Connect with us

Inspirasi

Dihormati Dunia, Inilah 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat

Published

on

B.J Habibie

BJ Habibie yang merupakan presiden ketiga Republik Indonesia, diketahui mempunyai sejumlah penemuan penting yang penuh manfaat. Di kancah internasional bahkan jasanya dalam mengembangkan dunia penerbangan juga telah diakui.

Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung, yang saat ini bernama Institut Teknologi Bandung pada tahun 1954 adalah tempat ia belajar tentang keilmuan teknik mesin.

Habibie pun melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat pada tahun 1955-1965. Kemudian, pada 1960 dirinya menerima gelar diploma insinyur dan pada 1965 mendapat gelar doktor insinyur dengan predikat summa cum laude.

Sampai akhirnya residen kedua Indonesia, Soeharto meminta sang jenius itu untuk kembali ke Tanah Air. Selain itu juga untuk mendirikan perusahaan pesawat terbang pertama di tanah air, yaitu Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia pada 1976.

Baca Juga:

  1. Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik
  2. 5 Kebiasaan Wanita Sukses, Bisa Jadi Inspirasi Kamu
  3. Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Berikut mycity telah merangkum 3 Penemuan B.J Habibie yang Penuh Manfaat:

Crack progression theory

Di dalam dunia penerbangan, teori ini adalah penemuan yang cukup mengejutkan. Sementara itu ada juga teori yang digunakan untuk memprediksi titik keretakan awal pada sayap pesawat terbang, yakni Crack progression theory.

Pesawat Dornier DO-31

Selanjutnya, penemuan Habibie yang tak kalah penting dan bermanfaat dalah Dornier DO-31. Diketahui, pesawat itu adalah rancangan pesawat Habibie yang pertama. Bahkan juga termasuk menjadi pesawat transportasi pertama yang dapat take-off/landing vertikal.

Pesawat N2-50

Kemudian ada Pesawat N2-50 yang merupakan pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN. Di mana dalam dalam pesawat ini memakai kode N yang berarti Nusantara. Hal tersebut menunjukan bahwa artinya desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di dalam negeri.

Advertisement
5 Comments

5 Comments

  1. cash for cars houston

    22 June 2022 at 20:55

    Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely
    well written article. I’ll make sure to bookmark it
    and return to read more of your useful info. Thanks for the post.
    I’ll definitely return.

  2. This information is priceless. How can I find out
    more? https://link.fan/danelleufr95

  3. We’re a group of volunteers and starting a new
    scheme in our community. Your site offered us with helpful information to work on. You have done a
    formidable activity and our entire group will be thankful to you. http://www.callcenters.ipt.pw/user/jackiewool/

  4. 소액결제현금화

    23 June 2022 at 14:19

    I feel this is one of the most important information for me.
    And i am happy studying your article. However should
    observation on few general issues, The site taste is ideal, the articles is truly nice : D.

    Excellent job, cheers

  5. 7liker.com

    23 June 2022 at 15:08

    When I originally left a comment I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now
    every time a comment is added I receive 4 emails with the same comment.
    Perhaps there is an easy method you are able to remove me from that service?
    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi

Habibie Paling Diakui Dunia, Inilah 5 Penemu Indonesia yang Ikonik

Published

on

By

B.J. Habibie

Tidak kalah denggan negara maju, para penemu dan ilmuwan Indonesia ternyata juga terkenal di dunia. Salah satu dari mereka yang begitu ikoni adalah presiden ketiga Indonesia, yakni B.J. Habibie.

Namun, tidak hanya Habibie saja yang menjadi peneliti dan ilmuwan Indonesia. Melainkan, beberapa diantaranya juga menjadi penemu berbagai teknologi alternatif.

Berikut daftar penemu Indonesia yang dikenal dunia:

BJ Habibie

Diketahui BJ Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi juga, bukan hanya terkenal menjadi presiden ketiga Indonesia saja. Pada bidang fisika dan penerbangan karya-karyanya begitu banyak.

Sosok ini menciptakan N-250 Gatotkaca yang merupakan pesawat pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, Habibie bahkan turut membuat sebuah solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat, yakni Teori Crack Propagation.

Baca Juga:

  1. Sejarah Panjang Penemuan Vaksin: dari Cacar Hingga Covid-19
  2. Profil Kary Mullis, Sang Penemu Tes PCR
  3. Sampai Korbankan Motor, Begini Kisah Perjalanan Nikuba Sampai Dapat Pendanaan Rp36 Miliar

Muhhamad Nurhuda

Kompor ramah lingkungan pertama di Indonesia pertama kali diciptakan oleh Muhammdad Nurhuda. Pada tahun 2008 sampai 2011, Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya membuat penelitian tentang Pengembangan Kompor Biomassa Hemat Energi dan Ramah Lingkungan.

Selain itu untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan, ia juga turut menciptakan rancangan Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas. Bahkan negara-negara Asia Pasifik dan Amerika ikut tertarik dengan kompor ramah lingkungan ciptaannya.

R.M. Sedyatmo

R.M. Sedyatmo adalah seorang penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Pada sejumlah bangunan, pondasi yang memiliki kaki seperti unggas tersebut telah dipergunakan. Misalnya seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta yang menggunakan pondasi cakar ayam tersebut.

Khoirul Anwar

Pria lulusan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Jepang ini adalah seorang ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT). Kemudian dalam teknologi 4G LTE konsep ini dipakai. Diketahui, beberapa paten seperti sistem deteksi illegal transmitter yang berpotensi dipakai dalam teknologi 5G juga dimiliki oleh Khoirul Anwar.

Yogi Ahmad Erlangga

Diketahui sosok yang satu ini secara cepat (robust) berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik. Persamaan Helmholtz yang digunakan dalam pemrosesan data seismik menjadi seratus kali lebih cepat atas penemuannya itu. Di mana kemudiak dalam beragam masalah perminyakkan, hasilnya tersebut dipergunakan.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Reni Fitriani, Koordinator Indonesia di Global Youth Parliament

Published

on

By

Reni Fitriani

Diketahui, Global Youth Parliament adalah salah satu organisasi transformasi ide pemuda terbesar di dunia yang berdiri sejak 2010 di Nepal. Di mana dengan mengkolaborasikan pemuda dari berbagai negara untuk melakukan gerakan ini.

Seperti hal memotivasi pikiran muda dalam pekerjaan sosial, kewirausahaan, demokrasi dan pembangunan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik adalah tujuan utama dari mereka. Pada setiap tahunnya, setiap negera dengan dua orang anak muda yang menginspirasi diundang untuk Global Youth Leadership Summit.

Reni Fitriani merupakan anak muda dari Indonesia yang terpilih sebagai Koordinator Indonesia Global Youth Parliament. Dirinya pun menjelaskan hal apa saja yang akan dilakukannya dalam acara itu.

“Di acara Global Youth Leadership Summit & Award 2022, di Thailand-Bangkok, yang diselenggarakan tanggal 24-26 Juni nanti, insyaAllah kami akan mengirimkan para pemenang award yang sangat Inspiratif yang layak mendapatkan penghargaan secara global,” ujar Reni.

Baca Juga:

  1. Mengenal Upacara Adat Mongubingo, Sunat Perempuan Ala Masyarakat Gorontalo
  2. Jadi Milyarder di Usia 22 Tahun, Kisah Sukses Akbar Wicaksono Bisa Jadi Inspirasi Kaum Milenial
  3. Yuma Soerianto, Bocah 10 Tahun Asal Indonesia yang Pukau Bos Apple

“Nanti yang dikirimkan berasal dari kategori dan industri yang berbeda. Kami juga sangat selektif dalam menentukan delegasi Indonesia, yang mana mereka yang secara komitmen ingin turut serta dalam mengembangkan anak muda di Indonesia untuk go internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Reni diketahui juga sebagai Founder & CEO SuperKey Group. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kontribusinya terhadap pemberdayaan masyarakat.

Selain berprofesi sebagai Business Consultant (Superkey Consulting Group) yang teregistrasi secara Internasional, wanita inspiratif yang satu ini pun turut berperan dalam membantu mengembangkan desa dan UMKM di seluruh Indonesia.

Reni mengawali kariernya sebagai konsultan bisnis, dan kini telah memiliki dua anak perusahaan yaitu kontruksi sipil dan batu bara. Perusahaan menjadi semakin berkembang secara bertahap atas keterlibatannya di sana.

Tak hanya itu saja, Reni juga aktif berkontribusi dalam organisasi dan komunitas pemuda, perempuan, profesional, entrepreneurship dan desa. Dirinya berhasil mengembangkan komunitas bisnis dan mampu mensuksekan program unggulan yang bekerjasama dengan perusahaan multinasional.

Continue Reading

Inspirasi

Keren! Mahasiswa Asal Jember Jadi WNI Pertama Kerja di Pabrik Tesla Jerman

Published

on

By

Kevin Nizam Nabila, Warga Negara Indonesia (WNI) pertama yang bekerja di pabrik produksi mobil Tesla milik Elon Musk.

Pria asal Jember, Jawa Timur bernama Kevin Nizam Nabila menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pertama yang bekerja di pabrik produksi mobil Tesla milik Elon Musk.

Diketahui, dirinya merupakan pria kelahiran tahun 1997. Kevin bekerja di Gigafactory Tesla yang merupakan salah satu perakitan mobil Tesla di Berlin, Jerman. Di mana pada Maret 2022 pabrik itu resmi dioperasikan.

Ketika pabrik tersebut belum rampung mengurus perizinan operasi ke Pemerintah Jerman, tepatnya pada 2021 ia melamar kerja di Tesla Jerman. Kemudian usai beroperasi, kevin mulai bekerja sebagai junior production engineer pada 16 Mei.

Demi menjaga kualitas produksi Tesla model Y, Kevin bertugas dalam manufaktur serta mengoperasikan robot produksi.

Baca Juga:

  1. Ini Dia 10 Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2022
  2. Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London yang Merangkul Semua Golongan
  3. Cerita Nikhil Kamath, Dulu Jualan HP Bekas Kini Jadi Crazy Rich Berharta Rp21,7 Triliun

Mengutip dari laman CNNIndonesia.com pada Minggu (22/5/2022) “Bangga bisa menjadi pegawai Tesla apalagi baru Kevin orang Indonesia pertama di sini.”

Selain itu dirinya juga mengungkapkan terkait proses rekrutmen di sana. Kevin mengirim lamaran serta esai yang sesuai dengan posisi lamaran ke perusahaan ketika lulus S1 pada Juni 2021 lalu.

Selanjutnya pada September dirinya mendapatkan undangan wawancara kerja. Kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi, yakni tes dasar elektro dan produksi mobil.

“Saya dapat melaluinya dengan baik karena memiliki pengalaman magang sebelum masuk kuliah di Mercedes Benz di kota Rastatt, Jerman,” terang Kevin.

Continue Reading

Trending