NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Dapat Subsidi Rp6,5 Juta, Ini Prediksi Daftar Harga Motor Listrik Tahun 2023 - mycity.co.id
Connect with us

Otomotif

Dapat Subsidi Rp6,5 Juta, Ini Prediksi Daftar Harga Motor Listrik Tahun 2023

Published

on

Prediksi harga motor listrik di tahun 2023. (Kompas)
Prediksi harga motor listrik di tahun 2023. (Kompas)

mycity.co.id – Pemerintah tengah menyiapkan skema subsidi untuk pembelian kendaraan listrik baru, khususnya sepeda motor listrik pada tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kesepakatan ini untuk mendorong masyarakat membeli mobil maupun motor ramah lingkungan.

Untuk sepeda motor, pemerintah menyiapkan subsidi sebesar Rp6,5 juta per unit mulai tahun depan.

“Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi,” kata Luhut dalam forum perbankan seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (30/11/2022).

Saat ini, sudah ada sejumlah merek motor listrik yang sudah dijual di pasaran dan jika diinjeksi subsidi harganya akan turun. Berikut adalah daftar merek-merek tersebut.

Berikut MyCity telah merangkum perkiraan daftar harga motor listrik tahun 2023:

  1. Davigo Dragon Rp 18,7-21,97 juta
  2. Davigo Space Rp 18,7 juta
  3. Davigo Forza Rp 14,97 juta
  4. Uwinfly Golden Turtle Rp 9,9 juta
  5. Winfly T3 Scooter Rp 13,49 juta
  6. U-Winflya Type New Love Rp 8,49 juta
  7. Polytron Fox-R Rp 16,5 juta
  8. Gesits Rp 28 juta
  9. Alva One Rp 34,9 juta
  10. Selis Rp 22-28 juta
  11. Viar Q1 18 juta

Otomotif

Mejeng di IIMS 2023, Esemka Luncurkan Mobil Listrik?

Published

on

Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah/JIBI - Bisnis

Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah/JIBI – Bisnis

mycity.co.id – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan digelar sebentar lagi. Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 16-26 Februari 2023.

Sebanyak 43 merk mobil dan motor dipastikan akan meramaikan pameran otomotif kali ini. Tak hanya itu saja, beberapa merk bahkan sudah mengumumkan akan memamerkan mobil baru mereka.

Salah satunya misalnya Suzuki. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menjelaskan mereka akan meluncurkan produk mobil baru di IIMS 2023. Bahkan, PT Solo Kreasi Manufaktur yang dikenal juga Esemka sudah menyatakan akan hadir dan bisa jadi membawa mobil terbarunya.

Penasaran dengan daftarnya? Berikut adalah perkiraan mobil baru yang akan meluncur di pameran otomotif IIMS 2023.

Suzuki

Suzuki dipastikan akan memperkenalkan mobil baru pada hari pertama IIMS 2023 digelar yakni 16 Februari 2023. Meskipun identitasnya belum diketahui, tapi ada kemungkinan Suzuki membawa mobil Suzuki Grand Vitara terbaru.

Suzuki Grand Vitara terbaru sebenarnya sudah diluncurkan di India pada tahun 2022. Mobil merupakan rebadge dari produk Toyota India yakni Toyota Urban Cruise HyRyder.

Untuk desainnya, Suzuki Grand Vitara masih membawa ciri khas yang sejak dulu sudah ada, yaitu penggunaan bodi dengan garis-garis yang tajam.

Spesifikasinya, Suzuki Grand Vitara menggunakan platform baru Toyota yakni Toyota New Global Architecture (TNGA-B). Dimesi mobil memiliki panjang 4.345 m, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm diikuti wheelbase (jarak sumbu roda) 2.600 mm.

Di negara asalnya, mobil ini ditawarkan dalam dua opsi. Opsi pertama menggunakan mesin bensin 2,5 liter ditambah teknologi Mild Hybrid. Mesin tersebut bisa mencapai daya maksimum 103 Hp dengan torsi maksimal 117 Nm.

Opsi mesin kedua ialah mesin TNGA Toyota dengan kubikasi 1,5 liter berdaya hanya 92 Hp dengan torsi maksimum 122 Nm, Mesin kemudian dikombinasikan motor listrik dengan daya 79 Hp dengan torsi mencapai 114 Nm. Mesin juga sudah dilengkapi beberapa teknologi canggih seperti Brake Energy Regenaration and Torque assist dan juga Idle Stop Start.

Esemka

Esemka yang juga pertama kalinya hadir di pameran otomotif siap membawa kejutan baru. Merk nasional ini dipercaya akan memperkenalkan mobil listrik barunya yang merupakan produk dari Thailand dengan nama Neta V.

Tampilan mobil ini emiliki ciri khas mobil listrik yaitu desain simple dengan grill dibuat tertutup. Sebaga gantinya, terdapat ventilasi di bagian bawah yang bekerja sebagai pendingin mobil Mobil didesain dengan compact untuk bisa mengangkut hingga 5 orang penumpang.

Untuk dimensinya, mobil ini memiliki panjang 4,070 mm, lebar, 1.690 mm dan tinggi 1.540 mm. Dengan dimensi seperti ini, mobil memiliki kapasitas angkut 500 liter, dan bisa diperbesar menjadi 1.150 liter jika jok baris kedua dilipat.

Neta V diluncurkan dalam dua tipe yang dibedakan dari jarak tempuhnya. Ada yang bisa menempuh jarak 301 kilometer, ada juga yang bisa mencapai jarak 401 kilometer. Motor listrik yang diberikan bertenaga 71 kW dan menghasilkan torsi 150 Nm.

Mitsubishi

Mitsubishi dikatakan akan membawa mobil baru konsep mereka yaitu Mitsubisi XFC Concept. Mobil ini sempat dipamerkan di berbagai negara lain sejak tahun 2022.

Mitsubishi XFC Concept adalah SUV Mitsubishi yang sudah menggunakan tenaga listrik. Bentuk mobil ini mengambil model SUV Compact yang bisa mengangkut 5 penumpang.

Spesifikasi dari mobil masih belum diketahui, tetapi mobil ini sudah mendapatkan teknologi canggih. Di antaranya driving mode yang bisa dipilih dalam mode ‘Normal’, ‘Wet’, dan ‘Gravel’. Mode wet bisa digunakan mobil listrik ini untuk tetap aman dibawa saat jalan sedang banjir.

Toyota

Toyota bisa jadi membawa mobil baru di IIMS 2023. Yang paling dekat, merk ini mungkin saja mengumumkan peluncuran dari Toyota Agya terbaru.

Mengapa demikian? Pasalnya mobil tersebut sudah diluncurkan di Malaysia sebelumnya dengan nama Perodua Axia. Untuk spesifikasinya, Mobil ini dibuat menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan kode D74A.

Toyota Agya terbaru diperkirakan memiliki tampilan sport dengan garis tajam dan dilengkapi dengan LED DRL.

Kemudian di bagian dapur pacunya, mobil ini dipercaya akan mendapatkan mesin berkode EEV 1,0 liter tiga silinder VVT-i. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 67 HP dengan torsi maksimum 91 Nm. Seluruh tenaga mesin akan disalurkan melalui transmisi Dual-mode (D-CVT).

Dipercaya penggunaan transmisi baru ini akan menghemat konsumsi bahan bakar dari Perodua Axia. Mobil ini dalam brosurnya bisa mendapatkan angka konsumsi bensin 27,4 km/liter. Angka bisa didapatkan jika pengemudi menggunakan mode ‘Eco Idle’ dengan fitur engine start stop diaktifkan.

Selain itu, ada dugaan juga Toyota akan meluncurkan mobil lainnya yakni Toyota Corolla Cross GR Sport.

MG

Morris Garage menyatakan mereka akan meluncurkan mobil baru bertenaga listrik. Sayangnya masih belum diketahui pasti mobil listrik apa yang akan diluncurkan di IIMS 2023.

Wuling

Wuling juga dipastikan akan membawa produk mobil baru di IIMS 2023. Dari bocorannya mobil yang akan diluncurkan merupakan SUV dengan nama Wuling Alvez.

Mobil ini diduga sudah didaftarkan pada situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM untuk sebuah produk kendaraan.

Di media sosial juga seringkali terlihat mobil diduga Wuling Alvez melaju di jalanan Indonesia. Mobil ini namun ditutup stiker kamuflase sebagai upaya mengaburkan identitasnya.

DFSK

Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). JIBI – Bisnis / Chamdan Purwoko

Merk mobil asal China, DFSK juga dipercaya akan meluncurkan mobil barunya. Belum diketahui identitas mobil baru tersebut, tapi dipercaya DFSk akan meluncurkan satu unit SUV dan satu mobil pikap dengan mesin listrik.

Itulah tadi rangkuman beberapa mobil baru yang akan meluncur di pameran otomotif IIMS 2023. Mana mobil baru yang paling Anda nantikan?

Continue Reading

Otomotif

Tega! Subsidi Mobil Listrik hanya 1%

Published

on

By

Tak jadi 11%, Subsidi Mobil Listrik Hanya 1%/ FAKTUALid

Tak jadi 11%, Subsidi Mobil Listrik Hanya 1%/ FAKTUALid

 

mycity.co.id – Kabar baru beredar bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan subsidi kepada masyarakat yang akan membeli mobil listrik. Adapun subsidi tersebut diberikan sebanyak sebelas persen dari harga mobil listrik.

Namun ternyata dari kabar terbaru, pemerintah mengkalin tidak akan memberikan subsidi sebesar sebelas persen. Merka bahkan mengaku hanya memberikan subsidi satu persen dari harga mobil listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menurunkan PPN atas mobil listrik menjadi hanya satu persen dari rencana semula sebelas persen.

Di mana pemerintah pernah menargetkan sepuluh persen pasar mobil listrik di Indonesia terjual.  Tetapi untuk mencapai hal itu, pemerintah juga akan memberikan insentif untuk kendaraan listrik.

Luhut mengatakan, untuk sepeda motor listrik, pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp7 triliun untuk subsidi. Tak hanya itu, sebelumnya pemerintah menargetkan

 

Continue Reading

Otomotif

Keliling Medan, Ridwan Kamil dan Bobby Nasution Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik

Published

on

Mobil Listrik/Ilustrasi

Mobil Listrik/Ilustrasi

mycity.co.idGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution berkeliling Kota Medan menggunakan motor listrik dalam rangka mengkampanyekan energi terbarukan pada Rabu, 1 Februari 2023.

Dalam kesempatan, Ridwan Kamil mengungkapkan mendukung penuh program pemerintah agar masyarakat migrasi dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik.

“Saya gubernur yang mobil dinasnya mobil listrik,” ujarnya kepada wartawan dalam keterangannya pada Kamis, 1 Februari 2023.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun mengaku senang diajak Wali Kota Medan untuk keliling menggunakan motor listrik sejalan dengan program pemerintah.

“Tadi sama Pak Wali sudah paling benar. Kami jalan-jalannya bukan pakai motor bensin. Tapi, motor listrik. Apalagi merek Indonesia,” ucapnya.

Kang Emil yang juga merupakan Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) menyatakan setiap kali berkunjung ke daerah di Indonesia dirinya kerap mengkampanyekan penggunaan energi terbarukan.

Mulai dari kendaraan listrik, maupun penggunaan energi yang bersumber dari panas matahari, panas bumi, dan angin.

“Saya doakan warga Medan beralih ke motor listrik,” ujarnya.

Lebih jauh mantan Wali Kota Bandung itu menyebut penggunaan kendaraan listrik dapat menghemat 30 persen jika dibandingkan dengan BBM. Disamping itu dengan banyaknya kendaran listrik maka peluang untuk menekan polusi.

Dalam kampanye tersebut keduanya juga menyempatkan menemui sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas kreatif di Medan.

Bobby pun meminta Kang Emil agar membuat desain untuk membangun ruang kreatif di Medan.

Ridwan Kamil pun menyampaikan Bobby selaku anak muda mampu menjadi pemimpin di Medan bisa membawa perubahan. Meski begitu dia menekankan bahwa pembangunan kota harus dilakukan bertahap.

“Membangun kota tuh kan bertahap, jangan menganggap disulap dalam lima tahun beres, nggak,” katanya.

Continue Reading
Advertisement

Trending