Connect with us

Otomotif

Ciri Motor Matic yang Sering Telat Ganti Oli

Published

on

Secara umum sepeda motor matic membutuhkan dua jenis oli, salah satunya yaitu oli gardan (oli transmisi). Komponen ini harus diganti secara berkala sebab itu penting untuk menghidupkan mesin.

Pada motor matic, oli mesin hanya berfungsi melumasi area internal mesin sementara buat pelumasan transmisi otomatisnya membutuhkan oli gardan. Jika tidak dilumasi dengan oli gardan, akan terdengar suara berisik.

Seperti diketahui, oli mesin mempunyai peran penting dalam melumasi komponen di dalam mesin sehingga perlu diganti secara berkala.

Baca Juga :

  1. 5 Satwa yang Dilindungi di Indonesia dan Hampir Punah Keberandaanya
  2. Efek Pandemi Covid-19, Orang Miskin di Bali Jadi Lebih dari 200 Ribu
  3. Terbitkan Aturan PPKM Level 4, Anies: Hukuman Berat Menanti Pelanggar

Kalau sampai oli mesin telat diganti, membuat pelumasan di mesin motor menjadi tidak maksimal dan membuat beberapa komponen boros.

Suara kasar yang ditimbulkan dari mesin motor matic bisa jadi pertanda adanya kekurangan komponen atau part di dalamnya akibat pelumasan yang kurang optimal.

Selain itu motor terasa begetar jika oli tidak sering diganti dan melebihi batas, tidak hanya itu tenaga mesin untuk menarik tuas gas pun berkurang.

Otomotif

Jangan Sampai Kecelakaan Maut Truk Tronton di Balikpapan Terulang, Ini 8 Cara Ampuh Cegah Rem Blong

Published

on

Kecelakaan truk tronton di Balikpapan
Kecelakaan truk tronton di Balikpapan

Kecelakaan maut terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, sekitar pukul 06.15 WITA, Jumat (21/01/2022).

Dalam foto-foto yang beredar di Grup Whatsapp terlihat sejumlah kendaraan, seperti angkutan kota dan mobil Ayla berplat no KT 1887 NT mengalami rusak.

Terdapat juga sepeda motor dan sebuah mobil minibus hitam. Informasi awal yang didapat menyebutkan kecelakaan terjadi karena sebuah truk tronton yang mengalami rem blong saat jalan di turunan.

Baca Juga:

  1. Mengenal Web 3.0 yang disebut Masa Depan Internet
  2. Begini Ramalan Bill Gates Soal Metaverse
  3. Korea Selatan Bangun Metaverse Seoul, Kota Digital Pertama di Dunia

Dari hasil rekaman Video CCTV yang diunggah akun Instagram @mrgamayel. Video menunjukkan kecelakaan terjadi pukul 06.19 WIB, Jumat 21 Januari 2022.

Tayangan video memperlihatkan sejumlah kendaraan, baik mobil dan motor ramai berhenti di lampu merah, di jalan raya Soekarno Hatta Simpang Rapak Balikpapan tersebut.

Beberapa detik kemudian sebuah truk tronton melaju dengan kecepatan tinggi menyeruduk para pengendara yang berhenti di lampu merah tersebut.

Dirlantas Polda Kaltim dalam rilisnya memberikan sejumlah fakta dan data dari kecelakaan tersebut. Pertama, truk dengan nomor kendaraan KT 8534 AJ berangkat dari Karang Joang, Balikpapan Utara dengan membawa muatan kapur pembersih air seberat 20 ton.

Sesampainya di kilometer 0,5, sopir sudah mengurangi persneling dari 4 ke 3. Namun saat di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi atau blong dan menabrak sejumlah kendaraan yang ada di traffic light.

Seingat sopir, kendaraan pertama yang ditabrak adalah motor. Dari pendataan sementara, 5 korban dinyatakan meninggal dunia, dan 4 orang luka berat.

Berkaca dari kecelakaan maut tersebut, rem blong sebetulnya dapat diatasi apabila melakukannya dengan benar dan tepat. MyCity telah merangkum bebepara tips untuk mencegah rem blong pada kendaraan.

  1. Terus memompa rem

Langkah pertama ketika mengalami rem blong adalah terus memompanya. Anda harus terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala.

Jika saat dipompa rem terasa kasar atau berat, mungkin ada sesuatu di bagian sistem rem. Segera kurangi laju mobil dan berhenti ke pinggir jalan ketika memungkinkan.

  1. Menurunkan gigi secara bertahap

Jika langkah pertama tidak berhasil, segera turunkan gigi secara bertahap dari tinggi ke rendah. Manfaatkan efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil Anda.

Turunkan dengan gerakan cepat, misalnya dari gigi nomor 4 ke nomor 3 dan seterusnya. Jangan sampai menurunkannya tidak bertahap misalnya dari gigi 4 langsung gigi 2. Hal ini akan menyebabkan mobil tidak terkendali.

  1. Gunakan rem tangan

Selagi melakukan pengereman mesin, imbagi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. Rem tangan menjadi opsi ketiga karena rem tangan akan segera menghentikan ban.

Hal ini dapat menyebabkan ban menjadi selip, sehingga mobil berpotensi terbalik. Oleh karena itu, turunkan gigi secara bertahap baru memanfaatkan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

  1. Tekan tombol lampu hazard dan klakson

Segera nyalakan lampu hazard dan tekan klakson. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain bahwa ada masalah pada kendaraan Anda. Sehingga, mereka dapat menepi untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

  1. Jangan matikan mesin

Kebanyakan orang yang mengalami rem blong akan langsung mematikan mesin. Hal ini justru membuat Anda sulit mengendalikan laju kendaraan. Rem menjadi tidak bisa kembali seperti semula dan mobil akan lepas kendali.

  1. Jangan sampai menginjak pedal gas

Meninjak pedal gas secara tiba-tiba saat rem dalam kondisi blong akan membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya. Bukannya melambat, mobil malah akan melakju dengan kecepatan tinggi.

  1. Guncangkan pedal rem

Anda bisa mengguncang pedal rem jika mendadak blong. Ada kemungkinan rem blong terjadi hanya sementara karena kesalahan pada sistem.

Meski sistem pengereman sudah berfungsi setelah Anda mengguncang rem, hindari mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi. Disarankan untuk pergi ke bengkel terdekat agar dilakukan penanganan.

  1. Tabrak benda lunak

Cara terakhir untuk menghadapi rem blong adalah mencari sesuatu yang lunak untuk dibenturkan. Misalnya, area berlumpur, gundukan pasir, pagar kayu, atau hal lain yang aman untuk berbenturan. Intinya cari benda yang aman untuk ditabrak supaya mobil bisa berhenti.

Continue Reading

Otomotif

Cerdas, Pria Ini Tambang Kripto Pakai Mobil Tesla

Published

on

Siraj Raval
Siraj Raval

Pria bernama Siraj Raval mencoba beragam cara untuk menambah aset kripto dari mobil Tesla Model 3 keluaran tahun 2018 miliknya.

Raval menjalakankan bitcoin mining secara gratis melalui Mac mini M1 buatan Apple dan menyalakan komputer. Tak lupa untuk mncolokkan inverter ke soket listrik 12 volt yang terletak di konsol tengah mobilnya. Demikian dilansir dari Carscoops, Selasa (18/1/2022).

Di samping itu, dia juga menghubungkan ke graphics processing units (GPU) yang saling terkoneksi ke “funk” Tesla-nya. Alat ini dapat berjalan karena mendapat daya dari baterai internal mobil.

Baca Juga:

  1. Inilah 6 Pasar Tertua di Indonesia
  2. Gunung Semeru: Tempat Bersemayam Para Dewa & Catatan Sejarah Panjang Letusannya
  3. Jejak Peradaban Sejarah Berusia Ribuan Tahun di Ibu Kota Negara Baru

Walaupun berisiko membatalkan garansi mobilnya, Raval menilai modifikasi pada mobilnya sepadan. Ketika harga ether melambung sampai ke puncak pada 2021, dia mengklaim berhasil meraup uang sebanyak USD 800 atau sekitar Rp 11,44 juta (asumsi kurs Rp 14.310 per dolar AS) sebulan.

Tak hanya itu saja, beberapa penambang kripto juga kini mengikutsertakan mobil listrik produksi Tesla sebagai fasilitas kegiatan mereka. Mobil Tesla ini digunakan sebagai sumber daya listrik oleh para penambang karena satu dan lain hal.

Penggunaan mobil listrik Tesla sebagai komponen tambahan untuk menambang cryptocurrency dikarenakan biaya listrik yang digunakan untuk mengecas mobil tersebut lebih murah ketimbang mereka harus menggunakan listrik di rumah mereka.

Bahkan, ada juga fasilitas pengisian baterai listrik yang dimanfaatkan oleh pemilik mobil Tesla ini untuk mengisi baterai mobil. Nilai plusnya, mereka tidak perlu keluar uang sepeser pun dalam mengecas baterai tersebut.

Tentunya ini menjadi sebuah keuntungan bagi mereka para penambang cryptocurrency untuk terus menggali uang secara digital dengan menyambungkan rig mereka ke mobil listrik tersebut.

Continue Reading

Otomotif

Perahu Listrik Pertama Indonesia Resmi Meluncur di Perairan Lombok

Published

on

eBoat PLN
eBoat PLN

Pemerintah terus berupaya untuk membangun kendaraan listrik. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sukses menciptakan kapal listrik atau boat electric.

Dalam membangung boat electric (eBoat) ini, PLN menggandeng Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Nusa Tenggara Barat selama beberapa bulan terakhir, sebagai upaya untuk meningkatkan ekosistem kendaraan listrik yang ada di Indonesia.

Kemunculan eBoat garapan PLN dan IKM NTB bernama Sasak Speedboat pertama kali diperlihatkan ke publik pada hari Selasa (28/12/2021) lalu, di kawasan Pantai Senggigi, Pulau Lombok.

Baca Juga:

  1. 5 Rekomendasi Pantai Terindah di Pulau Jawa Pilihan MyCity
  2. Pesona Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara
  3. Desa Torosiaje, Kampung Indah di atas Teluk Tomini

Mengutip keterangan resmi, penggarapan eBoat ini pada dasarnya merupakan bentuk tanggung jawab PLN dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat dan industri sekitar di bawah binaan Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Dalam pembuatannya, dijelaskan bahwa dana yang digelontorkan untuk membuat kendaraan laut tersebut mencapai Rp500 juta.

“Ini peluang bagus PLN menangkap industrialisasi. Bagian langkah kecil yang apabila dikawal akan memberikan dampak yang besar bagi NTB di masa depan”, ujar Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi.

eBoat
eBoat

Sementara itu Lasiran, selaku General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB mengungkap, pembuatan eBoat ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terus berjalan setelah rangkaian dukungan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Ini merupakan satu lompatan besar di NTB untuk teknologi kendaraan listrik. Setelah sebelumnya berkolaborasi untuk sepeda listrik matrik, PLN kembali meluncurkan eBoat,” tuturnya.

Sementara itu dalam keterangan berbeda, pimpinan IKM Sasak Speedboat yakni Muhammad Kamil mengungkap, jika dalam proses pembuatannya semua material yang digunakan berasal dari bahan lokal dan dibuat dalam waktu yang cukup singkat.

“Semua bahan bakunya juga lokal dan lama pengerjaannya makin singkat tiga atau empat bulan”, jelas Kamil.

Berbicara mengenai spesifikasi, eBoat memiliki dimensi panjang 7,5 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2,25 meter. Dengan mengandalkan mesin motor AC, daya yang dihasilkan dapat mencapai angka 20 kilowatt.

Lebih detail, baterai yang dipakai berjumlah 10 boks dengan masing masing boks memiliki 15 sel. Jika ditotal, rangkaian baterainya memiliki kapasitas 96 Volt/500Ah yang tahan untuk digunakan selama dua jam di laut.

Continue Reading

Trending