Connect with us

Investment

Biji Kakao dari Berau, Terbaik di Indonesia

Published

on

Biji Kakao dari Berau. (Istimewa)

Kabupaten Berau di Kalimantan Timur kerap dikenal sebagai wilayah penghasil batubara dan kelapa sawit. Tak cuma itu, sebenarnya Berau juga memiliki komoditas kakao yang tergolong produktif dan diperhitungkan.

Biji kakao dari Berau resmi dinobatkan sebagai yang terbaik di Indonesia. Ini dipastikan setelah Koperasi Berau Kakao Sejahtera yang mengolah biji Kakao Nyapa Indah Kampung Long Lanuk. Meraih juara pertama pada Lomba Biji Kakao Nasional yang digelar Dewan Kakao Indonesia baru-baru ini.

Pengumuman pemenang beserta pemberian penghargaannya dilakukan pada 12 November kemarin. Bersamaan dengan peringatan Hari Kakao Indonesia ke-10. Di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Mendadak Gunduli Rambut, Ternyata Ini Alasannya

Trofi membanggakan itu diterima langsung oleh Ketua Koperasi Berau Kakao Sejahtera, Muhammad Kodim, didampingi Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas dari Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Hendratmojo Bagus Hudoro.

Biji Kakao Nyapa Indah dinyatakan sebagai yang terbaik. Usai menyingkirkan 39 peserta lainnya dari daerah sentra budidaya Kakao di Indonesia dan dilaksanakan selama dua bulan sejak Agustus hingga September 2022.

Di antara yang ikut bertarung adalah biji kakao dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Bali, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Sri Juniarsih mengaku bangga biji kakao dari Kabupaten Berau menempati posisi teratas biji Kakao Nasional. Tentu ini membuktikan bahwa biji Kakao Bumi Batiwakkal memiliki kualitas yang terbaik di Indonesia.

“Kami memiliki beberapa kampung yang cocok untuk dikembangkan kakao dengan hasil biji kakao yang berkualitas dan memiliki ciri khas dari segi aroma dan rasa yang berbeda dari tempat lain. Oleh karenanya, Kementrian Hukum Dan HAM memberikan Sertifikat Indikasi Geografis Kakao Berau yang baru satu-satunya di Indonesia,” ungkapnya.

Ke depan, Sri bilang kalau Pemkab Berau akan semakin berkomitmen memajukan industri kakao di Berau. Ya, industri. Sri berharap Berau tak hanya menjadi daerah penghasil biji kakao. Namun ada juga pabrik pengolahannya agar menjadi produk turunan.

“Kami berharap nantinya sektor swasta dapat bermitra yang menguntungkan dengan petani untuk mengembangkan komoditas kakao dari hulu sampai ke industri di hilir,” ia menambahkan.

Tentu mengapa kokoa dari Berau ini termasuk sebagai yang terbaik bukan tanpa alasan. Sebab, secara kualitas memang sudah tergolong sangat baik dengan rasa yang punya ciri khas tersendiri.

Perkembangan total jumlah produksi kakao di Kabupaten Berau mengalami kemajuan yang pesat sejak tahun 2018. Bersumber pada situs Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur, pada tahun tersebut angka produksinya adalah 600 kg/hektare. Lalu, per 2021 angkanya bertambah menjadi 750 kg/hektare. Total jumlah luas kebun juga bertambah menjadi 3200 hektare.

Secara pasar, kakao khas Berau pun sudah menembus konsumen internasional. Dilansir dari pejuangsigap.id er tahun 2020, Berau Cocoa bekerjasama dengan PT. Berau Coal untuk melakukan ekspor kakao ini ke berbagai negara. Mulai dari Filipina, Taiwan, Australia, bahkan Italia. Lalu, sejak 2021, Jepang juga menjadi negara tujuan untuk kakao yang memang sudah melalui proses fermentasi.

Pesatnya perkembangan kakao Berau ini juga tak terlepas dari dukungan pemerintah melalui program Dinas Perkebunan yang bernama Gerakan Mengembangkan Agribisnis Kakao (GEMARI KAKAO) yang juga berguna untuk memberikan berbagai alternatif pendapatan dari komoditas yang terdiversifikasi.

Sebelumnya, kokoa Berau ini sudah masuk sebagai delapan biji kakao khas Indonesia yang lolos selemsi pada ajang Cocoa of Excellence 2021 di Paris. Kompetisi ini merupakan pembuktian atas kakao-kakao khas dunia yang memang punya kualitas premium.

Baca Juga: Permintaan Maaf Ganjar Sulit Diterima Warga Wadas

Pada 2021 silam, Kakao Berau juga mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis (IG). Ini adalah sebuah penilaian yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Investment

Inilah Caroline Ellison, Wanita Imut Penyebab Bangkrutnya Bursa Kripto FTX

Published

on

Sosok Caroline Ellison yang menjadi dalang di balik bangkrutnya bursa kripto FTX. (Gawker)
Sosok Caroline Ellison yang menjadi dalang di balik bangkrutnya bursa kripto FTX. (Gawker)

mycity.co.id – Runtuhnya bursa kripto FTX juga menyeret nama Caroline Ellison. Dia merupakan CEO dari perusahaan pertama mantan bos dan pendiri FTX, Sam Bankman-Fried bernama Alameda Research.

Keduanya bertemu saat sama-sama bekerja di perusahaan trading saham Jane Street Capital. Namun pada tahun 2017, Bankman-Fried meninggalkan perusahaan itu.

Saat itu diketahui dia membentuk hedge fund Alameda Research. Akhirnya Ellison juga ikut bergabung di perusahaan yang menjadi pedagang utama dan sering berdagang di FTX.

Pengalamannya bergabung di FTX pernah dia ceritakan di sebuah podcast. Menurutnya kesempatan bekerja itu terlalu keren untuk dilewatkan.

“Jadi itu semacam – saya kira saya seperti seorang pedagang, maksud saya, tidak lama di Jane Street,” ujarnya seperti dinukil dari Fox Business, Jumat (9/12/2022).

“Tapi satu setengah tahun itu merupakan pengalaman perdagangan yang lebih banyak daripada banyak Alameda. Saya ingin masuk dan menjadi ahli dalam segala hal. Tetapi masih ada banyak hal di dunia kripto yang tidak saya ketahui sama sekali,” dia menambahkan.

Skandal FTX juga membongkar sisi lain perusahaan, yakni gaya hidup bersama para pemimpinnya. Melansir Decrypt, Bankman-Fried dan 9 rekannya dilaporkan hidup dalam penthouse senilai US$30 juta.

Semua keputusan korporasi diambil di penthouse tersebut, termasuk mengenai pengoperasian bursa serta Alameda Research.

Coindesk juga melaporkan bahkan di antara mereka ada yang pernah terlihat hubungan asmara, hingga polycule atau hubungan asmara dengan banyak orang dan biasanya bentuk hubungan seksual dengan banyak pasangan.

Di tengah kabar tersebut, sebuah akun Tumblr muncul dan dikaitkan dengan Ellison. Blog menjelaskan mengenai keyakinan pribadi dan filosofi soal persaingan poliamori dan seksual, ketertarikan pada ilmu ras serta keyakinan pada sinergi alami antara kripto dan keyakinan.

Dalam akun yang sudah dihapus itu terdapat informasi pribadi yang mirip dengan Ellison, termasuk soal riwayat pendidikan, profesional, dan hidupnya.

Pada Maret 2021, pembuat akun juga mengumumkan membuka akun dan menautkan ke laman Twitter Ellison yang dibuat pada bulan yang sama.

Continue Reading

Investment

Bak Kesurupan, Konsumsi Pertalite Masyarakat Indonesia Tertinggi dalam 5 Tahun

Published

on

BBM Jenis Pertalite menjadi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. (Suara)
BBM Jenis Pertalite menjadi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. (Suara)

 

mycity.co.id – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sampai 30 November mencapai 26,90 juta Kilo Liter (KL). Demikian data dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Masih dari data BPH Migas, konsumsi BBM jenis Pertalite menjadi yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Dalam catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDM) konsumsi BBM Pertalite tahun 2017 mencapai 14,5 juta KL. Naik pada tahun 2018 mencapai 17,7 juta KL, tahun 2019 mencapai 19,4 juta KL. Tahun 2020 mencapai 18,1 juta KL hingga tahun 2021 yang mencapai 23 juta KL.

Pada tahun ini, sejatinya pemerintah memasang target kuota BBM Pertalite mencapai 23,05 juta KL. Dirasa tak cukup, pada bulan Oktober pemerintah menaikkan kuota BBM Pertalite menjadi 29,91 juta KL.

Angka penyaluran BBM pada November yang mencapai 26,90 juta KL tembus 89,94% dari kuota yang sudah ditambahkan tahun ini menjadi sebesar 29,91 juta kl.

Adapun berdasarkan paparan BPH Migas hingga Desember 2022, kuota yang tersisa diprediksi sebesar 29.40 juta kl atau 98,29%. Dengan begitu sisa kuota hingga akhir tahun diprediksi sebesar 0,51 juta kl.

“Pertalite telah tersalurkan 26,90 juta KL atau 89,94% dari kuota prognosa sampai dengan Desember 29,40 juta KL atau 98,29% dan sisa kuota 0,51 juta KL,” kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Kamis (8/12/2022).

Sementara itu, untuk Solar subsidi hingga 30 November 2022 tercatat sudah terserap 16,02 juta kilo liter. Itu melebihi kuota tahun ini yang ditetapkan sebesar 17,83 juta kl. Dengan demikian, maka sisa kuota Solar subsidi hingga Desember tahun ini diprediksi tinggal 0,32 juta kl.

Berikutnya untuk minyak tanah telah tersalurkan 0,443 juta KL atau 91,36% dari kuota dengan prognosa sampai dengan Desember 0,484 juta KL atas sebesar 99,84 juta KL sisa kuota 0 KL.

Continue Reading

Bisnis

Hilirisasi Nikel Bawa Berkah untuk Indonesia

Published

on

mycity.co.id Nikel menjadi sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, nikel menjadi harta karun dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mencatat, sampai akhir tahun ini nilai ekspor dari turunan nikel atau hilarisasi (strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas) nikel bisa mencapai US$33 miliar atau sekitar Rp514 triliun.

Hingga Oktober 2022, dari catatan nilai ekspor hilirisasi nikel sudah menembus US$28,3 miliar. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto menyampaikan, Indonesia bisa mendapatkan nilai tambah sebesar itu karena cara berfikir perekonomian Indonesia saat ini sudah berubah.

Dia menyebutkan, Indonesia sekarang tidak seperti masa lalu, di mana pikiran atau mindset ekonomi ayam atau apa saja langsung dimakan tanpa diolah atau dilihat dengan jelas. Bahkan Septian mengatakan, bahwa Indonesia juga sempat berlanjut pada ekonomi monyet yang ketika memetik langsung memakannya.

Saya kira mindsetnya berubah bagaimana kita menggunakan SDM kita, kekayaan kita yang mentah menjadi value added-nya lebih tinggi. Itu akan signifikan dampaknya. Kita sudah mulai nikel dari besi baja, kita akan mengarah pada baterai litium,” kata Septian.

Untuk diketahui, pemerintah saat ini tengah gencar mengembangkan hilirisasi sektor pertambangan sebagai cara peningkatan nilai tambah. Sebab tahun depan pemerintah Indonesia juga akan mewajibkan perusahaan pertambangan khususnya pertambangan bauksit untuk mengembangkan hilirisasi dan menyetop kegiatan ekspor bauksit.

Continue Reading
Advertisement

Trending