Connect with us

Internasional

Buruh Pabrik iPhone Tuntut Gaji Berujung Rusuh, Pemerintah Lockdown Zhengzhou

Published

on

Buruh pabrik iPhone demo berujung kerusuhan. Foto: Reuters

Buruh pabrik iPhone demo berujung kerusuhan. Foto: Reuters

mycity.co.idLockdown kembali terjadi di Cina tepatnya di kota Zhengzhou. Ini dilakukan setelah buntut buruh pabrik iPhone Foxconn melakukan demonstrasi yang berujung kerusuhan.

Kerusuhan tersebut terjadi saat buruh pabrik iPhone memprotes karena mereka harus terus bekerja di tengah tingginya kasus Covid-19 di pabrik itu. Padahal diketahui, ketika bekerja, para buruh tidak menggunakan menerapkan protokol kesehatan yang seharusnya. Namun adanya hal ini, Foxconn belum menyampaikan informasi resmi.

Bahkan ada dugaan perusahaan tidak membayar gaji ratusan pekerjanya hingga berujung ricuh tersebut. Adanya hal ini pun banyak mantan pekerja pabrik yang mengemukakakn pendapat dari penalaman mereka kekurangan makanan dan aturan karantina yang ketat selama bekerja.

Baca Juga :  Wakil Presiden AS yang Baru Janji Bantu Palestina

Dilansir berbagai media, AFP ikut melaporkan bahwa Foxconn diduga menawarkan insentif termasuk bonus bagi pegawai yang bertahan untuk pegawai yang dipecat keluar pada masa pandemi. Namun, pada kenyataanya beberapa orang memprotes keterlambatan pemberian bonus yang telah dijanjikan oleh perusahaan.

Kebijakan-kebijakan itulah yang memicu kemarahan pegawai Foxconn. Dalam video viral yang dibagikan melalui Weibo dan Twitter, terlihat pada demonstran diadang polisi anti huru hara dan petugas lain yang menggunakan hazmat.

Baca Juga :  Apple Watch Bisa Deteksi Covid-19, Kok Bisa?

Suasana kemudian ricuh dan mencekap setelah seorang pria berlumuran darah mengaku dipukul akibat tergabung dalam aksi protes tersebut. Dalam video lain, menunjukkan sebuah ruang untuk menahan penyebaran virus Covid-19 yang hancur dirusak massa.

“Mereka memukul orang. Apakah mereka punya hati nurani?” kata pria dalam video tersebut.

“Foxconn tidak pernah memperlakukan orang seperti manusia,” ujar pengunjuk rasa lainnya.

Pada sejarahnya, Foxconn yang dikenal dengan nama resminya Hon Hai Precision Industry merupakan produsen elektronik kontrak terbesar di dunia. Mereka merakit banyak
Foxconn menjadi pemberi kerja sektor swasta terbesar di China dengan total lebih dari satu juta orang bekerja di perusahaan ini.

Baca Juga :  WHO: Pandemi Covid-19 di Afrika Sebentar Lagi Selesai

Sebagai informasi, pabrik iPhone yang berada di Zhenghzhou milik raksasa teknologi Taiwan Foxconn. Kerja dari pabrik tersebut diketahui berada di bawah pembatasan Covid-19 selama lebih dari sebulan di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

Pemerintah Zhengzhou pada Rabu mengatakan wabah di kota itu masih parah. Kasus di Zhengzhou pada hari Kamis mencatat 675 kasus baru. Sementara, penghitungan harian kasus Covid-19 di China mencapai rekor tertinggi pada hari Kamis, yaitu 31.454.

Internasional

Badai PHK Hantam Media CNN

Published

on

Media CNN dihantam badai PHK. (Reuters)
Media CNN dihantam badai PHK. (Reuters)

mycity.co.id – CNN memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada beberapa staf di jaringan pemberitaan global.

Diperkirakan hal ini akan berdampak pada ratusan staf di jaringan berita global tersebut dan menandai pemotongan terdalam untuk perusahaan dalam beberapa tahun.

Chris Licht, yang mengambil alih sebagai kepala eksekutif jaringan pada bulan Mei, menggambarkan emotongan dalam memo semua staf

Baca Juga :  Apple Watch Bisa Deteksi Covid-19, Kok Bisa?

“Pemotongan tenaga kerja ini adalah pukulan bagi perusahaan. Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu anggota, sebuah tim di CNN, apalagi banyak orang,” ujar Chris Licht, Kepala Eksekutif CNN dalam memo internalnya kepada semua staf

“Baru-baru ini saya menggambarkan proses ini sebagai pukulan telak, karena saya tahu seperti itulah rasanya bagi kita semua,” sambung dia.

Baca Juga :  Walaupun Tak Ampuh di Afrika Selatan, Australia Tetap Menggunakan Vaksin AstraZeneca

PHK terjadi ketika perusahaan media dihantam oleh kondisi ekonomi yang melambat dan memukul sektor periklanan.

Licht mencatat pada bulan Oktober, ketika dia mengisyaratkan pemotongan besar akan datang, bahwa ada kekhawatiran luas atas prospek ekonomi global.

Licht juga menuturkan CNN harus memasukkan risiko itu ke dalam perencanaan jangka panjang. Sementara itu, tidak hanya CNN beberapa organisasi media lain juga sudah memangkas biaya mereka.

Baca Juga :  WhatApp Serukan #StopAsianHate Untuk Lawan Rasisme

Hal itu untuk dilakukan untuk menghadapi iklim ekonomi yang bergejolak. Seperti Disney (DIS) yang mengatakan bahwa perusahaan perlu melakukan restrukturisasi, dan AMC Networks (AMCX) mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan memangkas 20 persen stafnya.

Perusahaan media sosial seperti Facebook (FB)-induk Meta, yang juga mengandalkan pendapatan iklan, juga melakukan PHK dalam beberapa bulan terakhir.

Continue Reading

Internasional

London Depak Cina dari Proyek Pembangunan Listrik Nuklir Sizewell C

Published

on

Pabrik yang direncanakan diperkirakan menelan biaya sekitar £20 miliar. Foto: BBC

Pabrik yang direncanakan diperkirakan menelan biaya sekitar £20 miliar. Foto: BBC

mycity.co.id Dalam pembangunan pembangkit listrik nuklir Sizewell C, Cina ikut terlibat di dalamnya. Namun baru-baru ini, Inggris memutuskan untuk mengeluarkan perusahaan nuklir Cina CGN dari proyek tersebut.

Dikeluarkan Cina karena hubungan dengan Inggris dalam kondisi kurang baik. Hal ini terngukap dalam sebuah pengumuman, di mana London akan melucuti CGN dari 20 persen saham atas proyek tersebut.

Meski Cina didepak, Inggris justru menggelontorkan investasi senilai 700 juta pound atau sekitar Rp13 triliun dalam proyek tersebut.

Baca Juga :  Cawagub Bengkulu Meninggal Dunia Akibat Covid-19

“Investasi pemerintah Inggris di Sizewell C akan mendukung kelanjutan pengembangan proyek. Investasi juga memungkinkan keluarnya China General Nuclear dari proyek, termasuk biaya pembelian, pajak yang harus dibayar, dan pengaturan komersial,” kata Departemen Bisnis, Energi, dan Strategi Industri (BEIS) dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (29/11/2022) yang dikutip mycity.co.id dari berbagai laman sumber.

Pembangkit tenaga nuklir Sizawell C yang tengah dikembangkan di Pantai Suffolk, Inggris Timur, nantinya akan mampu memberi daya setara dengan enam juta rumah. Bahkan pembangkit terbut akan mulai memproduksi listrik paling cepat pada tahun 2035.

Baca Juga :  Korea Selatan Ajukan Green New Deal untuk Atasi Pengangguran dan Penghijauan

Kehadiran nuklir dan energi terbarukan lainnya seperti tenaga angin di lepas pantai, dianggap penting untuk meningkatkan keamanan energi Inggris. Ini terutama terjadi setelah serangan produsen bahan bakar utama Rusia ke Ukraina yang membuat tagihan gas dan listrik rumah tangga nilainnya meningkat.

Baca Juga :  Singapura Beri Insentif Uang untuk Warga yang Hamil di Masa Pandemi Covid-19

Untuk diketahui, keputusan ini sendiri diambil sehari setelah Perdana Menteri (PM) Rishi Sunak mengatakan bahwa apa yang disebut sebagai “era emas” hubungan dengan Cina telah berakhir. Dalam pidato kebijakan luar negeri pertamanya, Sunak mengatakan pendekatan Inggris ke China perlu berkembang dan Beijing “secara sadar bersaing untuk mendapatkan pengaruh global dengan menggunakan semua tuas kekuatan negara”.

“Mari kita perjelas, apa yang disebut ‘era emas’ telah berakhir, bersama dengan gagasan naif bahwa perdagangan akan mengarah pada reformasi sosial dan politik,” kata Rishi.

Continue Reading

Internasional

Marilyn Monroe, Icon Perselingkuhan Sepanjang Masa?

Published

on

Marilyn Monroe

Marilyn Monroe

mycity.co.id – Marilyn Monroe adalah seorang aktor yang lahir pada 1 Juni 1926. Tidak hanya menjadi aktor Monroe juga berprofesi sebagai model dan penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat.

Ia menjadi salah satu simbol perselingkuhan terpopuler pada 1950-an dan awal 1960-an dan menjadi lambang perubahan sikap terhadap seksualitas pada era tersebut. Kisah perjalan hidupnya banyak di dokumentasikan memalui buku ataupun film.

Namun mengapa ia menjadi icon perselingkuhan terbesar? Ini akibat dari latar belakang kehidupan Monroe yang kurang beruntung.

Ia diasuh oleh ibunya bernama Gladys Pearl Baker yang mempunyai gangguan kesehatan mental dan tidak pernah tahu siapa ayahnya serta berasal dari keluarga yang miskin. Setelah ibunya menikah lagi pada tahun 1923 mereka bercerai dan ia mempunyai 2 saudara angkat.

Baca Juga :  Pramuka di Bali Punya Tugas Khusus untuk Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Setelah kematian ibunya akibat gangguan mentalnya itu, hidup Monroe 360 derajat berubah total, ia dititipkan pada keluarga Atkinson dan pernah dilecehkan secara seksual pada saat tersebut.

Kemudia ia dipindahkan ke panti asuhan. Di panti asuhan juga ia merasa dihiraukan dan diasingkan oleh yang lain, ia pernah di dorong oleh pekerja yang ada di panti asuhan tersebut karena berpikir bahwa Monroe akan lebih bahagia jika hidup bersama keluarga di luar sana.

Baca Juga :  Inilah Kronologi Adik Via Vallen Positif Terjangkit Virus Covid-19

Marilyn Monroe bisa dibilang seorang korban dari dunia germerlap. Untuk bisa keluar dari lubah hitam kemiskinan, ia dipaksa untuk berhubungan seks dengan produse yng sudah beristri. Monroe pernah membuat skandal dengan produse film, dituduh sebagai pelacur oleh suaminya, dan dituduh  berselingkuh dengan Presiden Kennedy.

Semasa Monroe hidup, kesetaraan gender belum sematang masa sekarang, dalam dunia yang pada saat itu relatif timpang ke arah patriarki milih untuk menjadi wanita yang independen adalah sebuah hal yang masuk akal.

Dengan IQ  yang di atas rata-rata,  Monroe benar-benar tau hal ini dan bagaimana dunia ini berjalan pada umumnya. Untuk tetap menjaga independensinya, ia harus mengikuti tuntutan penggemarnya yang suka dengan perilaku nya, yang di cap oleh suaminya sebagai perilaku pelacur.

Baca Juga :  Singapura Beri Insentif Uang untuk Warga yang Hamil di Masa Pandemi Covid-19

Perjalanan hidup dan karir Monroe bisa dibilang cukup sukses, meskipun ia tidak bisa mengendalikan trauma masa lalunya tentang keluarga dan lingkungannya yang buruk.

Banyak yang beragumen bahwa masa lalunya itu membuat kondisi kejiwaannya terganggu. Mungkin Monroe adalah gambaran nyata bahwa selingkuh itu terkait pada masa lalu dan buruknya lingkungan hidup.

Continue Reading
Advertisement

Trending