faktor penyebab penyakit kanker.

Baca juga:Hati-hati! Sering Makan di Luar Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Pola hidup tidak sehat, jarang olahraga hingga makanan yang dimakan pun bisa menjadi faktor kanker berkembang. Pasalnya, setiap manusia memiliki bibit kanker, hanya saja bila ada pemicu, barulah kanker berkembang.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang ternyata menjadi pemicu kanker. Penasaran?

1. Makanan dengan kadar garam tinggi

Garam merupakan satu diantara bumbu penyedap rasa, untuk beberapa orang mungkin suka dengan rasa asin. Tapi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi cobalah kurangi. Karena makanan seperti itu bisa menyebab kanker.

Baca Juga :  Selain Dikonsumsi, Ini Manfaat Timun untuk Kecantikan

Mengonsumsi garam terlalu tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi serta hal ini berafiliasi menggunakan risiko kanker eksklusif. Makanan yang mengandung kadar garam tinggi, meningkatkan faktor risiko kanker pankreas, kanker lambung, kanker hidung, serta kanker tenggorokan.

Baca juga: Makanan Ini Nyatanya Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok

2. Gula dan karbohidrat olahan

Mengonsumsi gula dan karbohidrat dalam konsentrasi tinggi dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas. Menurut sebuah studi, diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko kanker ovarium, payudara, dan kanker rahim. Sebab itu, batasi konsumsi kuliner tinggi gula dan karbohidrat olahan.

3. Daging olahan

Daging olahan dan daging merah adalah bahan makanan pemicu kanker yang paling sering disebutkan. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) telah mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen golongan I (zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker).

Baca Juga :  Cara Baru Turunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari dapat menaikkan risiko kanker usus sebanyak 18 persen. Seperti sosis, hot dog, nugget, pepperoni, dendeng dan daging yang diawetkan menggunakan garam, daging yang diasap, atau menggunakan bahan pengawet kimia, ialah bagian dari kuliner pemicu kanker.

4. Makanan kaleng

Makanan kaleng rendah natrium bisa menjadi cara yang sehat dan nyaman setara dengan sayuran. Studi menunjukkan bahwa kaleng yang digunakan pada makanan kalengan dilapisi dengan bisphenol-a (BPA), bahan kimia yang diketahui memiliki hubungan dengan kanker payudara.

Baca juga: Jangan Makan Daging Bagian Ini, Ada Virus PMK di Hewan Ternak

BPA dalam beberapa kemasan tidak hanya mengganggu produksi hormon manusia, tetapi paparan yang tinggi terhadap BPA telah dikaitkan dengan kanker payudara, prostat, dan ovarium. Sebuah studi oleh Journal of Environmental Research menemukan orang yang makan makanan kalengan memiliki kadar BPA yang lebih tinggi dalam urin mereka.

Baca Juga :  Penelitian: Pria yang Rutin Minum Kopi Bakal Terhindar dari Gangguan Pendengaran

5. Daging hangus

Makanan penyebab kanker selanjutnya adalah daging yang hangus. Ketika semua jenis daging termasuk unggas, daging sapi dan babi dimasak pada suhu yang sangat tinggi, mereka melepaskan bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker pada hewan. Menurut ACS, daging hangus memiliki dua komponen yang terkait: Heterosiklik amina (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), kedua bahan kimia yang telah ditemukan bersifat mutagenik yaitu, mereka menyebabkan perubahan DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker.

6. Alkohol

Suka meminum alkohol bisa menaikkan risiko kanker, terutama kanker verbal, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, hati, dan payudara. Untuk itu, berhenti meminum alkohol adalah solusi terbaik mencegah kanker. Namun jika terasa sulit buat berhenti total dari konsumsi alkohol, batasi konsumsi alkohol per hari. Jangan lebih dari 4 minuman beralkohol per harinya.

Makanan-makanan di atas tadi bisa Kita perhatikan dengan kadar konsumsi agar tubuh tidak terkena penyakit kanker.

Kesehatan-Kecantikan

Mau Lebih Sehat? Ganti Kopi dengan Minuman Ini

Published

on

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

Jus buah, minuman kaya vitamin bagi kesehatan tubuh. Foto: Lotte

mycity.co.id Sebagai penikmat kopi, minuman berwarna hitam pekat ini seperti menjadi andalan sehari-hari, apalagi bisa menjadi pencegah kantuk pagi hari. Kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Namun hal ini bisa dirasakan ketika seseorang minum kopi dengan porsi yang pas dan tepat. Namun bila dikonsumsi setiap hari, pastinya akan memiliki efek samping seperti gangguan tidur, masalah lambung hingga penyakit jantung.

Nah, bagi pecandu kopi tetapi mau merubah pola hidup, mycity.co.id sudah merangkum beberapa minuman sehat dari berbagai media. Berikut minuman sehat pengganti kopi yang patut dicoba.

Teh hijau
Teh yang satu ini dikenal sebagai minuman dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau merupakan minuman mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan teh hijau juga dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit karena berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah dapat meningkatkan fungsi otak, performa fisik, dan bahkan menurunkan risiko berbagai kanker.

Baca Juga :  Makanan Ini Dilarang di Seluruh Negara

Kombucha
Ini adalah minuman yang fermentasi yang terbuat dari teh hitam sehingga menghasilkan probiotik atau yang dikenal dengan bakteri baik. Kombucha juga mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan. Banyak penelitian menemukan kalau kombucha memiliki berbagai macam kesehatan seperti sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, serta mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Kombucha, minuman sehat yang terbuat dari fermentasi teh hitam. Foto: Alodok

Jahe
Rempah yang pasti ada di setiap rumah ini, bisa dijadikan minuman sehat pengganti kopi. Bahkan bila diminum pada pagi hari, ternyata memiliki efek yang sama dengan secangkur kopi. Jahe yang memiliki aroma khas dan cenderung kuat ini, bisa membuat orang yang meminumnya terjaga. Selain mencegah kantuk, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lain, terutama untuk kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut antara lain meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood bagi wanita yang tengah menstruasi.

Baca Juga :  Mengenal Beras Bambu dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jus buah
Memiliki kalori yang lebih tinggi dari jus sayuran, jus buah kaya akan vitammin yang baik untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat vitamin dari buah, jus lebih baik tidak ditambah gula atau kental manis.

Baca Juga :  Bersihkan Paru-paru Dengan Minuman Ini

Matcha
Dibuat dari jenis daun yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinensis. Walaupun demikian, matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga matcha bisa dijadikan minuman pengganti kopi. Selain kafein, matcha juga mengandung konsentrasi molekul antioksidan yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang lebih tinggi dari teh hijau. Menurut sebuah studi, kandungan EGCG ini berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa, pilihan minuman sehat bagi tubuh. Foto: kompas.com

Air kelapa
Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori. Selain itu, beberapa studi juga telah menemukan bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan. Mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan jantung adalah beberapa diantaranya.
Jika ingin minum air kelapa, Anda bisa meminumnya langsung dari buahnya.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Selain Dikonsumsi, Ini Manfaat Timun untuk Kecantikan

Published

on

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

Timun memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan. (Pinterest)

mycity.co.id – Timun atau mentimun merupakan kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Biasanya timun sering dijadikan sebagai lalapan, olahan makanan ataupun minuman.

Dilansir Mycity,co,id dari berbagai laman media, Timun mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, mineral, rendah kalori, dan rendah lemak. Timun juga mengandung 95% air yang dapat membantu agar tubuh tidak dehidrasi.

Selain baik untuk kesehatan, ternyata timun juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Beberapa manfaat timun untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, antara lain:
1. Mengencangkan Kulit
Timun memiliki sifat astringen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Menggunakan timun untuk perawatan wajah dapat membantu menutup pori-pori kulit.
Timun juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembapan dan kesehatan serta mencegah kulit berjerawat.

Baca Juga :  Inilah 7 Gejala Awal dan Lanjutan Hepatitis Misterius

2. Mengobati Kulit Iritasi dan Mengatasi Jerawat
Timun mengandung antioksidan yang memberikan efek menenangkan pada kulit yang iritasi dan bengkak. Caranya dengan memanfaatkan ampas dari jus timun dan digunakan sebagai masker wajah. Selain itu masker timun juga memiliki manfaat untuk melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau terasa perih.

Baca Juga :  Riset: Vegetarian Bisa Terhindar dari Risiko Kanker

3. Menyegarkan Wajah
Mencampurkan air mentimun dengan bahan alami seperti teh hijau atau lidah buaya dapat membuat wajah menjadi segar. Caranya dengan mengaplikasikan campuran tersebut ke wajah lalu dibilas dengan air hingga bersih.

4. Mencegah Keriput
Keriput merupakan kondisi kulit yang mengalami pengenduran akibat bertambahnya usia. Selain itu tanda penuaan lainnya juga dengan timbulnya garis-garis pada wajah.
Kandungan antioksidan pada timun dapat membantu melawan tanda penuaan dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan sel baru.

Baca Juga :  Penelitian: Pria yang Rutin Minum Kopi Bakal Terhindar dari Gangguan Pendengaran

5. Menyamarkan Kantung Mata.
Manfaat lain dari timun adalah untuk mengurangi kantung mata. Timun memiliki kandungan vitamin C dan asam kafeat yang dapat membantu mengurangi kantung mata. Menggunakan masker timun atau irisan timun di kelopak mata mampu mengurangi kantung mata.

Sebagai pengingat, berbagai manfaat dari timun yang dideskripsikan akan maksimal jika disertai dengan gaya hidup sehat dan perawatan kulit wajah yang tepat.
Beberapa orang mungkin ada yang alergi terhadap timun. Jika terjadi alergi setelah menggunakan masker timun, hentikan pemakaian masker timun dan segera konsultasi dengan dokter.

Continue Reading

Kesehatan-Kecantikan

Manfaat Minum Jus Wortel Setiap Hari untuk Kulit

Published

on

Jus Wortel/Alodokter

Jus Wortel/Alodokter

Mycity.co.id Tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata, ternyata jus wortel juga menjadi solusi yang tepat dan aman untuk menjaga kesehatan kulit.

Sayuran yang berwarna oranye ini memiliki beragam kandungan yang baik untuk kecantikan, di mana tinggi akan vitamin dan gizi, tidak terkecuali beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di tubuh.

Keberadaan vitamin A inilah yang bisa membantumu untuk melawan jerawat, memperlambat kematian sel, serta mengurangi efek dari penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari secara langsung.

Lalu apa saja manfaat yang mengesankan dari jus wortel bagi kulit apabila diminum secara rutin?

Baca Juga :  Skincare Hilangkan Bopeng di Wajah?

1. Mengencangkan kulit
Vitamin C yang terkandung dalam manfaat jus wortel untuk wajah membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuhmu.

2. Menstimulasi produksi kolagen
Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat.

Baca Juga :  Makanan Ini Dilarang di Seluruh Negara

Maka dari itu perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel.

Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit. Berkat kandungan tersebut, manfaat jus wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen.

3. Melembabkan wajah
Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kamu bisa memanfaatkan manfaat jus wortel untuk wajah sebagai cara melembabkan wajah secara alami.

Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

Baca Juga :  Diet DASH untuk Penderita Hipertensi

4. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari
Manfaat jus wortel untuk wajah juga dapat mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin konsumsi jus wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat.

Wortel juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

5. Membuat kulit lebih bersinar
Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan ini manfaat jus wortel untuk wajah adalah membuat kulit lebih glowing.

Disarankan untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat.

Sumber : Berbagai Sumber

Continue Reading
Advertisement

Trending