Connect with us

Market

Berkaca dari 4 Macan Asia, Saatnya Indonesia Bangkit dari Tidur Panjang

Published

on

Indonesia Macan Asia

Hong Kong, Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan mendapatkan julukan Macan Asia. Lantas, mengapa julukan tersebut disematkan ke empat negara ini?

Alasannya adalah proses ekspor dan industrialisasi yang cepat. Sejak tahun 1960, keempat negara ini terus mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi dan berhasil masuk dalam jajaran negara-negara terkaya di dunia.

Singapura dan Hong Kong selama ini dikenal sebagai pusat keuangan asing. Adapun, Taiwan dan Korea Selatan dikenal sebagai pembuat komponen elektonik dan komputer andal.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Meski demikian, alasan utama keempatnya mendapatkan julukan Macan Asia adalah kebijakan ekspor mereka. Taiwan dan Korsel mengadopsi rezim hybrid yang sesuai dengan bisnis ekspor mereka.

Di sisi lain, Korea Selatan dan Taiwan menerapkan insentif ekspor untuk pasar barang yang diperdagangkan.

Pemerintah Korea Selatan, Taiwan, dan Singapura semuanya berusaha untuk mempromosikan sektor ekspor tertentu, yang digambarkan sebagai kebijakan yang didorong oleh ekspor.

Semua inisiatif membantu keempat negara mencapai tingkat pertumbuhan rata-rata 7,5% per tahun selama tiga dekade, sehingga memperoleh status negara maju.

Sebelum Krisis Keuangan Asia tahun 1997, kebangkitan ekonomi Empat negara Macan Asia (dikenal sebagai Keajaiban Asia) adalah karena kebijakan berorientasi ekspor dan kebijakan pembangunan yang ketat.

Perekonomian itu unik dalam hal pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan tingkat distribusi pendapatan yang adil. Sebuah studi Bank Dunia merekomendasikan dua strategi pertumbuhan, antara lain, sebagai penyebab keajaiban Asia – manajemen makroekonomi dan akumulasi faktor.

Ekonomi Hong Kong mengalami industrialisasi dengan pertumbuhan industri tekstil selama tahun 1950-an. Pada 1960-an, produksi di Koloni Inggris telah tumbuh dan terdiversifikasi untuk memasukkan elektronik, garmen, dan plastik untuk ekspor.

Setelah kemerdekaan Singapura, Dewan Pengembangan Ekonomi mengembangkan dan mengadopsi kebijakan ekonomi nasional untuk mendorong sektor manufaktur negara itu. Kawasan industri didirikan, dan negara menawarkan insentif pajak yang menarik investasi asing.

Sementara itu, Korea Selatan dan Taiwan mulai melakukan industrialisasi pada pertengahan 1960-an dengan intervensi pemerintah yang signifikan, termasuk program dan kebijakan. Kedua negara mengikuti pembangunan yang berorientasi ekspor, seperti di Singapura dan Hong Kong.

Empat Macan Asia dimotivasi oleh kemajuan Jepang yang dapat dikenali dan mengikuti strategi yang sama melalui investasi dalam kategori yang sama – pendidikan dan infrastruktur.

Mereka mendapat manfaat dari bantuan pertukaran internasional yang membedakan mereka dari negara lain – yang paling penting adalah bantuan ekonomi dari Amerika Serikat, yang dapat ditunjukkan dengan penyebaran barang elektronik Amerika di rumah tangga tradisional di empat negara.

Indonesia Macan Asia yang Tertidur

Indonesia sendiri memiliki potensi besar masuk dalam kalangan Macan Asia. Pasalnya, Tanah Air memiliki kekayaan bahasa, suku, budaya dan adat istiadat yang begitu beragam dan tersebar dari pulau Weh sampai Pulau Rote.

Kekayan budaya yang dimilki Indonesia merupakan salah satu asset penting dalam pertumbuhan dan perkembangan negara Indonesia ini. Banyak sekali warga asing yang berbondong-bondong untuk datang berkunjung untuk menikmati Indonesia. 

Selain kekayaan budaya yang begitu beragam tersebut, Indonesia juga memilki banyak sekali kekayaan alam yang begitu melimpah. Kekayaan alam yang begitu melimpah inilah kemudian berhasil menarik perhatian bangsa asing sangat terobsesi dan begitu berambisi untuk menguasai kekayaan Indonesia tersebut.
Tak heran jika bangsa asing mampu bertahan hingga berats-ratus tahun di Indonesia untuk mengeruk kekayaan yang ada. Bahkan salah satu tambang emas terbesar di dunia ada di Indonesia. 

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan Gunung Ersberg di Papua atau biasa kita mengenalnya dengan tambang Freeport yang telah beroperasi sejak tahun 1967 hingga saat ini masih menggerus kekayaan alam bumi Papua seperti emas, tembaga dan perak.

Bertahun-tahun lamanya Indonesia hanya mendapatkan sebagaian kecil dari hasil kekayaan alam bumi Papua tersebut hingga pada akhirnya sekitar 51% saham yang semula menjadi miliki asing berhasil dimilki Indonesia.

Selain kekayaan yang berasal dari Gunung Ersberg masih banyak sekali kekayaan-kekayaan alam Indonesia yang dikuasai oleh negara lain. 

Selain barang tambang yang melimpah kekayaan hayatinya juga tak kalah melimpah. Posisi Indonesia yang sangat strategis berada pada iklim tropis menjadikan Indonesia sebagai tempat yang nyaman untuk pertumbuhan dan perkembangan beragam jenis flora dan fauna.

Sehingga dari sinilah Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jenis flora dan fauna terbanyak didunia. Kita juga tahu bahwa penduduk Indonesia menempati peringkat ke empat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak.

Dari beragam kekayaan yang dimiliki lalu bagaimana peran pemerintah atau negara dan juga penduduknya dalam memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia.

Namun yang sangat disayangkan dari sekian banyak kekayaan-kekayaan alam yang dimilki Indonesia pada faktanya negara kita masih sangat bergantung dan mengandalkan negara lain dalam mengolah kekayaan alam tersebut. 

Market

Walikota New York Terima Gaji Pertama Pakai Bitcoin

Published

on

Walikota New York, Eric Adams
Walikota New York, Eric Adams

Walikota New York, Eric Adams, menerima gaji pertamanya pada Jumat (21/1/2022) waktu setempat dalam bentuk Ethereum dan Bitcoin.

“New York adalah pusat dunia, dan kami ingin itu menjadi pusat cryptocurrency dan inovasi keuangan lainnya,” kata Adams dalam sebuah pernyataan, dilansir The Hill.

“Menjadi yang terdepan dalam inovasi semacam itu akan membantu kami menciptakan lapangan kerja, meningkatkan ekonomi kami, dan terus menjadi magnet bagi talenta dari seluruh dunia,” dia menambahkan.

Padahal, selama beberapa waktu saat harga BTC berada dalam penurunan. Saat ditanya soal kerugian tersebut, tampaknya ia tidak dapat mengutarakannya selama wawancara.

Baca Juga:

  1. Ragam Bahaya yang Menanti di Balik Metaverse
  2. Korea Selatan Bangun Metaverse Seoul, Kota Digital Pertama di Dunia
  3. Tren Baru, Orang Kaya Ramai-Ramai Beli Tanah di Metaverse

Harga Bitcoin telah menukik dari harga tertingginya pada Jumat lalu dari 41.000 dolar hingga 35.000 dolar, yang berarti Adams telah secara efektif mengambil potongan sebanyak 15% pada upah pertamanya.

Saat ditanya wartawan CNN mengenai jumlah kerugian yang dia derita akibat penurunan harga bitcoin, Adams justru mengalihkannya dengan membandingkan investasi di S&P 500.

“Ini sama seperti ketika saya berinvestasi di pasar saham. kami melihat penurunan drastis selama 2018 dan waktu lainnya. Tujuan Bitcoin adalah untuk mengirim pesan bahwa New York City terbuka untuk teknologi.”

“Kami ingin melihat sejumlah besar teknologi baru di kota New York dan untuk mendorong kaum muda kami untuk terlibat dalam pasar negara berkembang baru ini.”

Adams berjanji dia akan menerima tiga gaji pertamanya di Bitcoin, atau 97.000 dolar per tahun. Sebagai jawaban atas pertanyaan pewawancara, spekulasi dapat berasumsi bahwa dia kehilangan sekitar 5.000 dalam dolar nominal pada hari Jumat. Itu mengasumsikan dia dibayar sekitar 32.333 dolar.

Undang-undang Tenaga Kerja Departemen Amerika Serikat, pembayaran pertama kali dikeluarkan secara fiat sebagai dolar AS dan kemudian diubah menjadi mata uang digital di pertukaran kripto Coinbase.

Continue Reading

Market

Inilah Daftar 229 Mata Uang Kripto yang Dapat Izin Resmi Pemerintah

Published

on

Mata Uang Kripto
Mata Uang Kripto

Pemerintah memberikan izin resmi untuk perdagangan mata uang digital atau cryptocurrency di Indonesia. Pemerintah memberikan izin resmi untuk 229 cryptocurrency untuk bisa dipergunakan dan diperdagangkan di Tanah Air.

Adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang memberikan izin tersebut. Dalam aturan tersebut dijabarkan mana saja aset kripto yang resmi ada di Indonesia.

“Dengan terbitnya peraturan Bappebti (Perba) tersebut, diharapkan perdagangan fisik aset kripto di Indonesia mampu memberikan kepastian hukum sekaligus perlindungan bagi masyarakat yang bertransaksi fisik aset kripto di Indonesia,” tulis keterangan resmi Bappebti.

Baca Juga:

  1. Ragam Fasilitas yang Segera Dibangun di IKN Nusantara
  2. IKN Nusantara Bikin 20.000 Masyarakat Adat Tergusur
  3. Inilah Alasan Utama Kalimantan Timur Dipilih Sebagai Lokasi IKN Nusantara

Dengan diberikannya izin atas 229 aset kripto ini, maka Bappebti mewajibkan dilakukan delisting atas aset kripto lainnya yang tidak mendapatkan izin. Ini ditujukan untuk memberikan kepastian langkah penyelesaian jika terjadi masalah bagi pelanggan.

Sebanyak 229 aset yang mendapatkan izin ini diputuskan melalui upaya pendekatan. Yakni pendekatan secara yuridis (melihat peringkat 500 coin market cap/CMC) sesuai ketentuan Pasal 3 ayat (2) huruf c Perba Nomor 5 Tahun 2019.

Lalu dilakukan penilaian analisis hierarki proses (AHP) Bappebti dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, profil tim dan anggota tim yang mengembangkan, tata kelola sistem blockchain, skalabilitas sistem blockchain, roadmap yang menjelaskan rencana pengembangan sistem blockchain yang dapat diverifikasi pencapaiannya, dan nilai standar 6,5.

Daftar Cryptocurrecy yang mendapatkan izin resmi di Indonesia:

Bitcoin
Ethereum
Tether
Xrp/ripple
Bitcoin cash
Binance coin
Polkadot, Chainlink
Lightcoin
Bitcoin sv
Litecoin
Crypto.com coin
Usd coin
Eos, Tron
Cardano
Tezos
Stellar
Neo
Nem
Cosmos
Wrapped bitcoin
Iota, Vechain
Dash, Ehtereum classic
Yearn.finance
Theta, Binance usd
Omg network
Maker
Ontology
Synthetix network token
Uma
Uniswap
Dai
Doge coin
Algorand
True usd
Bittorrent
Compound
0x
Basic attention token
Kusama
Ok blockchain
Waves
Digibyte
Icon
Qtum
Paxos
standard
Ren protocol
Loopring Ampleforth
Zilliqa
Kyber network
Augur, Lisk
Decred
Bitshares
Bitcoin gold
Aragon
Elrond
Enjin coin
Band protocol
Terra
Balancer
Nano
Swipe
Solana
Bitcoin diamond
Dfi.money
Decentraland
Avalanche
Numeraire
Golem
Quant
Bytom
Serum
Iexec rlc
Just
Verge
Pax gold
Matic network
Kava
Komodo
Steem
Aelf
Fantom
Horizen
Ardor
Hive
Enigma
V. Systems
Z coin, Wax
Stratis
Ankr
Ark
Syscoin
Power ledger
Stasis euro
Harmony
Pundi x
Solve.care
Gxchain
Coti
Origin protokol
Xinfin network
Btu protocol
Dad
Orion protocol
Cortex Sandbox
Hash gard
Bora
Waltonchain
Wazirx
Polymath
Request
Pivx
Coti
Fusion
Dent
Airswap
Civic, Metal
Standard token protokol
Mainframe
12ships
Lambda
Function x
Cred
Ignis
Adex
Moviebloc
Groestlcoin
Factom
Nexus
Lbry credits
Gemini dollar
Einsteinium
Vidycoin
Nkn
Go chain
Cream finance
Medibloc
Fio protocol
Nxt, Aergo
High performance blockchain
Cartesi
Tenx
Siacoin
Raven coin
Status
Storj
Electroneum (etn)
Aurora
Orbs
Loom network
Storm
Vertcoin
Ttc
Metadium
Pumapay
Nav coin
Dmarket
Spendcoin
Tael
Burst
Gifto
Sentinel protocol
Quantum resistant ledger
Digix gold token
Blocknet
District0x
Propy
Eminer
Ost
Steamdollar
Particl
Data
Sirinlabs
Tokenomy
Digitalnote
Abyss token
Cake
Veriblock
Hydro
Viberate
Rupiahtoken
Vexanium
Global social chain
Ambrosus
Refereum
Crown
Daex
Cryptaur
Spacechain
Expanse
Sumokoin
Honest
Auroracoin
Vodi x
Smartshare
Exclusive
Cosmo coin
Aidcoin
Adtoken
Play game
Lunacoin
Staker
Klaytn
Flamingo
Wing
Bella protocol
Mil.k
Bakery token
Lyfe
Ionomy limited
Smart chain solution
Kryptovit
Eautocoin
Quantum
Bankex
Chaincoin
Hara coin
Venus protocol
Alpha finance

Continue Reading

Market

Gara-Gara Kripto, Kini Banyak Orang Kaya Baru di Indonesia

Published

on

Mata Uang Kripto
Mata Uang Kripto

Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai melek terhadap mata uang kripto. Bahkan, CEO indodax, Oscar Darmawan, mengungkapkan banyak orang kaya baru di Indonesia gara-gara Kripto.

Dia juga menyatakan, sampai saat ini Indodax sudah mencapai lebih dari 4,9 juta member dan sudah melisting ratusan aset kripto.

“Dikarenakan adanya lonjakan investor baru yang berinvestasi di aset kripto, Indodax memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi para investor, tidak hanya investor pemula namun investor yang sudah berpengalaman sekalipun,” katanya.

Baca Juga:

  1. Mengenal Web 3.0 yang disebut Masa Depan Internet
  2. Begini Ramalan Bill Gates Soal Metaverse
  3. Korea Selatan Bangun Metaverse Seoul, Kota Digital Pertama di Dunia

Oscar memaparkan, tahun 2021 memiliki arti amat penting bagi perjalanan Indodax karena jumlah orang yang berinvestasi di aset kripto mengalami kenaikan signifikan.

Tidak hanya itu, kata Oscar, jual beli kripto pun sudah menjadi mata pencaharian baru dan banyak orang kaya baru yang lahir dari aset kripto.

“Kami memiliki segmen Indodax Academy yang mana bisa dimanfaatkan oleh para investor untuk mempelajari soal ekosistem aset kripto dan blockchain,” tegasnya.

Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag), jumlah investor asel kripto mencapai 9,5 juta investor per Oktober 2021.

Continue Reading

Trending