Connect with us

Bisnis

Goto Bertekad Bawa UMKM Berjaya di Negeri Sendiri

Published

on

Goto

GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, memperkokoh komitmennya mendorong UMKM agar semakin berdaya dan berjaya lewat gerakan #BangkitBersama. Gerakan yang dimulai dari daerah ini terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik supaya produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Inisiatif holistik ini melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan. GoTo sendiri telah menjadi pilihan para pelaku UMKM untuk go-digital dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial selama pandemi.

Fokus gerakan yang dimulai dari daerah ini didasari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, yang harus terus diperkuat supaya bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan mampu bersaing dengan brand global. Masa pandemi juga memukul UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner (43,09 persen), jasa (26,02 persen) dan fashion (13,01 persen).

Baca Juga:

  1. Tak Terkenal di Negeri Sendiri, 4 Musisi Indonesia Hujan Emas di Negeri Orang
  2. Resmi Bercerai, Tyas Mirasih Diisukan Selingkuh
  3. Akhirnya Ada Titik Terang Perseteruan Hotman Paris dan Hotma Sitompoel

Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara menjadi incaran para pemain global. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh UMKM Indonesia supaya bisa jadi pemain utama di pasar tanah air, bukan penonton.

Peresmian GOTO UMKM Center dan peluncuran program #BangkitBersama berlangsung di Solo Technopark, Surakarta, diresmikan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, dan CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Komisaris Utama GoTo Garibaldi Thohir dan Komisaris GoTo Wishnutama Kusubandio.

“UMKM harus bisa memanfaatkan peluang dan potensi pasar ini. BangkIt Bersama adalah enabler supaya UMKM bisa jadi pilihan utama masyarakat. GoTo akan punya peran mengakselerasi hal tersebut mulai dari pembinaan hingga kemudahan go-digital. Peluang besar ini sekali lagi harus bisa dimanfaatkan supaya pelaku usaha Indonesia tidak hanya jadi pasar tetapi juga tuan rumah di negeri sendiri,” papar Wishnutama.

Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, melalui gerakan #BangkitBersama GoTo menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman.

Enam inisiatif utama dalam gerakan #BangkitBersama meliputi:

  1. Inisiatif Hyperlocal memaksimalkan eksposur UMKM
    Mendekatkan masyarakat dengan produk UMKM setempat melalui inovasi yang menerapkan teknologi geo-tagging supaya memenuhi kebutuhan harian bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
  2. Pemberdayaan UMKM dorong pembukaan lapangan kerja
    Solusi komprehensif berupa infrastruktur edukasi yang melengkapi solusi teknologi. Bantu UMKM lebih berdaya dan tumbuh lebih cepat, termasuk program edukasi kompetensi kewirausahaan dan digital seperti Kelas Bisnis #BangkitBersama dan GoTo UMKM Center di Solo Technopark. Di GoTo UMKM Center Solo Technopark, juga akan dilaksanakan peningkatan kapasitas usaha melalui program Inkubasi Bisnis bersama Universitas Sebelas Maret (UNS).
  1. Dukung kesehatan dan keamanan untuk mitra driver
    Dukungan kepada mitra driver yang memegang peranan penting dalam mengantarkan produk UMKM ke tangan konsumen. Dukungan mencakup dukungan ekonomi dan kesehatan supaya mereka semakin produktif
  2. Tingkatkan skala bisnis penjual
    Untuk memudahkan penjual khususnya UMKM lokal fokus pada bisnis, Tokopedia akan membantu isu operasional lewat toko cabang
  3. Inisiatif CSR untuk masyarakat
    Kolaborasi dengan BenihBaik.com, mendistribusikan paket sembako dari donasi pengguna Tokopedia untuk masyarakat pra-sejahtera.

Bisnis

Ini 10 Tren Bisnis Digital Tahun 2022

Published

on

Tren bisnis digital
Tren bisnis digital

Strategi pemasaran yang luas membuat pemilik brand harus memerhatikan tren digital marketing yang berkembang. Hal ini dimaksudkan untuk mengikuti pola digital marketing efektif yang banyak dilakukan.

Di sisi lain, Teknologi tercipta untuk semakin memudahkan hidup manusia. Oleh karenanya, teknologi akan terus berevolusi mengikuti perkembangan kebutuhan manusia.

Kita saksikan bersama, tiap tahun kemunculan teknologi terbaru terus mewarnai kehidupan manusia. Banyak aspek yang tersentuh teknologi mulai dari medis, komunikasi, pendidikan hingga ekonomi.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Meski tahun 2022 ruang gerak manusia tetap akan terbatasi pandemi Covid-19, teknologi terbaru tetap hadir. Apa saja teknologi tersebut? Untuk membahasnya akan sulit jika memisahkan dari perkembangan teknologi yang saat ini terjadi.

Berikut MyCity telah merangkum 10 tren bisnis digital di tahun 2022.

Artificial intelligence

Artificial intelligence

Artificial intelligence (AI) adalah tren digital marketing di tahun 2022 yang paling sering dibahas oleh para pakar.

Sebenarnya, AI bukanlah teknologi yang baru. Hanya saja, di tahun-tahun mendatang, teknologi ini akan semakin mudah diakses dan makin banyak aplikasinya di berbagai aspek.

Menurut Bramework, 61% marketer berpendapat bahwa AI merupakan aspek paling penting dari strategi mereka. Selain itu, 80% pimpinan bisnis setuju bahwa penggunaan AI telah meningkatkan produktivitas.

Kamu bisa mulai mencoba beberapa tool AI seperti HubSpot, Google Cloud AI, Acquisio Turing, dan lainnya untuk strategi digital marketing-mu.

Voice search

Voice search
Voice search

Mengutip Business2Community, voice-based search akan mencapai market value sebesar 40 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Teknologi ini memang memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya. Jika digunakan untuk digital marketing, pengalaman konsumen akan semakin mudah dan nyaman. Dengan begitu, interaksi konsumen dan konversi bisa semakin tinggi.

Mobile-first marketing

Mobile-first marketing
Mobile-first marketing

Dari tahun ke tahun, pengguna smartphone semakin banyak. Bahkan, mayoritas traffic di internet saat ini datang dari smartphone.

Oleh karena itu, mobile–first marketing adalah tren digital marketing yang perlu diperhatikan untuk tahun 2022. Saat mendesain website untuk keperluan marketing, para marketer harus memastikan UX-nya nyaman untuk para pengguna smartphone.

Nah, kalau website-mu belum mobile–friendly, ini saatnya untuk mulai melakukan perbaikan.

Content marketing

Content marketing
Content marketing

Di tahun 2022, content marketing tetap menjadi tren yang perlu terus ditekuni para digital marketer.

Pasalnya, Google terus memprioritaskan konten berkualitas untuk tampil di halaman pertama SERP-nya. Konten-konten yang informatif, menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan standar UX akan menjadi cara utama mendatangkan traffic ke website.

Hybrid event

Hybrid event
Hybrid event

Akibat pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang beralih online. Setelah sekitar dua tahun kita terbiasa dengan rutinitas online, aktivitas offline harus mulai kembali dibiasakan di tahun 2022.

Akan tetapi, ada banyak orang yang memiliki preferensi untuk menghadiri event–event secara online dibanding offline.

Sebab itu, digital marketer sekarang harus siap untuk menyediakan metode hybrid atau gabungan saat menggelar event. Jadi, partisipan bisa bebas memilih datang secara langsung atau online.

Alternatif third-party cookies

Alternatif third-party cookies

HubSpot menyebut 2022 sebagai tahun kematian bagi third-party cookies di browser Chrome.

Jadi, metode tracking tidak lagi bergantung pada third-party cookies. Nah, hal ini mendatangkan kekhawatiran bagi banyak digital marketer. Pasalnya, tracking data akan menjadi lebih menantang.

Oleh karena itu, adaptasi harus segera dilakukan. Marketer harus mulai mengandalkan first-party cookies dan menggunakan tools–tools tambahan untuk tracking data-data yang dibutuhkan.

Visual search

Visual search
Visual search

Sekarang, mencari informasi lewat internet tak harus hanya dengan teks saja.

Teknologi yang berkembang pesat menimbulkan tren digital marketing baru yang akan semakin canggih di tahun 2022, yaitu visual search.

Pengguna akan sangat terbantu dengan fitur pencarian barang dengan mencari foto yang serupa tanpa harus memasukkan keyword tertentu.

Saat ini, fitur ini dapat ditemukan di Google Lens dan Pinterest. Sebagai digital marketer, kamu harus memastikan produk-produkmu dapat ditemukan dengan cara ini lewat alt text dan lain-lain.

Podcast

Podcast
Podcast

Di berbagai platform, podcast semakin banyak ragamnya, pendengarnya pun semakin banyak. Bahkan, Google juga telah menambahkan featured episode podcast di SERP seperti di bawah ini.

Tentunya, ada banyak kesempatan yang bisa diambil dari meningkatnya peminat podcast ini. Podcast adalah salah satu metode yang bisa dipilih untuk meningkatkan brand awareness dan audience engagement.

Mobile/live stream shopping

Mobile/live stream shopping

Siapa yang tidak pernah melakukan belanja dari smartphone? Hampir semua orang pasti telah mencobanya paling tidak satu kali.

Jadi, strategi digital marketing di tahun 2022 bisa berfokus pada tren yang satu ini. Pastikan kamu memiliki social commerce yang mobile–friendly dan manfaatkan fitur-fiturnya, seperti live stream, Instagram shopping, dan lainnya.

Chatbot

Chatbot

Di era serba cepat ini, konsumen semakin menginginkan respon yang instan. Oleh karena itu, chatbot diperkirakan akan menjadi salah satu tren digital marketing di tahun 2022.

Dengan chatbot di situsmu, kamu bisa mengatur respon otomatis untuk membantu konsumen bernavigasi dan menyelesaikan masalah.

Tak hanya cepat, chatbot juga mengurangi upaya yang biasa diperlukan untuk merespon pelanggan secara manual.

Continue Reading

Bisnis

Startup Media Indonesia Dapat Suntikan Dana Rp32,5 Triliun

Published

on

PT Fokus Cyber Media
PT Fokus Cyber Media

Investor asing kini mulai melirik binis startup Indonesia. Kini, PT Fokus Cyber Media, startup Indonesia yang berfokus pada content berita berbasis payment gateway, memperoleh suntikan dana sebesar 2,5 miliar dolar AS dari sindikat investor China dan Eropa.

Budi Purnomo, Corporate Secretary PT Fokus Cyber Media mengatakan, pengucuran dana tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, dana yang akan dikucurkan sebesar US$ 750 juta.

“Dana tersebut akan digunakan untuk mengakuisisi sejumlah media nasional dan media lokal, termasuk jaringan media siber Hallo Media Network (HMN),” kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (29/7/2021).

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Dana tersebut rencananya juga akan digunakan untuk pembiayaan payment gateway Hallopay dan Hallomoney, serta memperluas jaringan outlet untuk mempermudah eksekusi transaksi finansial.

Setelah akuisisi, sebagian dana juga akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan, dan mengembangkan media siber yang fokus dalam dua segmen pemberitaan.

Hingga akhir tahun 2017 ini, lanjut Budi, ditargetkan lebih dari 100 media siber sudah live di seluruh Indonesia. Kelebihan dari media-media tersebut adalah semuanya berbasis payment gateway yang terintegrasi secara digital.

Continue Reading

Bisnis

Sektor Wisata Makin Menggeliat, IKEA Buka Cabang Pertama di Bali

Published

on

Ikea Bali
Ikea Bali

Pulau Bali sebagai salah satu destinasi wisata sempat terpukul akibat pandemi Covid-19. Seiring mulai membaiknya penanganan pandemi, kawasan wisata ini mulai bergeliat dan pengembang maupun sektor ritel kian optimistis berbisnis di Bali seperti Ikea yang membuka toko pertamanya di luar Pulau Jawa dan menghadirkan Ikea Bali.

Pariwisata menjadi salah satu sektor bisnis properti yang terpukul cukup dalam saat adanya pandemi Covid-19. Kawasan wisata global seperti Bali misalnya, menjadi wilayah yang terpukul itu namun seiring terus membaiknya penanganan pandemi, geliat bisnis di Pulau Bali juga terus meningkat.

Beberapa pengembang juga kian confident meluncurkan proyek barunya di Bali dan ini diikuti oleh sektor lainnya. Toko furnishing asal Swedia, Ikea, merambah ke Bali dengan membuka Customer Meeting Point di Pulau Dewata dan menjadi Ikea pertama yang hadir di luar Pulau Jawa.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Menurut President Director PT Rumah Mebel Nusantara (Ikea Indonesia) Patrik Lindvall, Ikea Bali merupakan salah satu langkah dan visi untuk menciptakan kehiduap sehari-hari yang lebih baik bagi lebih banyak orang. Kehadiran Ikea Bali ini juga untuk membawa solusi dan inspirasi perabot rumah tangga khususnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat Bali.

“Untuk pertama kalinya kami hadir di luar Pulau Jawa dan Bali menjadi destinasi pilihan karena kawasan ini memiliki potensi yang sangat besar. Kami juga memberikan pelayanan untuk membeli langsung di toko maupun secara online dan mengirimkan produk ker setiap rumah,” ujarnya.

Tim Ikea Bali mayoritasnya direkrut secara lokal dan telah menggandeng berbagai instansi seperti Kementerian Koperasi dan UKM setempat melalui program Teras Indonesia. Di sini para UMKM lokal bisa mempergunakan area Ikea Bali untuk menjual produk lokal mereka sehingga keberadaan Ikea Bali ini juga untuk memberikan kontribusi langsung dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami hadir bukan hanya untuk memberikan solusi dan inspirasi aneka perabot rumah tangga tapi juga untuk membuat perbedaan dann memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kami percaya serangkaiann inisiatif yang kami lakukan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” imbuh Patrik.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga menyambut baik inisiatif Ikea dan mengucapkan selamat atas peresmian Customer Meeting Point Ikea di Bali. “Mewakili masyarakat Bali, saya merasa bahagia dan berterima kasih melihat berbagai inisiatif positif yang Ikea Bali hadirkan. Semoga hal ini dapat menginspirasi kita semua untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bali,” katanya.

Sejalan dengan misi keberlanjutan Ikea dan untuk mendukung gaya hidup masyarakat Bali, Ikea Bali juga menerapkan berbagai upaya keberlanjutan dengan menyediakan rangkaian solusi perabot rumah tangga ramah lingkungan. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan upaya pelestarian budaya lokal, seluruh co-worker Ikea Bali akan menggunakan seragam pakaian tradisional Bali dan berinisiatif untuk menghiasi bangunannya dengan lukisan mural dan patung kuda Dala yang terinspirasi dari budaya Bali.

Continue Reading

Trending