Connect with us

Infrastruktur

Daftar Proyek Tol Fantastis Indonesia: Ada yang Tembus Gunung Hingga di Bawah Laut

Published

on

Proyek Jalan Tol Indonesia

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), menyatakan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah dimulai. Pemerintah rencananya bakal membangun infrastruktur mewah, termasuk tol bawah laut.

Ya, beberapa waktu lalu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan kondisi geografis Indonesia memang amat menantang. Untuk menjangkau antar wilayah harus melewati banyak pengunungan dan bukit.

Ada dua calon tol terpanjang yang tengah dibangun dengan panjang melebihi 200 kilometer, mengalahkan rekor saat ini Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di Sumatera mencapai 189,4 kilometer. Yakni Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (206,6 km), dan Padang – Pekanbaru (254,8 km).

Baca Juga:

  1. Inilah 5 Gunung Terindah di Indonesia
  2. Desa Coal, Menikmati Sensasi Alam dan Budaya Desa yang Memanjakan Mata
  3. Tak Hanya di Mesir, Di Sudan Ternyata Ada Piramida Lho

Pembangunan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci) saat ini sudah dalam proses inventarisasi lahan wilayah Gedebage hingga Garut Utara atau seksi I. Sehingga ruas awal ini ditargetkan sudah mulai dibangun pada Q2-2023 mendatang.

Dimana untuk seksi 1&2 dari Gedebage – Tasikmalaya dikejar selesai pada 2024 mendatang, sedangkan untuk seksi 3 &4 Tasikmalaya – Cilacap pada 2029 mendatang.

Tol ini melintasi dua provinsi yakni Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer, dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer, yang juga menjadi Proyek Strategis Nasional.

Beberapa tol di wilayah Jawa dan Sumatera juga harus melewati kondisi geografis yang sulit. Seperti ruas tol Yogyakarta – Bawen harus menembus wilayah perbukitan hingga direncanakan pembangunan terowongan, pada STA 20_300 sampai STA 20+800.

Bahkan pada pembangunan seksi 5 dari Temanggung – Ambarawa juga harus dibangun konstruksi elevated atau layang sepanjang 4,4 kilometer karena melewati cagar budaya Yogyakarta.

Begitu juga dengan tol Cisumdawu yang memiliki terowongan kembar di wilayah seksi II Rancakalong – Sumedang, Jawa Barat.

Terowongan kembar yang ada di tol ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Karena terletak di pegunungan dan kontur yang berkelok tol ini diklaim sebagai tol terindah di Indonesia.

Sementara di Sumatera ada tol Padang – Pekanbaru dan tol Palembang 0 Bengkulu juga harus dibangun terowongan untuk menembus bukit Barisan.

Di sisi lain, Untuk menyambung wilayah IKN di Penajam Paser, Kalimantan Timur akan dibangun tol terowongan bawah laut. Yang tersambung dari tol Balikpapan – Samarinda.

Saat ini pemerintah Indonesia juga sudah mendapatkan hibah dari Korea Selatan yang saat ini dalam proses pipeline, yakni Feasibility Study (studi kelayakan) dan Basic Design tol bawah laut atau immersed tunnel teluk Balikpapan (Jalan tol Akses IKN), pembentukan Manajemen Konstruksi Digital dan Hijau di Indonesia, dan Pembentukan Sistem Informasi Jalan Tol di Indonesia.

“Selain SHMS (Structural Health Monitoring System) dan ITS (Intelligent Transport Systems) akan diprioritaskan juga FS dan Basic Design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022 mendatang,” kata Basuki.

Infrastruktur

Bangun Infrastruktur Hingga 2024, Indonesia Butuh Dana Rp6.500 Triliun

Published

on

Infratsruktur Indonesia 2022

Indonesia membutuhkan dana sekitar Rp 6.500 triliun untuk membangun infrastruktur sampai tahun 2024. Dari kebutuhan dana tersebut, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya bisa memenuhi 42 persen, sedangkan sisanya akan berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sektor swasta.

Hal tersebut diungkapkann Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) Luky Alfirman dalam Seminar Infrastructure Roundtable (IIR) ke-23 Edisi T20.

“Maka dari itu pembiayaan adalah salah satu cara menekan biaya tersebut. Bagaimana kami bisa mendesain pembiayaan sedemikian rupa,” ujar Luky dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Ia menjelaskan pemerintah saat ini terus mengundang pembiayaan dari sektor swasta. Hal tersebut seiring dengan pembahasan dalam Presidensi G20 di Indonesia yakni meningkatkan partisipasi sektor swasta, lantaran pemerintah tidak bisa menanggung seluruh biaya pembangunan sendirian.

Berinvestasi di infrastruktur merupakan investasi jangka panjang, sehingga harus ada kepastian di dalam proyek yang diinvestasikan.

Oleh karenanya Luky berpendapat pihaknya terus berusaha memberi kepastian dengan mengelola risiko yang ada agar investor, terutama di dalam negeri, berminat untuk menanamkan modal mereka pada suatu proyek infrastruktur.

“Kami mendesain sedemikian rupa risiko ini, bagaimana bisa kami perkecil karena itu terasosiasi dengan harga yang harus kami bayar nantinya,” ucap dia.

Sementara untuk investor luar negeri, ia menuturkan biasanya calon penanam modal akan cenderung melihat kondisi politik hingga prospek ekonomi Indonesia sebelum memutuskan berinvestasi dalam suatu proyek infrastruktur di Tanah Air.

Dengan demikian, kata dia, stabilitas kondisi politik dan perbaikan ekonomi domestik sangat penting guna menarik investasi dari luar negeri.

Continue Reading

Infrastruktur

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Published

on

Tol Semarang-Demak

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir rob di daerah Semarang. Jalan tol ini juga kembali dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Pembangunan infrastruktur konektivitas terus didorong khususnya jalan tol untuk mempermudah aksesibilitas manusia, barang, maupun jasa. Salah satunya jalan tol Semarang-Demak di Provinsi Jawa Tengah. Jalan tol ini diharapkan bisa melengkapi konktivitas jaringan jalan di wilayah Jawa Tengah bagian utara sekligus menjadi penghubung kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, hingga pariwisata.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, pembangunan jalan tol Semarang-Demak ini juga tetap memerhatikan aspek konstruksi, aspek waktu, dan aspek keungan sehingg berbagai technical challenge yang ada harus menjadi perhatian semua pihak.

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

“Tol Semarang-Demak ini panjanganya 26,95 km yang dibangun dua seksi melalui skema kerja sama badan usaha dengan pemerintah (KPBU). Untuk seksi 1 ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,64 km menjadi porsi pemerintah dengan kebutuhan biaya Rp10 triliun. Seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km jadi porsi BUJT PT PP Semarang-Demak,” ujarnya.

Untuk seksi 1 telah dilaksanakan kontrak dengan paket pekerjaan peninggian Jembatan Kaligawe, elevated freeway, dan pile slab untuk 1A antara lain pekerjaan tanggul laut dan jalan utama, On/Off Ramp, Jembatan Kali Babon dan Sayung serta rest area dan gerbang tol untuk 1B; pembangunan Kolam Retensi Terboyo (189 hektar) dan Sriwulan (28 hektar), Rumah Pompa Terboyo dan Sriwulan untuk 1C.

Pada seksi 1 tengah dilakukan trial embankment sepanjang 400 meter dengan progres 7,63 persen dan diharapkan bisa selesai pada bulan Januari 2023 hingga dua lapis timbunan dan dapat dijadikan acuan untuk pekerjaan tanggul laut pada paket kontraktual 1B yang pada bulan januari 2023 bertepatan mulai pekerjaan timbunan.

Tol Semarang-Demak juga terintegrasi tanggul laut dengan struktur timbunan di atas laut diperkuat dengan matras bambu setebal 13 lapis. Selain sistem matras bambu, penguatan kondisi tanah juga dilakukan dengan cara pemasangan material penyalir vertikal pra-fabrikasi atau PVD serta melaksanakan pembebanan menggunakan material pasir laut yang diambil menggunakan alat Trailing Suction Hopping Dredger (TSHD).

Dengan pembangunan jalan tol yang terintegrasi tanggul laut ini sekaligus menyelesaikan permasalahan banjir rob di Semarang Timur khususnya Kaligawe-Sayung yang mengakibatkan kerugian ekonomi cukup signifikan dapat teratasi pada akhir tahun 2023. Saat ini telah terbangun tanggul hingga empat lapis timbunan dan beroperasinya rumah pompa pada Kolam Retensi Terboyo dan Sriwulan.

“Selanjutnya untuk seksi 2 saat ini sudah tahap konstruksi dengan progres mencapai 87,4 persen dan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Pembangunan seksi 2 dilaksanakan oleh PT PP-PT WIKA Konsorsium Maratama-Studi Teknik (KSO) dan Konsultan Supervisi PT Virama Karya (Persero) dengan biaya konstruksi sebesar Rp4,7 triliun.

Continue Reading

Infrastruktur

Mantap, Tol Trans Sumatera Dapat Suntikan Dana Rp2,9 Triliun

Published

on

Tol Trans Sumatera

BUMN SMI memberikan pinjaman investasi untuk proyek tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang dikerjakan WST senilai Rp2,9 triliun. Dengan suntikan dana ini maka tol Kapal Betung bisa mengebut pengerjaannya dengan target penyelesaian tahun 2023.

Perusahaan BUMN PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero/SMI) terus berperan aktif dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan, salah satu wujud dukungannya ditunjukan dengan kesepakatan penandatanganan perjanjian fasilitas pinjaman investasi senilai Rp2,9 triliun dengan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST).

WST merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road. Kerjasama fasilitas pinjaman investasi ini untuk mendorong percepatan penyelesaian proyek ruas jalan tol Trans Sumatera tepatnya di koridor Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung). Penandatanganannya dilakukan oleh Kepala Divisi Pembiayaan 2 SMI Eri Wibowo dan Direktur Utama WST Herwidiakto.

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

Menurut Eri, fasilitas pinjaman investasi SMI dan WST ini memiliki tenor selama 15 tahun dengan grace period 60 bulan dan suku bunga 9,25 persen. Dengan diperolehnya fasilitas pinjaman ini maka kebutuhan pembiayaan seluruh proyek untuk ruas tol Kapal Betung sudah terpenuhi.

“Sebagai SMV Kementerian Keuangan, kami selalu berkomitmen untuk mendukung percepatan pembangunan di Indonesia. Harapannya, keterlibatan SMI dalam pemberian fasilitas pinjaman investasi ini bisa menjadi katalis untuk semakin mendorong pengembangan wilayah dan peningkatan ekonomi masyarakat sertta membuka konektivitas dan aksesibilitas barang dan jasa di Sumatera,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah juga telah menyalurkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp3 triiliun melalui PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan WTR pada akhir tahun 2021 lalu. PMN ini masih akan diberikan pada tahun ini sebesar Rp2 triliun.

Sementara itu Herwidiakto mengatakan, signifikansi dari terlaksananya penandatanganan fasilitas pinjaman investasi atas ruas jalan tol Kapal Betung ini untuk menjaga komitmen WST dalam memenuhi kewajiban kepada para kreditur. Fasilitas pinjaman investasi ini bisa mempercepat proses pembangunan ruas Kapal Betung Seksi 2 dan 3.

“Kami sedang berupaya keras agar ruas tol Kapal Betung dapat segera beroperasi secara penuh supaya manfaatnya semakin bisa dirasakan oleh masyarakat. Selain meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sumatera, kehadiran ruas tol Kapal Betung juga bisa memperlancar distribusi barang dan pusat industri,” katanya.

Ruas tol Kapal Betung merupakan bagian dari ruas tol Trans Sumatera dengan total panjang mencapai 111,69 km. Sebelumnya SMI juga telah memberikan dukungan fasilitas pembiayaan untuk jalan tol Trans Sumatera pada ruas Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Terbanggi Besar-Kayu Agung. Secara tidak langsung, SMI juga ikut membiayai porsi ekuitas untuk pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai.

Adapun untuk ruas tol Kapal Betung terdiri dari tiga seksi yaitu Kayu Agung-Kramasan, Kramasan-Musilandas, dan Musilandas-Betung. Saat ini ruas tol yang telah beroperasi sepanjang 42,5 km sejak tahun 2020 lalu. Untuk perkembangan konstruksi seksi 2 dan 3 telah mencapai 35,98 persen dan ditargetkan akan selesai pada bulan Agustus 2023.

SMI sendiri didirikan tahun 2009 sebagai perusahaan BUMN yang berbentuk lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan nasional. SMI memiliki fungsi dan fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi sebagai enabler melalui pelaksanaan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral.

Continue Reading
Hangout21 mins ago

Jangan Cuma Healing, Ayo Kunjungi 5 Wisata Sejarah Malang yang Ciamik

Investment2 hours ago

WIR Asia Bidik Ekspansi di 3 Unit Ini

Investment3 hours ago

Akhir 2022, PT WIR Asia Bidik Pertumbuhan Pendapatan 197 Persen

Internasional4 hours ago

Rusia Veto Resolusi AS, Dewan Keamanan PBB Tak Berdaya

Hangout5 hours ago

Tempoyak, Sambal Fermentasi Durian yang Rasanya Mengejutkan

Teknologi7 hours ago

Pornhub Murka Akun Resmi Dihapus Permanen Instagram

Showbiz8 hours ago

Senangnya, Tiara Andini Dapat Hadiah Ultah Vespa Edisi Justin Bieber dari Alshad Ahmad

Nasional8 hours ago

Dijagokan Nyapres Bareng Jokowi, Ini Komentar Prabowo

Properti22 hours ago

Berkat Program Ini, Milenial Punya Rumah Jadi Lebih Mudah

Nasional22 hours ago

Menkeu: Mayarakat Pasrah, Kalau Gelombang Volatilitas Dibiarkan Masuk

Nasional23 hours ago

PBSI: Konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP Telah Berakhir

Investment1 day ago

Sebelumnya Berada di Zona Merah, Hari Ini IHSG Ditutup Naik 0,07 Persen

Nasional1 day ago

Presiden Jokowi Minta Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Investment1 day ago

Sekilas Info: Telkom (TLKM) Bakal IPO Bisnis Data Center

Lifestyle1 day ago

Tak Hanya Utamakan Gaya Hidup, Milenial Juga Harus Berinvestasi

Hangout1 day ago

5 Destinasi Wisata Jawa Barat yang Siratkan Cerita Rakyat

Culture1 day ago

Keunikan 5 Kain Adat Indonesia beserta Filosofi di Dalamnya

Teknologi1 day ago

Dikenal Sebagai “Negeri KW”, Cina Tawarkan iPhone 14 Pro Max Seharga Rp1,1 Juta

Hangout1 day ago

Berani Coba? Liburan Ekstrem di Gunung Sangiang NTB

Properti1 day ago

Makin Cepat Beli Rumah Makin Untung, Nggak Percaya?

Investment7 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Teknologi1 day ago

Dikenal Sebagai “Negeri KW”, Cina Tawarkan iPhone 14 Pro Max Seharga Rp1,1 Juta

Investment1 week ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Investment1 week ago

Inilah Ragam Tantangan Perekonomian Indonesia di Tahun 2023

Nasional6 days ago

Perjuangan Aspar Jaelolo Jadi Raja Panjat Tebing Dunia 2022

Investment6 days ago

Indonesia Bukukan Transaksi Bisnis Rp23,3 Triliun dari CAExpo 2022

Nasional6 days ago

Menang Lawan Curacao, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Merangkak Naik

Lifestyle3 days ago

Jakarta Gelar Pameran Bertajuk “Hotel for Play”, Edukasi Seks Khusus Usia 18+

Teknologi1 week ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Culture2 days ago

Mane’e, Tradisi Menangkap Ikan di Kepulauan Talaud

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (DPR RI)
Nasional1 week ago

Luhut: Orang Luar Jawa Tak Bisa Jadi Presiden RI, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

Investment2 days ago

Kasus Indosurya, Kasus Penipuan Investasi Bodong Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia

BEI
Investment1 week ago

BEI Catat Ada 29 Perusahaan Siap IPO, Berikut Daftarnya

Internasional3 days ago

Setelah 13 Tahun Berlalu, Film ‘Avatar 2: The Way of Water’ Tetap Mencuri Perhatian

Investment5 days ago

IHSG Bergerak di Zona Merah Dipicu Kekhawatiran Resesi Global

Internasional6 days ago

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Investment1 week ago

Kredit Mesra, Solusi Pemprov Jabar Agar Warganya Tak Terlilit Hutang Rentenir

CityView1 week ago

Harumnya Tembakau Deli, Bikin Kota Medan Beraroma Eropa

Nasional5 days ago

Peran Generasi Muda Sangat Penting Tingkatkan Literasi Digital

Investment1 week ago

Investasi Berbasis Perusahaan Hijau Kini Makin Diminati

Hangout5 months ago

Pasar Cimol Gedebage, Pusatnya Baju Bekas Bermerek di Bandung

Traveling5 months ago

Desa Wisata Sawai, Desa Tertua di Maluku yang Punya Sungai Keramik

Nasional5 months ago

Kalisari, Surga Takjil di Jakarta Timur

Properti6 months ago

Kisah Pengusaha Properti Bangun Rumah Subsidi untuk Berdayakan Masyarakat Banjarmasin

Uncategorized6 months ago

Kisah Mumun, Sang Hantu Legendaris Cibubur

Advetorial6 months ago

Pentingnya Literasi Finansial Melalui Kesetaraan Gender untuk Generasi Milenial

Showbiz11 months ago

Tega! Ada Youtuber Bikin Konten Mistis Soal Vanessa Angel

Showbiz11 months ago

Detik-detik Usai Mobil Vanessa Angel Alami Kecelakaan

Nasional11 months ago

The Power of Emak-Emak! Bubarkan Demo yang Blokir Jalan

Showbiz12 months ago

Inilah yang Terjadi Usai Miss World Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Showbiz12 months ago

Skandal Aborsi, Aktor Kim Seon-ho Tinggalkan 1 Day 2 Nights

Teknologi12 months ago

Mark Zuckerberg Rugi Triliunan Rupiah, Saham Facebook Anjlok

Nasional12 months ago

Mensos Risma Ngamuk Lagi, Warga Marahi Balik

Showbiz12 months ago

Akui Salah, Baim Wong Ingin Temui Kakek Suhud

Showbiz12 months ago

Kakek Suhud Penjual Buku Agama, Bukan Pengemis Seperti Anggapan Baim Wong

Internasional12 months ago

Eropa Krisis Energi, Peta Kekuatan Dunia Akan Berubah?

Sport12 months ago

Indonesia Juara Piala Thomas, Merah Putih Tak Bisa Berkibar

Culture12 months ago

Ampyang Maulid, Cara Leluhur Berintropeksi Diri di Perayaan Maulid Nabi

Internasional1 year ago

Kronologi Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

COVID-19Update1 year ago

Aturan Ibadah Ramadhan Pemkot Tangsel: SOTR Dilarang-Tarawih 50%

Advertisement

Trending